Top PDF PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP

Berdasarkan pengamatan hasil observasi pada penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti dan Ibu Desriani selaku guru mata pelajaran SBK ( 19 Agustus 2015) di kelas VIII A, peneliti menemukan faktor yang menjadi penghambat kreativitas siswa pada pembelajaran seni tari. Faktor-faktor tersebut diperoleh dari hasil analisis penampilan karya tari kelompok yang siswa tampilkan, hasilnya dalam proses membuat karya tari siswa kelas VIII A belum cukup kreatif dalam melakukan proses kreatif, hal tersebut terlihat dari karya siswa yang cenderung tidak percaya diri dalam bergerak dan gerak-gerak yang siswa lakukan, pada saat penampilan siswa kurang berani dalam berekspresi selain itu juga cenderung mengimitasi pada gerak-gerak yang telah ada, artinya dalam kegiatan praktik pelaksanaan kegiatan kreatif siswa belum mampu mengembangkan gerak dari gerak-gerak yang telah ada sebelumnya menjadi sebuah rangkaian gerakan yang sesuai dengan pengembangan ide-ide kreatif siswa. Terlihat dari unsur gerak yang dikembangkan seperti waktu yaitu cepat lambatnya gerak yang digunakan dalam satu kelompok cenderung sama. Tidak terdapat gerakan yang membentuk kontras antara penari yang satu dengan yang lainnya di dalam satu kelompok. Tampak pula dari ragam pola lantai yang digunakan masih kurang variatif.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

APLIKASI METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDUNG - repository UPI S SDT 1006192 Title

APLIKASI METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDUNG - repository UPI S SDT 1006192 Title

APLIKASI METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDUNG Oleh Wiwin Herwianti Sebuah skripsi yang diaj[r]

3 Baca lebih lajut

APLIKASI METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDUNG.

APLIKASI METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDUNG.

Penelitian berjudul Aplikasi Metode Image Streaming Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bandung. Permasalahan yang terdapat dalam mata pelajaran seni tari kelas VII adalah efektivitas metode dan keterbatasan bahan ajar, dapat menyebabkan kreativitas siswa tidak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah diaplikasikanya Metode Image Streaming. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini mengambil kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Proses pembelajaran ini mampu menciptakan interaksi pembelajaran yang aktif, dinamis dan menarik. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Metode Image Streaming dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII D di SMP Negeri 14 Bandung, hal ini terlihat dari hasil pra siklus dan siklus akhir dengan berpedoman pada ciri-ciri siswa kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Metode Image Streaming dalam pembelajaran tari dapat meningkatkan kreativitas siswa. Disarankan bagi guru mata pelajaran seni tari yang akan mengaplikasikan Metode Image Streaming bahwa meningkatkan kemampuan kreatif siswa memerlukan waktu, siswa hanya perlu dilatih untuk meningkatkannya dengan membiasakan mereka bebas berkreasi melalui proses imajinasinya.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

Penerapan Metode Role Playing Sebagai Wahana Ekspresi Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung.

Penerapan Metode Role Playing Sebagai Wahana Ekspresi Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung.

Penelitian ini berawal dari keresahan peneliti terhadap permasalahan yang terjadi di kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung terkait kurangnya wahana atau tempat bagi siswa untuk menyalurkan kreativitas ke dalam pembelajaran IPS. Permasalahan ini merupakan temuan dari hasil observasi yang dilakukan pada beberapa kali pertemuan dalam rentan waktu bulan Februari tahun 2015. Indikasi permasalahan yang dijumpai adalah minimnya variasi pembelajaran yang dilakukan dan tidak terciptanya pembelajaran yang menarik. Maka kreativitas siswa kurang teraplikasikan karena terbatas pada pembelajaran yang monoton, sedangkan siswa-siswi kelas VII B SMPN 14 Bandung merupakan kelas yang sebagian besar siswanya memiliki kreativitas yang beragam. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti memilih penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart (dalam Wiriaatmadja, 2008, hlm. 15) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Alternatif pemecahan masalah yang dipilih yaitu untuk menjadikan metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dikatakan berhasil dengan berdasarkan temuan dan bahasan pada siklus pertama, kedua dan ketiga didapatkan perkembangan ekspresi kreativitas siswa yang baik. Hal ini tergambar bahwa pada awalnya siswa belum mampu menerangkan suatu peristiwa melalui peran yang di mainkan namun setelah diterapkannya metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS maka pada akhirnya siswa terbiasa dan mampu menerangkan suatu peristiwa melalui peran yang dimainkan yang di dalamnya menyangkut scenario yang diberikan oleh guru, lalu siswa yang pada awalnya belum mampu berimajinasi menggambarkan situasi yang terjadi di dalam peran yang dimainkan. Setelah diterapkannya metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS maka siswa kini dapat berimajinasi menggambarkan situasi yang terjadi di dalam peran yang di mainkan. Begitupula perubahan dengan hasil penilaian pada aspek lain yang diambil dari indikator mengenai penerapan metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS yang semakin meningkat dan semakin menunjukkan hasil yang baik. Siswa pun pada akhirnya mampu menyalurkan kreativitasnya ke dalam pembelajaran IPS dengan baik dan dapat berekspresi penuh didalamnya.
Baca lebih lanjut

