Top PDF Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengan

Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengan

Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengan

Nyonya van Roeloff tot Roeloff di Mendut Josy Menyer dipersunting oleh seorang insinyur muda yang bertugas merestorasi candi-candi Borobudur dan Mendut. Setiap Minggu, Insinyur ngganteng itu khusus mengikuti Misa Kudus di kapel Mendut, hanya untuk mengagumi si Josy. Apalagi sang insinyur pejabat Dinas Purbakala itu pengagum kebudayaan Jawa Kuno, sedangkan Josefin fasih berbahasa Jawa karena sejak kecil diasuh oleh babu-babu di rumah ayahnya, masih ditambah pergaulannya dengan sekian ratus anak-anak Jawa di Mendut. Maka, segera saling cocoklah mereka. Keizersgracht adalah kanal lebar yang menjadi bagian rute tetap dari perahu-perahu wisata kota Amsterdam yang termasyur antik itu dan diapit oleh dua jalan tidak terlalu lebar karena dulu tentu saja tidak diperhitungkan dilewati mobil-mobil. Untuk sampai di pintu utama orang harus menaiki dulu anak-anak tangga terjal dengan pagar-pagar besi kuno yang dicor seni, sejajar dengan jalan. Tiang-tiang pagar dihiasi dengan bola-bola kecil dari kuningan yang mengkilau jenaka. Pintu utama rumah amat besar dan berat terbuat dari kayu eik dengan engsel-engsel besi tempa yang merelung- relung berselera seni. Jendela-jendela berkaca-kaca kecil melengkung-cembung, terbingkai oleh batang-batang timah hitam. Seperti lentera-lentera andong kecil.
Baca lebih lanjut

136 Baca lebih lajut

Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengan

Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengan

Seperti biasa, aku datang sambil bersungut-sungut. Menyuruh orang itu duduk di kursi berhadapan denganku. Tanya namanya, Suminten. Mengapa lari dari majikan, ia bilang, sudah tak tahan lagi karena selalu dicaci maki dan dipukuli. Sudah berapa lama tiba di sini? Baru beberapa bulan. Sebelumnya di Jedah. Di sana semua saudara majikannya juga memukulinya. Bangsat! Pikirku, manusia mereka anggap seperti anjing saja mentang-mentang mereka punya duit berlimpah. Gaji selalu dibayar penuh? Kalau soal gaji sih baik, tetapi sekali lagi saya selalu dipukuli. Lalu ia membuka lengannya, pertama yang kanan,kemudian yang kiri. Menyusul kemudian bahu, lalu punggung, lalu betis kanan dan kiri. Tambah ke atas, lutut, ke atas sedikit, lalu ia mau membuka seluruh tubuhnya dengan begitu polos seperti seorang bocah. Kukatakan tidak usah. Bekas-bekas pukulan itu memang jelas sekali dan seperti juga mengiris-ngiris kulitku. Kusuruh ia istirahat dulu di sebuah kamar di basement kantor yang memang sering digunakan untuk itu, setelah kubelikan makan pagi.
Baca lebih lanjut

147 Baca lebih lajut

PESAN NILAI KESETIAKAWANAN SOSIAL PADA FILM RUMAH TANPA JENDELA  Pesan Nilai Kesetiakawanan Sosial Pada Film Rumah Tanpa Jendela (Analisis Semiotik Pada Film Rumah Tanpa Jendela).

PESAN NILAI KESETIAKAWANAN SOSIAL PADA FILM RUMAH TANPA JENDELA Pesan Nilai Kesetiakawanan Sosial Pada Film Rumah Tanpa Jendela (Analisis Semiotik Pada Film Rumah Tanpa Jendela).

Nilai kesetiakawanan sosial dan peduli sosial dalam film Rumah Tanpa Jendela adalah terarah untuk mentransformasikan ilmu atau pengetahuan kepada berbagai pihak yang membutuhkan dengan suatu sistem supaya menghasilkan peserta didik. Film Rumah Tanpa Jendela merupakan salah satu media untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai arti penting nilai kesetiakawanan sosial dan peduli sosial.

10 Baca lebih lajut

DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN  PENGARUH TERPAAN MEDIA TENTANG PEMBERITAAN KIAMAT 2012 TERHADAP SIKAP WARGA KAUMAN YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Media Tentang Pemberitaan Kiamat 2012 Terhadap SikapWarga Kauman Yogyakarta ).

DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN PENGARUH TERPAAN MEDIA TENTANG PEMBERITAAN KIAMAT 2012 TERHADAP SIKAP WARGA KAUMAN YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Media Tentang Pemberitaan Kiamat 2012 Terhadap SikapWarga Kauman Yogyakarta ).

