Top PDF MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

yaitu: (1) Bagaimana kinerja guru di SD Islam Ar-Robitho Full Day School Gurah Kediri? dan (2) Bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Islam Ar-Robitho Full Day School Gurah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru terlihat dari adanya kompetensi yang dimiliki yaitu kompetensi pedagogik yang memenuhi aspek penguasaan aplikasi pengajaran, dan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, aspek ketersediaan bahan ajar dan aspek pemanfaatan sumber belajar, kegiatan ekstra kulikurel. Kompetensi proesional yaitu memiliki prestasi kerja, kompetensi sosial yaitu kerja sama, serta kompetensi kepribadian yang terdiri dari kedisisplinan, etos kerja, tanggung jawab, kejujuran, kualitas pribadi guru dan tindakan inisiatif. (2) Manajemen dalam peningkatan kinerja guru tesebut yaitu terdiri dari perencanaan kinerja guru yang selalu memperhatikan kebutuhan, memperhatikan visi, misi dan tujuan pendidikan sekolah, serta analisis jabatan pekerjaan, untuk kemudian menyusun desain struktur yang tepat, sebagai landasan utama dalam menempatkan orang/guru dalam posisi yang tepat.
Baca lebih lanjut

191 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG

PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG

Penilaian yang dilakukan masih secara keseluruhan dari semua aspek kompetensi yang dimiliki oleh guru yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Akan tetapi hasil penilaian menunjukan kompetensi guru belum maksimal. Sedangkan untuk pelaksanaan supervisi akademik belum dilakukan secara rinci dan terpisah melalui lembar penilaian supervisi akademik pada saat proses pembelajaran. Penulis menjadikan supervisi akademik sebagai obyek kajian dan pembahasan dengan alasan, karena bidang akademik dalam proses pendidikan adalah inti dari pendidikan itu sendiri, berkaitan langsung dengan usaha pencapaian sejumlah kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pendidikan Menengah: Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo, di Provinsi

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Pendidikan Menengah: Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo, di Provinsi

162 8 9 10 sekolah Kompetensi Supervisi Akademik Mebina kepala sekolah menyusun program supervisi,pelaksanaan supervisi,evaluasi dan tindak lanjut supervisi disekolah Kompetensi [r]

13 Baca lebih lajut

SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN RPP OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO.

SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENYUSUNAN RPP OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO.

Secara umum supervisi merupakan proses pengembangan organisasi melalui pembinaan yang dilakukan oleh pengawas kepada sekolah, agar kinerja sekolah semakin meningkat. Daresh dan Glickman dalam Lantip Diat Prasojo dan Sudiyono (2011: 84) menyatakan bahwa “supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran”. Pendapat tersebut dipertegas Imron (2011: 23) yang menyatakan bahwa supervisi pembelajaran merupakan suatu bantuan dalam wujud layanan profesional yang diberikan oleh orang yang lebih ahli dalam rangka peningkatan kemampuan professional, terutama dalam proses belajar mengajar. Pendapat senada juga dikemukakan Arikunto (2004: 5) bahwa supervisi akademik merupakan supervisi yang menitikberatkan pada masalah akademik, yaitu langsung berada dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa ketika sedang dalam proses belajar mengajar.
Baca lebih lanjut

106 Baca lebih lajut

Model Intrumen Kinerja Kepala Sekolah Berbasis Supervisi Akademik dalam Pembinaan Profesional Guru.

Model Intrumen Kinerja Kepala Sekolah Berbasis Supervisi Akademik dalam Pembinaan Profesional Guru.

