Top PDF PEDOMAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

PEDOMAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

PEDOMAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilaksanakan oleh pengawas yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya, sesuai dengan pendekatan penilaian 360°. Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah harus dilakukan dengan menggali informasi dari unsur-unsur pemangku kepentingan (stakeholders) yang meliputi komite sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik bila diperlukan. Penilaian dilakukan dengan cara memberikan skor pada setiap kriteria berdasarkan kelengkapan dan keabsahan bukti yang releven dan teridentifikasi.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

pedoman penilaian kinerja kepala sekolah

pedoman penilaian kinerja kepala sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah, Pasal 12 menyatakan bahwa: (1) Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun; (2) Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah/madrasah; (3) Penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah dari tempatnya bertugas; (4) Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

Panduan Pembuatan administrasi Sekolah Dasar Madrasah Untuk Persiapanmenghadapi Penilaian Akreditasi Sekolah dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Panduan Pembuatan administrasi Sekolah Dasar Madrasah Untuk Persiapanmenghadapi Penilaian Akreditasi Sekolah dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Berdasarkan standar kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah/Madrasah sebagaimana dipaparkan di atas, saya penulis mencoba menyusun sebuah buku panduan tentang berbagai macam dan jenis administrasi serta bentuk format mengadministrasian dan pelaporan, perencanaan, penyusunan program, pelaksanaan program, pengelolaan, dan pengembangan. Pelaksanaan administrasi Sekolah/Madrasah yang tertib dan teratur sangat diperlukan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan Sekolah/Madrasah yang ada gilirannya akan memajukan proses dan mutu pembelajaran bagi peserta didik.
Baca lebih lanjut

350 Baca lebih lajut

01.01. Jadwal Program Semester - Tahunan

01.01. Jadwal Program Semester - Tahunan

JADWAL PELAKSANAAN PEMBINAAN GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH/PEMANTAUAN - PENILAIAN KINERJA GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH - PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONALISME GURU DAN/ATAU KEPALA S[r]

2 Baca lebih lajut

PEDOMAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN TU

PEDOMAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN TU

Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan dalam rangka pengambilan keputusan. Dengan demikian, dalam setiap kegiatan penilaian, ujungnya adalah pengambilan keputusan. Penilaian kinerja kepala perpustakaan sekolah/madrasah tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kualitas, kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya. Apa yang terjadi dan dikerjakan kepala perpustakaan sekolah merupakan sebuah proses pengolahan input menjadi output tertentu. Atas dasar itu, terdapat tiga komponen penilaian kinerja kepala perpustakaan sekolah /madrasah, yakni:
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

skala penilaian kepala sekolah

skala penilaian kepala sekolah

Berikut adalah sejumlah pernyataan yang bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi tentang kinerja dan perilaku Kepala Sekolah/Madrasah. Berdasarkan pengamatan dan pengetahuan Anda, berikanlah penilaian Anda terhadap Kepala Sekolah/Madrasah tersebut dengan cara memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawabah di setiap pernyataan. Pilihan jawaban adalah: Kurang Sekali (KS), Kurang (K), Baik (B), dan Baik Sekali (BS) Nama Kepala Sekolah/Madrasah :

11 Baca lebih lajut

D ADP 1103327 Chapter 5

D ADP 1103327 Chapter 5

merupakan akumulasi dari penilaian tahunan sebelumnya. Karena catatan dan nilai dari penilaian kinerja tahun harus terdokumentasikan dengan baik (data kuantitatif dan data kualitatif). Sehingga seorang kepala sekolah akan terpantau perkembangan kinerjanya. Untuk menjaga kesinambungan penilaian maka pihak dinas pendidikan tidak boleh lagi mengangkat atau memberhentikan kepala sekolah ditengah- tengah tahun ajaran. Karena itu, pihak dinas pendidikan agar memperhatikan juga tentang waktu pengangkatan kepala sekolah. Disamping itu, untuk mengefektifkan penilaian, pihak dinas perlu menerapkan tindak lanjut yang jelas agar penilaian kinerja bisa meningkatkan kinerja kepala sekolah.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

KEENAM 01 MK Evaluasi Pendidikan dan Kinerja Guru PAI

KEENAM 01 MK Evaluasi Pendidikan dan Kinerja Guru PAI

PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU  Dilakukan setiap tahun oleh kepala sekolah/madrasah atau pengawas atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah/madrasah yang telah memaha[r]

24 Baca lebih lajut

5 pengantar dan tata laksana mk

5 pengantar dan tata laksana mk

Penyiapan calon kepala sekolah/madrasah adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memilih guru-guru berpotensi dan berpengalaman terbaik yang siap menerima tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah. Prosesnya mencakup dua tahapan, yakni (1) rekrutmen, dan (2) pendidikan dan pelatihan. Rekrutmen meliputi kegiatan (1) pengusulan calon oleh kepala sekolah/madrasah, (2) seleksi administratif, dan (3) seleksi akademik. Calon yang diusulkan harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 2 ayat (2) Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010. Seleksi administratif dilakukan melalui penilaian terhadap kelengkapan dokumen yang diserahkan oleh calon. Calon yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus dinyatakan lulus dan berhak mengikuti seleksi akademik. Seleksi akademik dilakukan untuk mengungkap potensi kepemimpinan calon kepala sekolah/madrasah melalui rekomendasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolahnya, penilaian kinerja guru, penilaian potensi kepemimpinan (PPK), dan penulisan makalah kepemimpinan. Calon yang lulus seleksi akademik mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah. Pendidikan dan pelatihan ini merupakan kegiatan pemberian pengalaman teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan calon pada dimensi kompetensi kepribadian, sosial, manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pedoman Penilaian Kinerja Kep. Lab

Pedoman Penilaian Kinerja Kep. Lab

Lingkup pengawasan pada satuan pendidikan diatur secara khusus dalam PP no.19 tahun 2005 pasal 55 yaitu: Pengawasan satuan pendidikan meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan . Dalam pasal 56 menjelaskan, bahwa pemantauan dilakukan oleh pimpinan satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah atau bentuk lain dari lembaga perwakilan pihak-pihak yang berkepentingan secara teratur dan berkesinambungan untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas satuan pendidikan.

