Top PDF Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Titik Balik Karya Rani Rachmani Moediarta : Tinjauan Psikologi Sastra

Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Titik Balik Karya Rani Rachmani Moediarta : Tinjauan Psikologi Sastra

Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Titik Balik Karya Rani Rachmani Moediarta : Tinjauan Psikologi Sastra

Melya Deviona Iswan (2012) dengan judul skripsi Masalah Kejiwaan Tokoh Jaleswari Dalam Novel Batas Karya Akmal Nasery Basral (Tinjauan Psikologi Sastra). Iswan menyimpulkan bahwa tokoh Jaleswari mengalami masalah kejiwaan, Jaleswari tidak menerima kematian suaminya, ia membenci kehamilannya, memutuskan untuk ke Entikong, Pontianak dalam melaksanakan tugasnya. Penyebab kejiwaan Jaleswari yaitu tidak sesuai antara keinginan dan kenyataan. Solusi dari kejiwaan Jaleswari adalah mempunyai ibu kedua, mendapatkan seorang sahabat dan membuka hati untuk orang lain. Hubungannya dengan penelitian ini terletak pada latar yang sama yaitu Pontianak.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL       Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Piano Di Kotak Kaca Karya Agnes Jessica: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Piano Di Kotak Kaca Karya Agnes Jessica: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.

Swt yang telah melimpahkan berkat, rahmat, nikmat dan inayah-Nya. Penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Piano Di Kotak Kaca Karya Agnes Jessica : Tinjauan Psikologi Sastra dan Relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Skripsi ini dapat diselesaikan atas bimbingan, bantuan dan dukungan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH  UTAMA DALAM NOVEL AIR MATA SURGA KARYA E. ROKAJAT ASURA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sast

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AIR MATA SURGA KARYA E. ROKAJAT ASURA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sast

Ganang Galih Prasetyo Nugroho/A310120129. KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AIR MATA SURGA KARYA E. ROKAJAT ASURA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Desember, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan struktur yang membangun dalam novel Air Mata Surga karya E.Rokajat Asura,(2) mendikripsikan konflik batin tokoh utama dengan tinjauan psikologi sastra dalam novel Air Mata Surga karya E.Rokajat Asura, (3) dan mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel Air Mata Surga karya Rokajat Asura sebagai bahan ajar sastra di SMK. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Air Mata Surga . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pustaka, simak, dan catat. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut;(1) Analisis struktural menghasilkan (a) tema novel ini adalah kisah tentang penderitaan hidup seorang gadis kecil . (b) Tokoh utama bernama Baraah dan tokoh tambahan, yaitu. ibu Baraah, ayah Baraah, sahabat Baraah, bibi Baraah, paman Baraah, bu Fatema, uztadzah Salma, dokter Mohammed, dan Hasina.(c) Alur yang digunakan adalah alur mundur ( flashback ). (d)Latar dibagi menjadi tiga bagian: latar tempat berada di Distrik sayyedah Zainab, Makkah, Apartemen, Madrasah Ibtidaiyah Andalus, Mahmudiyya Kairo, dan Rumah Sakit Sharm EL-Shikh, ;latar waktu terjadi 6 bulan; dan latar sosial menceritakan kehidupan masyarakat kelas ekonomi menengah. (2) Konflik batin tokoh utama dalam novel Air Mata Surga karya E.Rokajat Asura, antara lain adalah konflik batin mendekat-menjauh ( Aproach-Avoidance Conflict ) dan konflik batin menjauh-menjauh ( Avoidance-Avoidance Conflict ).(3)Hasil penelitian ini diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMK berdasarkan pada kurikulum 2013 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan dengan materi pokok unsur intrinsik dan ekstrinsik novel.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet dan data-data yang bersumber dari buku acuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Adapun analisis datanya yaitu dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IBUKU TAK  Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IBUKU TAK Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya tinjauan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan catat. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik trianggulasi teori. Adapun teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, penokohan, alur, dan latar. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, wujud Konflik batin dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya hanya terdapat dua jenis konflik batin. a) konflik mendekat-menjauh, terdapat empat konflik (1) konflik batin ketika mendapatkan promosi dipekerjaannya, (2) konflik batin mengenai keinginan menikah, (3) konflik batin ketika harus bekerja diusia 18 tahun, dan (4) Konflik batin akibat tidak adanya penghargaan. b) konflik menjauh-menjauh, terdapat lima konflik (1) konflik batin ketika menjadi pembicaraan tetangga, (2) konflik batin akibat adanya rasa tidak aman dan rasa ketidaknyamanan, (3) konflik batin ketika akan dinikahkan dengan Harun, (4) konflik batin ketika fisik dan psikis Amelia merasa sakit akibat pemukulan dan cacian yang diberikan oleh Ibu, dan (5) konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan cinta. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Novel Sang Maharani KArya Agnes Jessica : Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Novel Sang Maharani KArya Agnes Jessica : Tinjauan Psikologi Sastra.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Sang Maharani karya Agnes Jessica, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Sang Maharani karya Agnes Jessica berdasar tinjauan psikologi sastra.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH  UTAMA DALAM NOVEL AIR MATA SURGA KARYA E. ROKAJAT ASURA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sast

