Top PDF PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU.

PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU.

PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU.

pada alat las listrik tersebut terdapat pengaturan daya besar kecilnya setrum atau aliran listrik yang digunakan. Jika aliran listrik yang kita atur dengan daya yang kecil maka pada saat ngelas, kawat las tidak akan merespon alhasil bahan yang akan kita rekatkan tidak akan merekat. Sebaliknya jika daya listrik terlalu besar maka kawat las akan cepat habis terbakar bahkan bahan besi yang tipis akan rusak, bolong dan melepuh habis terbakar. Penggunaan alat las listrik harus sangat hati-hati dan harus teliti, karena jika kurang hati-hati percikan las listrik yang butiran percikkannya besar akan mengenai kulit kita dan kulit kita akan luka bakar. Penulispun sudah hati-hati namun tetap saja kejadian yang tidak diinginkan kadang terjadi, seperti menyentuh besi yang masih panas bekas dilas dan kulit tangan penulispun terluka bakar. Dalam penggarapan patung dengan teknik las seperti yang penulis lakukan ini, tingkat keamanannya harus benar-benar maksimal. Selain kacamata las, air dalam emberpun harus disiapkan untuk mencelupkan besi yang kita las agar cepat dingin. Selain itu sarung tanganpun harus dipakai, jangan seperti penulis yang sama sekali tidak menggunakan sarung tangan.
Baca lebih lanjut

58 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU - repository UPI S PSR 1001352 Title

PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU - repository UPI S PSR 1001352 Title

Les Pingon, 2014 PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEB[r]

4 Baca lebih lajut

S PSR 1001352 Bibliography

S PSR 1001352 Bibliography

113 Les Pingon, 2014 PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu DAFTAR PUSTAKA Darma[r]

3 Baca lebih lajut

S PSR 1001352 Table of content

S PSR 1001352 Table of content

Les Pingon, 2014 PEMANFAATAN LIMBAH BESI SEBAGAI BAHAN MEMBUAT PATUNG HARIMAU Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu DAFTAR GAMBAR Gambar 2.1[r]

8 Baca lebih lajut

Mendesain Furnitur dengan Pemanfaatan Limbah Padat - Ubaya Repository

Mendesain Furnitur dengan Pemanfaatan Limbah Padat - Ubaya Repository

Limbah merupakan buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga). Berdasarkan dari wujud limbah yang dihasilkan, limbah dibagi menjadi tiga yaitu limbah padat, limbah cair dan gas Limbah padat adalah limbah yang berwujud padat. Limbah padat bersifat kering, tidak dapat berpindah kecuali ada yang memindahkannya. Limbah drum biasanya terbuat dari bahan besi dan plastik, drum adalah tempat atau wadah dari minyak atau bahan kimia yang dalam jumlah yang cukup besar. Karena terbuat dari besi / kaleng drum-drum bekas ini sering tergeletak tak berguna jika isi dari drum telah habis terpakai. Pemanfaatan drum sebagai furnitur dikarenakan terdapat limbah drum besi yang berlimpah yang tersebar di pengepul khusus drum. Penghuni rumah baru saat ini biasanya berlahan sempit dan bergaya desain minimalis kontemporer masa kini sedang menjadi populer dikalangan masyarakat karena harganya yang ekonomis, masyarakat harus menyelaraskan antara konsep hunian dan area yang tersedia, ketersediaan lahan pada area perkotaan dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi sudah pasti membuat kebutuhan lahan pemukiman sangat sempit. Drum besi bisa di recycle. Furnitur drum sofa sendiri merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena kuat dan memiliki harga yang lebih murah daripada sofa kebanyakan. Drum sering dan mudah dimanfaatkan dengan berbagai macam cara, salah satunya menjadi sofa, namun bentuk dari drum sofa kebanyakan terlalu “mendominasi” dan terkesan berat, yang artinya drum sofa kurang dalam pengolahan estetika dan fungsi, oleh karena itu perlu adanya perubahan bentukan desain drum sofa yang multifungsi dan modular serta cocok dengan tren rumah bergaya desain minimalis kontemporer saat ini menggunakan lahan terbatas.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

KARYA PATUNG IKAN HIU DENGAN MEDIA LIMBAH ANORGANIK :Limbah Anorganik Besi sebagai Sumber Media Berkarya Patung.

KARYA PATUNG IKAN HIU DENGAN MEDIA LIMBAH ANORGANIK :Limbah Anorganik Besi sebagai Sumber Media Berkarya Patung.

