Top PDF Pembuatan SPJ Bendahara Pengeluaran

Pembuatan SPJ Bendahara Pengeluaran

Pembuatan SPJ Bendahara Pengeluaran

Bendahara pengeluaran melakukan pertanggungjawaban penggunaan uang persediaan/Ganti Uang Persediaan setiap akan mengajukan GU berikutnya. Dalam melakukan pertanggungjawaban tersebut dokumen yang disampaikan adalah Laporan Pertanggungjawaban Uang Persediaan/Ganti Uang Persediaan dan dilampiri dengan bukti-bukti belanja yang sah.

19 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH DESAIN PROGRAM DIKLAT BENDAHARA PENGELUARAN (DTSS) TERHADAP KOMPETENSI BENDAHARA PENGELUARAN

ANALISIS PENGARUH DESAIN PROGRAM DIKLAT BENDAHARA PENGELUARAN (DTSS) TERHADAP KOMPETENSI BENDAHARA PENGELUARAN

mana sasaran program dapat tercapai, hal ini 2. Pengumpulan informasi yang valid dan demi prestasi dan produktivitas karyawan. reliabel, artinya evaluasi berusaha Efisiensi dan efektivitas pelatihan dalam mengumpulkan informasi atau data yang kaitan dengan peningkatan produktivitas benar-benar sahih dan handal dengan karyawan menurut Nasution (1994:70) dapat menggunakan instrumen, seperti tes, dicapai melalui peningkatan: kuesioner, wawancara dan pengamatan; 1. pengetahuan karyawan; 3. Pembuatan keputusan, artinya hasil evaluasi

10 Baca lebih lajut

BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Proses Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran pada Badan

BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Proses Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran pada Badan

Berdasarkan 6 (enam) dokumen tersebut, ditambah dengan SPJ pengeluaran pembantu yang dibuat oleh Bendahara Pengeluaran Pembantu, Bendahara pengeluaran membuat SPJ pengeluaran. SPJ Pengeluaran tersebut dibuat rangkap empat, satu untuk arsip, satu untuk BUD dan dua untuk diverifikasi PPK-SKPD. Apabila disetujui, maka PPK-SKPD menyampaikan satu kopi SPJ pengeluaran kepada Kepala SKPD paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, dan satu kopi SPJ lainnya dicatat pada register Penerimaan SPJ Pengeluaran. Apabila ditolak, maka PPK-SKPD mengembalikan satu kopi SPJ Pengeluaran kepada bendahara pengeluaran untuk diperiksa ulang, sementara satu kopi lainnya dan dicatat pada Register Penolakan SPJ Pengeluaran. Kepala SKPD mengesahkan SPJ Pengeluaran. Surat Pengesahan SPJ dibuat dua rangkap, satu diregister dalam arsip, sementara yang satu lagi diserahkan kepada Bendahara Pengeluaran untuk dijadikan dasar atas pengajuan SPP bulan berikutnya.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

KAK Keg. Pengembangan Pasar

KAK Keg. Pengembangan Pasar

l. Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : ............... tanggal ................. 2017 tentang Penunjukan Pejabat Pengguna Anggaran/Pengguna Barang, Pejabat yang berwenang Mengesahkan SPJ, Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Barang, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan Pembantu, Bendahara Pengeluaran Pembantu dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Gaji pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2017; m. Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Selaku Bendahara Umum
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Permen No.55 2008 hal.72 136

Permen No.55 2008 hal.72 136

Pertanggungjawaban administratif dibuat oleh bendahara pengeluaran dan disampaikan kepada Pejabat Pengguna Anggaran paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya. Pertanggungjawaban administratif tersebut berupa Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang menggambarkan jumlah anggaran, realisasi dan sisa pagu anggaran baik secara kumulatif maupun per kegiatan. SPJ ini merupakan penggabungan dengan SPJ Bendahara Pengeluaran Pembantu.

65 Baca lebih lajut

PELATIHAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD PUSKESMAS - PUSKESMAS BUAHDUA SUMEDANG mpdf

PELATIHAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD PUSKESMAS - PUSKESMAS BUAHDUA SUMEDANG mpdf

Bendahara BLUD yang merangkap menjadi bendahara penerimaan dan pengeluaran memaparkan kendala yang dihadapi, diantaranya : bendahara belum pernah mengikuti pelatihan BLUD tetapi harus membuat RBA, diberi aplikasi tetapi tidak diberikan cara pengoperasiannya dan seluk beluknya, beberapa pertemuan yang pernah dilakukan tidak banyak berpengaruh karena belum pahamnya terhadap apa yang disampaikan, keteteran saat membuat SPJ, dan sampai saat ini RBA puskesmas buahdua sudah jadi tetapi mencontoh puskesmas lain karena yang membuat RBA dan RKA adalah bendahara.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Permen No.55 2008 hal.137 161