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan pola pikir masyarakat Kauman yang sudah membuka diri untuk menerima pengetahuan dari berbagai bidang ilmu membuat kebudayaan-kebudayaan yang dianggap sinkretis tersebut perlahan hilang walaupun tetap ada beberapa upacara yang dijalankan seperti upacara siklus kehidupan manusia namun berpedoman pada ajaran Islam. Terlihat dari upacara kelahiran seperti kekahan (aqiqah) dan upacara mantenan (walimahan manten) diadakan dengan tidak melebihi batas atau mewah dengan mementingkan ijab dan qabul, mengumpulkan sanak saudara, tetangga dan memberikan sebagian rezeki misalnya makanan kepada para fakir miskin. Sedangkan pada upacara kematian dilaksanakan sholat jenazah, ta’ziah, mengantarkan ke makam bagi laki-laki dan berdoa.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Membuka Jendela Bhs Dan SastraInd smp7bhsind

Membuka Jendela Bhs Dan SastraInd smp7bhsind

Namun, Demitri tidak tahu bahwa di lereng gunung yang tinggi, sunyi, dan diselimuti salju itu merupakan tempat tinggal peri salju dan seekor kuda yang bisa terbang. Sayap kuda itu berkilauan seperti nyala bara api. Tiap hari kuda terbang itu menjelajahi daerah pegunungan. Ketika melihat Pangeran Mikael, ia merasa iba. Segera ia membawanya ke goa tempat tinggal para peri salju. Peri-peri itu menerimanya dengan senang hati. Mereka merawat dan mendidik Mikael hingga menjadi pemuda tampan, gagah, dan pandai. Ia juga diajari menjadi seorang ksatria yang menguasai ilmu ketatanegaraan dan pandai memainkan segala alat musik. Pangeran benar-benar merasa bahagia tinggal bersama para peri dan kuda terbang. Setiap pergi ia mengendarai kuda terbang menjelajahi lereng-lereng terjal yang tersembunyi.
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

Hubungan Kepadatan Hunian dan Kualitas Fisik Rumah Desa Penda Asam Barito Selatan

Hubungan Kepadatan Hunian dan Kualitas Fisik Rumah Desa Penda Asam Barito Selatan

Tabel 2 menunjukkan pencahayaan di rumah responden paling banyak ≥ 60 lux yaitu 38 rumah (74,5%) dan paling sedikit pencahayaan < 60 lux yaitu 13 rumah (25,5%) . Berdasarkan Kepmenkes RI 829/Menkes/SK/VII/1999 persyaratan minimal intensitas pencahayaan 60 lux dan tidak menyilaukan. Hasil Pengukuran intensitas pencahayaan rumah reponden sebagian besar sudah memenuhi syarat. Sebagian rumah yang tidak memenuhi syarat, disebabkan kebiasaan responden tidak membuka jendela dan keberadaan jendela yang terhalang oleh rumah atau bangunan lain, karena jarak rumah yang berdekatan, sehingga cahaya tidak dapat masuk langsung ke dalam rumah yang menyebabkan ruangan menjadi gelap. Untuk menambah penerangan dalam rumah dapat digunakan pencahayaan buatan
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Memelihara Kesehatan Lingkungan Sekolah doc

Memelihara Kesehatan Lingkungan Sekolah doc

membuka jendela kita akan mendapatkan udara segar yang banyak oksigen masuk ke dalam ruang kelas dan mengeluarkan udara kotor dari dalam ruang kelas ke luar sehingga udara di dalam rumah akan terasa menyegarkan. Jika jendela selalu ditutup rapat maka udara yang di dalam rumah bisa hanya yang itu-itu saja.

3 Baca lebih lajut

Iptek dan Peradaban Islam (1)

Iptek dan Peradaban Islam (1)

Bagi umat Islam, kedua-duanya adalah merupakan ayat-ayat (atau tanda-tanda/sinyal) Ke-Maha- Kuasa-an dan Keagungan Allah SWT. Ayat tanziliyah/naqliyah (yang diturunkan atau transmited knowledge), seperti kitab-kitab suci dan ajaran para Rasulullah (Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an), maupun ayat-ayat kauniyah (fenomena, prinsip-prinsip dan hukum alam), keduanya bila dibaca, dipelajari, diamati dan direnungkan, melalui mata, telinga dan hati (qalbu + akal) akan semakin mempertebal pengetahuan, pengenalan, keyakinan dan keimanan kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, Wujud yang wajib, Sumber segala sesuatu dan segala eksistensi). Jadi agama dan ilmu pengetahuan, dalam Islam tidak terlepas satu sama lain. Agama dan ilmu pengetahuan adalah dua sisi koin dari satu mata uang koin yang sama. Keduanya saling membutuhkan, saling menjelaskan dan saling memperkuat secara sinergis, holistik dan integratif. Bila ada pemahaman atau tafsiran ajaran agama Islam yang menentang fakta-fakta ilmiah, maka kemungkinan yang salah adalah pemahaman dan tafsiran terhadap ajaran agama tersebut. Bila ada ’ilmu pengetahuan’ yang menentang prinsip-prinsip pokok ajaran agama Islam maka yang salah adalah tafsiran filosofis atau paradigma materialisme-sekular yang berada di balik wajah ilmu pengetahuan modern tersebut.
Baca lebih lanjut

