Top PDF Makalah Seni Budaya Dan Keterampilan

Makalah Seni Budaya Dan Keterampilan

Makalah Seni Budaya Dan Keterampilan

Pada era tahun 2000 an seiring dengan kejenuhan Musik Dangdut yang original maka diawal era ini Para musisi di wilayah Jawa Timur di daerah pesisir Pantura mulai mengembangkan jenis Musik Dangdut baru yaitu seni Musik Dangdut Koplo. Dangdut Koplo ini merupakan mutasi dari Musik Dangdut setelah Era Dangdut Campursari yang bertambah kental irama tradisionalnya dan dengan ditambah dengan masuknya Unsur Seni Musik Kendang Kempul yang merupakan Seni Musik dari daerah Banyuwangi Jawa Timur dan irama tradisional lainya seperti Jaranan dan Gamelan. Dan berkat kreatifitas para Musisi Dangdut Jawa Timuran inilah sampai saat ini Musik Dangduk Koplo yang Identik dengan Gaya Jingkrak pada Goyangan Penyanyi dan Musiknya ini saat ini sangat kondang dan banyak digandrungi segala kalangan masyarakat Indonesia.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Seni Budaya Tentang Cabang Seni Tari

Contoh Makalah Seni Budaya Tentang Cabang Seni Tari

Peranan seni tari untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia adalah dengan melalui stimulan individu, social dan komunikasi. Dengan demikian tari dalam memenuhi kebutuhan individu dan social merupakan alat yang digunakan untuk penyampaian ekspresi jiwa dalam kaitannya dengan kepentingan lingkungan. Oleh karena itu tari dapat berperan sebagai pemujaan, sarana komunikasi, dan pernyataan batin manusia dalam kaitannya dengan ekspresi kehendak. Secara garis besar fungsi tari ada 5 antara lain :

9 Baca lebih lajut

MAKALAH SENI DAN BUDAYA (1)

MAKALAH SENI DAN BUDAYA (1)

Setiap karya seni yang diciptakan seniman, pada umumnya akan disajikan kepada masyarakat atau audiens. Ketika karya seni itu hadir di dalam masyarakat, maka disitulah terjadi interaksi antara audiens dan karya seni tersebut. Distu karya seni di nikmati, diamati, diapresiasi, sehingga timbullah proses komunikasi. Dalam mengamati sebuha karya seni rupa, apresiator dapat dengan bebas menilai, mencari, dan menggali makna visual dari sebuah karya seni rupa. Fungsi seni dalam masyarakat dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi rekreasi dan fungsi komunikasi. Fungsi seni di masyarakat yang berhubungan dengan rekreasi atau wisata, apabila karya seni itu dikonsep atau diprogram untuk menarik wisatawan. Dalam hal ini para apresiator dapat menikmati sebuah karya seni secara langsung dan tidak lansung. Pengamatan secara langsung ini dapat kita jumpai misalkan pada pameran seni lukisan, pameran patung dan seni publik. Sedangkan apresiasi karya seni yang tidak langsung, mempunyai pengertian apabila karya seni tersebut tidak dijadikan konsep utama. Artinya sebuah karya seni tersebut hanya sebagai pelengkap dalam suatu acara atau bangunan. Ini dapat dijumpai misalkan lukisan yang terpajang di restaurant, hotel, dan perkantoran.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

