Top PDF PENDAHULUAN Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

PENDAHULUAN  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

PENDAHULUAN Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

Setiap karang taruna pastinya mempunyai program kerja yang dilaksanakan, dimana dalam setiap program kerja tersebut terdapat nilai-nilai yang seharusnya ada dalam diri setiap pemuda. Sebagai contoh penanaman nilai karakter adalah ketika dalam pelaksanaan program kerja dibutuhkan kesadaran untuk bertanggung jawab penuh agar setiap kegiatan terlaksana dengan baik. Selain itu juga terdapat nilai karakter lain yang dapat mendorong seorang pemuda agar nantinya dapat menjadi pemuda dengan pribadi yang lebih baik. Maka dari itu penanaman karakter pada pemuda dapat dimulai dari keikutsertaan pemuda dalam organisasi karang taruna.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

Segala puji dan syukur hanya milik Allah yang senantiasa memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik, yang berjudul “Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang TarunaGapuraDukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun 2013)”. Penyusunan skripsi ini bukan hanya usaha dan doa dari penulis semata, namun tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini dengan rasa hormat penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Yth. Ibu Dra. N. Setyaningsih, M.si, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang tarunaGapuraDukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali dan untuk mendeskripsikan kendala penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang tarunaGapuraDukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda melalui kegiatan kepemudaan karang tarunaGapura” di Dukuh Purosari dilaksanakan dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan yang didalamnya mengandung nilai-nilai karakter diantaranya kegiatan bakti social, penanaman bibit pohon, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kegiatan turnamen futsal, kegiatan donor darah, kegiatan pembagian zakat fitrah, kegiatan rekreasi seluruh anggota, kegiatan peringatan HUT RI dan kegiatan peringatan tahun baru. Juga terdapat kendala-kendala yang dialami dalam penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang tarunaGapura” di Dukuh Purosari antara lain kendala pendanaan untuk program kegiatan karang taruna, kurangnya perhatian pemerintah desa dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna dan juga kendala intern anggota yaitu pembagian waktu untuk organisasi dan waktu untuk melaksanakan kegiatan pribadi masing-masing anggota.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONE

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONE

1. Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. 2. Anggota Karang Taruna yang selanjutnya disebut Warga Karang Taruna adalah setiap

12 Baca lebih lajut

S PKN 1106080 Chapter1

S PKN 1106080 Chapter1

Sumber daya manusia yang paling utama sekaligus modal dasar suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global ialah generasi muda. Generasi muda ini yang kelak akan meneruskan tongkat estafet pembangunan suatu negara. Baik dalam aspek ekonomi, pemerintahan, maupun kebudayaan atau karakteristik bangsanya. Generasi muda biasa diartikan sebagai pemuda. Pemuda merupakan salah satu komponen penting bangsa ini. Pemuda selain menjadi aset ekonomi, karena tergolong dalam usia produktif, juga merupakan aset dalam bidang ideologi, politik, sosial dan budaya. Jadi selain secara kategori ekonomi, pemuda juga menjadi bagian dari kategori sosial.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Implementasi Nilai-Nilai Persatuan Dan Demokrasi Di Kalangan Pemuda Studi Kasus Pada Karang Taruna Sumbung Bawono Di Dusun Pengkol Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri.

PENDAHULUAN Implementasi Nilai-Nilai Persatuan Dan Demokrasi Di Kalangan Pemuda Studi Kasus Pada Karang Taruna Sumbung Bawono Di Dusun Pengkol Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri.

Namun ada juga perkumpulan yang bersifat negatif, yang mungkin menjadikan banyaknya perilaku menyimpang. Peran orang tua dan masyarakat sangatlah penting dalam setiap pembentukan individu dalam kelompok. Begitu juga peran lingkungan sekolah utamanya dalam pembelajaran PKn yang memuat moral dan budi pekerti. Dalam pembelajaran PKn memuat bagaimana nilai persatuan, demokrasi serta yang terkait di dalamnya. Kajian dari hal-hal tersebut diajarkan secara rinci dengan harapan dapat diterima siswa sebagai pemuda dan juga dapat diaplikasikan dalam kehidupannya, baik dalam keluarga masyarakat nusa dan bangsa. Peran PKn dalam pembentukan setiap pemuda sebagai generasi penerus bangsa sangatlah penting dan mendasar.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

PENDAHULUAN Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukan di atas, hal ini mendorong peneliti untuk mengajukan kajian ilmiah mengenai pelaksanaan mu- syawarah untuk mufakat pada rapat karang taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Alasan peneliti melakukan penelitian dengan tema ini karena realita mulai memudar pelaksanaan musayawarah untuk mufakat dalam rapat Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna Desa Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang kecamatan Ambarawa.Jurnal NFECE Edisi 2 Siagian, Sondang P.. Administrasi Pemb[r]

3 Baca lebih lajut

Contoh Proposal Musik Orkes Dangdut Format Word - Info Operator Sekolah proposal full

Contoh Proposal Musik Orkes Dangdut Format Word - Info Operator Sekolah proposal full

Besar harapan kami agar Pimpinan PT. Gurang Garam Tbk dapat mengabulkan permohonan kami. Semoga dari acara Hari Ulang Tahun Karang Taruna GP Community yang ke-9 ini dapat memberikan rasa persatuan dan kesatuan antar pemuda dan warga pada umunya dan dapat menguntungkan berbagai pihak. Atas kerjasama yang baik ini kami segenap panitia HUT GP Community mengucapkan terima kasih.

