Top PDF Laporan PKP LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN

Laporan PKP LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN

Laporan PKP LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN

Dari grafik 2 terlihat bahwa prosentase anak yang hasil belajarnya Kurang (K) dari 61,54 % pada tampilan ke-1 siklus I berkurang terus sampai tidak ada atau 0 % anak pada tampilan ke-5. Anak yang Sedang (S) dari 23,08 % pada tampilan ke-1 mengalami perubahan secara dinamis sehingga pada tampilan ke-5 tinggal 7,69 %, sedangkan untuk anak Baik (B) dari 15,38 % pada tampilan ke-1 bertambah terus menjadi 92,31 % diakhir tampilan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak TK. Dalam penelitian ini penulis melaksanankannya dalam 2 siklus dan masing-masing siklus sebanyak 5 kali tampilan. Dan tiap tampilan sekitar 30 menit.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

LAPORAN PKP ABDUL ROFI

LAPORAN PKP ABDUL ROFI

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan nikmat, rahmat, dan karunia-Nya sehingga peneliti dapat melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran dalam usaha peningkatan prestasi belajar siswa dan menyelesaikan laporan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dengan baik, lancar dan tepat pada waktunya.

39 Baca lebih lajut

Laporan PKP MTK V CTL

Laporan PKP MTK V CTL

Dalam melaksanakan tugasnya guru tidak hanya berperan sebagai nara sumber kepada siswanya saja, tetapi guru mempunyai peranan sebagai pembimbing dan juga fasilitator. Guru sendiri menyadari peranan yang dipegangnya dalam pertemuan dengan siswa . Berperan sebagai guru mengandung tantangan, karena di satu pihak guru harus sabar, ramah, menunjukkan pengertian, memberikan kepercayaan, dan menciptakan suasana yang efektif ; dilain pihak guru harus memberikan tugas, mendorong siswa untuk berusaha mencapai tujuan, mengadakan koreksi, menegur dan menilai sebelum proses belajar mengajar di mulai. Siswa pada suatu kelas umumnya merupakan kumpulan individu - individu yang heterogen, artinya mereka memiliki perbedaan individual dalam proses belajar mengajar. Perbedaanperbedaan tersebut antara lain perbedaan intelegensi, bakat, minat, kepribadian, kondisi fisiologis, dan faktor lingkungan. Dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, maka ada siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan ada pula siswa yang kurang mampu dalam mengikuti pelajaran.
Baca lebih lanjut

104 Baca lebih lajut

 PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB I

PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB I

Guru dalam proses belajar mengajar harus memiliki kompetensi tersendiri guna mencapai harapan yang dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya. Untuk memiliki kompetensi tersebut guru perlu membina diri secara baik, karena fungsi guru itu adalah membina dan mengembangkan kemampuan peserta didik secara profesional didalam proses belajar mengajar. Guru harus senantiasa berpikir kretif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

4 Baca lebih lajut

 PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB II

PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB II

Metode latihan merupakan suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Penerapan metode latihan dalam pengajaran matematika dan berhitung sangat dipengaruhi dan didasari oleh psikologi daya yang mengatakan bahwa dalam diri setiap individu itu terdapat sejumlah daya atau potensi yang perlu dikembangkan. Oleh karena itu metode latihan menuntut siswa untuk selalu belajar dan mengevaluasi latihan- latihan yang diberikan oleh guru denga tujuan mencapai keberhasilan untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Pengunaan metode latihan sangat berperan sekali dalam mengukur kemampuan siswa dalam hasil belajar.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

 PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB III

PKP PG SD UT Lengkap Laporan PKP BAB III

Tes merupakan alat ukur kemampuan yang berupa seperangkat pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mengukur apakah materi yang diberikan sudah atau belum berhasil. Menurut Arikunto (1985 : 105) tes adalah pertanyaan atau latihan dan alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelejensi, atau bakat-bakat yang dimiliki individu atau kelompok. Oleh karena itu, peneliti menggunakan tes prestasi dalam penelitian ini guna mengetahui sejauh mana keterampilan siswa tentang materi yang di bahas serta mengukur tingkat pencapaian seorang siswa setelah mempelajari sesuatu.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

LAPORAN PKP HAL i-ix

LAPORAN PKP HAL i-ix

Penulis menyadari dalam penulisan laporan perbaikan pembelajaran ini, masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Itu semua karena keterbatasan kemampuan yang penulis miliki. Untuk itu kritik dan saran sangat penulis harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang.

