Top PDF Laporan Kerajinan Dari Bahan Limbah Wada

Laporan Kerajinan Dari Bahan Limbah Wada

Laporan Kerajinan Dari Bahan Limbah Wada

Kerajinan “ Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone ” merupakan kerajinan bahan limbah yang dibuat tidak hanya sekedar hiasan saja, tapi untuk menaruh alat-alat tulis seperti pensil, penghapus, penggaris, spidol, stipo, jangka, rapido, dll serta aksesoris handphone seperti Handphone, Charger Handphone, Chasing Handphone, Earphone, Flashdisk, Memory Card, Kabel USB, dll. Kerajinan ini merupakan kerajinan yang tak berbeda dari kerajinan dari kardus lainnya, yang membuat kerajinan kami berbeda sedikit yaitu dengan adanya lapisan dari kertas sukun yang berwarna biru dan kuning. Meskipun lapisan luarnya terbuat dari kertas sukun, kerajinan ini tetap mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 NGEMPLAK Disusun sebagai Pertanggung jawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 NGEMPLAK Disusun sebagai Pertanggung jawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017.

w. Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni tentang observasi, wawancara, mencari referensi gambar dan membuat sket. Hasil analisis tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi pembuatan kerajinan bahan limbah anorganik.

237 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Laporan Penelitian Kerajinan Bahan Limbah

Contoh Makalah Laporan Penelitian Kerajinan Bahan Limbah

2.2.5 Kerajinan Limbah Kaca Botol kaca bekas jika dijual ke penadah hanya dapat menghasilkan beberapa ribu rupiah saja, tetapi jika diolah dengan teknologi tinggi seperti pemanasan, botol kaca ini akan berubah menjadi batu batu cantik yang berkilau dan dapat dibuat menjadi berbagai aksesoris atau hiasan lainnya.

11 Baca lebih lajut

Kelas8 prakarya buku siswa 1710

Kelas8 prakarya buku siswa 1710

Batang padi yang biasa disebut jerami mer upakan limbah pertanian yang sangat banyak didapat di daerah persawahan. Selama ini jerami biasa dipergunakan sebagai media tanam jamur merang, dan campuran makanan ternak. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus dibakar. Terkadang petani memanfaatkannya sebagai bahan bakar saat pembakaran batu bata atau genteng yang dilakukan di daerah sawah. Bagi para pedagang telur dan buah, jerami juga dapat dimanfaatkan sebagai alas, agar barang dagangan mereka tidak mudah rusak akibat goncangan. Tidak ada manfaat lain yang dapat dihasilkan dari seputar kebutuhan tersebut. Tentunya jika masa tanam padi tiba jerami ini masih saja menjadi limbah yang mengganggu bagi para petani. Biasanya petani hanya menumpuknya dipinggir sawah dan membiarkannya busuk, sehingga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman lainnya.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Buku Siswa SMP Kelas 8 Prakarya Semester 1 (2014)

Buku Siswa SMP Kelas 8 Prakarya Semester 1 (2014)

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan, terkadang karena ukurannya sangat besar karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab itu kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung kepada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang namun dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

K8 BS Semester 1   Prakarya

K8 BS Semester 1 Prakarya

Pengolahan limbah organik kering tidak perlu banyak persiapan, karena sifatnya yang kering jenis limbah ini dapat langsung digunakan. Namun yang perlu diantisipasi adalah jika bahan limbah organik kering ini terkena air, maka yang dapat dilakukan adalah dengan cara pengeringan menggunakan sinar matahari langsung atau alat pengering lain hingga kadar air dalam bahan limbah organik kembali seperti kondisi semula. Bahan limbah organik kering merupakan bahan baku yang nantinya dapat dibuat berbagai macam produk kerajinan. Sama halnya dengan bahan organik basah, proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ditentukan oleh pengrajin, apakah akan dicelup warna atau diberi pelapis agar kuat dan tahan lama, dan semuanya juga dipengaruhi oleh tujuan pembuat karya.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

