Top PDF Model Program Supervisi Kepsek Edit GP

Model Program Supervisi Kepsek Edit GP

Model Program Supervisi Kepsek Edit GP

Menurut Dalton (1996) yang dikutip dari Steven M.Janosik dkk. menyatakan bahwa pengawasan sebagai pengembangan bakat. Mereka menyatakan pula bahwa supervisi merupakan kegitan memetakan keterampilan dan pengetahuan dalam merancang tujuan, mengukur hasil, sebagai dasar untuk membimbing guru. Mengutip dari Mills (2000) menyatakan pengawasan sebagai upaya mencapai tujuan dalam bekerja melalui orang lain. Penekanan dalam definisi ini adalah pada institusi dan pemenuhan prioritas organisasi. Keterampilan penting dari supervisor adalah (a) kemampuan untuk mengkomunikasikan tugas yang harus diselesaikan, dan (b) kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi individu dan kelompok. Mengutip pendapat Schuh dan Carlisle (1991) mereka mendefinisikan pengawasan sebagai proses membangun kesempatan secra terstruktur, dan pemberian dukungan kepada guru-guru. Winston dan Creamer (1998) mendefinisikan pengawasan sebagai fungsi manajemen yang untuk mempromosikan pencapaian tujuan institusional dan untuk meningkatkan kemampuan pribadi dan profesional staf.
Baca lebih lanjut

39 Baca lebih lajut

MOD PROFSIONL GP PJOK SMA KK H ini EDIT

MOD PROFSIONL GP PJOK SMA KK H ini EDIT

Setelah bahan pengantar demonstrasi direkam mungkin mulai. Perencanaan demonstrasi yang sebenarnya mencakup empat operasi, menyiapkan peralatan, melakukan latihan, interspersing atau melapiskan grafis, dan merekam sound track.Setiap aspek dianggap secara terpisah. Ketika rekaman video atau kaset video yang direkam kekhawatiran program operasi dari alat besar, seperti Model E Analytical ultracentrifuge, yang bekerja di sekitar geometri mapan instrumen. Ketika menunjukkan penggunaan kontra immunoelectrophoresis, teknik membutuhkan beberapa potongan kecil peralatan, sejumlah cara menyiapkan peralatan yang ada. Cara terbaik adalah untuk memiliki semua peralatan dan bahan, pipets, power supply, jaringan, sampel, gel, dll diatur di sekitar satu atau pusat kerja beberapa sehingga kamera tidak perlu bergerak lateral kecuali untuk mengalihkan pandangan ke pusat lain. Dalam mengatur pusat kerja, menemukan item sehingga mereka semua terlihat dari asingle tampilan kamera point.Memiliki jalur tangan direncanakan sehingga ada minimal gerakan tangan. Titik terakhir memfasilitasi jepretan kamera dekat. Setiap item identitas dipertanyakan, seperti buffer, harus memiliki label sederhana dengan beberapa kata dalam huruf kontras tinggi.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

Model Program Pengawas Tahun 2017 Edit

Model Program Pengawas Tahun 2017 Edit

Fungsi pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi manajerial, akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan untuk menunjang terwujudnya tujuan tersebut. Pengawas menerapkan prinsip-prinsip supervisi pengawas dalam membina kepala sekolah dan pendidik agar melakukan perbaikan kinerja berkelanjutan. Atas perkenan pimpinan terhadap program ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah swt membimbing dan memberikan kemudahan sehingga target mutu yang diharapkan dapat diwujudkan.

93 Baca lebih lajut

Model Program Supervisi Kepsek Edit

Model Program Supervisi Kepsek Edit

Keputusan tentang Sasaran Kerja Pegawai merupakan keniscayaan untuk memenuhi syarat penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan penetapan keputusan penilaian prestasi kerja tahunan. Bukti Sasaran penilaian prestasi kerja pengawas dibuktikan dalam dokumen program dan tingkat capaian hasil kerja yang tersusun dan disepakati bersama antara kepala sekolah dengan atasan langsung/pejabat penilai..

