Top PDF LAPORAN HASIL TRACER STUDY : TENTANG KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

LAPORAN HASIL TRACER STUDY KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

LAPORAN HASIL TRACER STUDY KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Berdasarkan hasil rekapitulasi angket kepuasan mutu lulusan yang diisi oleh orang tua/wali siswa didapatkan hasil sebesar 85% yang termasuk kategori sangat puas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mutu lulusan SMA Ihyaul Quran memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik dan sangat memuaskan.

13 Baca lebih lajut

HASIL SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

HASIL SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Hasil Tracer Study Lulusan 2018 0% 10% 20% 30% 40% 50% 60% 70% 80% 90% 100% Program studi/spesialisasi IPK Pengalaman praktek/kerja dan berorganisasi selama studi Reputasi universitas/ fakultas/program studi Pengalaman tinggal di luar negeri Penguasaan bahasa Inggris/bahasa asing lain Penguasaan teknologi informasi Rekomendasi/referensi Kepribadian dan karakter Kemampuan softskill (komunikasi/ manajerial)

13 Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP LAYANAN MANAJEMEN PROGRAM STUDI ILMU LINGUISTIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS WARMADEWA

LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP LAYANAN MANAJEMEN PROGRAM STUDI ILMU LINGUISTIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS WARMADEWA

Setelah melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi layanan kepuasan di bidang pengelolaan dan pengembangan manajemen, maka disusun laporan analisis hasil survey. Hasil kegiatan survey di bidang layanan manajemen ini akan segera dibuatkan tindak lanjut. Hasil survey ini dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan layanan pengelolaan dan pengembangan manajemen, serta dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pengembangan proses layanan manajemen pada masa yang datang dengan lebih baik.

24 Baca lebih lajut

Laporan Kegiatan TRACER STUDY PSTP ULM ALUMNI Cohort Disusun Oleh: TIM TRACER STUDY

Laporan Kegiatan TRACER STUDY PSTP ULM ALUMNI Cohort Disusun Oleh: TIM TRACER STUDY

Tracer Study atau yang sering disebut sebagai survey alumni merupakan studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang bersangkutan. Tracer Study juga bermanfaat dalam menyediakan informasi penting mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

LAPORAN PELACAKAN ALUMNI (TRACER STUDY) 2012

LAPORAN PELACAKAN ALUMNI (TRACER STUDY) 2012

Hasil pelacakan alumni oleh team tracer study Politeknik Indonusa Surakarta terhadap kepuasan pemanfaatan lulusan oleh fihak pengguna dapat di simpulkan bahwa lulusan dari Politeknik Indonusa Surakarta mempunyai kompetensi yang bagus dalam bidang seperti berdasarkan bidang ilmu kopetensi utama yang di sajikan dalam kurikulum dan Silabus yang di tetapkan dalam rancangan perkuliahan., kemampuan bahasa inggris dan kedisiplinan. Data mengenai kepuasan fihak pengguna di tampilkan dalam grafik hasil pelacakan alumni. Mselain itu, masukan lain yang di terima di kampus Politeknik Indonusa Surakarta di antaranya: Perlunya peningkatan yang lebih baik lagi dalam hal pelatihan softskill tentang leadership, komunikasi dalam organisasi, peningkatan kemampuan bahasa asing (bahasa inggris), wwasan kewirausahaan, studi kasus dan praktisi industry yang di libatkan dalam penyusunan kurikulum.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN A. LATAR BELAKANG SDN Panton Bayu terus berupaya untuk meningkatkan kinerja program dan kebijakan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Salah satunya adalah dengan peningkatan layanan prima (service excellent) dan layanan yang berorientasi kepada pemangku kepentingan. Indikasi keberhasilan program dan kebijakan pendidikan dan kebudayaan, salah satunya adalah melalui kepuasan dari kepuasan pelanggan berupa skor indeks stakeholder satisfaction. Untuk mengukur tingkat kepuasan kepuasan pelanggan ini diperlukan survei di tingkat nasional yang dijalankan secara berkelanjutan. Sehingga dapat terukur peningkatan atau penurunan dari keberhasilan program dan kebijakan.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL TRACER STUDY

