Top PDF KONSEP KURBAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DAN HINDU Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

KONSEP KURBAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DAN HINDU   Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

KONSEP KURBAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DAN HINDU Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

Telah dimunaqosahkan oleh Dewan Penguji Skripsi Fakultas Agama Islam Program Studi Perbandingan Agama (Ushuluddin) pada tanggal 2 Maret 2012, dan dapat diterima sebagai kelengkapan akhir dalam menyelesaikan studi strata satu guna memperoleh gelar Sarjana Ushuluddin.

12 Baca lebih lajut

KONSEP KURBAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DAN HINDU   Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

KONSEP KURBAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DAN HINDU Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

Keberagaman agama merupakan fakta dan sunnatullah yang tak dapat ditolak, dan di dalam keberagaman itulah manusia harus hidup bersama dan berhubungan dengan satu sama lain. Dalam konteks plural semacam itu, klaim-klaim kebenaran (truth claim) hanya relevan untuk kepentingan- kepentingan yang bersifat internal. Dunia keseberagamaan menghendaki agar orang harus saling menahan diri, berlatih “setuju dalam ketidaksetujuan” (Agree in Disagreement), membiasakan hidup dalam perbedaaan, tidak saling menilai benar atau salah, dan belajar untuk saling menghormati satu sama lain, agar terhindar dari benturan dan konflik yang menimbukan kerugian bagi berbagai pihak (Djam’annuri, 2000: 7-8). Maka sikap inklusif sangat diperlukan dalam berhubungan dengan agama lain.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

DAFTAR PUSTAKA Konsep Kurban Dalam Perspektif Agama Islam Dan Hindu (Sebuah Studi Perbandingan).

Pokok-Pokok Keimanan Agama Hindu: Pada: http://www.hindu-indonesia.com/ akses data tanggal 21 November 2011.. Pada: http://www.psychologymania.com/2011/09/ajaran-agama hinduhinduisme.htm[r]

5 Baca lebih lajut

KONSEP PUASA DALAM AGAMA ISLAM DAN PROTESTAN (Studi Perbandingan)  KONSEP PUASA DALAM AGAMA ISLAM DAN PROTESTAN (Studi Perbandingan).

KONSEP PUASA DALAM AGAMA ISLAM DAN PROTESTAN (Studi Perbandingan) KONSEP PUASA DALAM AGAMA ISLAM DAN PROTESTAN (Studi Perbandingan).

Skripsi ini mengupas mengenai puasa dalam perspektif agama Islam dan Protestan, serta untuk mengetahui persamaan (kesejajaran) maupun perbedaannya pada kedua agama tersebut. Skripsi ini bermanfaat sebagai stimulus bagi penelitian selanjutnya, sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung dan memperoleh hasil yang maksimal. Lebih dari itu, skripsi ini juga diharapkan menjadi media dalam membangun sikap toleransi antar umat beragama khususnya antar pemeluk agama Islam dan Protestan.

14 Baca lebih lajut

Konsep Ilmu dalam Islam

Konsep Ilmu dalam Islam

Salah satu tantangan pemikiran Islam kontemporer yang dihadapi kaum Muslimin saat ini adalah problem ilmu. Sebabnya, peradaban Barat yang mendominasi peradaban dunia saat ini telah menjadikan ilmu sebagai problematis. Selain telah salahmemahami makna ilmu, peradaban tersebut telah menghilangkan maksud dan tujuan ilmu. Sekalipun peradaban Barat modern telah menghasilkan ilmu yang bermanfaat, namun, tidak dapat dinafikan bahwa peradaban tersebut juga telah menghasilkan ilmu yang telah merusak khususnya kehidupan spiritual manusia. Epistemologi Barat bersumber kepada akal dan pancaindera.

10 Baca lebih lajut

Konsep Ilmu dalam Islam

Konsep Ilmu dalam Islam

Syed Muhammad Naquib al­Attas menyadari terdapatnya persamaan antara Islam  dengan  filsafat  dan  sains  modern  menyangkut  sumber  dan  metode  ilmu,  kesatuan  cara  mengetahui  secara  nalar  dan  empiris,  kombinasi  realisme,  idealisme  dan  pragmatisme  sebagai  fondasi kognitif  bagi  filsafat sains; proses dan  filsafat sains. Bagaimanapun,  ia  menegaskan  terdapat  juga  sejumlah  perbedaan  mendasar  dalam  pandangan  hidup  (divergent  worldviews)  mengenai  Realitas  akhir.  Baginya,  dalam  Islam,  Wahyu  merupakan sumber ilmu tentang realitas dan kebenaran akhir berkenaan dengan makhluk 
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Lombok No Bau Nyale No Dentou

