Top PDF MIKROENKAPSULASI LEMAK KAYA DHA UNTUK FO

MIKROENKAPSULASI LEMAK KAYA DHA UNTUK FO

MIKROENKAPSULASI LEMAK KAYA DHA UNTUK FO

Omega-3 fatty acids, especially Eicosapentaenoic Acid (EPA) and Docosahaxaenoic (DHA) are very important in food fortification. Monoacylglycerol (MAG) rich in DHA is one of the fatty acids ester which has better digestion than ethyl or methyl esters. MAG rich in omega-3 especially EPA and DHA tends to be unstable because it is easly oxidized and hydrolyed due to the number of double bounds in the fatty acids. This study was carried out to obtain high stability of MAG rich in DHA applied in food products using an encapsulation method. The results indicated that the micro- encapsulation of MAG rich in DHA with dextrin polymer as a micro-encapsulation matrix could protect MAG oil products from oxidation for 3 months (showed by low TBA value of 2.73 mol/g), had high encapsulation efficiency (85%), and could be applied to food products (biscuit and milk). The food products were accepted by the panellist with different test methods and hedonic.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Studi daya simpan telur ayam arab dan ras kaya DHA (Docosa Hexanoic Acid)

Studi daya simpan telur ayam arab dan ras kaya DHA (Docosa Hexanoic Acid)

Konsumsi telur di masyarakat sekarang dipenuhi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok tetapi menuju pada pangan yang berbasis pangan fungsional (kesehatan). Telur kaya DHA (Docosa Hexanoic Acid) adalah salah satu produk peternakan dari unggas yang saat ini berkembang. Telur kaya DHA merupakan telur yang dihasilkan dari ayam petelur yang dibudidayakan dengan pemberian pakan bersuplemen omega-3. Telur ini memiliki kandungan DHA 0.23 mg sedangkan telur biasa hanya 0.022 mg dalam 100 g kuning telur (Iman Rahayu 2013). Asam lemak omega-3 merupakan salah satu kelompok asam lemak tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap pertama terletak pada posisi atom C (carbon) nomor 3 yang dihitung dari gugus metil terujung, asam lemak alami yang termasuk dalam asam lemak ini adalah asam linolenat, asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA) (Iman Rahayu dan Komari 2005).
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Ringkasan - OPTIMASI PRODUKSI MIKROKAPSUL MINYAK IKAN SEBAGAI FEED ADITIF UNTUK MENGHASILKAN PRODUK UNGGAS KAYA ASAM LEMAK -3 DAN RENDAH KOLESTEROL.

Ringkasan - OPTIMASI PRODUKSI MIKROKAPSUL MINYAK IKAN SEBAGAI FEED ADITIF UNTUK MENGHASILKAN PRODUK UNGGAS KAYA ASAM LEMAK -3 DAN RENDAH KOLESTEROL.

Mikrokapsul dari kedua perlakuan tersebut diuji kandungan asam lemak omega-3nya dan dibandingkan hasilnya. Kandungan asam lemak omega-3 dari kedua mikrokapsul tersebut tidak berbeda nyata. Asam lemak omega-3 yang didapatkan dari kedua mikrokapsul tersebut berkisar 10.64 – 11.04%, kandungan EPA dan DHA sebesar 1.84 dan 7.74, dengan demikian kedua mikrokapsul tersebut dapat dipilih untuk digunakan dalam aplikasi ke dalam ransum ayam guna mendapatkan produk ternak yang tinggi asam lemak omega-3.

3 Baca lebih lajut

Komposisi asam lemak dan kolesterol sotong (Sepia recurvirostra)

Komposisi asam lemak dan kolesterol sotong (Sepia recurvirostra)