Permen No.55 2008 hal.137 161

Pertanggungjawaban fungsional dibuat oleh bendahara pengeluaran pembantu dan disampaikan kepada bendahara pengeluaran paling lambat tanggal 5 bulan berikutnya. Pertanggungjawaban fungsional tersebut berupa Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dengan dilampiri dengan:

25 Baca lebih lajut

Contoh Format SPJ dan Cara pembuatan spj

Contoh Format SPJ dan Cara pembuatan spj

pertanggungjawaban namun kali ini admin kami dari angudil.com akan berbagi cara membuat spj pengahasilan tetap atau Siltap perangkat desa. Yah spj ini biasanya dibebankan jika diruang lingkup pemerintahan desa yaitu kepada bendahara desa ataupun Kaur keuangan di skretariat desa. Nah jika anda baru saja bekerja

2 Baca lebih lajut

ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR PENATAUSAHAAN PENGELUARAN KAS DI KANTOR KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR PENATAUSAHAAN PENGELUARAN KAS DI KANTOR KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

Pada tahap pembuatan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) oleh Bendahara Pengeluaran berdasarkan SPD, bendahara pengeluaran harus melengkapi dokumen-dokumen Berdasarkan SPD terlebih dahulu, bendahara pengeluaran harus membuat SPP-UP/GU/TU/LS beserta dokumen lain yang terdiri atas surat pengantar SPP-UP/GU/TU/LS, ringkasan SPP- UP/GU/TU/LS, rincian SPP-UP/GU/TU/LS, salinan SPD, dan lampiran lain (daftar rincian rencana pembangunan dana sampai dengan jenis belanja) dan dokumen SPJ pada pelaksanaan kegiatan sebelumnya yang jenisnya sama yang ditanda tangani oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran (camat) dan menyerahkannya pada Pejabat Penatausahaan Keuangan- SKPD (PPK-SKPD). Apabila dinyatakan lengkap maka PPK-SKPD dapat membuat SPM- UP/GU/TU/LS, namun apabila tidak lengkap maka berkas SPD, SPP dan dokumen lainnya dikembalikan kepada bendahara pengeluaran untuk dilengkapi paling lambat 2 hari. Hal ini jika ditinjau menurut Permendagri No. 59 Tahun 2007, terdapat hal-hal yang sesuai sebagai berikut : 1. Setelah bendahara pengeluaran menerima SPD dari BUD, selanjutnya berdasarkan SPD diterbitkan SPP-UP/GU/TU/LS beserta lampirannya. Prosedur penerbitan SPP Pemerintah Kecamatan Malalayang telah sesuai dengan Permendagri No. 13 Tahun 2006 pada Pasal 198 ayat (2) dan (3).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PENATAUSAHAAN DAN AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH  EVALUASI PROSES PENATAUSAHAAN DAN AKUNTANSI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA.

PENATAUSAHAAN DAN AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH EVALUASI PROSES PENATAUSAHAAN DAN AKUNTANSI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA.

Persediaan (GU) dengan besaran sejumlah SPJ penggunaan uang persediaan yang telah disahkan pada periode waktu tertentu. SPP-GU tersebut dapat disampaikan untuk satu kegiatan tertentu atau beberapa kegiatan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Bendahara mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai lampiran dalam pengajuan SPP GU, selain dari dokumen SPP GU itu sendiri. Lampiran tersebut antara lain salinan SPD, draft Surat Pernyataan Pengguna Anggaran, Laporan Pertanggungjawaban Uang Persediaan, bukti-bukti belanja yang lengkap dan sah, dan lampiran lain yang diperlukan.
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

Jenis Belanja pada Kementerian dan Pemer

Jenis Belanja pada Kementerian dan Pemer

1. Belanja Barang dan Jasa merupakan pengeluaran yang antara lain dilakukan untuk membiayai keperluan kantor sehari-hari, pengadaan barang yang habis pakai seperti alat tulis kantor, pengadaan/penggantian inventaris kantor, langganan daya dan jasa, lain-lain pengeluaran untuk membiayai pekerjaan yang bersifat non-fisik dan secara langsung menunjang tugas pokok dan fungsi kementerian/lembaga, pengadaan inventaris kantor yang nilainya tidak memenuhi syarat nilai kapitalisasi minimum yang diatur oleh pemerintah pusat/daerah dan pengeluaran jasa non-fisik seperti pengeluaran untuk biaya pelatihan dan penelitian.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

KEUANGAN 2 APBS BOS DLL SURAT TAGIHAN SPJ

KEUANGAN 2 APBS BOS DLL SURAT TAGIHAN SPJ

Pertanggungjawaban (SPJ) dari Panjar Kerja tersebut diatas. Bersama ini kami minta Saudara segera menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (SPJ) yang dimaksud atau menyetorkan kembali Panjar Kerja ke Bendahara Sekolah Demikian Surat Tagihan Laporan Pertanggungjawaban (SPJ) ini disampaikan, atas perhatiaannya diucapkan banyak terima kasih.