Lombok No Bau Nyale No Dentou

Pada saat ini masyarakat Lombok sudah banyak beralih pada agama Islam Waktu Lima, namun masih ada yang menganut agama islam Waktu Telu, dan sisanya menganut agama Hindu dan Budha.. 2.4 M[r]

23 Baca lebih lajut

T PK 1201398 Appendix2

T PK 1201398 Appendix2

12. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sering dijumpai kehidupan antar pemeluk agama sangat kental terjadi. Para tokoh dari berbagai agama sering bertemu untuk mendiskusikan berbagai masalah yang terjadi menyangkut masalah keagamaan, sosial politik, dan lain sebagainya. Pendapat kamu tentang hal tersebut ...

8 Baca lebih lajut

4. PENDIDIKAN AGAMA HINDU

4. PENDIDIKAN AGAMA HINDU

di samping secara non formal dan informal. Demikian pula dalam menggali landasan politis, pendidikan agama Hindu di tingkat pendidikan tinggi, diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas anak bangsa yang handal, mandiri dan mampu bersaing secara global. Karakter manusia yang dibangun melalui pendidikan agama Hindu di tingkat pendidikan tinggi, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan sraddha dan bhakti (iman dan takwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan, mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Secara sosiologis, pendidikan agama Hindu yang mengarah kepada pembentukan kepribadian mahasiswa diarahkan pada penumbuhan kesadarannya, bahwa secara kodrati hidup manusia tidak bisa lepas dari aspek-aspek baik sebagai makhluk Tuhan, makhluk alam, makhluk individu, dan makhluk sosial. Terhadap keempat aspek inilah, manusia harus hidup dan mampu mengembangkan diri yang selaras, serasi dan seimbang serta harmonis. Karena dengan itu, manusia akan mampu mencapai tujuan hidup. Selanjutnya, dari aspek filosofis, pendidikan agama Hindu mendasarkan pada peningkatan kualitas hakikat hidup manusia itu sendiri, yang intinya menjelma ke dunia adalah dalam rangka meningkatkan kualitas jati dirinya, dengan jalan berbuat baik (dharma). Tujuan hidup manusia menurut agama Hindu adalah luhur dan mulia, yaitu membebaskan diri dari belenggu kehidupan yang dianggap maya. Melalui pendidikan agama, manusia akan mampu meningkatkan kesadaran dirinya dan membebaskannya dari belenggu itu. Atas dasar itulah, maka pendidikan agama Hindu utamanya pada tingkat pendidikan tinggi harus diberikan. Tujuannya adalah agar para mahasiswa memiliki pemahaman, dan penghayatan agama yang baik dan benar yang harus diaplikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Diyakini bahwa dengan agama Hindu maka tujuan hidup akan tercapai.
Baca lebih lanjut

302 Baca lebih lajut

Perbandingan Agama Agama Hindu (1)

Perbandingan Agama Agama Hindu (1)

Trimurti itu terdiri dari: Brahma, Wisynu dan Syiwa. Ahli-ahli penyelidik sejarah agama-agama banyak yang berpendapat, bahwa kemungkinan benar agama Hindu ini asalnya Samawy, agama langit yang berasal dari pengajaran Tuhan Pencipta semesta Alam, melihat ajarannya yang asli kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tetapi dalam perjalanan hidupnya yang sudah lama, ibarat sebuah sungai yang mengalir dari lereng gunung, sudah banyak dimasuki oleh berbagai sampah dan kotoran, sehingga sudah banyak yang menyeleweng dari ajaran aslinya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

MAKALAH NILAI NILAI PANCASILA DALAM KERU

MAKALAH NILAI NILAI PANCASILA DALAM KERU

Indonesia sebagai negara Islam dan secara “fair” hal tersebut dapat memojokkan umat beragama lain. Yang lebih buruk lagi adalah dapat memicu disintegrasi bangsa terutama bagi provinsi yang mayoritas beragama nonislam. Karena itulah sampai detik ini bunyi sila pertama adalah “ketuhanan yang maha esa” yang berarti bahwa Pancasila mengakui dan menyakralkan keberadaan Agama, tidak hanya Islam namun termasuk juga Kristen, Katolik, Budha dan Hindu sebagai agama resmi negara pada saat itu.