Sotong merupakan salah satu jenis Cephalopoda yang diduga memiliki komponen gizi tinggi dan kaya akan asam lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik, morfometrik, rendemen, kandungan zat gizi (air, abu, protein, lemak, dan karbohidrat), komponen bioaktif, komposisi asam lemak, dan kandungan kolesterol sotong (Sepia recurvirostra). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap preparasi, pengukuran morfometrik dan perhitungan rendeman, tahap analisis proksimat (kadar air, abu, protein, lemak, dan karbohidrat), tahap pembuatan ekstrak kasar sotong dan analisis fitokimia, tahap analisis asam lemak, dan tahap analisis kolesterol. Pengukuran morfometrik menunjukkan sotong pada penelitian ini memiliki panjang rata-rata sebesar 12,70±1,30 cm, lebar 5,59±0,53 cm, tebal 1,95±0,40 cm, dan berat 59,43±10,91 gram. Rendemen bagian badan sotong sebesar 45,09%, kepala 32,53%, jeroan 18,06%, dan cangkang 4,32%. Hasil uji proksimat menunjukkan bahwa bagian badan sotong mangandung 84,06% air, 0,69% abu, 13,51% protein, 0,79% lemak, dan 0,96% karbohidrat. Bagian kepala sotong mengandung 83,65% air, 0,89% abu, 13,16% protein, 0,77% lemak, dan 1,54% karbohidrat. Komponen bioaktif yang terkandung dalam ekstrak kasar badan dan ekstrak kasar tinta sotong adalah alkaloid, steroid, karbohidrat, peptida, dan asam amino. Komponen bioaktif yang terkandung dalam ekstrak kasar cangkang sotong yaitu alkaloid, steroid, karbohidrat, dan asam amino. Asam lemak jenuh paling tinggi yang terkandung dalam sotong adalah asam palmitat, dengan nilai 7,34% pada bagian badan dan 5,44% pada bagian kepala. Asam lemak tidak jenuh tunggal paling tinggi yang terdeteksi pada sotong adalah asam oleat, pada bagian badan sebesar 2,02% dan pada bagian kepala 1,24%. Asam lemak tidak jenuh majemuk paling tinggi yang terkandung dalam sotong adalah DHA, dengan nilai 20,46% pada bagian badan dan 17,55% pada bagian kepala. Kolesterol yang terkandung pada
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

Mikroenkapsulasi Minyak Ikan Asam Lemak Omega-3 sebagai Bahan Fortifikasi pada Sup Krim Kepiting Instan

Mikroenkapsulasi Minyak Ikan Asam Lemak Omega-3 sebagai Bahan Fortifikasi pada Sup Krim Kepiting Instan

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak kaya omega-3 (Shamsudin dan Salimon 2006). Dewi (1996) melaporkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan hasil pengalengan lemuru (Sardinella sp.) dapat mencapai 29,68%, namun menurut Shahidi dan Wanasundara (1998) kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang tinggi merupakan penyebab kerusakan pada minyak ikan. Upaya pencegahan kerusakan telah banyak dilakukan, diantaranya dengan pemberian antioksidan (Kamal-Eldin dan Yanishlieva 2002; Jacobsen et al. 2008). Kerusakan minyak ikan akan semakin buruk apabila tidak ditangani dengan baik selama transportasi dan penyimpanan, karena sifatnya yang rentan terhadap panas, cahaya dan oksigen (Sathviel et al. 2003). Ketengikan mengindikasikan rendahnya kualitas minyak ikan, namun masih dapat diupayakan peningkatan mutunya melalui teknik pemurnian, salah satunya dengan penggunaan soda kaustik (alkali) dan bleaching earth yang relatif murah dan mudah dilakukan (Rodriguez et al. 2009). Teknik lain dapat diupayakan untuk menjaga stabilitas, mencegah ketengikan dan memberikan nilai tambah pada minyak ikan adalah mikroenkapsulasi (Hogan et al. 2003).
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Karakteristik Fisik Dan Kimia Serta Profil Asam Lemak Tidak Jenuh Minyak Wijen Yang Dikapsulasi Dengan Berbagai Bahan Penyalut

Karakteristik Fisik Dan Kimia Serta Profil Asam Lemak Tidak Jenuh Minyak Wijen Yang Dikapsulasi Dengan Berbagai Bahan Penyalut

Aktivitas air adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas produk mikroenkapsulasi. Aktivitas air adalah jumlah air bebas yang ada pada suatu bahan. Nilai aktivitas air berkisar 0.732-0.783. Nilai aktivitas air pada setiap perlakuan yang paling baik adalah perlakuan A4 sebesar 0.732. Namun nilai aktivitas pada setiap perlakuan ini masih tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh lama penyimpanan bahan. Selain itu, suhu juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas air. Menurut Yusawisana (2002) peningkatan suhu berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas air pada kadar air yang sama, juga meningkatkan laju reaksi kerusakan yang terjadi. Aktivitas air yang tinggi berdampak pada semakin meningkatnya jumlah mikroorganisme yang tumbuh pada bahan selama penyimpanan. Aktivitas air diatas 0.8 maka laju kerusakan mikrobiologis kimiawi dan enzimatik berjalan dengan cepat (Alamsyah 2004). Menurut Labuza (1982), selang aktivitas air 0.7 sampai 0.75 dan diatas selang tersebut maka akan mengakibatkan tumbuhnya mikroorganisme. Diperkirakan aktivitas air yang baik untuk mikroenkapsulasi pada kisaran 0.2 sampai 0.4 (Ruckold et al. 2001).
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Pulau Koloni Untuk Mereka Yang Kaya