MAKALAH KESENIAN TENTANG SENI BUDAYA DI

MAKALAH KESENIAN TENTANG SENI BUDAYA DI

Beraneka ragam tari-tarian yang diwarisi masyarakat daerah di Indonesia baik yang sakral maupun yang sekuler, tradisional maupun nontradisional. Bentuk tarian dari zaman prasejarah hingga zaman modern, produk dari zaman tertentu membantu sejarah kehidupan tarian untuk dapat tumbuh-kembang hingga akhir zaman.Seni tari memerlukan media gerak. Gerak murni atau wantah tidak memiliki maksud-maksud tertentu. Gerak maknawi memiliki makna maksud-maksud tertentu dan apabila dibangun dengan unsur keindahan, maka gerakan tari semakin halus, estetis, dan geraknya memiliki bangunan ekspresi bentuk yang diungkapkan manusia untuk dinikmati.Seni tari banyak dipengaruhi oleh kepercayaan dinamisme dan animisme. Oleh sebab itu, sejak zaman dulu tarian sudah memiliki peran fungsi yang sentral dalam kehidupan beragama. Peran tari dalam upacara terkait dengan cara dan tujuan yang terkait dalam prosesi suatu upacara keagamanaan atau ritual. Seni tari mewariskan bentuk-bentuk tradisi maupun nontradisi. Sifat—fungsi magis-ritual yang dipengaruhi kepercayaan animisme dinamisme mampu menjadi kekuatan sentral dalam setiap upacara keagamaan. Dalam perkembangannya, seni tari tradisional pada akhirnya mewariskan seni pertunjukan baru dan inovatif melalui dramatari prembun, hingga sendratari jenis kesenian yang lahir pada zaman modern. Pada masyarakat modern yang dinamis ini, kehadiran seni tari memerlukan hadirnya penari yang baik, guru-guru tari yang profesional, dan pemikir-pemikir yang mampu merumuskan masa depan tari secara proporsional. Oleh sebab itu, beberapa hal harus diperhatikan menyangkut penguasaan teknik tari agar dapat memenuhi syarat sebagai penari yang profesional.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PreviousPosting

PreviousPosting

SILABUS Seni, Budaya dan Keterampilan Seni Rupa Kelas I - VI.[r]

1 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Seni Budaya Makalah Seni Budaya

Contoh Makalah Seni Budaya Makalah Seni Budaya

Seni merupakan suatu karya yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa sehingga merupakan sesuatu yang elok atau indah. Kebutuhan akan seni budaya merupakan kebutuhan manusia yang lebih tinggi diantara urutan kebutuhan lainnya. Seni budaya berkaitan langsung dengan kesejahteraan, keindahan, kebijaksanaan, ketentraman, dan pada puncaknya merupakan proses evolusi manusia untuk makin dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, seni budaya akan berkembang apabila masyarakat makmur dan sejahtera.

24 Baca lebih lajut

MAKALAH SENI BUDAYA INDONESIA Oleh sheil

MAKALAH SENI BUDAYA INDONESIA Oleh sheil

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa manusia dilahirkan tidak terlepas dari kodrat yang sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Mulai lahir, mereka sudah diberikan pengetahuan, bakat, dan kemampuan masing – masing dalam mengapresiasikan seni dalam kehidupannya. Setiap manusia mempunyai cara yang berbeda – beda dalam mengapresiasikan seni. Ada yang dituangkan dalam suatu cat dan dilukiskan dalam sebuah kertas, tembok, alat – alat transportasi, bahkan pada bagian tubuh manusia. Selain itu juga ada yang diapresiasikan melalui buku – buku yang bias dalam bentuk novel, kolakolaborasi antara gambar dan kata – kata (komik), ada juga mengapresiasikannya melalui sebuah gambar yang bergerak, baik itu karton maupun suatu film.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Makalah Seni Budaya Indonesia Oleh Sheil

Makalah Seni Budaya Indonesia Oleh Sheil

Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya luar. Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya harus menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai- nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

MAKALAH SENI BUDAYA OLEH ZULHAEFA ORYZA

MAKALAH SENI BUDAYA OLEH ZULHAEFA ORYZA

Latar belakang kami menulis makalah ini ialah untuk menjelaskan karya seni rupa tiga dimensi secara lebih rinci. Penjelasan karya seni rupa tiga dimensi akan meliputi media dan teknik pemuatan. Di dalam makalah ini juga kami menampilkan gambar-gambar yang merupakan contoh karya seni rupa tiga dimensi.

