Top PDF PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA  GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG   Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Kegiatan KKG yang ditemukan dalam penelitian ini berkaitan dengan kegiatan pengelolaan sumber belajar, pengadaan bahan belajar, pengembangan/ produksi bahan belajar, pelayanan bahan belajar, dan pelatihan pengembangan media pembelajaran. Sumber belajar yang dikembangkan dan dikelola berupa bahan dan alat. Sumber belajar bahan meliputi buku, atlas, peta, ensiklopedia, kamus, modul, sementara sumber belajar bahan belajar elektronik seperti program video, program audio, VCD, program pembelajaran berbasis komputer, dan lain sebagainya. Sedangkan sumber belajar alat yang digunakan untuk menyajikan bahan seperti proyektor slide, proyektor film, proyektor transparansi (OHP), recorder, dan lain sebagainya. Sumber belajar dan media pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini perlu dikembangkan dan dikelola agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian dari Alwi (2009) peran KKG dalam meingkatkan profesionalisme guru IPA dimulai dari mengidentifikasi masalah yang hadapi guru dalam pruses belajar mengajar seperti identifikasi: kompetensi guru IPA, pemahaman terhadap kurikulum IPA, Pembuatan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) penguasaan materi pelajaran IPA, menggunakan alat peraga, pengunaan metode dan tehnik evaluasi, yang tujuannya untuk mengetahui dan memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru proses belajar mengajar.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA  GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG  Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Segala rasa puji syukur atas kehadirat Allah SWT, segala nikmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penyusunan tesis yang berjudul: “Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan”.

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PENDAHULUAN Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Pembelajaran adalah sebuah sistem yang kompleks dimana kesuksesannya bisa terlihat dalam 2 aspek, yaitu aspek proses dan aspek produk. Sebagai sebuah sistem, pembelajaran terpengaruh dengan bermacam- macam unsur yang membentuk pembelajaran tersebut. Ada berbagai unsur yang bisa mempengaruhi aktivitas proses sistem pembelajaran antara lain yaitu tersedianya faktor guru, siswa, alat, sarana dan media dan faktor lingkungan (Sanjaya, 2008: 15). Guru merupakan salah satu unsur yang dianggap sangat berpengaruh dalam proses pendidikan. Karena guru adalah ujung tombak yang memiliki hubungan secara langsung dengan siswa sebagai subyek dan obyek belajar. Sebagus dan seideal apapun kurikulum pendidikan, selengkap apapun sarana dan prasarana pembelajaran, jika tidak diimbangi dengan keterampilan guru dalam penerapnnya, maka seluruh komponen tersebut tidak akan memiliki makna.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

DAFTAR PUSTAKA Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Alwi, Mijahamuddin. 2009. “Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga”. Jurnal EducatiO, Vol. 4 No. 2, Desember 2009, hal. 101-117. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi

4 Baca lebih lajut

AplikasiCetakPIAGAMKKG.xlsm

AplikasiCetakPIAGAMKKG.xlsm

-PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN DINAS PENDIDIKAN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN GEYER KELOMPOK KERJA GURU KKG GUGUS DIPONEGORO Alamat : SD Negeri 2 Asemrudung, Desa Asemrudung Kecamatan Geye[r]

22 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PENDAHULUAN Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Prinsip kerja KKG yaitu merupakan lembaga yang mandiri, tidak mempunyai struktur organisasi yang hirarkis, birokratik dan saling ketergantungan, tetapi merupakan wadah berkumpulnya guru kelas atau guru mata pelajaran sejenis. Program kerja KKG secara mandiri disusun dan dirancang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru/sekolah, mempunyai visi dan misi yang strategis, serta inovatif terhadap upaya pengembangan mutu pendidikan.

8 Baca lebih lajut

 Proposal bantuan KKG (Kelompok Kerja Guru) PROPOSAL KKG IV

Proposal bantuan KKG (Kelompok Kerja Guru) PROPOSAL KKG IV

Dari data di atas untuk memenuhi syarat kualifikasi akademik perlu adanya peningkatan lulusan peserta KKG menjadi S1. Untuk meningkatkan kompetensi guru pemberdayaan KKG Gugus IV Blanakan Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang, melalui program BERMUTU (Better Education Through Reformed Management Universal Teacher Upgrading) yang menggariskan bahwa proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan secara PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