Pulau Koloni Untuk Mereka Yang Kaya

Jika sebuah konferensi bertujuan untuk merundingkan ‘penggusuran’ terhadap rumah kami, maka kami tidak mungkin hanya menjadi tuan rumah yang ramah. Kami harus menjadi tuan rumah yang cerdas dan kritis karena rumah (tanah Bali) adalah pertahanan terakhir yang kami miliki. Kami akan mulai pelajari perdagangan bebas yang akan menajdi agenda konferensi APEC. Artikel Tuan pun mengakui dampak negatif perdagangan bebas terhadap Bali dalam konteks tenaga kerja, dimana tenaga kerja lokal nantinya harus bersaing dengan tenaga kerja asing. Proyek koloni ini sendiri akan beroperasi dalam lima tahun mendatang sedangkan pasar bebas ASEAN akan dimulai dua tahun lagi. Pertanyaannya, apakah pulau koloni ini dibuat untuk menampung tenaga kerja lokal atau justru merupakan eksperimen untuk melihat bagaimana persaingan tenaga kerja secara terbuka di era globalisasi? Hanya Tuhan, Tuan, dan ndoro investor yang tahu jawabannya.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Manfaat Minyak Ikan Untuk Perkembangan J

Manfaat Minyak Ikan Untuk Perkembangan J

Tahukah Anda sementara banyak nutrisi penting bagi perkembangan janin, otak, mata dan sistem saraf pusat kebutuhan sangat besar jumlah DHA? DHA atau asam Docosahexaenoic adalah omega-3 asam lemak yang dapat diproduksi dalam tubuh, jika semuanya dalam rangka kerja yang baik dan seorang wanita mendapat cukup Alfa- linolenat atau ALA.

1 Baca lebih lajut

IKAN UNTUK KETAHANAN PANGAN DAN GIZI NASIONAL Bag II

IKAN UNTUK KETAHANAN PANGAN DAN GIZI NASIONAL Bag II

» Protein berkualitas tinggi asam amino lysine ฀ daya cerna tinggi; » Kandungan asam lemak omega 3 DHA & EPA tinggi; » Vitamin A, D larut dalam lemak & cenderung stabil; » Mineral I[r]

25 Baca lebih lajut

TAP.COM -   EGGDUCATION - TROUW NUTRITION ASIA PACIFIC

TAP.COM - EGGDUCATION - TROUW NUTRITION ASIA PACIFIC

Kuning telur kaya akan vitamin dibandingkan putih telur, terutama vitamin A. Kuning telur mengandung vitamin A sebesar 600 μg/100 g (Suprapti, 2002). Vitamin di dalam kuning telur umumnya bersifat larut dalam lemak. Kandungan vitamin di dalam kuning telur jumlahnya bervariasi tergantung dari jumlah vitamin pada pakan, tetapi vitamin kuning telur lebih banyak dibanding dengan yang terdapat di putih telur. Kenaikan vitamin dalam pakan akan meningkatkan kandungan vitamin dalam kuning telur sampai pada tingkat kebutuhan optimal (Yuwanta, 2010).

14 Baca lebih lajut

Bahan Bahan Nabati dan hewani

Bahan Bahan Nabati dan hewani

Ikan merupakan makanan yang sangat bergizi dan tambahan yang luar biasa untuk dietsehat Anda. Keunggulan ikan meliputi:- Mengandung protein yang berkualitas tinggi dengan jumlah yang cukup dari semuaasam amino esensial, dan rendah lemak.- Kaya akan asam lemak esensial omega-3 yang memberikan perlindungan terhadappenyakit jantung dan otak.- Minyak ikan adalah salah satu dari beberapa sumber makanan alami vitamin D.