10 Baca lebih lajut

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) | INFO SMAN 2 MENGGALA BAB I

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) | INFO SMAN 2 MENGGALA BAB I

Untuk itu dalam penyusunan laporan ini, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan berbagai kemampuan yang optimal, baik kemampuan kognitif, sikap dan keterampilan. Kemampuan kognitif berkaitan dengan kemampuan intelektual seperti penguasaan cara belajar dan mengajar, serta cara mengevaluasi hasil dan proses belajar. Kemampaun bidang sikap berkaitan dengan tugas dan profesinya, misalnya sikap menghargai pekerjaan, sikap toleransi kepada siswa, memiliki kemampuan keras untuk meningkatkan hasil pekerjaannya. Kemampuan bidang keterampilan berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Mengajar bukanlah kegiatan rutin dan mekanis.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Contoh Laporan PKM UT PGSD   Pemantapan

Contoh Laporan PKM UT PGSD Pemantapan

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan walaupun penulis telah bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna perbaikan, selanjutnya penulis berharap Laporan pelaksanaan praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ini akan memberi manfaat bagi pembaca, dan semua pihak yang berkepentingan.

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Negeri Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Negeri Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai laporan kegiatan Pemantapan Kemampuan Profesional penulis memilih judul : “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013.”

9 Baca lebih lajut

Laporan pkp ut matematika kelas 4

Laporan pkp ut matematika kelas 4

Proses belajar mengajar merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Hudojo (2002:92) belajar merupakan proses aktiv dalam memperoleh pengalaman atau pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku. Menurut Bell Gredler dalam Winata putra (2007:5) belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam kemampuan, ketrampilan dan sikap. Selanjutnya menurut Yuli Kurnia (2005:8) belajar didefinisikan sebagai perubahan dalam pengetahuan atau prilaku yang dihasilkan oleh pengalaman, perubahan tidak terjadi semata-mata terjadi melalui maturasi atau kondisi-kondisi bersifat sementara.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

b. SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

b. SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memnuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S.1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

1 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita apkg

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita apkg

Tematik 5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran Tematik secara holistik 5.2 Terampil menggunakan metode dan Media pembelajaran 5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan Kehidupan sehari[r]

7 Baca lebih lajut

Kumpulan Tugas UT PGSD Bahasa Indonesia dan IPA merangkum dan tugas PKP - Wawasan Pendidikan Dasar utsampulPKP.doc

Kumpulan Tugas UT PGSD Bahasa Indonesia dan IPA merangkum dan tugas PKP - Wawasan Pendidikan Dasar utsampulPKP.doc

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL PKP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEG[r]

1 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID PKP

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID PKP

LAPORAN PKP-PGSD PDGK 4501 PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SDN MANCAGAHAR 1 KECAMATAN PAMEUNGPEUK KA[r]

1 Baca lebih lajut

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG | Basirin.com PKP siap Ud

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG | Basirin.com PKP siap Ud

Tampaknya motifasi anak untuk belajar dengan mengguanakan alat peraga mulai tampak pada pembelajaran yang dilakukan melalui penggunaan media alat peraga pada mata pelajaran Matematika pada SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Dan dari hasil perbikan pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan harapan dan tujuan meskipun proses pembelajaran masih belam mencapai keberhasilan yang 100 %. Hal tersebut penulis masih kurang terhadap kepuasan dari penulis karena masih adanya siswa yang nilainya masih kurang memuaskan itu dikarenakan tingkat kemampuan siswa yang berbeda – beda.
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Kedudukan guru dan dosen yaitu kedudukan sebagai tenaga profesional yang bertujuan untuk melaksanakan Sistem Pendidikan Nasional dan mewujudkan Pendidikan Nasional yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab

16 Baca lebih lajut

LAPORAN PELAKSANAAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN mengajar

LAPORAN PELAKSANAAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN mengajar

Penyusun telah berupaya menyelesaikan penyusunan laporan PKM ini dengan sebaik-baiknya. Namun penulis menyadari banyak kekurangan didalamnya untuk itu penyusun mengharapkan saran dan kritik dari pembaca dan penilai, sehingga laporan ini akan tampil lebih sempurna dan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang

3 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JURNAL

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JURNAL

4 Bila jawaban tidak tuntas dijawab, guru memberikan kesempatan kepada siswa lain pemindahan giliran 5 Menyebarkan giliran untuk menjawab pertanyaan penyebaran pertanyaan 6 Setelah meng[r]

18 Baca lebih lajut

Laporan Praktek PDGK4209 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Laporan Praktek PDGK4209 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan walaupun penulis telah bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna perbaikan, selanjutnya penulis berharap Laporan pelaksanaan praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ini akan memberi manfaat bagi pembaca, dan semua pihak yang berkepentingan.

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...