38 Baca lebih lajut

PROGRAM SUPERVISI mojo 1

PROGRAM SUPERVISI mojo 1

No Program dan Rincian Tugas Sasaran/ Tujuan Supervisi Kegiatan yang dilakukan Hasil yang Akan Diperoleh Metode/ Teknik Supervisi Indikator Keberhasilan Jadwal Kerja proses penyusu[r]

4 Baca lebih lajut

EVALUASI PROGRAM SUPERVISI PENDIDIKAN

EVALUASI PROGRAM SUPERVISI PENDIDIKAN

Supervisi pendidikan (supervisi akademik) adalah bantuan atau pelayanan kepada guru-guru agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik dan berkualitas. Fungsi dasar supervisi meningkatkan atau memperbaiki situasi belajar bagi murid, demikian pendapat tokoh dibidang supervisi pendidikan Kimbal Wiles, (1967) sementara itu H.P Adams dan Frank G. Dicky dalam bukunya yang berjudul “ Basic principles of Supervision ” menjelaskan secara eksplisit bahwa “ Supervisi merupakan program berencana untuk memperbaiki pengajaran”. Jelaslah sekarang bahwa supervisi merupakan aktivitas yang terprogram, berencana, dan berlangsung kontinyu. Oleh sebab itu akvitas supervisi pendidikan harus dievaluasi, sebab supervisi pendidikan beraktivitas secara terprogram, evaluasi program supervisi pendidikan tersebut harus dilaksanakan secara kontinyu terprogram dan mengunakan prinsip komperhensip, obyektif, operatif dan kontinyu.
Baca lebih lanjut

65 Baca lebih lajut

PROGRAM KERJA Supervisi Akademik

PROGRAM KERJA Supervisi Akademik

Kompetensi supervisi akademik intinya adalah membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik adalah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik yang meliputi (1) Memahami konsep supervisi akademik; (2) membuat rencana program supervisi akademik; (3) menerapkan teknik-teknik supervisi akademik; (4) menerapkan supervisi klinis; (5) Melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Program Supervisi Kepala Sekolah

Program Supervisi Kepala Sekolah

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengelola dan penenggung jawab sekolah, Kepala Sekolah selalu berpedoman pada seluruh program yang tel h disusun setiap awal tahun pelajaran. Tugas Kepala Sekolah dasar sebagai pengelola sekolah ada tujuh hal yang perlu diketahui dan diprogramkan. Ataujuh hal tersebut adalah:

8 Baca lebih lajut

CONTOH PROGRAM SUPERVISI LENGKAP

CONTOH PROGRAM SUPERVISI LENGKAP

Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran ........... ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

34 Baca lebih lajut

PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SDN BOJONG 04 TAHUN AJARAN : 2012 - 2013 No Kelas Bulan Ket Juli Agustus Septembe r Oktober Nopember Desember 1 No Kelas Januari Pebruari Maret Bu[r]

2 Baca lebih lajut

program kegiatan permata gp ma plus al aqsha

program kegiatan permata gp ma plus al aqsha

Program kerja ini merupakan wujud dari ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Gerakan Pramuka Nasional dalam AD/ART Gerakan Pramuka serta hasil musyawarah Guru-guru MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari seta Musyawarah Gerakan Pramuka Gugus depan MA Plus Al-Aqsha untuk pelaksanaan kegiatan Perkemahan Masa Tamu (Permata) tahun 2013.

31 Baca lebih lajut

MODEL-MODEL SUPERVISI KEPERAWATAN KLINIK

MODEL-MODEL SUPERVISI KEPERAWATAN KLINIK

Swansburg & Swansburg (1999) menyatakan bahwa tujuan supervisi keperawatan antara lain: 1) memperhatikan anggota unit organisasi disamping itu area kerja dan pekerjaan itu sendiri. 2) memperhatikan rencana, kegiatan dan evaluasi dari pekerjaannya. 3) meningkatkan kemampuan pekerjaan melalui orientasi, latihan dan bimbingan individu sesuai kebutuhannya serta mengarahkan kepada kemampuan ketrampilan keperawatan.