Semua limbah bersifat jahat jika dalam penangananya tidak tepat, baik limbah organik maupun anorganik. Perlu banyak penanganan terhadap limbah agar sifat limbah bisa berubah menjadi bahan yang ramah terhadap lingkungan. Salah satunya pemanfaatan limbah anorganik besi yang akan digunakan oleh penulis sebagai media dalam berkarya seni patung. Selain kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap peremajaan lingkungan, penulis bertujuan untuk bereksplorasi dalam berkarya khususnya seni patung sehingga menghaasilkan gaya baru dalam dunia keseni rupaan. Dengan adanya pemanfaatan limbah anorganik maka tugas seniman dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pengolahan limbah, dengan demikian dapat menghasilkan karya yang mempunyai nilai estetika tinggi.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK BESI UNTUK BAHAN SELUBUNG RUANG BAKAR KOMPOR BIO-MASS TIPE ROKET

PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK BESI UNTUK BAHAN SELUBUNG RUANG BAKAR KOMPOR BIO-MASS TIPE ROKET

Untuk mendesain kompor Tempurung kelapa bertekanan ini terlebih dahulu mengumpulkan data-data dari literatur yang ada. Data-data tersebut berupa informasi mengenai sumber energi yang ada dan bagaimana energi-energi tersebut dapat dimanfaatkan. Dan kemudian mencari informasi bahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan sumber energi tersebut sehingga dapat dimanfaatkan. Data- data ini diperlukan untuk membuat disain prototipe yang akan dibuat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna.

8 Baca lebih lajut

S PSR 1001352 Abstract

S PSR 1001352 Abstract

Ketertarikan penulis pada harimau, menjadi sebuah inspirasi untuk menjadikan harimau sebagai tema dalam berkarya seni patung. Memilih bahan yang selaras dengan imajinasi penulis, penulis memilih limbah besi sebagai bahan membuat karya seni patung yang bertemakan harimau. Memanfaatkan limbah besi sebagai bahan membuat patung adalah sebuah pengembangan ide atau gagasan dari pengalaman penulis hasil akademik mata kuliah seni patung III selama satu semester. Harimau adalah kucing besar yang memiliki taring yang sangat kuat. Sampah besi adalah limbah padat yang sulit untuk diurai namun disisi lain bila diperhatikan, limbah besi seperti limbah kendaraan bermotor, mobil, mesin penggiling padi, sepedah dan limbah besi lainnya memiliki bentuk yang menarik maka dari itu penulis tertarik untuk membuat patung harimau dengan bahan limbah besi. Langkah utama adalah merakit (assembling) atau merangkai setiap limbah besi sampai terbentuk menjadi patung dengan teknik merekatkan besi satu dengan besi lainnya menggunakan las listrik. Penulis membuat tiga karya patung harimau yang menampilkan gestur harimau yang berbeda-beda. Bagian yang ditonjolkan adalah bagian taring harimau yang terlihat garang. Selain itu, ukuran, berat dari setiap patung juga berbeda. Dari ketiga patung harimau tersebut, ada gerakan yang sedang akan mengintai mangsa, sedang berlari dan sedang mengancam mangsa atau musuh yang mengganggu.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

S PSR 1001352 Chapter3

S PSR 1001352 Chapter3

Dalam penggarapan sebuah karya, persiapan alat dan bahan sangatlah penting. Dalam persiapan alat, penulis tidak terlalu sulit karena alat sudah tersedia di bengkel tempat membuat patung. Dari segi alat mungkin yang sedikit menyulitkan adalah kawat las yang tidak tersedia di bengkel, jadi penulis harus ke Kabupaten Tasikmalaya untuk membeli kawat las dengan jarak tempuh dari bengkel tempat pembuatan patung kurang lebih 84km, pulang pergi memakan waktu 5 jam perjalanan. Yang sangat menghambat dalam penggarapan karya akhir patung ini adalah dari bahan yang akan digunakan, karena penulis harus menunggu beberapa hari agar limbah besi terkumpul di tukang rongsokan tempat penulis mencari bahan-bahan utama pembuatan patung. Berikut ini adalah penjelasan alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan karya patung harimau, yang akan menunjang kelancaran dalam penggarapan karya patung secara keseluruhan.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, maka penelitian ini dilakukan dengan penambahan limbah serbuk besi sebagai bahan campuran penstabil tanah yang terdiri dari semen Portland tipe I, serbuk PVC dan serat Polipropilena.