LAPORAN HASIL TRACER STUDY

2 KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Mahas Esa, pengukuran kuesioner TRACER STUDY telah dapat diselesaikan dan dilaporkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini, dari mulai awal pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan kegiatan sehingga dapat tersusun dalam bentuk laporan tracer study untuk periode 2014-2015 ini. Ucapan terima kasih ini kami apresiasikan setinggi-tingginya kepada : 1. Rektor Universitas Negeri Medan yang telah banyak memberikan dukungan baik
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Ringkasan Laporan Eksekutif Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan Kemendikbud 2015

Ringkasan Laporan Eksekutif Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan Kemendikbud 2015

Kuesioner dibuat untuk mengukur kepuasan pemangku kepentingan pada pelayanan Kemendikbud di bidang pendidikan (10 parameter) dan kebudayaan (10 parameter) pada aspek: (1) penyelenggaraan pelayanan publik pada parameter layanan yang dikaji, berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik; dan (2) dampak atau impact yang diharapkan atas pelaksanaan kebijakan dan program layanan Kemendikbud yang dikaji. Aspek penyelengaraan pelayanan pada masing-masing parameter mencakup 9 atribut pernyataan dalam PermenPAN RB No. 16/2014, yang mencakup atribut: (1) persyaratan, (2) prosedur, (3) waktu pelayanan, (4) biaya/tarif, (5) produk spesifikasi jenis pelayanan, (6) kompetensi pelaksana, (7) perilaku pelaksana, (8) maklumat pelayanan, dan (9) penanganan pengaduan, saran dan masukan. Sedangkan pada aspek dampak pada masing-masing parameter layanan mencakup sekitar satu hingga tiga atribut pernyataan (Gambar 1.).
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

LAPORAN DIREKSI. Pemangku Kepentingan yang Terhormat,

LAPORAN DIREKSI. Pemangku Kepentingan yang Terhormat,

Astragraphia selalu mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peraturan OJK dalam menjalankan bisnisnya. Untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, Astragraphia melibatkan auditor eksternal untuk mengaudit laporan keuangan. Astragraphia menggunakan auditor yang masuk jajaran empat besar untuk melakukan audit perusahaan beserta seluruh anak perusahaan. Semua ini bertujuan agar transparansi dan akuntabilitas laporan menjadi lebih baik. Selain itu, Astragraphia juga menyampaikan pelaporan kepada otoritas terkait secara tepat waktu.

6 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN. Laporan keuangan merupakan media komunikasi antara perusahaan. dengan para pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan tersebut

BAB I PENDAHULUAN. Laporan keuangan merupakan media komunikasi antara perusahaan. dengan para pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan tersebut

kesalahan dan bias informasi. Pengungkapan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan reliabilitas laporan keuangan. Pengungkapan dilihat dari segi kewajibannya terbagi menjadi dua, yaitu pengungkapan wajib dan pengungkapan sukarela. Cakupan pengungkapan wajib mengacu pada aturan pengungkapan oleh pihak berwenang, sedangkan pengungkapan sukarela menjadi kewenangan perusahaan untuk menentukan informasi apa saja yang akan disajikan. Jenis dan jumlah informasi yang tersaji dalam pengungkapan sukarela kemungkinan mengalami perbedaan satu sama lain. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor terkait kondisi yang melekat pada perusahaan. Penelitian terdahulu umumnya hanya meneliti salah satu dari tiga faktor berikut yaitu corporate governance, struktur kepemilikan perusahaan, dan karakteristik perusahaan. Penulis tertarik untuk menggabungkan faktor-faktor tersebut agar dapat menggambarkan kondisi yang lebih luas. Faktor corporate governance diproksikan dengan proporsi komisaris independen, ukuran direksi, dan ukuran komisaris. Faktor struktur kepemilikan perusahaan diproksikan dengan kepemilikan pemerintah, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan publik. Faktor karakteristik perusahaan diproksikan dengan profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, tipe auditor, dan basis perusahaan.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL TRACER STUDY  ALUMNI 2016

LAPORAN HASIL TRACER STUDY ALUMNI 2016

Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk menyempurnakan dan penjaminan kualitas lembaga Pendidikan Tinggi.

