Top PDF UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA ANAK DENGAN GASTRITIS Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Dengan Gastritis.

UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA ANAK DENGAN GASTRITIS   Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Dengan Gastritis.

UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA ANAK DENGAN GASTRITIS Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Dengan Gastritis.

Riwayat kesehatan pasien meliputi: keluhan utama Ibu pasien mengatakan An.R nyeri pada ulu hati, rasanya seperti ditusuk-tusuk benda tajam dengan skala nyeri 4, nyeri hilang timbul, nyeri terjadi karena terlambat makan dan bertambah nyeri jika beraktivitas. Nyeri pada pasien gastritis disebabkan oleh peningkatan sekresi gastrin yang meyebabkan mukosa lambung kehilangan zat pelindung sehinggga terjadi iritasi dan timbul rasa nyeri (Longo, 2014). Riwayat kesehatan sekarang, Ibu pasien mengatakan An.R demam, disertai mual, muntah sebanyak 250cc, merasa nyeri pada ulu hati lalu di periksakan ke puskesmas. Demam pada penderita gastritis disebabkan karena gastritis infeksius suhu tubuh akan mengalami peningkatan dikarenakan zat pirogen yang berasal dari toksik mikroorganisme menginvasi hipotalamus menyebabkan peningkatan aliran darah, vasodilatasi pembuluh darah dan peningkatan kontraksi otot sehingga menimbulkan peningkatakn produksi kalor tubuh (Sukarmin, 2012). Nyeri, mual dan muntah pada penderita gastritis disebabkan oleh peningkatan asam hidroklorida (asam lambung) mengenai mukosa lambung, maka terjadi luka pada pembuluh kecil yang diikuti dengan edema, perdarahan, bahkan ulkus pada mukosa lambung, hal inilah yang menimbulkan sensasi nyeri, mual dan muntah (Black, 2014).
Show more

61 Read more

PEMENUHAN KEBUTUHAN HAK PENDIDIKAN FORMAL BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA.

PEMENUHAN KEBUTUHAN HAK PENDIDIKAN FORMAL BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA.

Fenomena anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) marak menjadi bahan perbincangan masyarakat dan headline news di berbagai media. Mereka dipandang oleh masyarakat telah melakukan tindak kejahatan yang menggangu tertib sosial sehingga mereka dianggap layak diproses secara hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Akibatnya semakin banyak jumlah ABH yang menjalani pidana penjara dan terabaikan hak-haknya, khususnya hak pendidikan. Sebagai kota yang ditunjuk menjadi percontohan Kota Layak Anak (KLA) maka Surakarta dianggap mampu menyelesaikan berbagai persoalan dan mengupayakan perlindungan bagi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus terpancang tunggal untuk mendiskripsikan bentuk pendidikan yang diterima oleh ABH dan peran stakeholder dalam upaya pemenuhan hak pendidikan formal bagi ABH. Data yang telah ditemukan dianalisa menggunakan teknik analisis interaktif. Kesimpulan yang diperoleh adalah pemenuhan hak pendidikan formal bagi ABH di Surakarta sebagai Kota Layak Anak (KLA) masih kurang mendapat perhatian dari stakeholder. Penting untuk membangun kesadaran berbagai pihak untuk terlibat dalam penanganan ABH demi mendukung pengembangan KLA. Penanganan ABH yang dilakukan berbasis masyarakat diharapkan dapat meminimalisir pelimpahan kasus pada aparat penegak hukum yang berakhir dengan pemenjaraan dan pengabaian hak-hak anak, khususnya di bidang pendidikan.
Show more

11 Read more

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI ANAK BATITA MALNUTRISI DI POSYANDU DESA SEMBUNGAN BOYOLALI.

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI ANAK BATITA MALNUTRISI DI POSYANDU DESA SEMBUNGAN BOYOLALI.

Mengetahui informasi ibu dalam upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi anak mal nutrisi usia batita, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan pendidikan kesehatan pada ibu dalam upaya penanggulangan terjadinya mal nutrisi pada anak usia batita.