399 Baca lebih lajut

Penerapan Metode Role Playing Sebagai Wahana Ekspresi Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung. - repository UPI S IPS 1102018 Title

Penerapan Metode Role Playing Sebagai Wahana Ekspresi Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung. - repository UPI S IPS 1102018 Title

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI WAHANA EKSPRESI KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS” ini beserta seluruh isinya adalah benar-benar karya saya sendiri. Saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika ilmu yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan tersebut, saya siap menanggung resiko atau sanksi apabila dikemudian hari ditemukan adanya pelanggaran etika keilmuan atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

S IPS 1102018 Chapter5

S IPS 1102018 Chapter5

370 4. Solusi dari kendala yang di temui dalam penerapan metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 14 Bandung Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan fokus pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing sebagai wahana ekspresi kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS memberikan gambaran bahwa terdapat kekurangan pada siswa maupun peneliti sebagai Guru. Hasil observasi yang dilakukan oleh guru mitra diantaranya:
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

S SDT 1006192 Table Of Content

S SDT 1006192 Table Of Content

Segala puji serta syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena tas rahmat dan karunia-Nya, serta salawat dan salam penulis panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini untuk memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia dengan sebagaimana mestinya. Adapun judul skripsi yang peneliti buat Aplikasi Metode Image Streaming dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bandung. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah diaplikasikannya metode image streaming. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disajikan dalam bentuk deskriptif.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

S SDT 1006192 Abstract

S SDT 1006192 Abstract

Penelitian berjudul Aplikasi Metode Image Streaming Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Bandung. Permasalahan yang terdapat dalam mata pelajaran seni tari kelas VII adalah efektivitas metode dan keterbatasan bahan ajar, dapat menyebabkan kreativitas siswa tidak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah diaplikasikanya Metode Image Streaming. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini mengambil kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Proses pembelajaran ini mampu menciptakan interaksi pembelajaran yang aktif, dinamis dan menarik. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Metode Image Streaming dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII D di SMP Negeri 14 Bandung, hal ini terlihat dari hasil pra siklus dan siklus akhir dengan berpedoman pada ciri-ciri siswa kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Metode Image Streaming dalam pembelajaran tari dapat meningkatkan kreativitas siswa. Disarankan bagi guru mata pelajaran seni tari yang akan mengaplikasikan Metode Image Streaming bahwa meningkatkan kemampuan kreatif siswa memerlukan waktu, siswa hanya perlu dilatih untuk meningkatkannya dengan membiasakan mereka bebas berkreasi melalui proses imajinasinya.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

S SDT 1006192 Chapter5

S SDT 1006192 Chapter5

Berdasarkan dari penelitian, data hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, serta pembahasan terhadap hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 14 Bandung kelas VII, maka diperoleh kesimpulan bahwa Metode Image Streaming yang diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandung dalam pembelajaran tari dapat meningkatkan kreativitas siswa. Secara keseluruhan dengan diberikan kegiatan latihan, kekurangan siswa dalam pembelajaran seni tari dapat meminimalkan serta kemampuan mereka dalam menggunakan pemahaman membuat gerak menjadi lebih meningkat.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PENERAPAN TARI SAMRAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 9 BANDUNG - repository UPI S SDT 1100765 Title

PENERAPAN TARI SAMRAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 9 BANDUNG - repository UPI S SDT 1100765 Title

PENERAPAN TARI SAMRAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 9 BANDUNG Oleh Tresna Lestari Sebuah Skripsi yang Diajukan untuk Memenuhi [r]

3 Baca lebih lajut

PENERAPAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 PABEDILAN CIREBON.

PENERAPAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 1 PABEDILAN CIREBON.

mengambil populasi kelas VIII karena dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan dasar yakni dalam peningkatan minat belajar terhadap mata pelajaran seni tari yang termasuk ke dalam mata pelajaran seni budaya. Permasalahan yang peneliti amati ketika observasi, di kelas VIII ini siswa dituntut untuk dapat menari hanya dengan gerak-gerak baku. Dari hal tersebut siswa merasa terbebani bahkan merasa bosan terhadap pembelajaran seni budaya khususnya seni tari. Kemudian dilihat dari observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 pabedilan ini karakteristik peserta didik yang belum memberikan respon yang baik terhadap mata pelajaran seni tari karena mereka beranggapan bahwa belajar seni tari itu sulit dan membosankan. Berdasarkan alasan demikian peneliti mengambil lokasi, populasi dan sampel penelitian pada sekolah tersebut. Sampel kelas yang akan peneliti gunakan sebagai kelas eksperimen ini adalah kelas VIII A. Kelas ini memiliki jumlah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan dengan daftar tabel sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

S SDT 1102970 Chapter5

S SDT 1102970 Chapter5

Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran seni tari di SD Laboratorium Percontohan UPI, setelah pelaksanaannya, model pembelajaran Role Playing mampu menjadi salah satu upaya pembinaan karakter siswa dalam pembelajaran seni tari. Selain karakter siswa yang dibina dan diolah, model pembelajaran ini juga memberikan ruang pada siswa untuk mengembangkan kreativitas, ide dan imajinasi siswa dalam pembelajaran seni tari juga mampu menghasilkan tari bentuk hasil karya siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, peneliti bermaksud menyampaikan rekomendasi dalam bentuk saran, khususnya kepada:
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING  DAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES  Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganega

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing dan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganega

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz . Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing dan Team Quiz . Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan sebesar 70 % dari 24 siswa.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODELCONCEPT ATTAINMENT(PEROLEHAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG - repository UPI S SDT 1006833 Title

PENERAPAN MODELCONCEPT ATTAINMENT(PEROLEHAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG - repository UPI S SDT 1006833 Title

PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT PEROLEHAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG Oleh RusianiWulan Sari Se[r]

5 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODELCONCEPT ATTAINMENT(PEROLEHAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG.

PENERAPAN MODELCONCEPT ATTAINMENT(PEROLEHAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG.

Pembelajaran leni tari di lekolah pada dalarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rala eltetik lehingga terbentuk likap kritil, apreliatif dan kreatif pada diri lilwa lecara menyeluruh. Sikap ini tumbuh jika dilakukan lerangkaian prolel kegiatan melalui keterlibatan lilwa dalam legala aktivital leni di dalam kelal maupun di luar kelal. palam berkelenian lilwa harul mempunyai kemampuan berkreali untuk mengembangkan bakatnya agar lilwa menjadi lebih aktif, kreatif dan terampil dalam mengikuti pembelajaran kelenian di lekolah.

