Top PDF BAB I Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

 BAB I   Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

BAB I Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Cerita dalam novel memiliki banyak konflik yang dialami oleh tokoh utama yaitu Srintil. Konflik yang dialami oleh Srintil sebagai tokoh utama novel Ronggeng Dukuh Paruk berupa konflik batin karena konflik tersebut hanya dialami oleh diri Srintil. Konflik batin akan dikaji melalui pendekatan psikologi sastra. Melalui psikologi sastra diharapkan dapat mengungkapkan makna yang terkandung dalam konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk. Dapat diuraikan berdasarkan pernyataan diatas alasan dalam penelitian ini sebagai berikut.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 2  KARYA DONNY DHIRGANTORO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN   Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 2 KARYA DONNY DHIRGANTORO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.

Sholikhin Darojad Tri Cahyono/ A 310100226. KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 2 KARYA DONNY DHIRGANTORO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Oktober, 2015.

11 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Segala puji syukur senantiasa penulis ucapkan terima kasih kepada Allah Swt yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya. Penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. Penyusunan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin melihat lebih dalam permasalahan-permasalahan mengenai konflik batin yang dialami oleh Lalita dalam novel Lalita karya Ayu Utami yang akan dikaji dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Gambaran keadaan tokoh yang dijelaskan di dalam novel Lalita ini akan didahului dengan analisis struktur yang meliputi tema, alur, tokoh, dan latar. Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utama yang akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian-penelitian sastra yang menggunakan prosedur ilmiah dibutuhkan sebagai alat guna memecahkan berbagai persoalan sastra. Penelitian sastra berguna untuk mengetahui relevansi karya sastra dengan kenyataan. Hal ini karena karya sastra mencerminkan realita sosial dan berpengaruh dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan psikologi sastra sebagai pendekatan agar mampu menangkap konflik batin yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye dan permasalahan ini menyentuh permasalahan psikologi. Hubungan konflik batin dengan psikologi sastra yakni perilaku yang muncul dari diri seseorang dan ditanamkan pada kegiatan yang dilakukan atau kebiasaan keseharian.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Karya sastra dapat berupa novel, puisi, cerpen, drama yang dapat dinikmati dan diapresiasi oleh siapapun. Fenomena kehidupan itu beraneka ragam baik yang mengandung aspek sosial, budaya, politik, ekonomi, kemanusiaan, keagamaan, moral, dan gender. Dengan daya imajinatifnya, berbagai realitas kehidupan yang dihadapi sastrawan itu diseleksi, direnungkan, digali, diolah, kemudian diungkapkan dalam karya sastra yang lazim bermediumkan bahasa. Sastra dan manusia sangat erat, karena pada dasarnya keberadaan sastra sering bermula dari persoalan dan permasalahan yang ada pada manusia dan lingkungan sekitar, kemudian imajinasi yang tinggi seseorang pengarang tinggal menuangkan masalah-masalah yang ada disekitarnya menjadi sebuah karya sastra.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA:  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA: Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Psikologi sastra secara definitif mempunyai tujuan untuk memahami aspek-aspek kejiwaan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa analisis psikologi sama sekali terlepas dengan kebutuhan masyarakat. Sesuai dengan hakikatnya, karya sastra memberikan pemahaman terhadap masyarakat secara tidak langsung melalui tokoh-tokohnya (Ratna, 2011:342). Pendekatan psikologi digunakan karena tokoh utama berhubungan dengan konflik batin serta tingkah laku maupun aktifitas kejiwaan yang dialami. Penelitian ini menggunakan psikologi sastra sebagai pendekatan agar mampu menangkap makna konflik batin yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye dan permasalahan ini menyentuh permasalahan psikologi. Hubungan konflik batin dengan psikologi sastra yakni perilaku yang muncul dari diri seseorang dan ditanamkan pada kegiatan yang dilakukan atau kebiasaan keseharian.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Karya sastra merupakan hasil kreasi sastrawan melalui kontemplasi dan refleksi setelah menyaksikan berbagai fenomena kehidupan di lingkungan sosialnya. Fenomena itu beraneka ragam baik yang mengandung aspek sosial, budaya, politik, ekonomi, kemanusiaan, keagamaan, moral, maupun jender. Daya imajinatifnya berbagai realitas kehidupan yang dihadapi sastrawan itu diseleksi, direnungkan, dikaji, diolah, kemudian diungkapkan dalam karya sastra yang lazim bermedium bahasa (Al-Ma'ruf, 2009:1).