10 Read more

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pengertian - MUHAMMAD FADHILAH BAB II

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pengertian - MUHAMMAD FADHILAH BAB II

Upaya perbaikan pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam rangka membantu proses fisiologis dalam tubuh untuk proses tumbuh kembang anak dan membantu aktivitas serta memelihara kesehatan salah satu dari upaya pemulihan kondisi anak. Dengan harapan anak akan menjadi puas dan orang tua dapat membantu proses edukatif, kemudian juga dapat membina kebiasaan waktu makan, meningkatkan selera makan, memilih kemampuan dan kebiasaan yang baik, memilih jenis makan, menentukan jumlah dan mendidik dalam berperilaku makan. Dalam proses pemenuhan tersebut akan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantara usia, status nutrisi itu sendiri dan keadaan penyakit yang diderita anak sehingga faktor tersebut harus mendaoat perhatian dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi pada bayi dan anak. (Solihin pudjiadi, 2001 dalam Hidayat, 2005).
Show more

41 Read more

Upaya Peningkatan Penongkatan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Dengan Dengue Haemorrhagic Fever.

Upaya Peningkatan Penongkatan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Dengan Dengue Haemorrhagic Fever.

dari RSUD Pandanarang Boyolali sendiri didapatkan data pada periode bulan Januari-Maret tahun 2016, dari 130 anak yang terkena DHF. Penulis akan membahas tentang upaya peningkatan kebutuhan nutrisi dengan kriteria hasil jumlah kebutuhan nutrisi pasien terpenuhi, pasien tidal lemas lagi, dan berat badan ideal. Berdasarkan fenomena diatas penulis tertarik untuk mengangkat judul karya tulis ilmiah “Upaya Peningkatan Kebutuhan Nutrisi Pada Pasien DHF di RSUD Pandan Arang Boyolali” Untuk mengetahui asuhan keperawatan pada pasien anak dengue haemorrahgic fever, yang meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Karya ilmiah ini dilakukan dengan study kasus di RSUD Pandanarang Boyolali pada tanggal 28 Maret 2016 – 2 April 2016 dengan menggunakan desain yang bertujuan untuk mendeskripsikan penyakit DHF pada anak. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3x24 jam pada pasien dengan Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) masalah kebutuhan nutrisi teratasi sebagian dan intervensi harus dilanjutkan. Adanya pengaruh pemberian terapi nonfarmakologi dalam pemenuhan nutrisi. Masalah keperawatan teratasi, pasien serta keluarga yang sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan. Adanya pengaruh terapi nonfarmakologi terhadap kebutuhan nutrisi sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Direkomendasikan untuk pasien DHF sebagai tindakan mandiri keperawatan.
Show more

18 Read more

Hubungan antara Pengetahuan dengan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak Batita Malnutrisi di Posyandu Desa Sembungan Boyolali

Hubungan antara Pengetahuan dengan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak Batita Malnutrisi di Posyandu Desa Sembungan Boyolali

hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan ibu berdampak pada pemahaman ibu tindakan yang seharusnya dilakukan dalam pemberian nutrisi pada anaknya. Tingkat pengetahuan responden tentang nutrisi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi responden. Sebagian responden merupakan wanita yang bekerja sebagai buruh pabrik, sehingga pengasuhan anaknya diserahkan kepada saudara atau orang tuanya. Beberapa responden beranggapan bahwa ketika anak tidak rewel itu disebabkan karena anak kenyang, maka ibu tersebut menganggap ia telah memberikan makanan yang baik bagi anaknya. Dimana pemberian makanan kepada batita tidak cukup hanya dengan patokan anak telah kenyang, tetapi asupan gizi yang cukup bagi anak sangat penting untuk menghindari terjadinya malnutrisi.
Show more

9 Read more

Hubungan Antara Pengetahuan dengan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak Batita Malnutrisi di Posyandu Desa Sembungan Boyolali