16 Baca lebih lajut

S SDT 1102970 Abstract

S SDT 1102970 Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Pembelajaran Seni Tari Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Siswa Kelas VA SD Laboratorium Percontohan UPI”. Permasalahan pembinaan karakter pada sistem pendidikan di Indonesia sangat serius diperhatikan, hal ini kemudian menjadi salah satu penekanan dan dasar pengembangan kurikulum saat ini, hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran seni tari di SD Laboratorium Percontohan UPI sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing, bagaimana proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing, dan apakah hasil pembelajaran seni tari dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing mampu membina karakter siswa. Karakter siswa yang diharapkan melalui peranan Model Pembelajaran Role Playing dalam Pembelajaran seni Tari terfokus pada rasa Tanggung Jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan siswi kelas VA SD Laboratorium Percontohan UPI yang berjumlah 15 orang dan tanpa ada kelas pembanding. Berdasarkan data yang diperoleh melalui kegiatan observasi, pretest dan post-test, hasil pretest dengan nilai rata- rata siswa 2,44 (C+) dan hasil post-test dengan nilai rata-rata 3,06 (B). Dari data hasil belajar siswa, terlihat bahwa karakter siswa khusunya rasa tanggung jawab siswa terbina dengan baik, hal tersebut juga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang meningkat. Sehingga dapat dinyatakan, bahwa pembelajaran seni tari dengan diterapkannya model pembelajaran Role Playing mampu menjadi salah satu upaya pembinaan karakter siswa di kelas VA SD Laboratorium Percontohan UPI.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

S SDT 1204356 Abstract

S SDT 1204356 Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ranah efektif di sekolah,berdasarkan obsevasi di SMK Binawisata Lembang bahwa siswa disana tidak diperkenalkan dengan tari Nusantara, selain itu property tidak dijadikan sebagai stimulus dalam pencintraan tari nusantara. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh data mengenai peningkatan kreativitas siswa dalam penggunaan property untuk pembelajaran seni tari dalam tari Nusantara, penerapan metode pembelajaran Quasy eksperimen deangan pendekatan kualitatif dengan desain one grup pretest postes yaitu desain yang tidak menggunakan kelas control..hasil yang diperoleh dari penelitian ini siswa memiliki kreativitas yang tinggi dengan membuat dan menari tari nusantara dengan menggunakan property hal ini terbukti dengan pengolahan data data Dari hasil perolehan nilai yang diperoleh dari pembelajaran teknik olah tubuh yang diperoleh pada saat sebelum dilakukannya teknik olah tubuh yakni hasil pre-test yakni 71,2 sedangkan nilai setelah diterapkannya teknik olah tubuh hasil pos-test 82,5. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan teknik olah tubuh ini berhasil dan diperoleh t hitung 5.14 > t tabel 2,306 hal ini menunjukan bahwa peningkatan kualitas gerak siswa melalui penggunaan property tari dapat meningkatkan kualitas gerak siswa dalam pembelajaran tari nusantara di SMK Binawisata Lembang,
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

S SDT 1006833 Bibliography

S SDT 1006833 Bibliography

91 RusianiWulan Sari,2014 PENERAPAN MODELCONCEPT ATTAINMENTPEROLEHAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 30 BANDUNG Uni[r]

2 Baca lebih lajut

S SDT 1203047 Chapter5

S SDT 1203047 Chapter5

Penelitian model Memorization dengan metode eksperimen yang dilakukan, dengan tujuan menguji hipotesis bahwa model Memorization dapat meningkatkan daya ingat gerak siswa dalam pembelajaran seni tari. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi experiment dengan menggunakan model one group time series design, dimana eksperimen yang dilakukan tidak menggunakan kelas pembanding. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus uji T. pengambilan data dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya pre-test sebagai pengambilan data awal, proses dan post-test sebagai nilai akhir yang diambil untuk melihat perbandingan antara nilai pre-test dan post-test. Penerapan pembelajaran seni tari dengan menggunakan model Memorization untuk meningkatkan daya ingat gerak siswa dalam pembelajaran seni tari dilakukan diektrakurikuler seni tari SMP Pasundan 4 Bandung yang berlangsung kurang lebih 1 minggu terhitung dari tanggal 07 April 2016 hingga 12 April 2016.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN A. Tinjauan Pustaka 1. Prestasi Belajar a. Pengertian Prestasi Belajar - BAB II Wahida Rahmawati

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN A. Tinjauan Pustaka 1. Prestasi Belajar a. Pengertian Prestasi Belajar - BAB II Wahida Rahmawati

Perbedaan penelitian yang dilaksanakan sekarang dengan penelitian terdahulu adalah dalam penelitian sekarang peneliti menerapkan model quantum learning dengan metode role playing dan dilaksanakan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan menggunakan model quantum learning yang digunakan guru dalam pembelajaran menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sedangkan metode role playing yang diterapkan guru untuk siswa menjadikan siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru karena siswa memperagakan langsung materi tersebut dan meningkatkan keberanian siswa di depan kelas.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...