29 Baca lebih lajut

Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah

Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah

Data hasil penilaian yang telah diperoleh perlu diverifikasi kebenarannya dengan berbagai cara, misalnya dengan melakukan kunjungan madrasah untuk mengkonfirmasi kebenaran isian dokumen dengan kondisi objektif di lapangan. Dalam kasus-kasus tertentu, penilai dapat melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait, pengecekan dokumen, dan memberikan kuesioner kepada guru dan kepala madrasah binaan pengawas yang dinilai. D. PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN

29 Baca lebih lajut

PKG guru 2014

PKG guru 2014

4. Kepala Sekolah melaksanakan fungsi penilaian kinerja kepada seluruh Guru di sekolahnya dan melaporkan secara online hasilnya di Padamu Negeri menggunakan akun individu Kepala Sekolah masing-masing. Kepala Sekolah juga memastikan para PTKnya telah melakukan proses keaktifan NUPTK/PegID periode semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 secara online mandiri di Padamu Negeri sebagai syarat status keaktifan Kepala Sekolah bersangkutan.

1 Baca lebih lajut

08. Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

08. Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

MELAKSANAKAN PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH Satuan Hasil Angka Kredit Kriteria Bukti Fisik Pelaksana Setiap laporan setiap tahun  Pengawas muda = 4  Pengawas madya = 6 [r]

2 Baca lebih lajut

D ADP 1103327 Chapter 1

D ADP 1103327 Chapter 1

Kabupaten Bandung Barat sebagai kabupaten yang masih terbilang baru (berdiri tahun 2007) terus berupaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan menciptakan sistem dan mekanisme pelayanan pendidikan yang mampu meningkatkan derajat pendidikan masyarakat Bandung Barat melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif melalui peningkatan akses dan pemerataan, mutu dan relvansi pendidikan. Sehingga mampu menciptakan SDM yang memiliki kompetensi yang cakap, mampu dan cekatan di dalam menyelesaikan tugas, pekerjaannya dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten bandung barat adalah menata kepala sekolah sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan. Hal tersebut ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan, Pemindahan Dan Pemberhentian Kepala Sekolah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dimana salah satunya dilakukannya penilaian kinerja kepala sekolah untuk masa tugas Kepala Sekolah.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pedoman Penilaian Kinerja Guru dengan Tugas Tambahan Kepala Perpustakaan Sekolah Madrasah

Pedoman Penilaian Kinerja Guru dengan Tugas Tambahan Kepala Perpustakaan Sekolah Madrasah

Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan dalam rangka pengambilan keputusan. Dengan demikian, dalam setiap kegiatan penilaian, ujungnya adalah pengambilan keputusan. Penilaian kinerja kepala perpustakaan sekolah/madrasah tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kualitas, kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya. Apa yang terjadi dan dikerjakan kepala perpustakaan sekolah merupakan sebuah proses pengolahan input menjadi output tertentu. Atas dasar itu, terdapat tiga komponen penilaian kinerja kepala perpustakaan sekolah /madrasah, yakni:
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

13 Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu 3 14 Megembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif 3 Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru) 49 *) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi PK Guru, Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai

29 Baca lebih lajut

D ADP 1103327 Table of Content

D ADP 1103327 Table of Content

A. Kajian Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dalam Konteks Administrasi Pendidikan ………………………………………….. 18 B. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dalam Kerangka Manajemen Sumber Daya Manusia …………………………………………… 22 C. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ………………………………... 25

7 Baca lebih lajut

 Artikel dan Makalah Pendidikan | tentang PENDIDIKAN | n 6 supak dan superman

Artikel dan Makalah Pendidikan | tentang PENDIDIKAN | n 6 supak dan superman

(5) Bab IV. Hasil Pengawasan pada tingkat provinsi/kabupaten /kota, berisi: a. Hasil pelaksanaan pembinaan guru dan kepala sekolah; b. Hasil pemantauan pelaksanaan 8 SNP; c.Hasil penilaian kinerja guru dan kepala sekolah,; d. Pembibingan profesionalisme guru dan kepala sekolah,; e. Pembimbingan kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah;

66 Baca lebih lajut

Pedoman kepala sekolah berprestasi Indonesia

Pedoman kepala sekolah berprestasi Indonesia

b. Apakah pemangku kepentingan (stakeholder) dengan mudah memperoleh informasi mengenai keadaan keuangan sekolah tersebut?, berikan jawaban dengan rentangan antara kurang sampai dengan baik sekali setelah mendapatkan informasi dari pemangku kepentingan di sekolah misalnya guru atau pegawai tata usaha. Tandai kotak yang tersedia sesuai dengan keadaan sebenarnya. Pastikan bahwa dokumen yang dimaksud secara fisik memang ada c. Untuk mengisi kotak “kelengkapan” butir A3 disediakan skala penilaian antara 1 – 4 dengan

100 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...