7 Baca lebih lajut

Tugas klp. Hinduisme di alam

Tugas klp. Hinduisme di alam

Namun, teori ini memiliki kelemahan, yaitu para pedagang yang termasuk dalam kasta Waisya tidak menguasai bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa yang umumnya hanya dikuasai oleh kasta Brahmana. Namun bila menilik peninggalan prasasti yang dikeluarkan oleh negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, sebagian besar menggunakan bahasa Sanskerta dan berhuruf Pallawa. Dengan demikian, timbul pertanyaan: Mungkinkah para pedagang India mampu membawa pengaruh kebudayaan yang sangat tinggi ke Indonesia, sedangkan di daerahnya sendiri kebudayaan tersebut hanya milik kaum

30 Baca lebih lajut

TUGAS AGAMA HINDU PANDANGAN AGAMA HINDU

TUGAS AGAMA HINDU PANDANGAN AGAMA HINDU

Oleh karena itulah perbuatan aborsi disetarakan dengan menghilangkan nyawa. Kitab-kitab suci Hindu antara lain Rgveda 1.114.7 menyatakan: “Ma no mahantam uta ma no arbhakam” artinya: Janganlah mengganggu dan mencelakakan bayi. Atharvaveda X.1.29: “Anagohatya vai bhima” artinya: Jangan membunuh bayi yang tiada berdosa. Dan Atharvaveda X.1.29: “Ma no gam asvam purusam vadhih” artinya: Jangan membunuh manusia dan binatang. Dalam ephos Bharatayuda Sri Krisna telah mengutuk Asvatama hidup 3000 tahun dalam penderitaan, karena Asvatama telah membunuh semua bayi yang ada dalam kandungan istri-istri keturunan Pandawa, serta membuat istri-istri itu mandul selamanya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Qurban

Contoh Makalah Qurban

Kurban menurut arti kata, berasal dari kata yang berarti karib artinya dekat. Sedangakn menurut arti syariat Islam, Kurban adalah mennyembelih binatanng ternak (unta, sapi, atau kambing) sebagai wujud pengorbanan kepada Allah SWT dan mengharap rida-Nya sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah dilimpahkan Allah SWT kepadanya.

17 Baca lebih lajut

KONSEP TOLERANSI PERSPEKTIF ISLAMIC WORLDVIEW  (TINJAUAN HISTORIS INTERAKSI ISLAM DENGAN AGAMA LAIN   Konsep Toleransi Perspektif Islamic Worldview (Tinjauan Historis Interaksi Islam Dengan Agama Lain Masa Nabi Muhammad SAW.).

KONSEP TOLERANSI PERSPEKTIF ISLAMIC WORLDVIEW (TINJAUAN HISTORIS INTERAKSI ISLAM DENGAN AGAMA LAIN Konsep Toleransi Perspektif Islamic Worldview (Tinjauan Historis Interaksi Islam Dengan Agama Lain Masa Nabi Muhammad SAW.).

The term tolerance is a terminology which emerged at the first time from the este i ilizatio . The te tole a e easily de elops itself atu ally i the womb of liberal western thought. Unfortunately, the tolerance which understood by the West eventually is being adopted uncritically by some intellectual Muslims. It might be something to be shared in understanding about tolerance in the West and Islam. But, there is fundamental difference in term of its interpretation in the history of Western and Islamic civilization.

14 Baca lebih lajut

4. PENDIDIKAN AGAMA HINDU

4. PENDIDIKAN AGAMA HINDU

di samping secara non formal dan informal. Demikian pula dalam menggali landasan politis, pendidikan agama Hindu di tingkat pendidikan tinggi, diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas anak bangsa yang handal, mandiri dan mampu bersaing secara global. Karakter manusia yang dibangun melalui pendidikan agama Hindu di tingkat pendidikan tinggi, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan sraddha dan bhakti (iman dan takwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan, mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Secara sosiologis, pendidikan agama Hindu yang mengarah kepada pembentukan kepribadian mahasiswa diarahkan pada penumbuhan kesadarannya, bahwa secara kodrati hidup manusia tidak bisa lepas dari aspek-aspek baik sebagai makhluk Tuhan, makhluk alam, makhluk individu, dan makhluk sosial. Terhadap keempat aspek inilah, manusia harus hidup dan mampu mengembangkan diri yang selaras, serasi dan seimbang serta harmonis. Karena dengan itu, manusia akan mampu mencapai tujuan hidup. Selanjutnya, dari aspek filosofis, pendidikan agama Hindu mendasarkan pada peningkatan kualitas hakikat hidup manusia itu sendiri, yang intinya menjelma ke dunia adalah dalam rangka meningkatkan kualitas jati dirinya, dengan jalan berbuat baik (dharma). Tujuan hidup manusia menurut agama Hindu adalah luhur dan mulia, yaitu membebaskan diri dari belenggu kehidupan yang dianggap maya. Melalui pendidikan agama, manusia akan mampu meningkatkan kesadaran dirinya dan membebaskannya dari belenggu itu. Atas dasar itulah, maka pendidikan agama Hindu utamanya pada tingkat pendidikan tinggi harus diberikan. Tujuannya adalah agar para mahasiswa memiliki pemahaman, dan penghayatan agama yang baik dan benar yang harus diaplikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Diyakini bahwa dengan agama Hindu maka tujuan hidup akan tercapai.
Baca lebih lanjut

