Top PDF Laporan Praktek PDGK4209 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Laporan Praktek PDGK4209 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Laporan Praktek PDGK4209 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Dalam praktek Pemantapan Kemampuan yang dilaksakanakan Mahasiswa menemukan berbagai hal unik yang menjadi bahan refleksi. Hal unik yang menjadi pembelajaran bagi mahasiswa adalah saat penggunaan media pembelajaran / alat peraga yang tidak secara maksimal dipergunakan, sehingga proses pembelajaran terkesan tidak siap. Namun di lain hal keunikan terjadi ketika peserta didik sangat aktif dalam proses pembelajaran,seperti munculnya pertanyaan-pertanyaan kritis yang berhubungan maupun yang tidak berhubungan dengan tema pembelajaran saat itu.

11 Baca lebih lajut

Contoh Laporan Praktek PKM UT PGSD PDGK4209

Contoh Laporan Praktek PKM UT PGSD PDGK4209

Mengajar pada hakekatnya ialah membelajarkan siswa, dalam arti mendorong dan membimbing siswa belajar. Membelajarkan siswa mengandung maksud agar guru berupaya mengaktifkan siswa belajar. Dengan demikian, di dalam proses pembelajaran guru menggunakan berbagai strategi dan media semata-mata supaya siswa belajar (Sri Anitah W, dkk, 2009:1.3).

11 Baca lebih lajut

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) | INFO SMAN 2 MENGGALA BAB I

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) | INFO SMAN 2 MENGGALA BAB I

Untuk itu dalam penyusunan laporan ini, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan berbagai kemampuan yang optimal, baik kemampuan kognitif, sikap dan keterampilan. Kemampuan kognitif berkaitan dengan kemampuan intelektual seperti penguasaan cara belajar dan mengajar, serta cara mengevaluasi hasil dan proses belajar. Kemampaun bidang sikap berkaitan dengan tugas dan profesinya, misalnya sikap menghargai pekerjaan, sikap toleransi kepada siswa, memiliki kemampuan keras untuk meningkatkan hasil pekerjaannya. Kemampuan bidang keterampilan berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Mengajar bukanlah kegiatan rutin dan mekanis.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

LAPORAN PELAKSANAAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN mengajar

LAPORAN PELAKSANAAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN mengajar

A. Latar Belakang Penulisan Laporan PKM ........................ B. Tujuan Penulisan Laporan PKM ..................................... C. Gambaran Umum Isi Laporan ........................................ D. Tempat Pelaksanaan PKM .............................................. E. Waktu Pelaksanaan PKM ............................................... BAB II Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran ................................... BAB III Kesimpulan ............................................................................... Lampiran – Lampiran ...................................................................................... Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Contoh Laporan PKM UT PGSD   Pemantapan

Contoh Laporan PKM UT PGSD Pemantapan

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan walaupun penulis telah bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna perbaikan, selanjutnya penulis berharap Laporan pelaksanaan praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ini akan memberi manfaat bagi pembaca, dan semua pihak yang berkepentingan.

9 Baca lebih lajut

Contoh Laporan Praktek PKM UT PGSD PDGK4209

Contoh Laporan Praktek PKM UT PGSD PDGK4209

JURNAL PEMBIMBINGAN Nama Mahasiswa : Rino Kusno NIM : 821683141 Mengajar di Kelas : IV Empat Sekolah : SD Negeri 4 Jebus No Hari/tanggal Kegiatan Hasil/Komentar Paraf Mhs Supv.[r]

1 Baca lebih lajut

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Tujuan dari mengikuti mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Adapun secara khusus adalah memiliki kemampuan :

16 Baca lebih lajut

Laporan PKP LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN

Laporan PKP LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN

guru baru pertama dan belum beradaptasi dengan lingkungan serta belum optimalnya penataan kegiatan. Dalam memperbaiki kelemahan tersebut guru melakukannya dengan cara menyesuaikan keadaan dan kegiatan yang biasa/rutin dilaksanakan. Kekuatan guru dalam merancang kegiatan sudah disesuaikan dengan tema dan perkembangan anak. Penyebab kekuatan dalam merancang kegiatan disesuaikan dengan atan dengan memberi kesempatan kepada anak agar dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal-hal unik positif yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagian besar anak dapat menerima dan melaksanakan kegiatan tersebut. Alasan guru yang dapat dipertangungjawabkan dalam mengambil keputusan dan tindakan mengajar adalah menerapkan prinsip belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar. Reaksi anak terhadap pengelolaan kelas belum sepenuhnya dapat menerima pembelajaran yang dilaksanakan guru karena masih ada anak yang asyik dengan kegiatannya sendiri. Sebagaian anak dapat menangkap penjelasan yang diberikan guru. Dalam penilaian reaksi anak sangat antusias karena anak senang dengan pujian dan tanda bintang. Anak telah mencapai indikator kemampuan yang ditetapkan guru. Guru juga telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan sebaik mungkin. Untuk kegiatan penutup telah dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang disampaikan.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL III) DI SMA NEGERI 1 SANDEN.

LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL III) DI SMA NEGERI 1 SANDEN.

