Top PDF Makalah Pasar Persaingan Sempurna

Makalah Pasar Persaingan Sempurna

Makalah Pasar Persaingan Sempurna

Dalam jangka panjang, semua input adalah variable. Keadaan ini bisa dianggap stage perencanaan sebelum perusahaan masuk kedalam industri. Pada stage ini perusahaan akan memutuskan fasilitas produksi sebesar apa yang harus dibangun (misalnya jumlah optimal dari fixed cost). Dalam jangka panjang, perusahaan juga tetap berusaha memaksimumkan profit. Harga ditetapkan pasar dan sama dengan MR. output akan naik selama MR < MC. Maksimum profit tercapai bila MR = MC.

22 Baca lebih lajut

MAKALAH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA PROGRA

MAKALAH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA PROGRA

Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar makanan pokok yaitu beras yang berhubungan antara petani sebagai produsen dan pedagang sebagai pembeli. Dalam pasar beras jumlah penawaran (petani) banyak, mereka masing-masing menjual beras dalam jumlah yang relatif kecil dengan bentuk sangat sederhana, sehingga masing-masing petani tidak dapat mempengaruhi harga di pasar yang sudah terbentuk. Apabila petani tersebut menjual di bawah harga pasar, maka ia akan rugi, begitu pula sebaliknya bila ia menjual di atas harga pasar maka ia akan di tinggalkan oleh pembeli.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MAKALAH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA PROGRA

MAKALAH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA PROGRA

a. BAB I . PENDAHULUAN . pada bagian ini, membahas tentang dasar- dasar pembuatan makalah, diantaranya : latar belakang, rumusan masalah, tujuan makalah, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan. b. BAB II . PEMBAHASAN . pada bagian ini, membahas tentang isi dari

16 Baca lebih lajut

Makalah pasar persaingan sempurna 1

Makalah pasar persaingan sempurna 1

Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan, kerajinan ).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Ekonomi Mikro pasar persaingan sempurna

Ekonomi Mikro pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogeny ( Serupa ). Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga. Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

MAKALAH PASAR DAN PERSAINGAN SEMPURNA

MAKALAH PASAR DAN PERSAINGAN SEMPURNA

Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan lainnya. Barang seperti itu dinamakan dengan istilah barang identical atau homogenous. Karena barang-barang tersebut adalah sangat serupa para pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan produsen A atau B atau produsen yang lainnya. Barang yang dihasilkan seorang produsen merupakan pengganti sempurna kepda barang yang dihasilkan oleh produsen-produsen lain. Sebagai akibat dari efek ini, tidak ada 3 gunanya kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan persaingan yang berbentuk persaingan bukan harga atau nonprice competition atau persaingan dengan misalnya melakukan iklan dan promosi penjualan. Cara ini tidak efektif untuk menaikkan penjualan karena pembeli mengetahui bahwa barang-barang yang dihasilkan berbagai produsen dalam industri tersebut tidak ada bedanya sama sekali.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

EKONOMI MANAJERIAL STRUKTUR PASAR : PERSAINGAN SEMPURNA, MONOPOLI, DAN PERSAINGAN MONOPOLISTIK

EKONOMI MANAJERIAL STRUKTUR PASAR : PERSAINGAN SEMPURNA, MONOPOLI, DAN PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Seorang monopolis menghadapi persaingan tidak langsung untuk memperoleh uang konsumen karena adanya produk-produk lain. Lagipula, meskipun tidak terdapat substitusi dekatatas produk yang dijual oleh monopolis itu, barang substitusi mungkin saja tersedia di pasar. Misalnya, meskipun Alcoa memiliki monopoli atas produksi dan penjualan aluminium di Amerika Serikat, aluminium menghadapi persaingan dari baja, plastik, tembaga, dan jenis bahan lainnya. Rasa takut terhadap tindakan hukum pemerintah dan adanya potensi ancaman persaingan, juga berfungsi sebagai pengendali kekuasaan pasar seorang monopolis. Secara umum dapat disimpulkan, semua kekuatan monopoli yang berdasarkan hambatan masuk ke dalam pasar akan hilang dalam jangka panjang, kecuali monopoli yang timbul karena adanya hak monopoli yang dimiliki pemerintah.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

Materi 8 Pasar Persaingan Sempurna

Materi 8 Pasar Persaingan Sempurna

Sebagai sebuah model ekonomi, pasar persaingan sempurna memberikan penjelasan tentang perilaku perusahaan dalam dunia ideal, di mana dibuktikan bahwa perusahaan berproduksi dalam skala yang efisien dengan harga produksi yang paling murah. Pasar persaingan sempurna juga memungkinkan output yang maksimum dibanding pasar lainnya (akan dijelaskan lebih lanjut dalam bab berikutnya).