8 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT  DALAM RAPAT KARANG TARUNA  Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

PELAKSANAAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT DALAM RAPAT KARANG TARUNA Pelaksanaan Musyawarah Untuk Mufakat Dalam Rapat Karang Taruna (Studi Kasus pada Karang Taruna Sumber Cahaya di Dukuh Sumberejo Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan musyawarah untuk mufakat dalam rapat karang taruna Sumber Cahaya: 1) Saling menghargai pendapat dalam rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 2) Tutur kata yang baik dalam rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 3) Kesabaran dalam mengikuti rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 4) Bersedia berbicara dalam rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 5) Bersedia mendengar pendapat orang lain dalam rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 6) Memberi maaf kepada anggota rapat ketika terjadi perselisihan saat musyawarah untuk mufakat. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan musyawarah untuk mufakat rapat karang taruna Sumber Cahaya meliputi: 1) Anggota yang lebih tua merasa paling benar, 2) Anggota karang taruna sebagian terlihat lebih banyak bercanda atau bermain handphone, 3) Anggota rapat sebagian kecil ada yang keluar meninggalkan ruangan, 4) Anggota rapat karang taruna sebagian kecil, terkadang membawa konflik pribadi saat musyawarah untuk mufakat, 5) Anggota rapat karang taruna sebagian kecil, terkadang masih mempunyai ego yang tinggi. Solusi meliputi: 1) Anggota karang taruna harus terus menjalin keakraban, 2) Anggota karang taruna harus selalu melakukan instropeksi diri, 3) Pengaturan posisis tempat duduk anggota rapat ketika musyawarah untuk mufakat, 4) Perlu adanya peraturan untuk membatasi penggunaan handphone, 5) Anggota karang taruna harus bisa memisahkan permasalahan pribadi, sehingga tidak dibawa dalam forum rapat.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN MORAL PEMUDA :Studi Kasus di Karang Taruna Kampung Baru Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung - repository UPI S PKN 1001716 Title

PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN MORAL PEMUDA :Studi Kasus di Karang Taruna Kampung Baru Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung - repository UPI S PKN 1001716 Title

No Skripsi : 2098/UN.40.2.2/PL/2014 PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN MORAL PEMUDA Studi Kasus di Karang Taruna Kampung Baru Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung B[r]

3 Baca lebih lajut

670028241.doc 61.58KB 2015-10-12 00:18:06

670028241.doc 61.58KB 2015-10-12 00:18:06

Desa Kradenan dijadikan sebagai daerah sasaran kami sebab kami memiliki pandangan bahwa di daerah sasaran merupakan daerah strategis untuk mengadakan program ini dengan menumbuhkan rasa nasionalisme. Sebagaimana yang terdapat pada (http://baltyra.com/2013/04/03/desa- kradenan/) bahwa pada tahun 1965, ketika terjadi peristiwa G30S PKI, banyak keluarga di Desa Kradenan yang terlibat. Ada yang terlibat karena menjadi anggota PKI. Bahkan Kepala Desa saat itupun ikut tersangkut PKI. Ketika operasi pembersihan PKI pada akhir tahun 1965 dan kemudian Operasi Kikis pada tahun 1968 dilakukan, setidaknya terdapat 700 tahanan di Kecamatan Kradenan (Kuwu). Keterlibatan masyarakat menjadi anggota PKI merata di desa-desa di Kabupaten Grobogan.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA (Studi Kasus Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik) Priyo Utomo

PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA (Studi Kasus Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik) Priyo Utomo

Untuk mewujudkan agenda perubahan tersebut, maka pembangunan, kebijakan pembangunan, dan pembangunan kelembagaan perlu diarahkan oleh suatu paradigma baru yang berakar pada ide-ide, nilai-nilai, teknik-teknik sosial dan teknologi lokal (alternatif) (Nasdian, 2014:20). Selanjutnya Nasdian juga menambahkan bahwa logika yang dominan dan perlu dikembangkan sebagai paradigma baru tersebut adalah logika ekologi manusia yang seimbang dengan sumberdaya utama berupa sumber daya informasi dan prakarsa kreatif dengan memberi peran kepada masyarakat bukan sebagai objek, tetapi lebih dari itu sebagai subyek yang menetapkan tujuan, mengendalikan sumber daya, dan mengarahkan proses yang mempengaruhi kehidupannya. Paradigma ini dikenal sebagai people centred development atau pembangunan yang berpusat pada masyarakat. Salah satu tantangan yang penting bagi pembangunan yang berpusat pada masyarakat adalah mengubah orientasi birokrasi pembangunan ekonomi pemerintah agar menjadi agensi-agensi yang mampu meningkatkan kapasitas kelembagaan dan pemberdayaan organisasi-organisasi sosial di tingkat lokal dan komunitas. Hal ini sangat relevan dengan implementasi prinsip- prinsip desentralisasi dan kesetaraan dalam pengembangan kelembagaan pembangunan. Model pendekatan pembangunan yang berpusat pada masyarakat lebih menekankan kepada pemberdayaan, yaitu menekankan kenyataan pengalaman masyarakat dalam sejarah penjajahan dan posisinya dalam tata ekonomi internasional
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT  Peran Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2013).