651477543.doc 71.92KB 2015-10-12 00:18:05

651477543.doc 71.92KB 2015-10-12 00:18:05

Sampah banyak ditemui disekitar kita, baik itu sampah organik maupun anorganik. Selain itu, sampah menimbulkan pencemaran yang mengganggu masyarakat dan membuat tidak nyaman termasuk sampah dari hasil dapur ibu rumah tangga. Oleh masyarakat, kebanyakan sampah dibuang dilingkungan sekitar hingga dibiarkan menumpuk dan dibakar dengan sampah-sampah yang lain. Sebenarnya, tidak semua sampah kehilangan nilai jualnya dan tidak bermanfaat. Banyak sampah yang ada disekitar kita dapat dimanfaatkan menjadi bahan utama pembuatan kerajinan yang lebih bermanfaat berguna bagi masyarakat. Melalui itu, dapat meningkatkan pengembangan potensi Sumber Daya Alam Indonesia.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi manusia, umumnya terdapat pada bahan pangan golongan serelalia seperti; beras, gandum, dan umbi-umbian. Contoh makanan khas daerah yang mengandung karbohidrat adalah nasi liwet, nasi jamblang, getuk, dan lain-lain. Protein memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun. Umumnya terdapat pada hasil hewani seperti; daging, ikan, telur, susu, dan hasil nabati seperti kacang-kacangan dan hasil olahannya. Contoh makanan khas daerah yang banyak mengandung protein adalah telur asin, ayam betutu, bebek songkem, ayam lodho, dan lain sebagainya. Lemak merupakan sumber tenaga kedua setelah karbohidrat dan dapat melarutkan vitamin A, D, E, dan K. Lemak dibedakan menjadi lemak yang dapat dilihat dan lemak yang tidak dapat dilihat. Lemak yang dapat dilihat seperti mentega, margarin, minyak goreng. Sedangkan minyak yang tidak dapat dilihat sepert lemak dari kacang tanah, lemak kemiri, kuning telur, susu. Contoh makanan khas daerah yang banyak mengandung lemak adalah; rendang daging, bika ambon, karena pada proses pembuatannya menggunakan santan kental. Vitamin berfungsi untuk kelancaran metabolisme, menjadi daya tahan dan kekebalan tubuh. Sumber vitamin dan mineral yang terdapat pada hasil hewani seperti; danging, susu, telur, dan sumber vitamin dari hasil nabati seperti sayur-sayuran dan buah- buahan. Contoh makanan khas daerah yang mengandung vitamin adalah karedok, gado-gado, keripik pisang, keripik sanjay, dan lain sebagainya.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

kales viii Prakarya Siswa

kales viii Prakarya Siswa

Tahun 1877 ia menemukan phonograph. Pada tahun ini pula ia menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti: lampu pijar. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar. Persoalannya ialah bagaimana menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

Kekayaan alam Indonesia merupakan modal untuk menghasilkan produk kerajinan. Sejak dahulu rakyat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kekayaan alam Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kita harus memuji ciptaan Tuhan Yang Maha Agung ini. Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam. Ada juga yang memanfaatkan bahan limbah sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet, dan logam. Bagaimana pendapatmu ketika melihat sampah yang berserakan, tidak teratur di suatu tempat? Tentunya sampah atau limbah tersebut dapat membuat pemandangan menjadi tidak indah, menghasilkan bau tidak sedap, dan dampaknya akan merusak lingkungan. Limbah tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai barang kerajinan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Baca lebih lanjut

256 Baca lebih lajut

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa di mana memiliki keanekaragaman olahan masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau sering disebut makanan khas daerah. Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya. Di daerah pegunungan karena iklim pegunungan yang dingin dan menghasilkan bahan pangan berupa sayur-mayur, umumnya olahan masakannya berbahan dasar sayur yang disajikan dalam suhu panas dengan rasa pedas, dengan tujuan untuk menghangatkan badan. Di daerah pantai maka olahan makanannya banyak menggunakan hasil laut. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kontak dengan orang dari luar daerah semakin tinggi sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

690201668.doc 5.00MB 2015-10-12 00:18:08

690201668.doc 5.00MB 2015-10-12 00:18:08

permasalahan akibat dari limbah bengkel maka diperlukan pendekatan terpadu dalam mengatasi masalah limbah tersebut yakni dengan memanfaatkan limbah padat bengkel menjadi produk dalam satu lini, dapat mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus meningkatkan nilai ekonomi. Maka dari itu program pengabdian masyarakat ini dirancang sebagai salah satu upaya membina masyarakat Kelurahan Pudakpayung kecamatan Banyumanik untuk mengolah limbah padat bengkel kendaraan bermotor menjadi barang-barang yang mempunyai nilai ekonomis.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan

Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan

Kerajinan dikaitkan dengan nilai pendidikan diwujudkan dalam prosedur pem- buatan. Prosedur memproduksi dilalui dengan berbagai tahapan dan beberapa langkah yang dilakukan oleh beberapa orang. Kinerja ini menumbuhkan wawasan, toleransi sosial serta social corporateness memulai pemahaman karya orang lain. Pembuat pola menggambarkan berdasarkan desain yang dikerjakan oleh perancang gambar dilanjutkan dengan pewarnaan sesuai dengan warna lokal (kearifan lokal). Semua itu merupakan proses berangkai dan membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta penuh toleransi. Jika salah seorang membuat kesalahan, hasil akhir tidak akan seperti yang diharapkan oleh pembuat pola dan motif hiasnya. Prosesdur semacam ini memberikan nilai edukatif jika dilak- sanakan di sekolah. Kerajinan yang diproduksi maupun direproduksi dikemas ulang dengan sistem teknologi dan ekosistem agar efektif dan efisien berdasarkan potensi lingkungan yang ada.
Baca lebih lanjut