1 Baca lebih lajut

Tinjauan Sistem Akuntansi SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) APBD Pada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat

Tinjauan Sistem Akuntansi SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) APBD Pada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat

Syukur Alhamdulillah kita limpahkan pada Allah SWT, sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Karena atas karunia-Nya lah kita dapat menyelesaikan laporan kerja praktek ini yang berjudul TINJAUAN SISTEM AKUNTANSI SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) APBD pada DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT.

42 Baca lebih lajut

TATA CARA PENATAUSAHAAN DAN PENYUSUNAN L

TATA CARA PENATAUSAHAAN DAN PENYUSUNAN L

Pembukuan atas proses belanja LS untuk pembayaran gaji dan Pembukuan atas proses belanja LS untuk pembayaran gaji dan tunjangan dimulai ketika bendahara pengeluaran menerima SP2D LS tunjangan dimulai ketika bendahara pengeluaran menerima SP2D LS Gaji dari BUD/Kuasa BUD melalui PA. Pembukuan dilakukan sebesar Gaji dari BUD/Kuasa BUD melalui PA. Pembukuan dilakukan sebesar jumlah belanja bruto (sebelum dikurangi potongan) sebagai “Belanja jumlah belanja bruto (sebelum dikurangi potongan) sebagai “Belanja gaji dan tunjangan …..” di :
Baca lebih lanjut

139 Baca lebih lajut

pergub 30 th 2015 sisdur pengelolaan keuangan daerah(lengkap)

pergub 30 th 2015 sisdur pengelolaan keuangan daerah(lengkap)

(1) Bendahara Pengeluaran pada SKPD wajib mempertanggungjawabkan secara fungsional atas pengelolaan uang yang menjadi tanggung jawabnya dengan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengeluaran setiap bulan kepada PPKD paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, kecuali laporan pertanggungjawaban bulan Desember disampaikan paling lambat tanggal 31 Desember tahun berkenaan. (2) Penyampaian laporan pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran

52 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Dinamika Penggunaan dan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Gugus Makukuhan Kecamatan Temanggung

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Dinamika Penggunaan dan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Gugus Makukuhan Kecamatan Temanggung

Jawaban responden 5 : Bendahara SD N 1 Waltelon Selatan, mengatakan: Penjelasan Tim ManajemenBOS Kabupaten membingunghkan kami selaku pengelola BOS di sekolah. Kami belum paham benar membuat RKAS dan administrasi, data dukung, dan dokumen- dokumen yang harus ada pada SPJ BOS. Karena dalam Buku panduan BOS juga tyidak dijelaskan bagaimana cara menyusunnya, dokumen apa saja yang diperlikan padahal pegangan kami hanya buku panduan tersebut. Sehngga kami harus brtanya ke bendahara sekolah lain dengan pemahaman yang berbeda, karena sekolah kami belum pernah mendapatkan monitoring dari Tim Maajemen BOS Kabupaten. Sekolah kami hanya menghikuti sosialisasi BOS dengan jumlah peserta yang cukup bany ak dan waktu yang terbatas”.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

(6) Sekretaris Ditjen

(6) Sekretaris Ditjen

Kedisiplinan Bendahara Pengeluaran satker lingkup Kementerian Dalam Negeri perlu ditingkatkan agar penyampaian laporan LPJ Bendahara sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

19 Baca lebih lajut

145. LPMP DI YOGYAKARTA

145. LPMP DI YOGYAKARTA

YOGYAKARTA Kelas = Petugas Perpustakaan Pengadministrasi Persuratan KEPALA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN Rekapitulasi Bendahara Penerimaan Bendahara Pengeluaran Pemroses Mutas[r]

1 Baca lebih lajut

BA KOREKSI PEMBUKUAN BENDAHARA

BA KOREKSI PEMBUKUAN BENDAHARA

Demikian berita acara ini dibuat sebagai dokumen sumber koreksi Pembukuan Bendahara Penerimaan/bendahara Pengeluaran/BPP * Metro, .... Kuasa Pengguna Anggaran, ...[r]

1 Baca lebih lajut

Pendampingan Penyusunan RBA dan Laporan Keuangan Triwulan 1 Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mpdf

Pendampingan Penyusunan RBA dan Laporan Keuangan Triwulan 1 Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mpdf

Agenda pendampingan penyusunan RBA dan Laporan Keuangan Triwulan 1 Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo berlangsung pada tanggal 18 19 Mei 2017 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo. Tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mereview Laporan Keuangan Triwulan I masing-masing Puskesmas. Peserta dalam acara ini adalah staff keuangan, baik bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran dan bagian akuntansi dari masing-masing puskesmas yang ada di Kabupaten Wonosobo.

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...