4 Baca lebih lajut

Replacing Mother — Imitating Human Breast Milk in the Laboratory

Replacing Mother — Imitating Human Breast Milk in the Laboratory

These oils are produced by Martek Biosciences Corpora- tion and appear to be added to infant formula primarily as a marketing tool designed to convince parents that formula is now “as close as ever to breast milk.” Substantiating this the- sis is a Martek investment promotion from 1996, which reads as follows: “Even if [the DHA/ARA blend] has no benefit, we think it would be widely incorporated into formulas, as a market- ing tool and to allow companies to promote their formula as ‘closest to human milk [emphasis added].” 1

7 Baca lebih lajut

Dr. Ir. Bambang Sulistiyanto, MAgrSc

Dr. Ir. Bambang Sulistiyanto, MAgrSc

Availabilitas lemak sebagai sumber energi, terutama lemak kaya asam lemak tak jenuh (safflower oil), ternyata paling baik diantara bahan sumber energi yang lain seperti minyak kelapa, tallow, serta komponen karbonhidrat semacam pati, maltosa dan glukosa. Pemberian karbonhidrat diap diserap, ternyata mempengaruhi status fisiologis darah pada ayam pasca tetas dan pada level tertentu menyebabkan kematian mendadak pasca pemberian. Pemberian glukosa pada ayam pasca tetas, menyebabkan hyperglycemic temporer dan berpengaruh nyata terhadap indek metabolic darah (pH,PCV, Saturasi Oksigen, HCO3, CO2), tekanan osmotik plasma serta kerapuhan membrane sel darah merah (membrane osmotic fragility). Gejala hyperglycemic state dikarenakan ayam pasca tetas relative resisten terhadap insulin, meskipun afinitas insulin receptor pada jaringan hati tidak berbeda dengan ayam dewasa. Tingginya kandungan kolesterol pada membrane sel darah merah membantu meningkatkan ketahanan dan kelenturan membrane. Namun tingginya pemanfaatan lemak asal bias kuning telur yang kaya asam lemak tak jenuh pada ayam pasca tetas menyebabkan membran sel rentan terhadap oksidasi yang diakibatkan oleh tingginya konsentrasi glukosa pada darah.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

EFEK PEMBERIAN BUAH NAGA MERAH ERFERMENTASI TERHADAP KADAR LDL DAN HDL

EFEK PEMBERIAN BUAH NAGA MERAH ERFERMENTASI TERHADAP KADAR LDL DAN HDL

Jumlah dan jenis diet lemak berpengaruh pada kadar kolesterol dalam tubuh (Briggs and Chandler, 1995). Asupan lemak total berhubungan dengan kegemukan yang merupakan faktor resiko utama untuk terserang aterosklerosis. Pengaruh lemak makanan pada penyakit jantung koroner berhubungan dengan pengaruh komponen asam lemak dan kolesterolnya terhadap kolesterol darah, terutama kolesterol LDL. Diet asam lemak tidak jenuh ganda dalam jumlah banyak disertai diet total rendah lemak, dapat mendorong penurunan kolesterol darah (Briggs and Chandler, 1995). Sedangkan diet asam lemak jenuh, tinggi kolesterol, dan  ¤ ’¥¦ § ’  ¨ ’ ©ª «¦ dapat
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Pengaruh Parameter Proses Pendinginan Semprot dan Formula Lemak dalam Pembuatan Lemak Bubuk Kaya β-Karoten

Pengaruh Parameter Proses Pendinginan Semprot dan Formula Lemak dalam Pembuatan Lemak Bubuk Kaya β-Karoten

Pengkondisian alat dilakukan untuk memastikan bahwa prosedur penggunaan alat dapat dilakukan dengan baik melalui pengamatan terhadap stabilitas parameter dan rendemen proses. Bahan yang digunakan untuk tahap pengkondisian alat adalah FHPO (300 g). Parameter proses pendinginan semprot diatur sebagai berikut, suhu sumber pendingin 15°C, kecepatan pompa 42 g/menit, tekanan udara 0.6 bar, dan suhu bahan 83-85°C. Prosedur proses pendinginan semprot yaitu, (i) persiapan alat, alat dinyalakan dan suhu sumber pendingin diatur sesuai parameter yang diinginkan, serta alirkan air panas untuk proses flushing (pembilasan) jalur bahan dan nozzle. (ii) Nyalakan kipas udara dan tunggu hingga suhu udara masuk telah stabil. (iii) Setelah flushing, lemak yang telah dilelehkan kemudian dipompakan dengan pompa bahan pada kecepatan tertentu. Lalu segera pasang pipa jalur bahan pada nozzle sesaat setelah bahan keluar dari jalur. (iv) Setelah bahan habis, matikan sumber pendingin dan kipas udara. Lepas pipa jalur dari nozzle, lalu bilas jalur dengan air panas. (v) Kumpulkan produk lemak bubuk yang terdapat pada wadah penampung chamber dan cyclone separator.
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil and

Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil and

Dalam sebuah penelitian, perempuan diberi sereal bar mengandung 300 mg DHA atau plasebo bar untuk makan lima kali seminggu. Pada minggu ke-24 kehamilan mereka. Ketika anak-anak dari perempuan yang berusia sembilan bulan, mereka dievaluasi, dan bayi yang ibunya makan makanan ringan DHA diperkaya dilakukan nyata lebih baik dalam tes pemecahan masalah.

4 Baca lebih lajut

Kandungan Nutrisi dan Asam Lemak Daging Kerbau Rawa dan Sapi Peranakan Ongole yang Digemukkan dengan Suplementasi Campuran Garam Karboksilat Kering

Kandungan Nutrisi dan Asam Lemak Daging Kerbau Rawa dan Sapi Peranakan Ongole yang Digemukkan dengan Suplementasi Campuran Garam Karboksilat Kering

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Kandeepan et al. (2009) dan Setiyono et al. (2006), menghasilkan rataan kadar air daging kerbau berkisar antara 74-78 %, pada ternak kerbau yang dipelihara secara ekstensif, sedangkan kadar air daging diperoleh sebesar 77,64 %, pada ternak sapi yang digemukkan (Tabel 4). Penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan air dalam daging relatif sama meskipun kedua jenis ternak dipelihara pada sistem yang berbeda. Ternak kerbau yang dipelihara secara tradisional (Tabel 4) dan secara feedlot (Tabel 8) meng- hasilkan daging dengan kadar air yang sama. Kadar air daging kerbau dan sapi tidak berbeda, hal ini sesuai dengan hasil penelitian Purbowati et al. (2000) yang melihat komposisi kimia daging domba dan membuktikan bahwa kadar air daging tidak berbeda antara spesies ternak. Manajemen pemeliharaan yang berbeda tidak mempengaruhi kadar air daging yang dihasilkan, karena daging yang dianalisis berasal dari ternak muda sehingga kadar airnya relatif konstan yaitu sekitar 75 %. Penelitian ini menggunakan ternak muda yang berumur 2-2,5 tahun. Menurut Parakkasi (1999), variasi kadar air di dalam tubuh atau karkas umumnya dipengaruhi beberapa hal antara lain umur, banyak lemak dalam tubuh dan tingkat pemberian pakan. Hewan yang diberi pakan dalam jumlah yang tinggi selama proses pe- meliharaan, akan meningkatkan perlemakan pada karkas sehingga kadar air tubuhnya relatif menurun.
Baca lebih lanjut

120 Baca lebih lajut

Ketahanan amida dalam sistem rumen dan efektivitasnya memodifikasi komposisi asam lemak pada tikus sebagai hewan model pascarumen

Ketahanan amida dalam sistem rumen dan efektivitasnya memodifikasi komposisi asam lemak pada tikus sebagai hewan model pascarumen

Jenkins (1993) juga menambahkan bahwa tingkat hidrogenasi pada asam lemak tak jenuh bergantung pada derajat ketidakjenuhan suatu asam lemak serta jumlah dan frekuensi pemberiannya dalam pakan. Hidrogenasi yang dialami PUFA dalam rumen diperkirakan berkisar 60-90%, sedangkan asam lemak rantai panjang hanya mengalami sedikit degradasi dalam rumen. Sebagian besar asam lemak yang disintesis oleh mikrob rumen bergabung dalam fosfolipid. Kira-kira 85-90% asam lemak yang meninggalkan rumen merupakan asam lemak bebas, dan sekitar 10-15% adalah fosfolipid mikrob. Karena asam lemak bersifat hidrofobik, maka akan terikat pada partikel pakan dan mengangkutnya menuju duodenum. Lipolisis dalam rumen berlangsung sangat efisien. Oleh sebab itu, hampir semua lemak yang teresterifikasi yang mencapai duodenum dalam bentuk sel mikrob. Namun demikian, lipolisis dan biohidrogenasi menurun pada pH rumen yang rendah, seperti pada pakan kaya biji-bijian (Palmquist 1988).
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...