18 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN KKG PROGRAM BERMUTU  GUGUS PATI UNUS KECAMATAN KARANGRAYUNG   Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PENGELOLAAN KKG PROGRAM BERMUTU GUGUS PATI UNUS KECAMATAN KARANGRAYUNG Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Hasil penelitian ini (1) program KKG pada tahap II tahun 2011 disusun secara sistematis sesuai pedoman penyelenggaraan KKG Program Bermutu. Mekanisme penyusunan program KKG dilakukan oleh pengurus Gugus dan Guru Pemandu, analisisa kebutuhan tanpa keterlibatan langsung guru sebagai peserta dan pengguna hasil KKG, (2) KKG dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Adanya kepentingan dinas yang bersamaan dengan jadwal kegiatan mengakibatkan pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, (3) tingkat kedisiplinan guru dalam mengikuti KKG masih rendah, sebagian besar guru datang ke SD Inti lebih lambat dari jadwal dimulainya pelaksanaan KKG, dan (4) Interaksi yang terjadi cenderung dua arah , guru pemandu dan nara sumber menyampaikan materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Intensitas kerja kelompok termasuk kecil. Peserta kurang aktif dalam pelaksanaan kegiatan, karena materi KKG Bermutu pada tahap kedua lebih ditekankan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan materi baru yang cukup sulit untuk dipahami peserta KKG. Di samping itu Guru Pemandu kurang mampu mengemas dengan metode yang bervariasi, sehingga suasana KKG seperti kegiatan penataran dan bukan kelompok kerja.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

IDENTIFIKASI MANFAAT KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENUNJANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR GUGUS DIPONEGORO DI KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO.

IDENTIFIKASI MANFAAT KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENUNJANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR GUGUS DIPONEGORO DI KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO.

SPY : jadikan dari hasil analisa tadi, misalkan dari SD brengkol ada anak yang kurang memenuhi standar, standar itu kan dibagi menjadi tiga, jadi tingkat karakteristik anak yang berdasarkan karakteristiknya kognitifnya ada yang tinggi, ada yang sedang, ada yang rendah. Sedang itu pun itu dapat dibagi menjadi dua, ada yang sedang tinggi ada yang sedang rendah. Dari situkan misalkan dari yang kemampuannya bagus itu bagaimana, kita sharing sesama guru kelas enam. Yang ini bagaimana penyelesaiannya lalu yang ini bagaimana penyelesaiannya dan bagaimana meningkatkannya kadang kita juga ada pak pengawas kita tanya pak kalau yang seperti ini bagaimana. Kalau yang bagus kan biasanya disarankan pengayaan. Kalau yang kurang, kurangnya dibagian apa? Dikompetensi apa? Diindikator apa? Nah baru nanti akan kita rembug, jadi tidak secara global, tapi itu sudah mengarah pada indikator yang kekurangan itu disebelah mana?
Baca lebih lanjut

280 Baca lebih lajut

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

Faktor keaktifan pengurus Kelompok Kerja Guru dalam mengelola program dan menjadi fasilisator sangat membantu mengembangan profesionalisme guru dan mencari solusi permasalahan pembelajaran, sehingga guru tidak merasa kesulitan ketika ada permasalahan yang tidak mampu dihadapi sendiri. Kedisiplinan tidak hanya diterapkan pada siswa, tetapi juga diterapkan pada seluruh pelaku pendidikan termasuk guru. Untuk membina kedisiplinan kerja merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena masing-masing pelaku pendidikan itu orang yang berbeda. Disinilah fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin, pengawas dan pembimbing diharapkan mampu menjadi motivator agar tercipta kedisiplinan dalam lingkungan.
Baca lebih lanjut

58 Baca lebih lajut

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

Selain itu melalui kegiatan KKG, guru dapat melakukan pembahasan dan pemecahan masalah bagi para guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berarti bahwa masalah-masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas tertentu beragam bentuk dan modelnya. Penanganan terhadap setiap persoalanpun untuk mencari jalan keluar jelas akan berbeda dengan persoalan lainnya. Dapat dipahami bahwa semua guru belum tentu berpengalaman seperti layaknya guru-guru senior yang mungkin saja memiliki lebih banyak teknik dan cara-cara dalam mengatasi persoalan terlebih-lebih persoalan belajar mengajar. Untuk itulah guru-guru baru atau guru lain yang memiliki persoalan yang menurutnya sulit dapat dipecahkan melalui KKG dengan cara berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru lainnya
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

PENGARUH BEBAN KERJA DAN KELOMPOK KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI PADA GUGUS KKG KARTINI KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG - STAIN Kudus Repository

Guru Sekolah Dasar sebagai guru kelas memiliki beban kerja yang cukup berat, karena harus siap mengajar semua bidang studi di SD, demikian juga harus membuat persiapan mengajar tertulis untuk semua bidang studi tersebut. Tugas guru yang lain adalah memberi bimbingan konseling kepada siswa antara lain memelihara disiplin, menilai kemajuan siswa, membuat laporan kepada orang tua murid, tanggung jawab kurikuler, tanggung jawab profesional, penilaian terhadap diri sendiri dan hubungan terhadap personil sekolah lainnya.