15 Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL PENELURUSAN ALUMNI (TRACER STUDY)

LAPORAN HASIL PENELURUSAN ALUMNI (TRACER STUDY)

ii Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT akhirnya penyusunan laporan hasil survey indeks kepuasan kemahasiswaan tahun 2016 semester 2 dapat diselesaikan. Laporan ini diharapkan dapat menjadi gambaran persepsi mahasiswa terhadap pelayanan kemahasiswaan yang diterima dan dijadikan pedoman dalam perbaikan kualitas kinerja pelayanan kemahasiswaan di STKIP PGRI Blitar.

23 Baca lebih lajut

LAPORAN TRACER STUDY

LAPORAN TRACER STUDY

3. Evaluasi Evaluasi dalam menelusuri tracer studi program studi Aqidah dan Filsafat Islam dilakukan dengan evaluasi terkait tim, pembuatan angket, mekanisme dan pelopran proses analisis. Dalam evaluasi tim wakil rektor 3 dan wakil dekan 1 mengevaluasi tim yang sudah melakukan pelacakan lulusan dari aspek kinerja dan hasil. Sedangkan evaluasi juga dilakukan pada indikator dalam pertanyaan yang digunakan supaya sesuai dengan peraturan dikti, serta mekanisme pelacakan yang membutuhkan strategi. Pada bagian akhir, evaluasi dilakukan pada pelaporan proses analisi atas tracer study yang dilakukan yang harus memuat visi misi, tujuan, strategi dan untuk kebutuhan apa laporan tracers study.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Survei Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemangku Kepentingan ITS

Survei Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemangku Kepentingan ITS

Kepuasan dn Kepentingan dari skala 1 sampai dengan 5. Jika pengisian nilai sudah selesai, klik tombol Submit. Perlu untuk diperhatikan, apabila pengguna tidak memberikan penilaian terhadap dua kategori tersebut, maka aplikasi ini akan secara otomatis memberikan nilai 5 pada setiap poinnya. Untuk itu, diharapkan pengguna dapat memberikan nilai sesuai dengan penilaian masing-masing individu.

7 Baca lebih lajut

KOMUNIKASI ASERTIF MENDONGKRAK TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

KOMUNIKASI ASERTIF MENDONGKRAK TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Berdasarkan kalimat di atas, dia akan berpikir bahwa dia tidak salah, hanya lidah anda saja yang kurang pas. Dia senang, dan lain waktu dia akan berkata :”Saya akan bikinkan kopi, maunya gulanya seberapa banyak”. Berdasarkan beberapa contoh percakapan di atas, ternyata komunikasi asertif, jika dipraktekkan dengan cara yang tepat, dapat meningkatkan atau mendongkrak tingkat kepuasan pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut, karena mereka semua merasa nyaman, tidak ada yang merasa disepelekan bahkan merasa dirugikan.

7 Baca lebih lajut

RINGKASAN EKSEKUTIF SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN KEMENDIKBUD 2015

RINGKASAN EKSEKUTIF SURVEI KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN KEMENDIKBUD 2015

Namun, semuanya dikategorikan dalam kelas penilaian yang sama, yaitu sangat puas atau sangat baik. Keadaan ini mengindikasikan secara umum program/kebijakan bidang kebudayaan Kemendikbud di tahun 2015 telah dilaksanakan dengan sangat baik sehingga pemangku kepentingan merasa sangat puas dengan pelaksanaan program/kebijakan Kemendikbud. Pemangku kepentingan internal dan eksternal dapat memberikan penilaian lebih positif terhadap apa yang mereka dapatkan/rasakan dari pelaksanaan suatu layanan.

89 Baca lebih lajut

laporan tracer study alumni

laporan tracer study alumni

Daniel Rivai (2009) mengatakan, dari hasil tracer study diketahui bahwa waktu tunggu yang relatif lama antara lain disebabkan oleh beberapa faktor, dua hal yang terpenting adalah (i) kemampuan soft-skill lulusan yang kurang memadai dan (ii) meningkatnya tingkat persaingan antar pencari kerja yang memiliki kompetensi keahlian/ bidang ilmu yang sama. Informasi yang sangat berharga dari tracer study adalah perlunya peningkatan softskill lulusan, yang mencakup interpersonal and communication skill (kepemimpinan, kemampuan untuk bekerjasama dalam team, kemampuan berbahasa asing (Inggris), kemampuan berkomunikasi), enterpreunership skill (kewirausahaan), creativity and innovation skill (kreativitas dan inovasi) dan kemampuan untuk cepat belajar dan menyesuaikan diri. Sedangkan terkait dengan attitude, secara umum dapat dipenuhi oleh para lulusan. Oleh karena itu untuk meningkatkan employability, perlu dilakukan pengembangan softskill mahasiswa selama proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan baik di kelas maupun di luar kelas. (Diambil tanggal 5 Maret 2012 dari
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

