Top PDF Makalah bioteknologi Produk bioteknologi id

Makalah bioteknologi Produk bioteknologi id

Makalah bioteknologi Produk bioteknologi id

Penambahan garam pada pembuatan tempoyak di masyarakat sangat bervariasi (2,5 % sampai dengan 30% b/b). Secara garis besar kandungan garam yang ditambahkan dapat menghasilkan dua jenis tempoyak yang berbeda yaitu tempoyak asam jika kandungan garam kurang dari 5% dan tempoyak asin jika diberi penambahan garam lebih dari 5%. Kandungan garam yang rendah akan lebih mendukung pertumbuhan bakteri asam laktat sehingga produk akhir mempunyai tingkat keasaman tinggi dalam waktu yang relatife lebih cepat dibandingkan dengan tempoyak yang diberi garam tinggi. Namun demikian, tempoyak yang dihasilkan dengan garam tinggi lebih awet dibandingkan dengan yang bergaram rendah. Penambahan garam pada bahan akan menyebabkan pelepasan cairan dari bahan dasar. Cairan tersebut mengandung gula, protein terlarut, mineral dan zat-zat lain yang dapat digunakan sebagai substrat oleh bakteri asam laktat (BAL).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

BIOTEKNOLOGI FERMENTASI DAN YANG ID

BIOTEKNOLOGI FERMENTASI DAN YANG ID

dalam fermenter. Semua bagian di dalam fermenter pada kondisi yang sama dan semua nutrien termasuk oksigen harus tersedia merata pada setiap sel dalam fermenter dan produk limbah seperti; panas, CO2, dan metabolit harus dapat dikeluarkan (remove). Masalah utama fermenter untuk produksi skala besar adalah pemerataan medium kultur dalam fermenter. Harus homogen artinya medium kultur harus tercampur merata. Oleh karena itu, wadah perlu didesain sedemikian rupa sehingga proses dalam wadah dapat dimonitor dan dikontrol. Wadah (fermenter) memberikan kondisi lingkungan fisik yang cocok bagi katalis sehingga dapat berinterkasi secara optimal dengan substrat. Desain fermenter mulai dari yang sederhana (tangki dengan putaran) sampai yaang integrated
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 2

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 2

Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19, pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidang medis, penerapan bioteknologi pada masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin. Selain itu beberapa hal yang penting lainnya yang berkaitan denganBioteknologi akan kita bahas disini.

23 Baca lebih lajut

Makalah   Bioteknologi makanan produk cara

Makalah Bioteknologi makanan produk cara

Begitu banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”BIOTEKNOLOGI MAKANAN”. Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan guru pembimbing mata kuliah kimia industry III yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua ini berawal, semoga isi makalah ini bisa memberikan informasi mengenai termoset dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

BIOTEKNOLOGI dan yang id bab1

BIOTEKNOLOGI dan yang id bab1

seorang kloning ? Kita tahu bahwasanya seorang manusia dibesarkan dalam keluarga yang memiliki orang tua dan memperoleh perhatian dari orang-orang disekitarnya. Bagaimana halnya terhadap kloning manusia yang dibuat dalam tabung percobaan secara manipulasi? Siapakah yang menjadi orang tuanya ? Apakah orang yang memanipulasi atau seseorang yang selnya diambil ?Kloning manusia dilahirkan secara manipulasi pembuahan manusia. Dengan demikian, bagaimana kita dapat pahami tentang jiwanya? Bayangkan manusia-manusia yang mukanya hampir sama dibuat secara produksi massal. Apa yang akan terjadi ? Martabat manusianya ada dimana ? Fondasi-fondasi martabat manusia pasti hancur.3).Masalah moral.Dr. Wilmut mengakui bahwa keberhasilannya dalam mendapatkan seekor domba kloning telah dilakukan 277 kali percobaan Sepanjang proses penelitiannya hanya diperoleh 29 kasus yang dapat mempertahankan kehidupan domba kloning selama lebih dari pada 6 jam , semuanya langsung mati dalam proses. Dalam 29 kasus inipun, hanya satu yang berhasil menjadi domba kloning. Ternyata untuk membuat seekor domba kloning, diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Walaupun teknik kloning tersebut dianggap teknik mo-dern yang canggih, apakah kita dapat menerima cara seperti itu diberlakukan dalam membuat manusia secara kloning yang notabene kita pahami bahwa manusia mempunyai moral ?Kita perlu tahu bahwa cara/prinsip produk kloning adalah hanya manipulasi sebagian kecil susunan yang telah dihembuskan oleh Sang Pencipta ke dalamnya. Dari keberhasilan produk kloning binatang ini membuat manusia merasa telah menciptakan kehidupan. ISelayaknya kita perlu mengembalikan diri ke Tuhan dan merenungkannya dengan menundukkan kepala kita.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Bioteknologi asli dan yang id