10 Baca lebih lajut

COVER MAKALAH SENI BUDAYA. docx

COVER MAKALAH SENI BUDAYA. docx

MAKALAH “ALIRAN SENI RUPA PRAMODERN ” DISUSUN OLEH: MUHAMMAD ANDRIAN KHALIKI MUHAMMAD IQBAL NABILA AZKIYA NOVIA ALVIANA PUTRI AMALIA RIZKI AULIA KASIH XI MIPA 4 SEKOLAH MENENGA[r]

1 Baca lebih lajut

SENI BUDAYA MAKALAH 1. docx

SENI BUDAYA MAKALAH 1. docx

Mata pelajaran Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang berakar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa melalui aktivitas berkesenian. Mata pelajaran ini bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memahami seni dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial sehingga dapat berperan dalam perkembangan sejarah peradaban dan kebudayaan, baik dalam tingkat lokal, nasional, regional, maupun global. Pembelajaran seni di tingkat pendidikan dasar dan menengah bertujuan mengembangkan kesadaran seni dan keindahan dalam arti umum, baik dalam domain konsepsi, apresiasi, kreasi, penyajian, maupun tujuan psikologis edukatif untuk pengembangan kepribadian peserta didik secara positif. Pendidikan Seni Budaya di sekolah tidak semata-mata dimaksudkan untuk membentuk siswa menjadi pelaku seni atau seniman namun lebih menitikberatkan pada sikap dan perilaku kreatif, etis dan estetis .
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MAKALAH SENI BUDAYA MUSIK

MAKALAH SENI BUDAYA MUSIK

1. Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat daribambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dariUNESCO sejak November 2010. 2. Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

RPP Keterampilan dan seni budaya kelas 3 4 5 6 SD ( sekolah dasar ) RPP SBK KLS 4 SMT 2

RPP Keterampilan dan seni budaya kelas 3 4 5 6 SD ( sekolah dasar ) RPP SBK KLS 4 SMT 2

 Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni  Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni  Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.  Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.

28 Baca lebih lajut

MAKALAH SENI BUDAYA SENI CERGAM

MAKALAH SENI BUDAYA SENI CERGAM

It Black, Komik Game, Komik Anjing, dan Komik Haram memberi inspirasi tumbuhnya gerakan-gerakan serupa. Kecenderungan menampilkan tema anti hero bahkan anti narasi dan mendobrak pakem-pakem estetika komik mainstream, kadang dengan warna ideologis yang cukup kental mejadi ciri kuat komik underground. Bahkan eksplorasi komik sudah masuk dalam wilayah seni rupa yang kemudian lebih dikenal dengan art comic. Gerakan ini membutuhkan sebuah resistensi tinggi untuk bisa bertahan lama. Jika kendala komik lokal mainstream adalah pada kegagapan untuk masuk dalam kultur komik industri, maka komik underground sering hanya bersifat sementara saja, konsistensi untuk terus berkarya dan menjaga semangat ideologisnya masih belum teruji benar. Meski demikian siapa pun bisa mengaku underground hanya karena komiknya model fotokopian, padahal dari segi isi masih didominasi gaya mainstream baik dari tema, penampilan grafis, idiom yang dipakai hingga pada dataran filosofis-ideologisnya. Lepas dari apa pun isinya, gerakan komik fotokopian melahirkan semangat independen untuk tidak tergantung pada penerbit-penerbit besar. Meski sifatnya masih temporer dan sporadis, gerakan ini justru pelan-pelan mampu membangun jaringan antar komunitas komik independen, satu hal yang patut dihargai. (Agung ‘A’ Budiman, 2002).
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Makalah seni budaya SENI TARI