Hubungan Antara Pengetahuan dengan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak Batita Malnutrisi di Posyandu Desa Sembungan Boyolali

Malnutrisi merupakan suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Malnutrisi dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling terkait. Secara langsung dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu; anak tidak cukup mendapat makanan bergizi seimbang atau anak tidak mendapat asuhan gizi yang memadai, pemilihan jenis makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan anak mungkin menderita penyakit infeksi. Selain itu, pengaruh keluarga juga menjadi salah satu faktor kurangnya pemenuhan gizi pada batita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku ibu dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi anak batita malnutrisi di Desa Sembungan Boyolali. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, tehnik sampling total sampling dengan jumlah responden 29 orang, instrument penelitian dengan kuesioner dan ceklist, tehnik analisis bivariate dengan uji Rank Spearman . Karakteristik responden meliputi : usia responden paling banyak pada kelompok 31-35 tahun 48%, pendidikan paling banyak SD 45%. Data penelitian menunjukkan pengetahuan tinggi sebanyak 7 %, rendah cukup 65%, kurang 28%, perilaku cukup 59%, kurang 41%. Analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan secara statistik ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku ibu dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi anak batita malnutrisi secara signifikan ( p=0,000 ) dengan rho hitung = 0,721, yang termasuk dalam kategori kuat. Perilaku yang baik dalam
Show more

7 Read more

Kebutuhan Nutrisi pada Anak dan Balita D

Kebutuhan Nutrisi pada Anak dan Balita D

Kebutuhan nutrisi berkaitan erat dengan aspek-aspek yang lain dan dapat dicapai jika terjadi keseimbangan dengan aspek-aspek yang lain. Nutrisi berpengaruh juga dalam fungsi-fungsi organ tubuh, pergerakan tubuh, mempertahankan suhu, fungsi enzim, pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak. Dan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia, maka akan terhindar dari ancaman-ancaman penyakit. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan cairan diharapkan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usia tumbuh kembang dan dapat menigkatkan kualitas hidup serta mencegah terjadinya morbiditas dan mortalitas. Selain itu, kebutuhan nutrisi juga dapat membantu dalam aktivitas sehari-hari karena nutrisi juga sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan berbagai organ dalam tubuh, dan juga sebagai sumber zat pembangun dan pengatur dalam tubuh.
Show more

17 Read more

Pedoman pelayanan kesehatan anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) : bagi petugas kesehatan - [BUKU]

Pedoman pelayanan kesehatan anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) : bagi petugas kesehatan - [BUKU]

Upaya perlindungan bagi anak penyandang cacat, adalah sama dengan anak lainnya yaitu upaya pemenuhan kebutuhan dasar anak, agar mereka dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal serta berpartisipasi sesuai dengan kemampuan yang dimilki. Kebutuhan dasar anak tersebut meliputi asah, asih dan asuh, yang dapat diperoleh melalui upaya di bidang kesehatan maupun pendidikan dan sosial.

109 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Menjalani Kemoterapi di RSU. Dr.Pirngadi Medan ........................ 36 Tabel 5.4. Upaya Memenuhi Kebutuhan Zat-Zat Gizi pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan ................ 37 Tabel 5.4. Motivasi Diri dan Keluarga untuk Membantu Pasien dalam

10 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pengetahuan Tentang Nutrisi pada Ibu Menyusui.

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pengetahuan Tentang Nutrisi pada Ibu Menyusui.