PERAN KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT Peran Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2013).

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil karang taruna “Mekar Pelangi” di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, mendeskripsikan peran karang taruna dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, mendeskripsikan kendala yang di hadapi karang taruna dalam melakukan peran sosialnya, mendeskripsikan solusi yang diambil karang taruna dalam menjalankan peran sosial masyarakat di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

DAKWAH PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI KARANG TARUNA DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN.

DAKWAH PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI KARANG TARUNA DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN.

Awal dari pendampingan dimulai dengan melakukan observasi serta inkulturasi ke tempat yang akan di dampingi, supaya mengetahui secara nyata lokasi yang akan dijadikan tempat pendampingan. Setelah melihat kondisi yang ada di tempat dampingan, kemudian meminta izin kepada wakil kepala Desa Balun yaitu Bapak Rokhim. Karena tanpa adanya izin dari kepala desa dan perangkatnya selaku orang yang berwenang di desa tersebut, tidak mungkin semua akan berjalan dengan lancar. Penulis mengajukan proposal pendampingan kepada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam. Proses awal yang dilakukan dengan cara wawancara kepada masyarakat dan perangkat desa setempat, menggali data dari sekitar lokasi pendampingan. Fasilitator memilih untuk melakukan Pendampingan Kelembagaan dalam Kerukunan Antara Umat Beragama Islam, Kristen dan Hindu di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

 Contoh program kerja kegiatan usaha karang taruna desa jatimulya terbaru 2016 karang taruna

Contoh program kerja kegiatan usaha karang taruna desa jatimulya terbaru 2016 karang taruna

1. Melakukan pendataan potensi pemuda yang ada di seluruh Pedukuhan di Desa Jatimulya sebagai bahan dasar dalam pengembangan dan object program karang taruna 2015- 2016 dalam peningkatan SDM 2. Mengadakan diklat (pelatihan) yang sesuai dengan hasil dari

3 Baca lebih lajut

S PKN 1001716 Chapter5

S PKN 1001716 Chapter5

a. Karang taruna harus lebih meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara pengurus dan anggota karang taruna, pemerintah serta masyarakat setempat dengan cara mengadakan sosialisasi atau penyuluhan khusus mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan karang taruna sehingga akan tercipta harmonisasi hubungan kerjasama diantara pengurus dan anggota karang taruna, pemerintah desa, serta masyarakat.

4 Baca lebih lajut

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Tokoh masyarakat adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di masyarakat, baik bersifat formal maupun informal. Di Desa Pamanukan Kabupaten Subang, tokoh masyarakat telah dirasakan oleh generasi mudanya, khususnya kelompok Karang Taruna untuk mengembangkan partisipasinya dalam pembangunan masyarakat. Latar para pemuda yang bermasalah bagi masyarakatnya mengalami perubahan ke arah yang konstruktif. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menunjukan bahwa peran tokoh masyarakat berdampak positif untuk memajukan peran pemuda dalam Karang Taruna. Upaya pembinaan dilakukan dengan bimbingan baik personal maupun kelompok, dan pelibatan langsung dalam program-program pembangunan masyarakat. Dampak perubahan partisipasi pemuda antara lain timbul kesadaran, tanggung jawab dan ikut terlibat dalam berbagai program pembangunan masyarakat.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI NILAI DEMOKRASI PANCASILA DALAM KEGIATAN KARANG TARUNA KARYA ABADI DI DESA JEPANG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

IMPLEMENTASI NILAI DEMOKRASI PANCASILA DALAM KEGIATAN KARANG TARUNA KARYA ABADI DI DESA JEPANG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

Dalam kegiatan Karang Taruna Karya Abadi di desa Jepang, mereka memperhatikan kedudukan, hak, dan kewajiban yang harus disamakan antar pengurus, menggunakan akal sehat dan hati nurani yang luhur serta memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melakukan permusyawaratan.Kemudian dalam merencanakan berbagai macam progam-progam kerja atau pengambilan keputusan, mereka selalu mengadakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Musyawarah itu sendiri menurut pengurus Karang Taruna Karya Abadi merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan sebuah keputusan terlepas ketika menuju mufakat dalam musyawarah, yang didalamnya terjadi silang pendapat, emosi yang kurang terkontrol karena mempertahankan sebuah pendapat.
Baca lebih lanjut

136 Baca lebih lajut

peraturan bupati 2005 08

peraturan bupati 2005 08

Menimbang : a. bahwa untuk melakukan percepatan kemandirian desa, memberikan kewenangan yang luas dalam pengembangan kreatifitas dan inspirasi masyarakat dewasa ini, perlu menetapkan Pedoman Pembentukan Lemabaga Kemasyarakatan Desa yang baru;

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...