4. Potensi Siswa, Guru, dan Karyawan di SMA Negeri 1 Sanden SMAN 1 Sanden merupakan salah satu sekolah dengan potensi yang baik, dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih baik dalam bidangakademik maupun non akademik, siswa-siswi memiliki berbagai keterampilan dan kemampuan bidang akademik maupun non akademik,serta berakhlak baik sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi yang semakin maju. Untuk mendukung tercapainya tujuan ersebut SMA Negeri 1 Sanden membuka 2 kompetensi jurusan, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Sesuai aturan kurikulum KTSP siswa mulai melakukan penjurusan ketika dari kelas X akan naik ke kelas XI. Peserta didik difasilitasi kegiatan belajar-mengajar serta keterampilan sehingga peserta didik benar-benar menjadi lulusan yang berkualitas.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

JADWAL PRAKTEK PERBAIKAN PEMBELAJARAN

JADWAL PRAKTEK PERBAIKAN PEMBELAJARAN

JADWAL PRAKTEK PERBAIKAN PEMBELAJARAN Kode & Nama : PDGK 4501 / Pemantapan Kemampuan Profesional Kabupaten / kota : Gorbogan No Nama NIM Kelas,tempat dan alamat mengajar Mata pelajar[r]

2 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PENGASIH (Jl. KRT Kertodiningrat 41, Margosari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo).

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PENGASIH (Jl. KRT Kertodiningrat 41, Margosari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo).

Praktek mengajar merupakan inti pelaksanaan PPL.Praktik mengajar membentuk profesi.Praktikan dilatih menggunakan seluruh kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.Latihan mengajar dibagi menjadi dua yaitu latihan mengajar terbimbing dan latihan mandiri.Latihan mengajar terbimbing adalah latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa dengan didampingi guru pembimbing.Latihan mengajar terbimbing biasa digunakan pada saat calon guru baru pertama kali (awal) melakukan praktik/latihan mengajar di dalam kelas.Hal ini digunakan sebagai pertimbangan karena pada saat masih awal mengajar, calon guru masih banyak kekurangan yang harus dievaluasi dan diperbaiki kualitas mengajarnya sedangkan latihan belajar mandiri adalah latihan mengajar selayaknya guru dengan tidak didampingi guru.Setiap mahasiswa PPL diwajibkan latihan mengajar sesuai dengan materi yang ada dengan metode pembelajaran yang sudah didapat dari kampus.
Baca lebih lanjut

221 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Negeri Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Training Siswa Kelas V SDN Negeri Sekarjalak 1 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013.

Untuk itu kegiatan belajar mengajar bagi anak usia sekolah dasar mampunyai arti dan tujaun tersendiri. Hal ini berkaitan erat dengan ciri- ciri atau karakteristik anak yang bersangkutan. Seorang guru sekolah dasar sewajarnya memahami bahwa komponen komponen terpenting dalam proses pengajaran. Karenanya proses pengajaran itu harus diciptakan atas dasar pemahaman siapa dan bagaimana anak tumbuh dan berkembang. Dengan kata lain, kegiatan belajar mengajar yang secara praktis dikembangkan guru di sekolah dasar dituntut untuk berorientasi pada perkembangan anak secara tepat.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG | Basirin.com PKP siap Ud

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG | Basirin.com PKP siap Ud

Tampaknya motifasi anak untuk belajar dengan mengguanakan alat peraga mulai tampak pada pembelajaran yang dilakukan melalui penggunaan media alat peraga pada mata pelajaran Matematika pada SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Dan dari hasil perbikan pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan harapan dan tujuan meskipun proses pembelajaran masih belam mencapai keberhasilan yang 100 %. Hal tersebut penulis masih kurang terhadap kepuasan dari penulis karena masih adanya siswa yang nilainya masih kurang memuaskan itu dikarenakan tingkat kemampuan siswa yang berbeda – beda.
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

Kumpulan Tugas UT PGSD Bahasa Indonesia dan IPA merangkum dan tugas PKP - Wawasan Pendidikan Dasar utsampulPKP.doc

Kumpulan Tugas UT PGSD Bahasa Indonesia dan IPA merangkum dan tugas PKP - Wawasan Pendidikan Dasar utsampulPKP.doc

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL PKP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGARUH GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEG[r]

1 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID PKP

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID PKP

LAPORAN PKP-PGSD PDGK 4501 PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS III SDN MANCAGAHAR 1 KECAMATAN PAMEUNGPEUK KA[r]

1 Baca lebih lajut

LAPORAN PKP HAL i-ix

LAPORAN PKP HAL i-ix

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memnuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S.1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

10 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita apkg

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita apkg

Tematik 5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran Tematik secara holistik 5.2 Terampil menggunakan metode dan Media pembelajaran 5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan Kehidupan sehari[r]

7 Baca lebih lajut

JILID RPP NOVA SIKLUS 2

JILID RPP NOVA SIKLUS 2

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS II Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional Disusun[r]

2 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID RPP NOVA

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita JILID RPP NOVA

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS 1 Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional Disusun o[r]

1 Baca lebih lajut

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita jilid TAP

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) - Sekolah Dasar Kita jilid TAP

Surat Keterangan Mengajar dari KS 4.. Surat ijin kuliah dari KS 5.[r]

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...