5 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Dari berbagai macam jenis tanah, tanah liat merupakan tanah yang banyak memiliki banyak variasi komposisi yang dapat dijadikan bahan sebagai perekayasa. Berdasarkan pengetahuan dari ahli geoteknik, menyatakan bahwa tanah liat merupakan bahan anorganik halus yang memiliki kemampuan untuk plastisitas pada saat basah, dan secara umum sifat-sifat seperti adsorpsi, hidrasi, pertukaran ion, dan pengerasan akan berubah berdasarkan kondisi lingkungannya. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi reaktivitas tanah untuk bereaksi dengan aditif kimia dalam menghasilkan senyawa semen adalah fraksi tanah liat (Khairul Anwar, 2009)
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Telah dilakukan penelitian dengan memanfaatkan limbah serbuk besi yang ditambahkan pada bahan penstabil tanah ( soil stabilizer ) yang terdiri atas semen portland tipe I, serbuk PVC dan serat polipropilena. Dari hasil pengujian karakteristik tanah liat ( clay ) diperoleh data indeks plastisitas (PI) sebesar 15,72% dengan batas plastis 36,57%, ini menunjukkan bahwa tanah ini merupakan tanah jenis lempung lanau. Dan berdasarkan hasil analisis struktur mikro diperoleh bahwa tanah liat ( clay ) merupakan tanah berjenis montmorillonite dengan dominasi silika (SiO 2 ) sebanyak 51,8% dan alumina (Al 2 O 3 ) sebanyak 14,0%.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Hasil karakterisasi mikrostruktur terhadap bahan penstabil tanah ( soil stabilizer ) yang dicampur dengan limbah serbuk besi (LSB) tidak menunjukkan perubahan puncak-puncak kristalin yaitu tetap pada sudut 2  = 32 o dan komposisi kimia dari bahan penstabil tanah ( soil stabilizer ) terbanyak yang terkandung di dalamnya adalah CaO dan Al 2 O 3 . Berdasarkan hasil pengujian terhadap tanah liat ( clay )

21 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Dokumentsi Penelitian Proses Penghalusan Limbah Serbuk Besi dengan Menggunakan Mortar Proses Persiapan Bahan Penstabil Tanah Soil Stabilizer... Proses Pengeringan Tanah Liat clay den[r]

51 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Pemanfaatan Limbah Serbuk Besi sebagai Bahan Campuran Penstabil Tanah (Soil Stabilizer) pada Tanah Liat (Clay)

Desnelli dan Miksusanti, 2010. Studi Biodegradasi Blend PVC-Minyak Nabati Epoksi sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Pencemaran Lingkungan oleh Limbah Plastik . Jurnal PENELITIAN SAINS. Vol. 13 No. 2(C) Mei : 13207(33) – 13207(36)

3 Baca lebih lajut

Contoh Proposal Pkm Plan Kewirausahaan

Contoh Proposal Pkm Plan Kewirausahaan

Probolinggo sebagai daerah dengan produksi hasil produksi yang tinggi, juga menghasilkan limbah padi yang banyak. Ketika limbah padi dibuang dalam jumlah yang banyak akan membutuhkan lahan yang banyak pula dan dapat mengurangi estetika, begitu pula jika dibakar secara langsung dapat menambah emisi karbon dalam atmosfer. Untuk memaksimalkan limbah padi, sangat perlu suatu alternatif inovasi teknologi lain yang lebih bermanfaat.

25 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN LIMBAH WORTEL SEBAGAI BAHAN

PEMANFAATAN LIMBAH WORTEL SEBAGAI BAHAN

PEMANFAATAN LIMBAH WORTEL SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN BIOETANOL KARYA TULIS ILMIAH Diajukan untuk Memenuhi Syarat Menempuh Ujian Akhir Nasional Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Ind[r]

1 Baca lebih lajut

Analisis Pemanfaatan Bahan Limbah Pada Campuran Batako Ditinjau Terhadap Kekuatan Dan Biaya | Sujatmiko | Jurnal Teknik Sipil Unitomo 267 654 1 SM

Analisis Pemanfaatan Bahan Limbah Pada Campuran Batako Ditinjau Terhadap Kekuatan Dan Biaya | Sujatmiko | Jurnal Teknik Sipil Unitomo 267 654 1 SM

B. Analisa hubungan kuat tekan terhadap porositas dari dua jenis bahan limbah batako terhadap Variasi Agregat pada umur 28 hari . Dari grafik 3 dapat dijelaskan bahwa seiring dengan menurunnya kuat tekan, maka nilai porositas semakin besar demikian pula sebaliknya, namun dari kedua bahan limbah ada perbedaan nilai porositas bila dihubungkan dengan kuat tekan, dimana porositas limbah ampas tebu mempunyai nilai linier untuk masing-masing variasi, namun bahan limbah styrofoam porositasnya memiliki nilai yang sangat berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum porositas berpengaruh terhadap kekuatan batako baik limbah serat ampas tebu maupun limbah styrofoam dengan berbagai variasi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

soal UAS SBK kelas 9 SMPMTS semester 1

soal UAS SBK kelas 9 SMPMTS semester 1

Membuat patung dari bahan keras kayu ataupun batu dengan cara mengurangi bagian yang tidak digunakan disebut teknik.... Ditinjau dari fungsinya, patung yang dibuat untuk keperluan perib[r]

4 Baca lebih lajut

Pemanfaatan limbah kulit imitasi sebagai bahan dasar pembuatan partisi 1. HALAMAN JUDUL

Pemanfaatan limbah kulit imitasi sebagai bahan dasar pembuatan partisi 1. HALAMAN JUDUL

Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadiran Allah SWT atas limpahan rahmat, karunia dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul PEMANFAATAN LIMBAH KULIT IMITASI SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN PARTISI PADA RUMAH TINGGAL yang merupakan salah satu syarat kelulusan dalam menempuh studi di Jurusan Kriya Seni / Tekstil, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...