302 Baca lebih lajut

PRAKTIK KURBAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM TEBAR HEWAN KURBAN THK DI DOMPET DHUAFA

PRAKTIK KURBAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM TEBAR HEWAN KURBAN THK DI DOMPET DHUAFA

2. Ketentuan dan syarat mengenai barang dalam kurban online dan kesesuaiannya dengan syarat-syarat pada akad salam antara lain: Pertama, barang (hewan kurban) yang ditawarkan dan dijual oleh THK ciri-cirinya jelas disebutkan dalam iklan yang dibuat oleh THK dan ada penjelasan lebih secara langsung dalam website THK sendiri tentang ciri-ciri (jenis) hewan kurbannya. Kedua, spesifikasi dari hewan kurban sudah jelas, karena THK sendiri sudah mengklasifikasikan jenis hewan kurban yang ditawarkannya. Ketiga, penyerahan barang (hewan kurban) nya dilakukan kemudian karena praktik jual beli kurban online ini dilakukan dengan pemesanan terlebih dahulu. Walaupun dalam praktiknya hewan kurban yang telah dibeli oleh pekurban tidak diserahkan kepada pekurban, melainkan akan diberikan/disalurkan oleh THK kepada masyarakat di daerah lain yang lebih membutuhkan. Keempat, waktu dan tempat penyerahan hewan kurban telah disepakati oleh kedua belah pihak, hanya saja penyerahan tidak diterima langsung oleh pekurban melainkan akan disalurkan kepada masyarakat lain sebagaimana pekurban telah mengamanatkan pelaksanaannya kepada THK. Kemudian yang terakhir adalah tidak boleh menukar hewan kurban kecuali dengan hewan kurban sejenis atau pekurban menambah jumlah uang apabila menginginkan jens hewan kurban yang lebih dari jenis yang dipesannya pertama kali, karena jenis- jenis dan spesifikasi hewan kurban sudah ditentukan oleh THK.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

195150 ID konsep pendidikan agama islam perspektif

195150 ID konsep pendidikan agama islam perspektif

meletakkan al- Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw sebagai acuan utama. Secara umum sistem pendidikan Islam mempunyai karakter religius serta kerangka etik dalam tujuan dan sasarannya. Pemikiran pendidikan al- Ghazali secara umum bersifat religius- etis. Kecenderungannya ini dipengaruhi oleh penguasaannya di bidang sufisme. Menurut Al-Ghazali pendidikan yang benar merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Pendidikan juga dapat mengantarkan manusia untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Pendidikan juga sarana menebar keutamaan. Maka untuk mencapai hal itu, dunia pendidikan harus memperhatikan beberapa faktor yang cukup urgens. Al- Ghazali berpandangan bahwa dunia pendidikan harus menempatkan ilmu pengetahuan pada posisi yang sangat terhormat, penghormatan atas ilmu merupakan suatu keniscayaan. Konsekuensi atas penghormatan terhadap ilmu adalah penghormatan terhadap guru. Ilmu pengetahuan menurut Imam al-Ghazali adalah sebagai kawan di waktu sendirian, sahabat di waktu sunyi, penunjuk jalan pada agama, pendorong ketabahan di saat kekurangan dan kesukaran.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

silabus agama hindu kelas VII smp

silabus agama hindu kelas VII smp

Konsep ketuhanan dalam agama Hindu Mengamati :  Menyimak paparan ketuhanan dalam agama Hindu  Membaca materi ketuhanan dalam agama Hindu pada buku paket..  Menyimak pengertian ket[r]

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...