Hasil penelitian ini sebagai berikut.(1) Menurut kepala sekolah model konstruk ki-nerja kepala sekolah tidak cocok dengan model yang dihipotesiskan. Namun demikian, menurut guru model konstruk kinerja kepala sekolah dari semua komponen variabel yang dihipotesiskan cocok atau fit dengan data lapangan. Semua koefisien jalur dari dimensi terhadap variabel kinerja kepala sekolah dan muatan faktor dari indikator terhadap dimensi dari model yang dihipotesiskan signifikan.(2) Berdasarkan penilaian kepala sekolah, kepala SMP negeri masih lebih tinggi dan baik kinerjanya dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan pendidikan, jika dibanding dengan kinerja kepala SMP swasta. Kepala SMP negeri sebelum menduduki jabatan kepala sekolah, melalui seleksi yang ketat, berpengalaman sebagai wakil kepala sekolah, mengikuti diklat secara berjenjang dan sistemik, baik sebelum maupun setelah menduduki jabatan kepala sekolah. (3) Berdasarkan hasil penilaian guru, ada perbedaan kinerja kepala SMP negeri dan kepala SMP swasta, nilai rerata SMP negeri lebih tinggi dibanding SMP swasta yaitu 230.3758 > 205.9879, mulai dari komponen kepribadian dan sosial, komponen kepemimpinan pembelajaran, komponen pengembangan sekolah, sampai pada komponen supervisi pengajaran. Semuanya cocok atau fit dengan model yang dihipotesiskan. Muatan faktor dari semua indikator adalah signifikan; dan (4) hasil pengolahan data perbedaan kinerja kepala SMP negeri dan swasta yang diteliti, 268 responden (81,2%) yang menyatakan kinerja kepala sekolah dikategorikan tinggi, yang menyatakan sangat tinggi sebesar 52 responden (15,8%), dan kinerja kepala sekolah yang menyatakan sedang hanya 10 responden (3,0%)
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH METODE MONITORING DAN EVALUASI DI KOTA BINJAI.

PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH METODE MONITORING DAN EVALUASI DI KOTA BINJAI.

asil wawancara dan diskusi yang dilakukan kepada beberapa guru, diperoleh fakta bahwa kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran masih rendah. Pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah hanya bersifat administratif, yang substansinya belum menyentuh kebutuhan guru secara menyeluruh, terutama dalam meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengajaran. Selain itu, kepala sekolah sangat jarang melaksanakan program supervisi, baik dalam hal pembinaan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, maupun pemantauan pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilakukan guru di dalam kelas. Padahal kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membina, memantau, memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di sekolah baik pada tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian (Mantja, 2002:9).
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK  KEPALA SEKOLAH  DASAR NEGERI 4  GROBOGAN  Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan.

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 GROBOGAN Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan.

Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan dilakukan oleh kepala sekolah disusun berdasarkan satuan waktu semester, setiap semester minimal satu kali supervisi akademik. Perencanaan supervisi akademik memberikan layanan dan bantuan kepada guru- guru untuk dapat mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah akan menghasilkan pengajaran yang dilakukan oleh guru menjadi efektif; 2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala Sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan dilakukan dengan menyupervisi administrasi pembelajaran guru secara kolektif atau kelompok. Kemudian disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sedang berjalan yang diampu oleh masing-masing guru berlangsung setiap semester satu kali. Kepala sekolah menggunakan pendekatan yang akrab dalam penyampaiannya kepada guru-guru sehingga terjadi dialog atau komunikasi dua arah; 3) Umpan balik supervisi akademik Sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan dilakukan berdasarkan hasil pelaksanaan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah. Umpan balik supervisi akademik mengkomunikasikan hasil supervisi kepada guru sebagai balikan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh guru. Dengan adanya umpan balik maka kesalahan yang muncul lama kelamaan akan hilang dan pada akhirnya guru dapat menjadi profesional dalam melaksanakan tugasnya
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK  KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 GROBOGAN   Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan.

PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 4 GROBOGAN Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala sekolah Dasar Negeri 4 Grobogan.

Supervisi akademik dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan kepala sekolah untuk mengawas proses pembelajaran, dan dalam proses tersebut terdapat tahapan yang saling berkaitan. Kegiatan pemantauan dimulai dengan mengumpulkan data atau informasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tahap selanjutnya melakukan supervisi di mana kepala sekolah menyusun rencana perbaikan terkait dengan proses pembelajaran. Kepala sekolah menyusun hasil supervisi, dan dilakukan evaluasi dengan berpedoman pada standar proses dan standar kompetensi pendidik. Pelaksanaan pengawasan secara menyeluruh merupakan serangkaian kegiatan yang saling berkaitan hingga dilakukan tahap tindak lanjut dari hasil evaluasi.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Akred No. 26 LAPORAN  SUPERVISI

Akred No. 26 LAPORAN SUPERVISI

Supervisi akademik adalah menilai dan membina guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar diperoleh hasil belajar peserta didik yang lebih optimal. Tujuan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.Oleh sebab itu, sasaran supervisi akademik adalah guru dalam proses pembelajaran.

16 Baca lebih lajut

SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH SMP N 4 YOGYAKARTA.

SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH SMP N 4 YOGYAKARTA.

supervisi, melaksanakan program supervisi, dan memanfaatkan hasil supervisi. Dari ketujuh peran kepala sekolah tersebut, salah satu peran yang berpengaruh terhadap pelayanan pendidikan dan menciptakan tenaga pendidikan yang bermutu adalah peran kepala sekolah sebagai supervisor. Sebagai supervisor, kepala sekolah memberikan pelayanan terhadap performasi guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Namun, satu hal yang harus ditegaskan, bahwa setelah melakukan penilaian penampilan guru bukan berarti kegiatan supervisi selesai, tetapi harus dilanjutkan dengan perancangan dan pelaksanaan pengembangan kemampuannya. Begitu kompleksnya kegiatan supervisi oleh kepala sekolah memungkinkan terjadinya kendala yang dihadapi, sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus membekali diri dengan pemahaman tentang tugas guru agar kegiatan supervisi dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu pengawasan kualitas, pengembangan profesional, dan memotivasi guru.
Baca lebih lanjut

148 Baca lebih lajut

Kepala Sekolah 24   Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru

Kepala Sekolah 24 Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru

Ibu Arya baru memasuki tahun pertama sebagai seorang guru kelas. Setelah beberapa minggu bertugas, tampak bahwa Ibu Arya memiliki kepedulian yang mendalam terhadap siswa-siswanya. Dia sering tetap berada di dalam kelas ketika jam istirahat, bahkan setelah jam sekolah usai, untuk bekerja bersama-sama siswa yang memiliki kesulitan belajar. Dia melakukan kunjungan ke rumah-rumah atau mengundang para siswa saat hari libur. Dia sering berada di sekolah hingga hari menjelang sore, mengerjakan berbagai tugas baru dan selalu meninggalkan sekolah dengan membawa setumpuk pekerjaan rumah. Pada saat rapat-rapat guru, dia tidak keberatan menjadi sukarelawan pada berbagai kepanitiaan dan selalu bersedia melakukan pekerjaan-pekerjaan tambahan, seperti memantau kegiatan makan bersama di kafe sekolah atau menengok kelas-kelas yang diajar guru lain. Dia ingin bekerja dengan baik dan penuh semangat.
Baca lebih lanjut

138 Baca lebih lajut

Format LAPORAN  SUPERVISI dan PEMANTAUAN

Format LAPORAN SUPERVISI dan PEMANTAUAN

Supervisi akademik adalah menilai dan membina guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar diperoleh hasil belajar peserta didik yang lebih optimal. Tujuan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.Oleh sebab itu, sasaran supervisi akademik adalah guru dalam proses pembelajaran.

15 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR

Dari kesimpulan diatas, peneliti memberikan saran, sebagai berikut : (1) Agar Pengawas Sekolah, menyusun program pembinaan dan pengembangan kompetensi pedagogik guru dimasa mendatang dengan lebih baik lagi; (2) Agar Kepala sekolah, dapat lebih mengembangkan program pembelajaran bagi guru sebagaimana tuntunan dan tuntutan kurikulum terkini; (3) Agar Guru, dapat menjadikan supervisi oleh Kepala Sekolah dan atau Pengawas sekolah sebagai tolok ukur keberhasilannya selama proses pembelajaran yang berkenaan dengan masalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut sebagaimana yang diharapkan dalam kurikulum. Selain itu dapat dijadikan sebagai umpan balik yang positif untuk memperbaiki kinerja guru.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

T2__BAB IV Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SD Negeri Sumurboto Banyumanik Semarang T2  BAB IV

T2__BAB IV Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SD Negeri Sumurboto Banyumanik Semarang T2 BAB IV

Tabel 4.13 Menunjukkan bahwa P value (0,00071<0,05) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara pre test dan post test. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kinerja mengajar sesudah dan sebelum supervisi. Membuktikan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri Sumurboto Banyumanik Semarang.

20 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN TEORI - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Supervisi Akademik Pada Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 3 Demak

BAB II KAJIAN TEORI - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Supervisi Akademik Pada Proses Pembelajaran Di SMA Negeri 3 Demak