LAPORAN KEGIATAN TRACER STUDY

LAPORAN KEGIATAN TRACER STUDY

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat beberapa jenis bidang pekerjaan dari 72 orang alumni Prodi Pendidikan Akuntansi yaitu jika diurutkan dari yang paling besar adalah PNS Guru / Dosen sebesar 81,9 % (59 orang), Guru / Dosen swasta sebesar 5,6% (4 orang), Karyawan Swasta Lokal / Regional sebesar 5,6% (4 orang), PNS Non Guru / Non Dosen sebesar 4,2 % (3 orang), Wirausaha /Wiraswasta sebesar 1,4% (1 orang) dan Lainnya sebesar 1,4% (1 orang). 2)Kesesuaian bidang pekerjaan para alumni Prodi Pendidikan Akuntansi dapat disimpulkan berdasarkan data penelitian yang telah diperoleh dan dibahas di atas (tabel 7), dimana dapat dilihat bahwa terdapat 83,3% atau 60 orang dari alumni yang bidang pekerjaannya sesuai dengan Prodi Pendidikan Akuntansi, sedangkan sisanya 16,7% atau 12 orang dari alumni berkerja pada bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan Prodi Pendidikan Akuntansi.3) Mengenai relevansi kurikulum dengan tuntutan keahlian lulusan dalam bidang pekerjaan diperoleh keterangan bahwa 40,3% atau 29 orang dari alumni telah merasa terpenuhi/relevan antara kurikulum/materi yang diperoleh dengan tuntutan keahlian dalam bidang pekerjaan, 55,6% atau 40 orang merasa cukup relevan, 2,8% atau 2 orang merasa kurang relevan, dan 1,4% atau 1 orang merasa sangat kurang relevan.
Baca lebih lanjut

65 Baca lebih lajut

3. Laporan Tracer Study

3. Laporan Tracer Study

Profil alumni yang memiliki nilai penting pada Prodi Pendidikan Teknik Elektronika perlu ditelusuri baik mengenai keterserapan di dunia kerja, relevansi kurikulum dan kesesuaian kompetensi baik menurut BAN-PT Dikti maupun dunia kerja. Adapun alumni dalam penelitian ini menjadi subjek penelitian yang akan dikaji mencakup: 1) gambaran karirnya meliputi: (a) profil masa tunggu kerja pertama; (b) posisi pekerjaan; (c) kepuasan stakeholder atas kinerja alumni; (d) pengembangan wawasan kependidikan alumni; 2) penilaian dan masukan alumni mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan prodi meliputi: (a) pembelajaran; (b) dosen; (c) administrasi; (d) kegiatan pengembangan diri sebagai mahasiswa; dan 3) kesesuaian kompetensi bidang studi dengan bidang kerja dilihat dari sudut pandang (a) alumni; (b) BAN-PT Dikti; dan (c) tuntutan dunia kerja.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

LAPORAN TRACER STUDY 2019

LAPORAN TRACER STUDY 2019

Tracer study adalah salah satu cara untuk mengukur sejauh mana Universitas berhasil membentuk lulusan-lulusan yang dapat berguna bagi masyarakat. Demikian pula dengan UPJ, setiap tahun selalu menyelenggarakan Tracer Study kepada para lulusannya. Hal yang akan dibahas dalam Tracer Study meliputi beberapa aspek yaitu : (1) Aspek Pekerjaan yang didalamnya meliputi beberapa informasi seperti : Mencari Pekerjaan, Masa tunggu kerja, Pendapatan, Jenis Tempat Kerja, Keselaran Horisontal, dan Keselarasan Vertikal (2) Aspek Pembiayaan Perkuliahan, (3) Aspek Pembelajaran yang meliputi : Perkuliahan, Demonstrasi, Partisipasi dalam Proyek (Riset), Magang, Praktikum, Kerja Lapangan, dan Diskusi serta (4) Kompetensi Lulusan dan (5) Aspek Kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, yang memiliki 29 indikator kompetensi
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...