Latar Belakang: Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pemberian air susu ibu (ASI). Namun, seseorang yang mempunyai pengetahuan juga harus ditunjang dengan adanya kesadaran dalam berperilaku, karena pengetahuan saja belum tentu menghasilkan perilaku yang baik atau positif (Rahmawati, 2010). Nutrisi atau gizi merupakan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan metabolisme. Pada masa nifas kebutuhan gizi ibu terutama yang menyusui akan meningkat 25% karena digunakan untuk proses penyembuhan tubuh setelah melahirkan dan untuk memproduksi ASI (Wulandari & Handayani, 2011). Oleh sebab itu diberikan intervensi pendidikan kesehatan (Penkes) dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan dan kesadaran pada pasien akan pentingnya status gizi pada ibu saat masa menyusui. Metode: Penulis menggunakan metode deskriptif, adapun sampelnya adalah Ny. S, data ini diperoleh dengan cara yaitu wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi dari jurnal dan buku. Hasil Penelitian: Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 hari, diagnosa yang muncul pada Ny. S adalah defisiensi pengetahuan berhubungan dengan kurangnya informasi tentang nutrisi pada ibu menyusui. Intervensi: Tindakan yang dilakukan penulis yaitu observasi tingkat pengetahuan pasien mengenai nutrisi, ajarkan perawatan payudara ( Breast Care ), berikan pendidikan kesehatan tentang macam-macam zat nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui, syarat gizi seimbang ibu menyusui, kebutuhan gizi pada ibu, hal yang harus dibatasi dan dampak kekurangan gizi ibu menyusui, kemudian berikan dukungan dalam pemenuhan nutrisi pada pasien.
Show more

24 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan Chapter III VI

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan Chapter III VI

Responden menyatakan bahwa mereka tetap memaksakan untuk tetap mengkonsumsi makanan, seperti langsung menelan makanan, makan dipaksa pakai air, dipaksakan dengan menutup mata. Hal ini sesuai dengan pernyataan Ambarwati (2015), upaya untuk mengatasi penurunan berat badan dengan memaksa dirinya untuk makan dengan mengatasi mual dan muntah. Upaya memaksa dirinya untuk makan adalah sebagai bentuk upaya atau ihtiar bahwa manusia harus berupaya sekuat tenaga untuk memperoleh hal yang diinginkan. Responden lainnnya menyatakan bahwa mereka mengkonsumsi makanan sesuai sesuai selera dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Hal ni sesuai dengan pernyataan Ambarwati (2015), bahwa upaya untuk meningkatkan nafsu makan dengan memberikan makanan yang disukai pasien .
Show more

26 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Efek samping yang sering timbul pada pasien kemoterapi adalah mual muntah dan anoreksia. Anoreksia merupakan faktor utama dalam terjadinya malnutrisi, selain anoreksia faktor yang dapat mempengaruhi asupan makan penderita kanker tidak hanya disebabkan oleh kemoterapi, akan tetapi senyawa yang dihasilkan dari sel kanker serotin dan brombensin. Penemuan masalah nutrisi sedini mungkin dapat meningkatkan respon terapi dan menurunkan komplikasi kemoterapi dan dapat mengontrol gejala yang berhubungan dengan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Instrumen yang digunakan berupa panduan wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah responden sepuluh orang. Penelitian ini dilaksanakan di satu rumah sakit. Penelitian ini dimulai dari bulan 22 April sampai 10 Mei 2017. Hasil penelitian terkait upaya pemenuhan kebutuhan gizi didapatkan bahwa responden melakukan cara-cara agar nutrisi tetap terpenuhi seperti memaksakan untuk tetap makan, mengkonsumsi makanan sesuai selera, makan sedikit tapi sering, tidak memilih- milih makanan, mengikuti saran dari sesama pasien kemoterapi, merangsang selera makan dengan sirup trecetate, memilih makanan tertentu untuk di konsumsi. Berupaya memenenuhi kebutuhan zat-zat gizi seperti karbohidrat, protein, kalori, vitamin dan mineral. Memotivasi diri sendiri dan mendapatkan dukungan dari keluarga. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar dilakukannya pendidikan kesehatan tentang makanan-makanan apa saja yang boleh dikonsumsi penderita kemoterapi.
Show more

2 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Lampiran 1 INFORMED CONSENT LEMBAR PENJELASAN PENELITIAN Nama peneliti :Desi Julianty Banjarnahor NIM :131101017 Instansi pendidikan :Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Univer[r]

11 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Kemoterapi dapat memberikan efek samping yang merusak status nutrisi pasien. Kemoterapi menyebabkan defisiensi nutrisi dengan cara meningkatkan anoreksia, stomatitis, gangguan saluran cerna, perubahan pengecapan, mual muntah dan diare (Otto, 2005).