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AIR MATA SURGA KARYA E. ROKAJAT ASURA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sast

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun dalam novel Air Mata Surga karya E. Rokajat Asura,(2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dengan tinjauan psikologi sastra dalam novel Air Mata Surga karya E.Rokajat Asura, (3) dan mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel Air Mata Surga karya E. Rokajat Asura sebagai bahan ajar sastra di SMK. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Air Mata Surga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pustaka, simak, catat, dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut:(1)Analisis struktural menghasilkan (a) tema novel ini adalah kisah tentang penderitaan hidup seorang gadis kecil . (b) Tokoh utama bernama Baraah dan tokoh tambahan, yaitu. ibu Baraah, ayah Baraah, bibi Baraah, paman Baraah, bu Fatema, uztadzah Salma, dokter Mohammed, dan Hasina.(c) Alur yang digunakan adalah alur mundur (flashback). (d)Latar dibagi menjadi tiga bagian: latar tempat berada di Distrik sayyedah Zainab, Makkah, Apartemen, Madrasah Ibtidaiyah Andalus, Mahmudiyya Kairo, dan Rumah Sakit Sharm EL-Shikh,; latar waktu terjadi 6 bulan; dan latar sosial menceritakan kehidupan masyarakat kelas ekonomi menengah. (2) Konflik batin tokoh utama dalam novel Air Mata Surga karya E.Rokajat Asura, antara lain adalah konflik batin mendekat-menjauh (Aproach-Avoidance Conflict) dan konflik batin menjauh-menjauh (Avoidance-Avoidance Conflict). (3)Hasil penelitian ini diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMK berdasarkan pada kurikulum 2013 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan dengan materi pokok unsur intrinsik dan ekstrinsik novel.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Hasil penelitian ini memiliki manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritis dari penelitian ini meliputi: (1) penelitian ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan Bahasa Indonesia, khususnya bidang pembelajaran Sastra Indonesia dan pengembangan keilmuan sastra Indonesia terutama dalam konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami berdasarkan tinjauan psikologi sastra. Sedangkan manfaat praktis pada penelitian ini meliputi: (1) penelitian ini bermanfaat bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dalam penelitian sastra yang berkaitan dengan konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami berdasarkan tinjauan psikologi sastra, (2) bagi peneliti lain, dapat memotivasi peneliti-peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan hasil yang lebih baik lagi untuk mengkaji konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami berdasarkan tinjauan psikologi sastra, (3) bagi pendidikan, penelitian mengenai unsur-unsur intrinsik dalam novel Lalita karya Ayu Utami berdasarkan tinjauan psikologi sastra ini dapat memberikan referensi atau masukan-masukan bagi guru-guru khususnya bahasa Indonesia, (4) hasil penelitian ini dapat menambah referensi penelitian karya sastra di Indonesia dan dapat dijadikan sebagai acuan bagi peneliti sastra selanjutnya.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RINTIHAN DARI Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Rintihan Dari Lembah Lebanon Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Rintihan dari Lembah Lebanon, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rintihan dari Lembah Lebanon karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet dan data-data yang bersumber dari buku acuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Adapun analisis datanya yaitu dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural pada novel Rintihan dari Lembah Lebanon yaitu tema tentang cinta suci seorang pemuda kepada kekasihnya. Alur dalam novel ini, yaitu alur mundur (Regresif). Tokoh-tokoh yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tokoh utama yaitu Alif dan tokoh tambahan yaitu Aziz, Naysila, Lubna, Ehud, Soimah, Salman, Maria, Ghufron, dan Kang Rahmat. Latar dalam novel ini menggunakan latar tempat di kota Surakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Lebanon. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 4,5 sampai 5 tahun, yaitu antara tahun 2006 sampai tahun 2011. Latar sosial yang digambarkan adalah Alif seorang anak yatim piatu yang harus tinggal di pondok pesantren sesuai dengan wasiat ayahnya. Unsur- unsur dalam novel tersebut yaitu tema, alur, penokohan dan latar saling berhubungan sehingga menciptakan sebuah keutuhan karena semuanya terjalin dengan baik. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, wujud konflik batin dalam novel Rintihan dari Lembah Lebanon adalah (1) konflik mendekat-mendekat, (2) konflik mendekat-menjauh,dan (3) konflik menjauh-menjauh. Hasil penelitian ini juga dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IBUKU TAK  Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IBUKU TAK Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya tinjauan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan catat. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik trianggulasi teori. Adapun teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, penokohan, alur, dan latar. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, wujud Konflik batin dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya hanya terdapat dua jenis konflik batin. a) konflik mendekat-menjauh, terdapat empat konflik (1) konflik batin ketika mendapatkan promosi dipekerjaannya, (2) konflik batin mengenai keinginan menikah, (3) konflik batin ketika harus bekerja diusia 18 tahun, dan (4) Konflik batin akibat tidak adanya penghargaan. b) konflik menjauh-menjauh, terdapat lima konflik (1) konflik batin ketika menjadi pembicaraan tetangga, (2) konflik batin akibat adanya rasa tidak aman dan rasa ketidaknyamanan, (3) konflik batin ketika akan dinikahkan dengan Harun, (4) konflik batin ketika fisik dan psikis Amelia merasa sakit akibat pemukulan dan cacian yang diberikan oleh Ibu, dan (5) konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan cinta. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”, tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Segala puji syukur senantiasa penulis ucapkan terima kasih kepada Allah Swt yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya. Penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. Penyusunan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penyusunan skripsi ini. Shalawat serta salam penulis haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. atas kehendak Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai derajat Sarjana S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL BIDADARI TAK BERSAYAP KARYA BUDI SATRIO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL BIDADARI TAK BERSAYAP KARYA BUDI SATRIO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