9 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Novel Ronggeng Dukuh Paruk merupakan karya Ahmad Tohari yang lahir di daerah Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 13 Juni 1948. Ahmad Tohari pada dasarnya mempunyai hobi menulis, akan tetapi tidak pernah berpikiran akan menjadi penulis ternama. Karya sastranya terkenal pada kekuatan pedesaan yang dikemas secara eksotis sehingga menimbulkan kehidupan pedesaan menjadi sedemikian hidup dan menarik. Hasil tulisannya mendapatkan beberapa penghargaan antara lain hadiah dari Yayasan Buku Utama untuk novelnya yang berjudul Kubah (1980), hadiah Sayembara Penulisan Roman Dewan Kesenian Jakarta unutk novelnya yang berjudul Di Kaki Bukit Cibalak (1986), penghargaan Fellow Writer the University Of Iowa (1990), penghargaan Bhakti Upapradana dari Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk Pengembangan Seni Budaya (1995), dan South East Asia Writes Award, Bangkok (1995).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di S

KONFLIK BATIN DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di S

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang terdapat pada novel MBDA, (2) mendeskripsikan konflik batin yang dikaji dengan teori psikologi sastra pada novel MBDA, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel MBDA karya Tere Liye sebagai bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Strategi penelitian terpancang dan studi kasus. Objek penelitian yaitu konflik batin pada novel MBDA dengan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Data kualitatif berupa kata, frasa, kalimat, dan wacana yang berhubungan dengan struktur dan konflik batin dalam novel MBDA. Sumber data primer yaitu novel MBDA dan data sekunder dari internet. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data yaitu teknik triangulasi data dan teoritis. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik, terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, yaitu keterbatasan bukan akhir dari segalanya karena berusaha, sabar, ikhlas, dan bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Penokohan yaitu Melati, Karang, Bunda, Tuan HK, Salamah, Ibu-ibu Gendut, dan Kinasih. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar dibagi menjadi tiga, yaitu (1) latar tempat, meliputi laut, ruang makan keluarga HK, dan pelabuhan kota, (2) latar waktu, meliputi waktu penceritaan novel selama empat minggu ketika pagi, siang, dan malam hari dan (3) latar sosial yaitu menggambarkan kehidupan keluarga kaya dan masyarakat sederhana. Konflik batin dalam novel MBDA karya Tere Liye menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud dengan wujud konflik batin antara: (1) rasa ingin tahu dan keterbatasan (id dan ego), (2) memilih menikah atau keluarga HK (id dan superego), (3) tidak bisa melupakan kenangan buruk dan lari dari kehidupan (id dan ego), (4) harapan dan kenyataan (ego dan superego), dan (5) mempertahankan dan melepaskan (id,ego, dan superego).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS  DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH   Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

Skripsi berjudul konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah karya Aguk Irawan: tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA disusun oleh penulis guna memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di S

KONFLIK BATIN DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di S

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang terdapat pada novel MBDA, (2) mendeskripsikan konflik batin yang dikaji dengan teori psikologi sastra pada novel MBDA, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel MBDA karya Tere Liye sebagai bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Strategi penelitian terpancang dan studi kasus. Objek penelitian yaitu konflik batin pada novel MBDA dengan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Data kualitatif berupa kata, frasa, kalimat, dan wacana yang berhubungan dengan struktur dan konflik batin dalam novel MBDA. Sumber data primer yaitu novel MBDA dan data sekunder dari internet. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data yaitu teknik triangulasi data dan teoritis. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik, terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, yaitu keterbatasan bukan akhir dari segalanya karena berusaha, sabar, ikhlas, dan bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Penokohan yaitu Melati, Karang, Bunda, Tuan HK, Salamah, Ibu-ibu Gendut, dan Kinasih. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar dibagi menjadi tiga, yaitu (1) latar tempat, meliputi laut, ruang makan keluarga HK, dan pelabuhan kota, (2) latar waktu, meliputi waktu penceritaan novel selama empat minggu ketika pagi, siang, dan malam hari dan (3) latar sosial yaitu menggambarkan kehidupan keluarga kaya dan masyarakat sederhana. Konflik batin dalam novel MBDA karya Tere Liye menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud dengan wujud konflik batin antara: (1) rasa ingin tahu dan keterbatasan (id dan ego), (2) memilih menikah atau keluarga HK (id dan superego), (3) tidak bisa melupakan kenangan buruk dan lari dari kehidupan (id dan ego), (4) harapan dan kenyataan (ego dan superego), dan (5) mempertahankan dan melepaskan (id,ego, dan superego).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA (ILHAM) PADA NOVEL MEMELUK GERHANA KARYA ISA KAMARI DAN  Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama (Ilham) Pada Novel Memeluk Gerhana Karya Isa Kamari Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA (ILHAM) PADA NOVEL MEMELUK GERHANA KARYA ISA KAMARI DAN Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama (Ilham) Pada Novel Memeluk Gerhana Karya Isa Kamari Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tokoh utama Ilham yang terdapat dalam novel Memeluk Gerhana tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah novel Memeluk Gerhana karya Isa Kamari. Data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet merupakan situs yang dimiliki pengarang Isa Kamari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan teknik catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