12 Baca lebih lajut

7_PASAR PERSAINGAN SEMPURNA & TIDAK SEMPURNA

7_PASAR PERSAINGAN SEMPURNA & TIDAK SEMPURNA

 Kurva penawaran dalam jangka pendek pada pasar persaingan sempurna adalah sepanjang kurva MC yang berada di atas AVC  Semakin tinggi harga maka akan semakin banyak jumlah barang y[r]

69 Baca lebih lajut

struktur pasar persaingan sempurna

struktur pasar persaingan sempurna

Perusahaan dengan pasar persaingan sempurna bebas masuk dan keluar dari industri. Mereka juga tidak memiliki batas aturan dari peraturan pemerintah, biaya awal, atau hambatan biaya untuk masuk. Sementara itu banyak perusahaan mengeluarkan biaya awal yang lebih tinggi atau wajib memiliki izin pemerintah untuk memasuki kawasan industri tersebut, hal ini juga tidak berlaku pada perusahaan pasar persaingan sempurna. Demikian juga, perusahaanlah yang memiliki peran masuk pasar persaingan sempurna tidak dapat dicegah untuk meninggalkan industry ini sama seperti halnya utilitas publik yang telah diaturoleh pemerintah.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna di pasar input

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna di pasar input

Hendar dan Kusnadi (2005:138-141) dalam ekonomi mikro, jangka panjang diartikan sebagai jangka waktu yang cukup panjang, sehingga perusahaan (termasuk koperasi) dapat mengubah input tetapnya. Jadi, dalam jangka panjang semua input adalah variabel. Dalam menganalisis penampilan komparatif koperasi pada pasar persaingan sempurna dalam jangka panjang, akan dibedakan lagi kasus-kasus kemampuan koperasi yang sama, lebih rendah atau lebih tinggi daripada pesaingnya. 1. Kasus Koperasi Dengan Kemampuan yang Sama.

5 Baca lebih lajut

Dampak Pemberian Subsidi Produksi terhadap Keseimbangan Pasar pada Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Monopoli

Dampak Pemberian Subsidi Produksi terhadap Keseimbangan Pasar pada Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Monopoli

Dari sisi Efisiensi pasar yaitu dimana harga semua sekuritas di pasar yang di perdagangkan telah mencerminkan semua informasi yang tersedia, barang subsidi dengan system transaksi desentralisasi memi liki tingkat efisiensi tertinggi yaitu mencapai 96,48persen. Ini berarti bahwa 96,48 persen dari total profit maksimum mampu diserap penjual dan pembeli selama proses transaksi dalam pasar jenis ini. Di tempat kedua dengan efisiensi tertinggi adalah masih berada pada barang subsidi dengan sistem transaksi double auctionyaitu 92,55 persen, diikuti oleh barang non-subsidi dengan sistem transaksi desentralisasi sebesar 91,86 persen dan yang paling rendah adalah barang non-subsidi dengan sistem transaksidouble auctionsebesar 89,70 persen. Mengacu pada hal tersebut dapat dikemukakan bahwa secara umum pasar monopoli dengan barang subsidi memiliki tingkat efisiensi pasar yang lebih baik dibandingkan pasar monopoli tanpa barang subsidi.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Pasar Persaingan Sempurna dalam Islam

Pasar Persaingan Sempurna dalam Islam

pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya. Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor- faktor yang menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Makalah ekonomi Pasar Persaingan pasar i

Makalah ekonomi Pasar Persaingan pasar i

Disamping oleh alasan yang disebutkan diatas, segolongan ahli ekonomi juga berpendapat kemajuan teknologi adalah terbatas dipasar persaingan sempurna karena perusahaan-perusahan yang kecil ukurannya tidak akan mampu untuk membuat penyelidikan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik. Penyelidikan seperti itu sering kali sangat mahal biayanya dan tidak dapat dipikul oleh perusahaan yang kecil ukurannya.