53 Baca lebih lajut

PENGETAHUAN ILMU ILMU PENGETAHUAN DAN FI

PENGETAHUAN ILMU ILMU PENGETAHUAN DAN FI

pendidikan, biologi, ilmu sosial, dll. Namun demikian, sudut pandang, pendekatan dan metode penyelidikan disiplin ilmu-ilmu tersebut terhadap manusia berbeda-beda. Setiap disiplin ilmu mempunyai obyek formal tertentu, yang membedakan satu sama lain dalam melakukan kajian terhadap obyek material yang sama. Obyek formal suatu disiplin ilmu berhubungan dengan sudut pandang, pendekatan, metode khas yang dilakukan oleh ilmuwan dalam disiplin itu. Perbedaan obyek formal psikologi, biologi, ilmu sosial terhadap manusia, membedakan pengetahuan-pengetahuan yang dikumpulkan dan diorganisir dalam masing- masing disiplin tersebut. Ilmu-ilmu berbeda-beda bukan terutama karena obyek material berbeda, tetapi khususnya karena masing-masing berbeda menurut obyek formalnya (Van Melsen, 1985).
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

SP 22 Kreasi Desain Grafis

SP 22 Kreasi Desain Grafis

singkat, klik Replace Color Tool dan pilihlah salah satu warna yang ada di jendela Properties. Pada kotak warna Change, pilihlah warna yang ingin diganti, misalnya merah. Pada kotak warna To, pilihlah warna penggantinya, misalnya biru. Masukkan angka 255 pada kotak Tolerance. Sekarang, oleskan Replace Color Tool itu pada helm merah si atlet secara merata. Kini, warna itu berangsur-angsur berubah.

14 Baca lebih lajut

FMIPA UI Update April

FMIPA UI Update April

Universitas Indonesia membuka program studi baru di tahun 2017 ini, yakni program studi S3 Ilmu Fisika yang bernaung di bawah Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Calon mahasiswa baru UI tahun akademik 2017/2018 dapat memilih program studi baru tersebut melalui ujian SIMAK UI 2017. Daya tampung program studi S3 Ilmu Fisika ini adalah 40 orang mahasiswa. Departemen Fisika FMIPA UI sebelumnya memiliki program studi S3, namun hanya untuk bidang Fisika Material. Selain Fisika Material, Departemen Fisika memiliki 5 sub bidang lain yang ditekuni oleh para staf pengajarnya, yakni :
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Kreasi Foto Hitam Putih

Kreasi Foto Hitam Putih

Tentu, teknik ini sangat mudah dan ha- silnya belum tentu memuaskan. Anda ha- rus melakukan langkah-langkah tambahan untuk mempercantik foto. Pertama kali, klik menu Image > Adjustments > Level. Sesampainya Anda di dalam jendela Level, masukkan setting berikut ini pada kotak Input Levels: 50, 1.40, 200.

10 Baca lebih lajut

FENOMENOLOGI PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA DALAM ILMU KOMUNIKASI

FENOMENOLOGI PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA PERANNYA DALAM ILMU KOMUNIKASI

Orang sering merasa pengindraaan merupakan alat yang paling vital dalam memperoleh pengetahuan. Memang dalam hidup manusia tampaknya penginderaan adalah satu-satunnya alat untuk menyerap segala sesuatu objek yang ada di luar diri manusia. Karena terlalu menekankan pada kenyataan, paham demikian dalam filsafat disebut realisme. Realisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa semua yang dapat diketahui adalah hanya kenyataan. Jadi, pengetahun berawal mula dari kenyataan yang dapat diinderai. Tokoh pemula dari pandangan ini adalah Aristoteles, yang berpendapat bila subjek diubah di bawah pengaruh objek, artinya bentuk-bentuk dari dunia luar meninggalkan bekas-bekas dalam kehidupan batin. Objek masuk dalam diri subjek melalui persepsi indera (sensasi). Ini ditegaskan pula oleh Aristoteles yang berkembang pada abad pertengahan adalah Thomas Aqinas yang mengemukakan bahwa tiada sesuatu dapat masuk lewat ke dalam akal yang tidak ditangkap oleh indra.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ILMU DAN HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN DALAM