Penelitian yang dilakukan oleh Tri Wijayanti (UMS, 2005) judul skripsinya “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Tuhan Izinkan Aku Jadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan: Tinjauan Psikologi Sastra’’. Hasil penelitiannya menyimpulkan (1) Nidah Kirani mengalami konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan dasar fisiologis yakni kebutuhan akan pakaian, seks, dan makanan; (2) Nidah Kirani mengalami konflik batin karena tidak terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman yakni selalu merasakan ketakutan dan seolah-olah berada dalam keadaan terancam; (3) Konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan cinta dan rasa memiliki yakni Nidah Kirani tidak memperoleh rasa cinta dan memiliki pos jamaah dan Da’arul Rakhiem; (4) Konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan harga diri yakni tidak adanya penghargaan atas perjuangannya dan dedikasinya terhadap pos jamaah dan juga kehilangan keperawanannya oleh Da’arul Rakhiem; dan (5) Konflik batin karena tidak terpenuhinya kebutuhan akan aktualisasi diri yakni Nidah Kirani tidak mendapat kepuasan intelektual dan mengalami penurunan pengembangan motivasi diri.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN  KARYA DWI RAHAYUNINGSIH    KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN KARYA DWI RAHAYUNINGSIH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN KARYA DWI RAHAYUNINGSIH KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN KARYA DWI RAHAYUNINGSIH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