Pada tahap ini hasil pengamatan didiskusikan secara terbuka antara kepala sekolah dengan guru. Hal yang perlu dilakukan kepala sekolah pada tahap ini adalah: (1) kepala sekolah menyediakan waktu untuk bersama dengan guru mengevaluasi hasil supervisi akademik; (2) kepala sekolah memberitahu kekurangan-kekurangan guru dalam mengajar; (3) kepala sekolah harus memberikan dorongan, sugesti, bahwa guru mampu memperbaiki kekurangannya; (4) kepala sekolah memberikan penguatan terhadap penampilan dan kekurangan guru dengan santun; (5) kepala sekolah memberikan arahan dan bimbingan kepada guru tentang pelaksanaan proses belajar mengajar; (6) kepala sekolah menyampaikan hasil supervisi akademik kepada guru; (7) kepala sekolah membantu guru menilai hasil kegiatan pembelajaran; (8) kepala sekolah memberi apresiasi terhadap kerja guru; (9) kepala sekolah membantu guru membuat rencana tindaklanjut hasil pembelajaran; (10) kepala sekolah memberikan solusi pemecahan masalah tentang kegiatan pembelajaran
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Hubungan Supervisi Akademik, Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Purworejo T2 942010010 BAB V

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Hubungan Supervisi Akademik, Kepemimpinan Transformasional dengan Kinerja Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Purworejo T2 942010010 BAB V

1. Bagi guru , temuan penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja kepala sekolah SMP di Kabupaten Purworejo. Karena itu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar harus menyusun bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual dan mutakhir, memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran, sehingga pada saat disupervisi kinerjanya maksimal. Maka perlu adanya peningkatan supervisi akademik kepala sekolah. Mengingat pada analisis diskriptif masih terdapat kategori sedang ke bawah sebesar 23,92%, untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah supervisi akademik perlu ditingkatkan dengan cara membimbing guru baik secara individual maupun kelompok dalam memotivasi dan / atau memelihara keterlibatan siswa dalam rangka peningkatkan pembelajaran.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak

Saat berbicang dengan kepala sekolah saya bertanya. Bolehkah saya melihat profil sekolahan? Seperti halnya denah atau peta sekolahan, data keadaan siswa, data personalia, data kelas pembe- lajaran, termasuk program-program kegiatan di sekolahan ini?

4 Baca lebih lajut

HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN KOMITMEN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN KOTA KISARAN BARAT.

HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN KOMITMEN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN KOTA KISARAN BARAT.

Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas, terbuka, demokratis, visioner dan mampu bersaing serta dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia. Hal inilah yang mendasari penulis untuk menganalisis permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan, dimana tesis ini dilandasi pada permasalahan yang ditemukan dalam aktivitas pendidikan, yakni mengenai kinerja guru yang dicapai setiap hari di sekolah, mengenai supervisi akademik kepala sekolah, mengenai budaya kerja yang berkembang di lingkungan sekolah dan mengenai komitmen kerja yang dimiliki oleh setiap guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya di sekolah. Atas dasar permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalahnya adalah sebagai berikut “apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah, budaya kerja, dan komitmen kerja dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kota Kisaran Barat”.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Kepala sekolah menkoordinasikan seluruh usaha pengajaran, melalui alat- alat media pembelajaran, mengembangan inovasi pembelajaran, mengembangkan interaksi pembelajaran seperti, metode, strategi, teknik, model dan pendekatan siswa terhadap guru, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Namun ada kalanya pada jadwal supervisi akademik yang sedianya dilakukan oleh kepala sekolah. kepala sekolah tidak dapat hadir karena ada urusan dinas atau kepentingan lain yang sifatnya mendesak dan harus dilakukan dan dengan terpaksa meninggalkan sekolah maka pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah didelegasikan kepada wakil kepala sekolah atau Tim kerja supervisi akademik. Di SMA Negeri I Pemangkat guru yang mengajar lebih dari satu bidang studi dikarenakan masih kekurangan guru untuk mata pelajaran tertentu . Untuk mensupervisi guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran maka kepala sekolah mensupervisi apa latar belakang bidang studi atau jurusan yang utama guru yang bersangkutan seperti pada hasil wawancara dengan kepala sekolah berikut: Saya mensupervisi guru yang memegang lebih dari satu mata pelajaran dengan memprioritaskan apa yang menjadi back ground guru yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Implementasi Aspek Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Proses Pembelajaran di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung T2 942011081 BAB V

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Implementasi Aspek Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Proses Pembelajaran di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung T2 942011081 BAB V

Sebagai upaya pembinaan dan pendampingan kepada kepala sekolah sebaiknya dilakukan upaya antara lain sebagai berikut: (a) Memberikan pembekal- an kepada kepala sekolah yang baru diangkat tentang supervisi akademik; (b) Selalu menghadiri kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) untuk menga- dakan pembinaan dan pencerahan tentang supervisi akademik; (c) Aktif membantu dan memberikan solusi tentang permasalahan dan penemuan hasil supervisi akademik.

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...