4 Baca lebih lajut

pernyataan kepsek sispenabap.blogspot.co.id

pernyataan kepsek sispenabap.blogspot.co.id

Data yang diberikan dalam dokumen ini adalah benar dan sesuai dengan keadaan sesungguhnya.. Saya bertanggung jawabatas jawaban dan pernyataan yang diberikan dalam dokumen ini.[r]

1 Baca lebih lajut

Contoh Program Supervisi Sekolah

Contoh Program Supervisi Sekolah

Salah satu faktor penting dalam rangkaian upaya pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah tersebut adalah perlu disusunnya sebuah Program Supervisi untuk mencermati, memantau, serta evaluasi melekat terhadap beberapa titik vital kehidupan sekolah anatara lain: supervisi KBM, supervisi perpustakaan, supervisi administrasi sekolah,serta supervisi kegiatan kesiswaan/ ekstrakurikuler.

30 Baca lebih lajut

SUPERVISI DAN EVALUASI PROGRAM. docx

SUPERVISI DAN EVALUASI PROGRAM. docx

Evaluasi membutuhkan perhatian di dalam dunia pendidikan. Dari pemerintahan ke atas hingga ke bawah, semua menemukan meningkatnya permintaan untuk evaluasi. Kebanyakan tekanan dari evaluasi muncul dari keinginan untuk menemukan apa yang salah tentang sekolah itu, mengapa hasil belajar menurun, mengapa sekolah terlihat tidak efektif dan lain-lain. Proses supervisi apakah dilakukan oleh supervisor atau kepala sekolah, tak terhindar melibatkan evaluasi. Di dalam pelaksanaan pencapaian tujuan dengan tepat, bagaimanapun beberapa perbedaan dibutuhkan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

KATA PENGANTAR - Model pembelajaran hasil edit

KATA PENGANTAR - Model pembelajaran hasil edit

Model pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dirancang atau dikembangkan dengan menggunakan pola pembelajaran tertentu. Pola pembelajaran yang dimaksud dapat menggambarkan kegiatan guru dan peserta didik dalam mewujudkan kondisi belajar atau sistem lingkungan yang menyebabkan terjadinya proses belajar. Pola pembelajaran menjelaskan karakteristik serentetan kegiatan yang dilakukan oleh guru-peserta didik. Pola pembelajaran dikenal dengan istilah sintak ( Bruce Joyce, 1985)

55 Baca lebih lajut

PENILAIAN DAN MODEL RAPOR SMP_GABUNGAN-EDIT MARULI

PENILAIAN DAN MODEL RAPOR SMP_GABUNGAN-EDIT MARULI

Berilah tanda cek v pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut : 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernya[r]

164 Baca lebih lajut

Model Hasil Supervisi Pembelajaran

Model Hasil Supervisi Pembelajaran

Menyesuaikan materi dengan tujuan yang hendak dicapai x Penyajian materi kurang sistematis, aktivitas siswa kurang berkembang dalam membuka peluang Diskusi siswa sudah berjalan baik[r]

8 Baca lebih lajut

06 BAB III 2013 edit program

06 BAB III 2013 edit program

Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa realisasi kesesuaian program lingkup SKPD yang terlibat pada pembangunan ekonomi tahun 2013 dibandingkan dengan rencana akhir Renstra pada tahun 2015 menunjukkan ketercapaian sebesar 100%, selanjutnya capaian kinerja ini merupakan capaian pada tahun ke-3 Renstra. Untuk mencapai target yang ditentukan direncakan pada tahun ke-5 akan mampu mencapai angka 100%.  Prosentase kesesuaian program yang direncanakan terhadap program

18 Baca lebih lajut

PROGRAM SUPERVISI mojo 1

PROGRAM SUPERVISI mojo 1

No Program dan Rincian Tugas Sasaran/ Tujuan Supervisi Kegiatan yang dilakukan Hasil yang Akan Diperoleh Metode/ Teknik Supervisi Indikator Keberhasilan Jadwal Kerja proses penyusu[r]

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...