9 Baca lebih lajut

Perilaku ekonomi rumahtangga petani dalam pasar persaingan tidak sempurna di beberapa provinsi di Indonesia

Perilaku ekonomi rumahtangga petani dalam pasar persaingan tidak sempurna di beberapa provinsi di Indonesia

Hal lain yang menarik untuk diperhatikan adalah persamaan 31.13 yang menunjukkan hubungan nilai produktivitas lahan sama dengan harga bayangan lahan, bukan sama dengan nilai sewa lahan sebagai cerminan harga lahan. Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa rumahtangga menghadapi kendala dalam mengakses pasar lahan, karena pasar lahan yang tersedia tidak hanya untuk faktor produksi tetapi untuk kepentingan yang lebih luas. Dengan adanya kendala dalam memasuki pasar lahan, maka pada kondisi optimum, penggunaan lahan akan mengacu kepada harga bayangan lahan, yaitu nilai produktivitas lahan. Dari persamaan 31.12 dapat diduga bahwa harga bayangan atau nilai produktivitas lahan usahatani lebih rendah dari harga sewa lahan yang berlaku. Hal ini untuk menjelaskan bahwa penilaian lahan pada pasar lahan lebih mahal dibandingkan dengan nilai lahan sebagai faktor produksi usahatani. Pada kondisi seperti ini, semakin terkendala rumahtangga dalam memperoleh lahan, akan cenderung meningkatkan penggunaan lahan dengan mengintensifkan penggunaan input non-lahan. Oleh karena itu, semakin sempit luas lahan yang dikuasai oleh rumahtangga, harga bayangan lahan akan semakin tinggi.
Baca lebih lanjut

657 Baca lebih lajut

MONOPOLI DAN PERSAINGAN TAK SEMPURNA Tut

MONOPOLI DAN PERSAINGAN TAK SEMPURNA Tut

Perusahaan monopolis dapat melakukan diskriminasi harga untuk mencapai keuntungan maksimal. Diskriminasi harga adalah tindakan menjual barang yang sama pada harga berbeda di pasar yang berbeda. Syaratnya, monopolis dapat memelihara terpisahnya pasar, yaitu karena perbedaan biaya transportasi dan perbedaan elastisitas permintaan. Kondisi keseimbangan optimal yaitu memproduksi dan menjual pada tingkat output dimana MC=MR 1 =MR 2 =…. MRi ; I adalah banyaknya pasar berbeda.Output

5 Baca lebih lajut

skala ekonomis persaingan tidak sempurna

skala ekonomis persaingan tidak sempurna

Tidak ada pembenaran ekonomi yang baik yang menganggap dumping secara khusus merugikan, tetapi hukum perdagangan AS melarang perusahaan2 asing melakukan dumping di pasar mereka dan secara otomatis akan dikenakan tarif jika praktek dumping betul2 terbukti.

11 Baca lebih lajut

Makalah Pasar Persaingan Monopolistis Indonesia

Makalah Pasar Persaingan Monopolistis Indonesia

Perusahaan dalam persaingan monopolistis dapat mempengaruhi harga, namun pengarunya relative kecil kalau dibandingkan dengan peruahaan pasar oligopoly dan monopoli. Kekuasaan mempengaruhi harga oleh perusahaan monopolistis bersumber dari sifat barang yang dihasilkannya, yaitu yang bersifat berbeda corak. Perbedaan ini menyebabkan para pembeli bersifat memilih, lebih menyukai barang dari suatu perusahaan tertentu.

11 Baca lebih lajut

Bab 10 Struktur Pasar: Pasar Persaingan Sempurna, Monopoli & Monopolistik. Ekonomi Manajerial Manajemen

Bab 10 Struktur Pasar: Pasar Persaingan Sempurna, Monopoli & Monopolistik. Ekonomi Manajerial Manajemen

monopolistik memperoleh laba dalam jangka pendek, akan lebih banyak perusahaan yang akan masuk ke pasar dalam jangka panjang . sehingga titik keseimbangan pindah ke titik terendah LA[r]

30 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...