5 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Sutandyo, Noorwati. (2007). Nutrisi pada Pasien Kanker yang menjalani Kemoterapi. Indonesia Journal of Cancer,4,148-148. Diakses dari http://www.indonesianjournalofcancer.or.id/ejournal/index.php/ijoc/article /view/28/21. Diakses tanggal 3 Juli 2017.

2 Read more

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

Upaya Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Kemoterapi di RSU.Dr.Pirngadi Medan

2.1.5 Manajemen nutrisi pada efek samping kemoterapi Efek samping kemoterapi dapat meliputi mual, muntah, diare, konstipasi, dehidrasi, kembung, luka pada mulut, perubahan cita rasa, m[r]

18 Read more

Askep Anak Gastritis | Karya Tulis Ilmiah

Askep Anak Gastritis | Karya Tulis Ilmiah

Penyebabnya (misalnya penyakit berat, luka bakar atau cedera) biasanya menutupi gejala – gejala lambung : tetapi perut sebelah atas terasa tidak enak. Segera setelah cedera, timbul memar kecil dalam lapisan lambung, dalam beberapa jam memar ini bisa berubah menjadi ulkus. Ulkus dan Gastritis bisa menghilang bila penderita sembuh dengan cepat dari cederanya. Bila penderita tetap sakit, ulkus bisa membesar dan mulai mengalami pendarahan, biasanya dalam waktu 2 – 5 hari setelah terjadinya cedera. Perdarahan menyebabkan tinja berwarna kehitaman seperti aspal, cairan lambung menjadi kemerahan dan jika sangat berat, tekanan darah bisa turun. Perdarahan bisa meluas dan berakibat fatal.
Show more

30 Read more

Asuhan Keperawatan pada An.R dengan Prioritas Masalah Kebutuhan Dasar Nutrisi di RSUD dr. Pirngadi Medan

Asuhan Keperawatan pada An.R dengan Prioritas Masalah Kebutuhan Dasar Nutrisi di RSUD dr. Pirngadi Medan

Kebutuhan nutrisi pada setiap anak berbeda, secara umum kebutuhan nutrisi pada anak dapat di kelompokkan berdasarkan usia anak, mulai umur 0-4 bulan, 4-6 bulan, 6-9 bulan, 9-12 bulan, usia toddler atau pra sekolah, usia sekolah dan usia remaja. Pada umur 0-4 bulan kebutuhan bayi semuanya melalui air susu ibu yang terdapat komponen yang paling seimbang, akan tetapi bila terjadi gangguan pada air susu ibu maka dapat menggunakan susu formula (Hidayat, 2005).

3 Read more

Askep Anak Gastritis

Askep Anak Gastritis

Penyebabnya (misalnya penyakit berat, luka bakar atau cedera) biasanya menutupi gejala ? gejala lambung : tetapi perut sebelah atas terasa tidak enak. Segera setelah cedera, timbul memar kecil dalam lapisan lambung, dalam beberapa jam memar ini bisa berubah menjadi ulkus. Ulkus dan Gastritis bisa menghilang bila penderita sembuh dengan cepat dari cederanya. Bila penderita tetap sakit, ulkus bisa membesar dan mulai mengalami pendarahan, biasanya dalam waktu 2 ? 5 hari setelah terjadinya cedera. Perdarahan menyebabkan tinja berwarna kehitaman seperti aspal, cairan lambung menjadi kemerahan dan jika sangat berat, tekanan darah bisa turun. Perdarahan bisa meluas dan berakibat fatal.
Show more

13 Read more

Show all 10000 documents...