Bioteknologi asli dan yang id

Produk bioteknologi yang dibantu mikroorganisme, misalnya pada proses fermentasi, kedelai singkong yang begitu saja bisa disulap atau dirubah bentuk   dan   performance   menjadi   tempe,   kecap,   tape   dan   sebagainya termasuk susu segar yang mudah basi dirubah menjadi keju dan yoghurt. Proses bioteknologi di atas tersebut, sekarang sudah dianggap sebagai bioteknologi   masa   lalu   atau   kemudian   ada   orang   yang   menyebutkan program   bioteknologi   konvensional. Ciri   khas   yang   tampak   pada bioteknologi   konvensional,   yaitu   adanya   penggunaan   makhluk   hidup secara   langsung   dan   belum   tahuadanya   penggunaan   enzim.Meskipun bioteknologi konvensional itu produk kuno, Ia yang mendasari munculnya ilmu variasi bioteknologi.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Bioteknologi Fix DAN YANG ID

Bioteknologi Fix DAN YANG ID

Ubi jalar (Ipomoea batatas (L.) Lam.) merupakan bahan makanan tambahan atau pengganti beras yang telah mendapat perhatian masyarakat, dan menjadi produk tanaman pangan dunia yang menduduki urutan ketujuh. Selain sebagai bahan pangan, ubi jalar dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, misalnya untuk pembuatan tepung, gula cair, makanan ternak, dan alkohol. Kendala utama dalam peningkatan produksi ubi jalar adalah serangan hama boleng (Cylas formicarius F.) dan penyakit virus belang (Sweet Potato Feathery Mottle Virus, SPFMV). Serangan hama boleng dapat mengakibatkan kehilangan hasil 60-100%. Serangan SPFMV dapat menurunkan hasil sampai 30%, bahkan kadang-kadang tidak berproduksi sama sekali.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Bioteknologi kelompok dan yang id

Bioteknologi kelompok dan yang id

contoh produk bioteknologi pangan seperti : Kopi, kecam, keju, yoghurt, nata de coco, oncom, tape dan tempe Bila diamati bahan dasar dari pembuatan produk tersebut rasa dan gizinya ma[r]

13 Baca lebih lajut

BIOTEKNOLOGI KESEHATAN DAN YANG ID

BIOTEKNOLOGI KESEHATAN DAN YANG ID

Bioteknologi diartikan sebagai teknologi yang menggunakan sel hidup mikroorganisme untuk menghasilkan suatu produk. Bioteknologi tradisional seperti pembuatan keju, minuman anggur, tempe dan tape. Bioteknologi modern yang memanfaatkan agen hayati yang telah mengalami rekayasa genetic melalui teknologi DNA rekombinan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia dan lingkungan.

4 Baca lebih lajut

BIOTEKNOLOGI MIKROALGA dan id yang

BIOTEKNOLOGI MIKROALGA dan id yang

Saat ini di Amerika Serikat, konsumsi tahunan biodiesel adalah sekitar 530 juta m3. Untuk menggantikan minyak fosil dengan minyak sayur akan membutuhkan menabur 111 juta hektar dengan tanaman yang mengandung minyak (Chisti, 2007). Di Polandia, diperkirakan bahwa pada tahun 2010 konsumsi bahan bakar dapat bahkan mencapai 20 juta ton, yaitu 30% lebih dari tahun 2004. Kenaikan yang sangat tinggi konsumsi akan diamati dalam kasus solar, sebagai mesin diesel standar dalam kendaraan transportasi berat. Terus menerus meningkatnya permintaan untuk bahan bakar cair menyebabkan peningkatan permintaan untuk minyak bumi, yang dapat mengakibatkan terus menerus naik dari harga yang. Masalah tambahan adalah kenyataan bahwa sebagian besar sumber daya minyak bumi dunia berada di negara-negara yang sekarang politik tidak stabil, yang tidak menjamin kelangsungan pasokan. Oleh karena itu, diperlukan untuk mencari jenis baru bahan bakar dan bahan bakar alternatif yang karena biaya yang lebih rendah atau emisi yang lebih rendah dari komponen beracun gas buang akan, dalam perspektif waktu, menjadi pengganti untuk produk berbasis minyak bumi. Demikian bahan bakar alternatif termasuk bahan bakar cair (biodiesel dan bensin bioethyl) dan bahan bakar gas
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