240 Baca lebih lajut

130540 AKJ 2010 03 20 News Reader

130540 AKJ 2010 03 20 News Reader

NEWS READER : KIPAS DARI LIMBAH KERTAS DI KOTA JOGJAKARTA / ADA SEBAGIAN MASYARAKATNYA / DALAM MELAKUKAN USAHA DI BIDANG KERAJINAN / MEM ANFAATKAN LIMBAH SEBAGAI BAHAN BAKUNYA // MERE[r]

3 Baca lebih lajut

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Kekayaan alam Indonesia merupakan modal untuk menghasilkan produk kerajinan. Sejak dahulu rakyat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kekayaan alam Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kita harus memuji ciptaan Tuhan Yang Maha Agung ini. Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam. Ada juga yang memanfaatkan bahan limbah sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet, dan logam. Bagaimana pendapatmu ketika melihat sampah yang berserakan, tidak teratur di suatu tempat? Tentunya sampah atau limbah tersebut dapat membuat pemandangan menjadi tidak indah, menghasilkan bau tidak sedap, dan dampaknya akan merusak lingkungan. Limbah tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai barang kerajinan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Baca lebih lanjut

257 Baca lebih lajut

Buku Siswa Kelas 8 SMP Prakarya   Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com

Buku Siswa Kelas 8 SMP Prakarya Backup Data www.dadangjsn.blogspot.com

Pengolahan limbah organik kering tidak perlu banyak persiapan, karena sifatnya yang kering jenis limbah ini dapat langsung digunakan. Namun yang perlu diantisipasi adalah jika bahan limbah organik kering ini terkena air, maka yang dapat dilakukan adalah dengan cara pengeringan menggunakan sinar matahari langsung atau alat pengering lain hingga kadar air dalam bahan limbah organik kembali seperti kondisi semula. Bahan limbah organik kering merupakan bahan baku yang nantinya dapat dibuat berbagai macam produk kerajinan. Sama halnya dengan bahan organik basah, proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ditentukan oleh pengrajin, apakah akan dicelup warna atau diberi pelapis agar kuat dan tahan lama, dan semuanya juga dipengaruhi oleh tujuan pembuat karya.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Buku Prakarya VIII Semester 1

Buku Prakarya VIII Semester 1

Pengolahan limbah organik kering tidak perlu banyak persiapan, karena sifatnya yang kering jenis limbah ini dapat langsung digunakan. Namun yang perlu diantisipasi adalah jika bahan limbah organik kering ini terkena air, maka yang dapat dilakukan adalah dengan cara pengeringan menggunakan sinar matahari langsung atau alat pengering lain hingga kadar air dalam bahan limbah organik kembali seperti kondisi semula. Bahan limbah organik kering merupakan bahan baku yang nantinya dapat dibuat berbagai macam produk kerajinan. Sama halnya dengan bahan organik basah, proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ditentukan oleh pengrajin, apakah akan dicelup warna atau diberi pelapis agar kuat dan tahan lama, dan semuanya juga dipengaruhi oleh tujuan pembuat karya.
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

BAB 1 Kerajinan dari Limbah Organik

BAB 1 Kerajinan dari Limbah Organik

proses pemilahan organik dan nonorganik. Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan. Adakah diantaramu yang mau proaktif dalam memerangi limbah? Apakah yang akan terjadi limbah-limbah yang ada di bumi kita tercinta ini jika tidak kita olah? Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara, yang artinya meningkatkan nilai ekonomi kreatif bangsa Indonesia. Jadilah pahlawan limbah!
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

Analisis Keterkaitan SKL KI KD PRAKARYA VIII

Analisis Keterkaitan SKL KI KD PRAKARYA VIII

 Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.

15 Baca lebih lajut

S PKK 1100976 Chapter 5

S PKK 1100976 Chapter 5

Produk kerajinan yang paling tinggi diinginkan peserta didik dari bahan limbah organik dan limbah anorganik yaitu produk-produk kerajinan yang sifatnya baru atau kekinian. Produk kerajinan yang lebih menarik dan bervariatif seperti produk kerajinan keranjang, asbak, kap lampu, dan aksesoris seperti ikat rambut, gelang, jepit.

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...