12 Baca lebih lajut

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG

Berdasar dari kebijakan tersebut kami telah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) GURU KELAS di Gugus XIX kota Lubuklinggau, sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencaGURU KELAS Standar Nasional Pendidikan.

13 Baca lebih lajut

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG

Berdasar dari kebijakan tersebut kami telah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) GURU KELAS di Gugus XIX kota Lubuklinggau, sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencaGURU KELAS Standar Nasional Pendidikan.

13 Baca lebih lajut

KKG AD-ART KH.DEWANTORO - Copy

KKG AD-ART KH.DEWANTORO - Copy

3. Bertanggungjawab atas pelaksanaan tugasnya pada ketua KKG/MGMP Sekretaris : 1. Mengatur dan menyelenggarakan kegiatan rutin bulanan, memberikan pelayanan administrasi yang diperlukan untuk mendukung pengelolaan organisasi KKG/MGMP.

13 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Cengkeh UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung T2 942011089 BAB V

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Cengkeh UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung T2 942011089 BAB V

Saran yang dapat diberikan kepada KKG Gugus Cengkeh Kecamatan Kandangan berdasarkan hasil penelitian adalah, dalam rangka meningkatkan kinerja KKG Gugus Cengkeh Kecamatan Kandangan, dalam setiap kegiatannya dapat menjamin peningkatan suatu profesionalitas guru terutama guru kelas. Di Gugus Cengkeh Kecamatan Kandangan dapat dilakukan pembenahan kinerja berdasarkan Standar Pengeloaan dan Pengembangan KKG Gugus Cengkeh Kecamatan Kandangan sebagai berikut:

3 Baca lebih lajut

Kontribusi Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Binjai Kota - Repository UIN Sumatera Utara

Kontribusi Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Binjai Kota - Repository UIN Sumatera Utara

Perbedaan materi ajar mengakibatkan adanya perbedaan alat peraga yang digunakan. Guru harus jeli menggunakan setiap alat peraga yang akan digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar, sebab kalau tidak alat peraga bukanlah menambah efektivitas pembelajaran akan tetapi berpeluang menjadi sumber gangguan dalam pembelajaran. Di sisi lain guru mungkin saja masih banyak yang tidak menggunakan alat peraga sebagai alat bantu belajar padalah hal itu sangat penting. Untuk itulah melalui KKG beberapa keterampilan dalam membuat alat peraga atau keterampilan lainnya dapat dipelajari. Melalui KKG banyak kreativitas yang dapat dikembangkan, seperti merancang pengajaran, merancang alat peraga, merumuskan mekanisme KBM dan membuat rumusan tata cara menindak lanjuti hasil karya guru dan siswa.
Baca lebih lanjut

115 Baca lebih lajut

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG www.berkassekolah.com

PROPOSAL BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG www.berkassekolah.com

Kelompok Kerja Guru ( KKG ) merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru di Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dalam satu Gugus, berfungsi sebagai sarana saling berkomonikasi, belajar dan bertukar pikiran serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi / pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas.

13 Baca lebih lajut

PELATIHAN GURU-GURU SEKOLAH DASAR DALAM MATEMATIKA CEPAT DAN JARIMATIKA ( KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS I. KECAMATAN PAUH KOTA PADANG.

PELATIHAN GURU-GURU SEKOLAH DASAR DALAM MATEMATIKA CEPAT DAN JARIMATIKA ( KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS I. KECAMATAN PAUH KOTA PADANG.

Pelatihan ini ditujukan bagi guru-guru Matematika SD Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I, Kecamatan Pauh Kota Padang. Pemilihan guru khalayak sasaran ini dinilai tepat mengingat besarnya peran guru dalam menumbuhkan minat dan kemampuan siswa dalam matematika. Bila guru dapat menguasai metode ini dengan baik, diharapkan mereka dapat melakukan pembimbingan terhadap lebih banyak siswa secara terus menerus.

8 Baca lebih lajut

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO   Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

Program kerja yang telah disusun tampak bahwa kegiatan lebih banyak pada pengembangan kurikulum, persiapan kegiatan belajar mengajar melalui penyusunan prota, promes, dan RPP serta alat evaluasi. Sementara proses belajar mengajar itu sendiri baru dituangkan melalui diskusi. Padahal secara faktual dan dalam visi-misi perlu diwujudkan pengembangan pembelajaran PAIKEM. Sebagian besar guru-guru Sekolah Dasar dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional/ ceramah, pembelajaran masih berpusat pada guru bukan pada siswa. Maka agar fenomena tersebut dapat berubah guru sangat memerlukan materi pengembangan pembelajaran kooperatif atau PAIKEM. Menurut Linda Darling (2010:87) inisiatif guru dalam mengembangkan proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...