ILMU DAN HAKEKAT ILMU PENGETAHUAN DALAM

pengetahuan yang rasional, sistematik, konfrehensif, konsisten, dan bersifat umum tentang fakta dari pengamatan yang telah dilakukan. Dan berdasarkan definisi di atas terlihat jelas ada hal prinsip yang berbeda antara ilmu dengan pengetahuan. Pengetahuan adalah keseluruhan ilmu pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai matafisik maupun fisik. Dapat juga dikatakan pengetahuan adalah informasi yang ada dan berupa common sense, tanpa memiliki metode, dan mekanisme tertentu. Pengetahuan berakar pada adat dan tradisi yang menjadi kebiasaan dan pengulangan-pengulangan. Dalam hal ini landasan pengetahuan kurang kuat cenderung kabur dan samar- samar. Pengetahuan tidak teruji karena kesimpulan ditarik berdasarkan asumsi yang tidak teruji lebih dahulu. Pencarian pengetahuan lebih cendrung trial and error dan berdasarkan pengalaman belaka.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN DAN METODOL

PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN DAN METODOL

Metode induksi adalah suatu cara atau jalan yang dipakaiuntuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan bertitik tolak dari pengamatan atas hal hal atau masalah yang bersifat khusus,kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum. Apabila orang menerapkan cara penalaran ini berarti orang tersebut mengawali suatu penalaran dengan memberikan contoh contoh tentang peristiwa khusus yang sejenis kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum.

4 Baca lebih lajut

Pengetahuan Vs Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan Vs Ilmu Pengetahuan

Hubungan Bivariat + Variabel Antara Hubungan bivariat yg diantarai oleh variabel lain Hubungan Antar Variabel lanjutan X Y Variabel Bebas Variabel terikat C Variabel Antara Umur Fr[r]

73 Baca lebih lajut

Sistem Power Window pada Toyota Kijang 5K,.

Sistem Power Window pada Toyota Kijang 5K,.

Sistem Power Window adalah rangkaian dari elektrikal bodi yang berfungsi untuk membuka dan menutup jendela secara otomatis dengan menggunakan switch, dan motor sebagai penggerak. motor power window berputar ketika switch power window ditekan. Perputaran motor power window akan berubah naik dan turun melalui regulator jendela untuk membuka atau menutup jendela.

1 Baca lebih lajut

pemetaan sk kd ipa smp tp 2012 2013

pemetaan sk kd ipa smp tp 2012 2013

Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya 1.2 Melakukan pengukura[r]

6 Baca lebih lajut

Representasi Dakwah Melalui Sejarah Islam (Analisis Semiotika Sosial Buku Mengenal Islam For Beginners Karya Ziauddin Sardar)

Representasi Dakwah Melalui Sejarah Islam (Analisis Semiotika Sosial Buku Mengenal Islam For Beginners Karya Ziauddin Sardar)

Dalam tradisi keilmuan Islam, ilmu sejarah dianggap sebagai ilmuilmu keagamaan (ulum an-naqliyyah) karena pada awalnya terkait erat dengan ilmu hadis. Seperti diketahui, pada masa pra-Islam dan awal Islam bangsa Arab tidak mencatat sejarah mereka. Mereka menyimpan catatan itu dalam bentuk hafalan. 59 Dan setelah tradisi tulisan berkembang dan ilmu sejarah telah mapan, umat muslim menyortir, mengkaji informasi, menelisik kesinambungan riwayat itu sendiri untuk mengungkap fakta secara utuh. Dalam hal ini, umat Islam melalui sejarahnya berusaha mengenali, menjaga dan mempertahankan kebudayaan Islam agar tidak melenceng dari apa yang sebenarnya. Maka secara jelas, sejarah Islam merupakan bagian dari kebudayaan Islam.
Baca lebih lanjut

138 Baca lebih lajut

MODUL MENGOPERASIKAN SOFTWARE APLIKASI BASIS DATA, MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN MENGGUNAKAN KEYBOARD, MELAKUKAN UPDATE DAN DELETE DATA 10

MODUL MENGOPERASIKAN SOFTWARE APLIKASI BASIS DATA, MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN MENGGUNAKAN KEYBOARD, MELAKUKAN UPDATE DAN DELETE DATA 10

Untuk memindahkan Insertion Point dapat menggunakan pasilitas yang ada di perintah Go To dari menu Edit . Anak panah atas, anak panah bawah Page Up Page Down atau menggunakan Vertikal scroll Bar untuk memindah data Record dalam sebuah data sheet selain itu Anda dapat juga memindah posisi Record Aktif dengan memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela data Sheet sebuah tabel perhatikan tabel berikut

38 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...