BIOTEKNOLOGI PERIKANAN dan yang id

BIOTEKNOLOGI PERIKANAN dan yang id

Dalam arti luas, modifikasi genetik merujuk pada perubahan genetik organism yang tidak ditemukan di alam, termasuk hibrida (keturunan orang tua dari spesies yang berbeda atau sub-spesies). Perngembangan ikan transgenik dimana para ilmuwan menggunakan teknik DNA rekombinan untuk memasukkan materi genetik dari satu organisme ke dalam genom ikan atau organisme air lainnya.Berkembanganya kemampuan memodifikasi hewan secara genetic mengakibatkan pesatnya penelitian tentang rekayasa genetic organisme akuatik (genetically modified organism). Hewan air, terutama ikan tumbuh dalam sistem akuakultur, menarik perhatian penelitian yang signifikan karena dua alasan utama. Pertama, ikan bertelur dalam jumlah besar dan telur yang lebih mudah dimanipulasi, sehingga memudahkan bagi para ilmuwan untuk memasukkan DNA baru ke dalam telur ikan. Kedua, budidaya merupakan salah satu sektor yang memproduksi makanan tercepat tumbuh secara global, menunjukkan meningkatnya permintaan produk akuakultur. Sejak tahun 1984, budidaya komersial telah berkembang pada tingkat tahunan hampir 10 persen, dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan 3 persen untuk daging ternak dan tingkat 1,6 persen pertumbuhan untuk penangkapan. Sementara pertumbuhan telah terkonsentrasi di Asia, perikanan budidaya juga merupakan salah satu sektor yang paling cepat berkembang dengan total nilai produk yang dijual meningkat dari $ 45.000.000 pada tahun 1974 menjadi lebih dari $ 978.000.000 pada tahun 1998 . Bahkan, budidaya komersial memproduksi hampir semua ikan lele dan ikan trout serta sekitar satu-setengah dari udang dan salmon di Amerika Serikat.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Bioteknologi untuk dan yang id

Bioteknologi untuk dan yang id

Tempe mempunyai nilai gizi yang baik. Di samping itu tempe mempunyai beberapa khasiat, seperti dapat mencegah dan mengendalikan diare, mempercepat proses penyembuhan duodenitis, memperlancar pencernaan, dapat menurunkan kadar kolesterol, dapat mengurangi toksisitas, meningkatkan vitalitas, mencegah anemia, menghambat ketuaan, serta mampu menghambat resiko jantung koroner, penyakit gula, dan kanker. Untuk membuat tempe, selain diperlukan bahan dasar kedelai juga diperlukan ragi. Ragi merupakan kumpulan spora mikroorganisme, dalam hal ini kapang. Dalam proses pembuatan tempe paling sedikit diperlukan empat jenis kapang dari genus Rhizopus, yaituRhyzopus oligosporus, Rhyzopus stolonifer, Rhyzopus arrhizus, dan Rhyzopus oryzae. Miselium dari kapang tersebut akan mengikat keping-keping biji kedelai dan memfermentasikannya menjadi produk tempe. Proses fermentasi tersebut menyebabkan terjadinya perubahan kimia pada protein, lemak, dan karbohidrat. Perubahan tersebut meningkatkan kadar protein tempe sampai sembilan kali lipat.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Bioteknologi Yoghurt dan yang id

Bioteknologi Yoghurt dan yang id

Di Amerika Serikat, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus. Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman).Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas.Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat. Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu .
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 4

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 4

Prinsip bioteknologi modern lebih banyak menggunakan sumber genetik yakni DNA organism yang telah dimanipulasi dan disebut rekayasa genitika. Bioteknologi modern juga disebut bioteknologi generasi kedua, berkembang setelah perang Dunia Kedua dengan memanfaatkan organisme hasil rekayasa genetika, agar proses pengubahan dapat berlangsung secara lebih efiesien dan efekti. Secara sederhana rekayasa genetika dapat diterangkan sebagai tehnik untuk menghasilkan molekul DNA yang berisi gen baru sesuai yang diinginkan dengan mengubah atau menambah molekul DNA pada gen (Fahruddin, 2010: Hal 15).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

Jadi fosfotransferase adalah jenis enzim yang digunakan untuk membantu atau mengkatalis proses perpindahan fosfor.. 2.2 System Fosfotransferase..[r]

9 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 2

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 2

Bioteknologi Konvensional (Tradisional) adalah pengolahan makanan dan minuman secara fermentasi (Memanfaatkan mikroba, proses biokimia, dan proses genetik alami). Bioteknologi secara konvensional sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, pengumpulan benih untuk ditanam kembali, demikian pula praktik pengembangbiakan selektif (selektif artifisal) untuk meningkatkan kualitas ternak. Di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti, tempe, yogurt maupu keju. Sejak abad 19, di bidang medis penerapan bioteknologi dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermentasi yang tidak sempurna. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor. Dengan alat ini, produksi antibiotik maupun vasksin dapat dilakukan secara masal.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 3