Makalah seni budaya SENI TARI

kepulauan Indonesia sudah mengembangkan seni tarinya tersendiri. Banyak ahli antropologi percaya bahwa tarian di Indonesia berawal dari gerakan ritual dan upacara keagamaan. Tarian semacam ini biasanya berawal dari ritual, seperti tari perang, tarian dukun untuk menyembuhkan atau mengusir penyakit, tarian untuk memanggil hujan, dan berbagai jenis tarian yang berkaitan dengan pertanian, tarian lain diilhami oleh alam, tarian jenis purba ini biasanya menampilkan gerakan berulang-ulang dan tarian ini juga bermaksud untuk membangkitkan roh atau jiwa yang tersembunyi dalam diri manusia. Tari tradisional Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman bangsa Indonesia. Beberapa tradisi seni tari seperti ; tarian Bali, tarian Jawa, tarian Sunda, tarian Minangkabau, tarian Palembang, tarian Melayu, taruan Aceh, dan masih banyak lagi adalah seni tari yang berkembang sejak dahulu kala,
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

KREATIVITAS GERAK TARI ANAK DALAM KEGIATAN  DI SD NEGERI KEBONDALEM ABUPATEN PEMALANG

KREATIVITAS GERAK TARI ANAK DALAM KEGIATAN DI SD NEGERI KEBONDALEM ABUPATEN PEMALANG

Seni Budaya dan Keterampilan merupakan matapelajaran yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan seni berbasis budaya.Seni budaya dan keterampilan itu sendiri merupakan satu kesatuan dari beberapa aspek budaya yang diintegrasikan dengan seni.SBK diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan siswa yang terletak pada pemberian pengalaman estetik di dalam bidang seni.Adanya pembelajaran SBK adalah memberikan pengalaman berkesenian kepada siswa dalam rangka untuk membantu pengembangan potensi yang dimilikinya, terutama kecerdasan emosional agardapat seimbang dengan kecerdasan intelektualnya (Jazuli 2008: 20).Seni budaya dan keterampilan itu sendiri memiliki tujuan yakni melatih siswa agar mengasah kemampuannya dalam memahami konsep dan pentingnya seni budaya.Kemampuan yang dapat menampilkan kreativitas melalui seni, dan kemampuan dalam menghargai sebuah seni itu sendiri.
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

Seni Budaya Dan Keterampilan

Seni Budaya Dan Keterampilan

Perasaan m an usia selalu berubah-ubah. Suatu ketika se- seorang m erasa gem bira, tetapi beberapa saat kem udian dapat m en jadi sedih. Oran g dapat pula m erasa cem as, takut, atau m arah. Sem ua perasaan itu dapat diun gkapkan dalam karya sen i rupa. Oleh karen a itu tidak jaran g kita m elihat karya sen i rupa yan g an eh, sulit dim en gerti, dan tam pak tak m em iliki arti. Nam un , sesun gguhn ya itu m erupakan lam ban g perasaan sen im an yan g d it u an gkan d alam kar yan ya. Seba gaim an a ter lihat pada keramik seni karya Hendrawan pada Gam bar 1. Kam u ten tu m erasa an eh dan bin gun g m elihat ben tuk dan judul karya keram ik tersebut. Kam u tentu bertanya-tanya, m e- n gapa H en drawan m em buat karya den gan ben tuk yan g an eh? Men ga p a p u la kar ya sen i ter sebu t d iber i ju d u l ”J a v a n ese S p ir it ” , ya n g a r t in ya ” sem a n ga t or a n g J a wa ” ? Mem a n g begitulah karya seni rupa m urni, kadang terlihat aneh dan sulit dim en gerti. Mari, belajar ten tan g sen i rupa m urn i.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

Seni Budaya dan Keterampilan ID

Seni Budaya dan Keterampilan ID

kreatif yang dikembangkan oleh Herry Dim sejak tahun 1970-an. Kegiatan membuat karya dengan menggunakan bahan-bahan temuan dan bahkan bahan-bahan bekas ini kemudian bisa menjadi karya seni dua dimensi (lukisan maupun instalasi dinding), karya tiga dimensi (serupa

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...