Tujuan ini adalah (1) memaparkan latar sosio historis pengarang Ayu Utami, (2) mendeskripsikan struktur yang menbangun novel Lalita karya Ayu Utami, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami, (4) Mengimplementasikan konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami sebagai bahan ajar studi di SMA. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dalam novel Lalitakarya Ayu Utami diterbitkan oleh penerbit Gramedia setebal 251 dan sumber data sekunder Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Latar sosio historis pengarang (2) Struktur novel Lalita karya Ayu Utami difokuskan pada tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel ini adalah misteri Candi Borobudur. Alur novel Lalita ini adalah alur campuran. Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama (Lalita), tokoh pendamping (Sandi Yuda, Parang Jati, dan Marja), tokoh bawahan (Janaka,Oscar, Ansheldan Jisheng). Latar meliputi latar tempat (di Plasa Indonesia, Jalan Teuku Umar, Wilayah Menteng Jakarta, Borobudur, Candi Mendut, di Bandung kampus (ITB), dan Jawa Timur). Latar waktu dalam novel Lalita ini mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Pada tahun 2008 pembukaan Restoran Buddha Bar dan ditutup tahun 2010. Latar sosial (Perjalanan bawah sadar dan kehidupan sehari-hari dengan alam mimpi dan Masyarakat desa meyakini bahwa vampir adalah takhayul belaka). (3) Konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita terdapat 3 konflik. a) Konflik mendekat-mendekat, yaitu Lalita merasakan senang di dalam hidupnya ketika mengagumi seorang laki-laki. b) Konflik batin menghindar-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara percaya dan tidak percaya, 2) konflik antara sedih dan kekecewaan. c) Konflik batin mendekat-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara keinginan dan rasa bersalah, 2) konflik antara senang dan kecewa. (4) Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penyusunan skripsi ini. Shalawat serta salam penulis haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. atas kehendak Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai derajat Sarjana S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA ALIF FIKRI DALAM NOVEL  Aspek Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra.

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA ALIF FIKRI DALAM NOVEL Aspek Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra.

Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan strukturalisme difokuskan pada tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi adalah kisah perjuangan dan kesabaran seorang lelaki dewasa yang bernama Alif Fikri dalam meraih impian. Novel Ranah 3 Warna menggunakan alur maju (progresif). Penokohan dalam novel Ranah 3 Warna terdiri dari Alif Fikri, Amak, Ayah, Randai, Raisa, Rusdi, Francois Pepin, Ferdidand, dan Madeleine. Latar dalam novel Ranah 3 Warna adalah di daerah Sumatra Barat, Bandung, Cibubur, Amman Yordania, dan Kanada. Latar waktu terjadi pada tahun 1992 sampai dengan 2008. Latar sosial dalam novel ini adalah latar sosial kehidupan keluarga yang sederhana. Hubungan antara tema, alur, penokohan, dan latar saling berkaitan satu dengan lain sehingga mendukung totalitas makna novel Ranah 3 Warna. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, kepribadian Alif dalam novel Ranah 3 Warna adalah (1) pribadi yang tangguh, (2) pribadi yang cerdas dan mandiri, (3) pribadi yang suka membaca buku, (4) pribadi yang optimis dalam menghadapi masalah, (5) pribadi yang suka berpikir, dan (6) pribadi yang egois. Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI. Dengan demikian, aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Ranah 3 Warna dapat dijadikan acuan oleh pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra .
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosiohistoris pengarang Jeremias Nyangoen beserta karya-karyanya. (2) mendeskripsikan struktur pembangun film Serdadu Kumbang . (3) mendeskripsikan konflik batin pada tokoh utama film Serdadu Kumbang dikaji dengan psikologi sastra. (4) mengimplementasikan konflik batin dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian film Serdadu Kumbang dan objek penelitian konflik batin film Serdadu Kumbang . Data penelitian ini berupa percakapan dalam film Serdadu Kumbang . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini ada empat (1) Jeremias Nyangoen lahir di Pontianak, 29 Juni1968. Karya-karya yang dihasilkan oleh pengarang antara lain: Kanibal – Sumanto, Di Timur Matahari, Denias, Senandun Di Atas Awan. (2) analisis struktural, tema dalam film Serdadu Kumbang perjuangan anak dan sahabatnya untuk meraih cita-cita yang mereka mimpikan selama ini. Tokoh dalam film ini Amek, Umbe, Acan, Guru Imbok, Siti, Zakaria, Minun. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar pada film dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. (3) hasil analisis ditemukan adanya konflik batin pada tokoh utama dalam film Serdadu Kumbang. Konflik batin terdiri dari tiga yaitu konflik mendekt- mendekat, konflik mendekat-menjauh dan konflik menjauh-menjauh. (4) hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA pada kelas XI semester II dengan Kompetensi Inti: 3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradabanterkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Kompetensi Dasar: 3.3 Menganalisis ulasan/reviu film/drama baik melaui lisan maupun tulisan. Berdasarkan analisis film Serdadu Kumbang konflik batin tokoh utama dapat diteladani oleh peserta didik bahwa keterbatasan bisa dikalahkan dengan semangat pantang menyerah dan kegigihan memperjuangan mimpi.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan latar sosio-historis Ayu Utami, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami, (3) mengungkapkan konflik batin tokoh utama dalam novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami, (4) mengimplementasikan konflik batin tokoh utama, Enrico terhadap pembelajaran sastra di SMA. Data penelitian ini berupa paragraf yang terdapat dalam novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar sosio-historis Ayu Utami, seorang sastrawan yang semua karyanya terdapat bahasa vulgar dan mengangkat derajat perempuan, (2) secara struktural, alur dalam novel Cerita Cinta Enrico yaitu alur maju (Progresif). Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama yaitu Enrico, tokoh tambahan Syrnie Masmirah, Muhamad Irsyad, Om Khasiar, dan A sebagai tokoh bawahan. Latar tempat terjadi di Bukittinggi, Padang, Bandung, Bogor. Latar waktu terjadi pada tahun 1958 sampai tahun 1998. Latar sosial adalah seseorang yang memliki perilaku kehidupan sosial yang baik bagi kehidupan sosial masyarakat, (3) konflik batin dalam novel Cerita Cinta Enrico yakni, Konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict), konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict), (4) hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA khususnya kelas XII semester 2 (genap).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan latar sosial budaya Kirana Kejora , (2) mendeskripsikan struktur novel, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra, (4) mendeskripsikan bagaimana implementasi psikologi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa paragraf. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora. Sumber data sekunder penelitian ini adalah buku acuan yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi menggunakan trianggulasi data. Analisis data yaitu dengan model semiotik teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukan (1) latar belakang sosial budaya Kirana Kejora merupakan seorang penulis wanita kelahiran Ngawi, Jawa Timur pada 2 Februari 1972. Ciri khas karya Kirana Kejora yaitu tentang perjuangan dan cinta. (2) Struktur novel ini yaitu perjuangan hidup dan cinta seorang ibu. Alur dalam novel ini , yaitu alur maju. Tokoh dalam novel ini adalah tokoh utama yaitu Hanum (protagonis) dan tokoh tambahan yaitu Bintang (tritagonis), Agung (antagonis). Latar tempat dalam novel ini di Jakarta. Latar waktu novel ini antara tahun 1999-2009. Latar sosial novel ini adalah orang yang terkena HIV yang lalu mendapat cibiran dan penolakan dari masyarakat sekitar. (3) Konflik batin dalam novel ini (a) konflik mendekat-mendekat, yaitu konflik rasa bahagia dengan rasa syukur, dan konflik syukur dan bangga (b) konflik mendekat-menjauh, yaitu konflik cinta dan perpisahan, serta konflik bahagia dan sedih, dan (c) konflik menjauh-menjauh, yaitu konflik pasrah dan sedih, serta konflik marah dan kesal. (4) Implikasi hasil penelitian pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...