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 3

Kemajuan dan perkembangan bioteknologi tidak dapat terlepas dari kemajuan dan dukungan ilmu-ilmu dasar seperti: mikrobiologi, biokimia, biologi molekuler, dan genetika. Kompetensi menguasai bioteknologi tersebut dapat tercapai manakala pembinaan sumber daya manusia diorientasikan pada kompetensi meneliti dan menerapkan metodemetode mutakhir bioteknologi. Kemampuan menguasai dan mengaplikasikan metode-metode mutakhir bioteknologi (current methods of biotecnology) seperti: kultur jaringan, rekayasa genetik, hibridoma, kloning, dan polymerase chains reaction (PCR) secara prospektif telah mampu menghasilkan produk-produk penemuan baru.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

Dalam rangka mencukupi pangan penduduk dunia yang bertambah terus, maka produksi pangan secara konvensional tidak dapat mengejarnya. Oleh karena itu, dicari jalan melalui bioteknologi pertanian yang antara lain: (1) Penggunaan hormon- pertumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploid menjadi poliploidi sehingga dihasilkan produk yang “raksasa”, misalnya buah tomat, lombok menjadi besar, dan seterusnya. (2) Kultur jaringan. Pada keadaan biasa, siklus pertumbuhan suatu tumbuhan memerlukan waktu yang cukup panjang, tetapi melalui kultur jaringan siklus itu dapat diperpendek, misalnya bunga anggrek yang secara biasa dari biji sampai menjadi tumbuhan dewasa hingga berbunga memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi melalui kultur jaringan akan diperoleh tumbuhan baru dengan cepat dan segera dapat berbunga. Dalam mempercepat pembibitan tumbuhan, kultur jaringan lebih cepat tiga puluh kali dari pada cara tradisional. Dengan demikian, dapat mengatasi kekurangan dan keterlambatan bibit dalam masa tanam dan juga meningkatkan kuantitas panen. Dalam perbanykan tumbuhan secara kloning (clonning) pada tumbuhan hias dan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi dapat dilakukan secara besar-besaran dengan kultur jaringan, misalnya pada kelapa sawit, kelapa kopyor, dan sebagainya (Maskoeri, 2013: 219).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

MAKALAH BIOTEKNOLOGI dan id bab 1

Nata de coco adalah makanan yang berasal dari hasil fermentasi air kelapa dengan bantuan bakteri Acetobacter xylinum. Nata juga sejenis makanan ringan yang menyerupai jeli yang biasanya diproduksi melalui proses fermentasi nira dari pohon tertentu atau bahan cair lainnya yang mengandung gula. Di dalam fermentasi ini, starter dengan 3 variasi umur, yaitu umur 4 hari, 6 hari dan 8 hari, yang kemudian dicampur dengan cairan nira lontar dalam 3 perbandingan volume, yaitu 200 ml : 800 ml, 400 ml : 600 ml, and 600 ml : 400 ml. Nata ini dapat digunakan sebagai dessert dan kaya akan serat. Air kelapa merupakan hasil samping pengolahan kelapa yang belum banyak dimanfaatkan dan banyak dibuang sebagai limbah. Penanganan limbah air kelapa bertujuan agar memperoleh nilai tambah secara ekonomi sekaligus menangani limbah air kelapa tersebut. Airkelapa dapat dimanfaatkan sebagai substrat menghasilkan Nata de Coco karena mengandung gula, mineral Mg2+, foktor pendukung pertumbuhan (growt promoting factor) untuk A. xylinum.Pembuatan Nata de Coco dengan menggunakan substrat air kelapa dilakukan dengan cara menambahkan gula sukrosa (gula pasir) 10%, urea 0,5%, asam asetat glasial 2% atau asam cuka dapur 25% sebanyak 16 ml/ liter air kelapa. Proses pembuatan Nata de Coco melalui tahapan sebagai berikut; pemeliharaan dan peremajaan kultur A. xylinum, persiapan substrat, persiapan starter, fermentasi, pemanenan hasil, pengolahan hasil dan pengemasan hasil. Produk Nata de Coco diolah dengan menambahkan gula dan flavouring agent yang disukai konsumen akan memberikan nilai tambah yang optimal. Pengemasan terhadap produk Nata de Coco bertujuan; (a). mengawetkan produk agar bertahan lama tidak rusak, (b). memberikan sentuhan nilai estetika terhadap produk sehingga memiliki daya tarik yang lebih tinggi, (c). meningkatkan nilai tambah secara ekonomi terhadap produk, (d). memudahkan proses penyimpanan dan distribusi produk.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...