Puji syukur kepada Allah Swt. atas rahmat dan kasih yang telah diberikan untuk dapat menyelesaikan penulisan skripsi berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahayuningsih: Tinjauan Psikologi Sastra”. Skripsi ini disusun guna memenuhi sebagian syarat untuk mendapat gelas sarjana S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL BIDADARI TAK BERSAYAP KARYA BUDI SATRIO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA SKRIPSI

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA NOVEL BIDADARI TAK BERSAYAP KARYA BUDI SATRIO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA SKRIPSI

Dalam novel Nayla ditemukan konflik batin menjauh-menjauh yaitu ketka Nayla masih tinggal bersama ibu kandungnya. Ibu sering memukuli Nayla tanpa sebab. Hal itu membuat Nayla sakit, tetapi ia tidak berani melawan. Konflik batin jenis menjauh-menjauh selanjutnya terjadi pada saat Ayah Nayla meningal dunia., hidup Nayla semakin kacau. Nayla sering tertawa tanpa sebab seperti orang mabuk dan memakai narkoba. Oleh karna itu, ia dijebloskan ke Rumah Perawatan Anak Nakal dan Narkotika untuk direhabilitasi. Nayla mengalami konflik batin jenis menjauh-menjauh yaitu ketika cerita pendeknya dimuat di koran. Ia mendapatkan pergunjingan dari orang- orang atas dimuatnya karyanya itu. Tentunya Nayla merasa muak dan ia pun merasa bosan mendengar hal tersebut.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

serempak dua hal yang sama-sama tidak menarik atau tidak disukainya dan harus memilih salah satu, seperti contoh ketika Srintil pergi ke Dawuhan ketika disuruh pulang oleh Nyai Kartareja karena ada Pak Marsusi yang hendak bertemu dengannya akan tetapi Srintil memilih pergi. Contoh lagi ketika Srintil memutuskan untuk tidak melayani laki- laki lagi, Ia hanya ingin meronggeng layaknya seorang ronggeng. Ketiga, konflik mendekat-menghindar (approach-advoidance conflict), konflik ini terjadi apabila seseorang menghadapi serempak antara yang menarik dan yang tidak menarik dan harus memilih salah satu daripadanya, seperti contoh Srintil kecewa karena Rasus menolaknya ketika ia hendak menyerahkan kehormatannya. Contoh lainnya ketika hendak disuruh dukun ronggeng untuk bertemu dengan Pak Marsusi, Srintil lebih memilih bersama Goder.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANJALI DAN CAKRABIRAWA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

PENDAHULUAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANJALI DAN CAKRABIRAWA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

Strategi penelitian yang digunakan untuk mengkaji novel Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami adalah penelitian dengan bentuk studi kasus terpancang dan studi kasus tunggal ( embedded and case study research ). Artinya, penelitian yang sudah terarah pada batasan atau fokus tertentu yang dijadikan sasaran dalam penelitian (Sutopo, 2006:139). Secara khusus, studi kasus tunggal juga bisa dibedakan adanya jenis penelitian yang sifatnya terpancang dan tidak terpancang. Studi kasus tunggal adalah penelitian yang hanya dilakukan pada satu sasaran (satu subyek) (Sutopo, 2006:139-140). Jadi, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi kasus tunggal dengan jenis penelitian yang sifatnya terpancang. Subjek dalam penelitiannya sendiri adalah novel Manjali dan Cakrabirawa .
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN KARYA DWI RAHAYUNINGSIH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

PENDAHULUAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HATI SINDEN KARYA DWI RAHAYUNINGSIH TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

Abrams (dalam Nurgiyantoro, 1995: 2-4) menyatakan bahwa fiksi merupakan karya naratif yang isinya tidak menyaran pada kebenaran sejarah. Karya fiksi menyaran pada suatu karya yang menceritakan sesuatu yang bersifat rekaan, khayalan, sesuatu yang tidak ada dan terjadi sungguh- sungguh sehingga ia tak perlu dicari kebenarannya pada dunia nyata. Fiksi

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects