Top PDF PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK  Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Sekalipun pendidikan karakter sudah diprogramkan oleh pemerintah tetapi dalam pelaksanaannya banyak guru yang belum sepenuhnya menerapkan di dalam silabus dan RPP karena belum paham akan konsep pelaksanaan pendidikan karakter. Sehingga dalam pelaksanaannya juga kurang begitu efektif dan efisien yang dikarenakan oleh beberapa hambatan dari peserta didik.

15 Baca lebih lajut

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK  Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: penerapan pendidikan karakter di MAN 2 Surakarta mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta siswa dapat bersikap dan berperilaku yang sopan, disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan dalam sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Sedangkan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran dilakukan pada setiap mata pelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas. Dan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran biasanya di lakukan oleh setiap guru dalam proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan Silabus, RPP dan bahan ajarnya. Sedangkan di MAN 2 Surakarta para guru belum sepenuhnya menerapkan pendidikan karakter, hanya beberapa guru yang telah menerapkannya di dalam silabus dan RPP. Adapun hambatan-hambatan yang muncul adalah 1) peran keluarga dan lingkungan teman bermain yang kurang kondusif; 2) perkembangannya IPTEK yang membawa siswa ke nilai liberal; 3) Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda sehingga sulit untuk penerapan pendidikan karakter pada siswa pada waktu KMB; 4) Minimnya contoh konkrit yang baik dari lingkungan sekolah dan masyarakat.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

PENDAHULUAN Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Dari gambar di atas maka karakter seorang peserta didik amat ditentukan oleh perangai (trait) dari otak (head, mind) dan hati ( heart). Sedangkan aspek olah raga dan karsa tidak ikut menentukan, tetapi keduanya juga ditentukan oleh bagimana pikiran dan hati berproses. Rasa dan karsa jelas bersumber dari proses yang berlangsung di dalam hati. Setiap aspek mempunyai konteks totalitas yang mencangkup seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, dan psikomotoerik) yang digunakan dalam interaksi sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolahan, dan masyarakat, berlangsung sepanjang hayat manusia. H. Pendekatan Psikologis Pendidikan Karakter
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN HISBUL WATHAN (HW)   Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN HISBUL WATHAN (HW) Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW), untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW), untuk mengetahui solusi untuk mengatasi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah studi kasus, karena hanya fokus pada kasus tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013)  Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013) Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

Pelaksanaan pendidikan karakter di MAN 2 Surakarta sesuai dengan tujuan pendidikan karakter menurut Gunawan (2012: 30) yang terdapat pada BAB II halaman 53. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prestasi yang diperoleh siswa dalam kejuaraan di bidang masing- masing (BAB III halaman 69- 70). Selain dalam bidang tersebut, pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilihat berdasar kemajuan siswa dalam melaksanakan sholat berjama’ah setiap dzuhur dan banyak siswa yang rajin melaksanakan sholat dhuha ketika jam istirahat, cinta lingkungan, dan pergaulan baik tidak ada pertengkaran antar siswa. Hal ini menandakan usaha sekolah dalam membentuk karakter siswa memperoleh keberhasilan, selain siswanya memiliki budaya yang baik di sekolah, siswanya pun memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Karya-karya siswa MAN 2 Surakarta dapat dilihat di depan ruang TU (Tata Usaha), disana akan ditemukan busana karya siswa MAN 2 Surakrta beserta piala kejuaraan. Pelaksanaan pendidikan karakter dapat di lihat berdasar 18 indikator keberhasilan pendidikan karakter (BAB III halaman 100-102).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

PENDAHULUAN Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

Perbuatan yang dilakukan karena Allah lebih terasa tenang dan nyaman ketika mengerjakannya, aqidah akhlak dalam membentuk karakter akan sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang dimasa sekarang dan yang akan datang. Pada akhirnya pendidikan aqidah akhlak dapat dikatakan sebagai wadah untuk membina dan membentuk karakter siswa yang baik. Karakter merupakan sifat manusia yang mempengaruhi pikiran dan perbuatannya (Majid dan Dian, 2012: 12). Masa remaja merupakan kesempatan untuk produktif, momen paling baik untuk mengetahui dan mengembangkan potensi. Kondisi emosional remaja yang belum stabil dan kadang tidak terkendali sering menimbulkan permasalahan yang sulit diselesaikan. Tindakan tawuran, kekerasan dan penyalah gunaan narkoba sudah tidak boleh ditolerir lagi. Kejadian tersebut sudah termasuk tindakan kriminal. Banyak generasi penerus bangsa mati sia-sia, mati tanpa prestasi membanggakan. Kita tidak bisa menyalahkan individu remaja, bagaimanapun remaja-remaja tersebut adalah output dari sebuah sistem bernama pendidikan. Dengan demikian kita tidak dapat menyalahkan sekolah saja, tetapi bagaimana tanggung jawab keluarga dan masyarakat yang harus sinkron.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MATA PELAJARAN AKHLAK (STUDI KASUS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN  Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 20

HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MATA PELAJARAN AKHLAK (STUDI KASUS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 20

Pendidikan karakter sangatlah diperlukan dan diterapkan dalam lembaga pendidikan sekolah dan berbagai jenjang pendidikan dengan adanya pendidikan karakter yang baik maka akan terbentuklah akhlak yang baik pula. Yang mana pendidikan karakter sangat ditekankan pada setiap siswa. Maka dalam hal ini, penulis akan meneliti hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini diambil tentang pendidikan karakter dengan pelajaran akhlak karena akhlak adalah pendidikan sangat penting diberikan kepada siswa sebagai pondasi awal untuk menghadapi realita perkembangan jaman dari tahun ke tahun yang semakin berkembang. Maka adanya pelajaran akhlak dalam sekolah, siswa tidak akan cepat terpengaruh dan bisa mempertimbangkan perilaku yang baik dan buruk.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI MOVING CLASS  Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Moving Class (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI MOVING CLASS Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Moving Class (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah deskriptip kualitatif. Strategi penelitian adalah studi kasus tunggal dengan subjeknya adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi siste-matis, wawancara tertsruktur dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan menggunaka n analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui Moving Class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Pada dasarnya pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab sering dialami dan dirasakan oleh guru dan siswa, mulai dari hal kecil sampai besar, contohnya kedisiplinan memarkirkan kendaraan dan antri bayar SPP. Memarkir kendaraan bermontor dilaksanakan rutin setiap hari oleh guru dan siswa. Siswa diajarkan berdisiplin memarkir kendaraan tujuannya menumbuhkan sikap dan perilaku mandiri, disiplin, toleransi, peduli sosial, kerapian dan keindahan, sedangkan antri bayar SPP bertujuan menumbuhkan sikap disiplin, toleransi, mandiri, tanggung jawab dan membudayakan antri di sekolah. (2) kendala -kendala pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yaitu karaker siswa yang berbeda beda, Moving Class program yang baru. (3) solusi untuk mengatasi kendala -kendala pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah memberikan pengarahan, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab yang baik secara indiv idu maupun kelompok dalam setiap kegiatan, serta memberi hukuman bagi siswa yang kurang disiplin.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

BAB 1 PENDAHULUAN Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

2. Ari Widayati (UMS, 2012) dalam skripsi yang berjudul “Persepsi Guru Matematika SMP Se- Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten terhadap Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” menyimpulkan bahwa: dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah suatu penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia dari siswa secara utuh dan terpadu. Secara umum pengintegrasian pendidikan karakter tidak terdapat kendala. Tetapi, terkadang guru mengalami sedikit kendala ketika menanamkan karakter pada siswa ini terjadi karena siswa memang belum bisa menyadari akan pentingnya nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, seperti belum bersikap disiplin, jujur, menghormati guru dan bersikap sopan santun.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN HISBUL WATHAN (HW)   Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN HISBUL WATHAN (HW) Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW) (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta diberikan pada kegiatan ekstrakurikuler banyak nilai- nilai karakter yang terselip di dalamnya, salah satunya adalah pendidikan karakter kepedulian sosial, sehingga pelan-pelan dapat merubah karakter siswa yang semua kurangnya rasa antar sesama menjadi siswa yang mempunyai rasa antar sesama dan kepedulian sosial yang tinggi. 2) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pendidikan karakter kepedulian sosial dapat ditumbuhkan dengan melalui berbagai cara antara lain bakti sosial, bersedekah, donor darah, pengumpulan dana, bantuan bencana dan tolong menolong. 3) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yaitu faktor intern (kurangnya minat, motivasi, semangat) dan faktor ekstern yaitu faktor keluarga, lingkungan, media elektronik, alam (cuaca), serta sarana dan prasarana. 4) Solusi untuk mengatasi implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan Hisbul Wathan (HW) di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah memberikan pengarahan, tanggungjawab dan menumbuhkan sikap peduli sosial yang baik secara individu maupun kelompok dalam setiap kegiatan, serta memberi hukuman bagi siswa yang kurang disiplin. Kata Kunci: Implementasi pendidikan karakter, Kepedulian sosial, Hisbul Wathan
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Implementasi Karakter Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Lereng Merapi (Studi Kasus pada Komunitas Lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali).

DAFTAR PUSTAKA Implementasi Karakter Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Lereng Merapi (Studi Kasus pada Komunitas Lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali).

“Implementasi Pendidikan Karakter Kepeduliaan Sosial Melalui Kegiatan Husbul Wathan HW Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”.. Surakarta: FKIP Universit[r]

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011).

PENDAHULUAN Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011).

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 57 menyatakan bahwa (1) evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, (2) evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan. Sementara dalam pasal 58 ayat (1) menyatakan bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA  Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, guru mengaplikasikan kurikulum dengan materi yang diprogramkan, melaksanakan evaluasi untuk mengukur seberapa tingkat pemahaman siswa dengan materi yang sudah dijarkan. Segi perilaku siswa MAN 2 Surakarta sudah mencerminkan perbaikan nilai karakter. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa, ketekunan siswa dalam beribadah, sopan dan santun terhadap guru, dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan dapat menjadi siswa berprestasi dengan menjuarai berbagai lomba. Tujuan pembelajaran aqidah akhlaknya adalah: siswa mampu menjelaskan, mendeskripsikan, memahamai, mengetahui, menganalisis dan mengerti tentang ilmu kalam, akhlak terpuji dan akhlak tercela. Dari tujuan pembelajara tersebut, guru mengharapkan siswa menjadi anak yang disiplin, patuh terhadap orang tua, berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Guru menggunakan metode ceramah, sosio drama dan diskusi dalam pembelajaran yang bertujuan agar siswa mudah memahami, namun metode tersebut kurang menarik sehingga siswa cenderung bosan dan sulit memahami. Evaluasi pembelajaran di MAN 2 Surakarta sudah memenuhi standar KKM 75 yaitu, nilai rata-rata ujian tengah semester kelas XI Ilmu Sosial 4 adalah 77 dan mengalami kenaikan pada ujian semester menjadi 78,9. Nilai rata-rata ujian tengah semester kelas XI Ilmu Sosial 5 adalah 77,5 dan nilai rata-rata ujian semester 78,5 ini dapat dikatakan baik karena mengalami kenaikan. Berdasar pengamatan di sekolah, siswa mengalami perubahan dalam kedisiplinan serta ketaatan dalam beribadah, dan kesopanan terhadap guru, karyawan sekolah, dan masyarakat. Pelaksanaan pengembangan diri siswa dengan melakukan pengembangan kreativitas dan bimbingan karier. Kata Kunci: Pendidikan aqidah akhlak dan karakter siswa
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)  Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

PELAKSANAAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011) Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Akhlak (Studi Kasus pada Kelas XI MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan perilaku, suatu proses mendidik, supaya membentuk akhlak yang mulia. Di MAN 2 Surakarta, pendidikan Akhlak merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana pelajaran pendidikan Akhlak dikuasai oleh siswa MAN 2 Surakarta perlu diadakan evaluasi.

13 Baca lebih lajut

HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MATA PELAJARAN AKHLAK (STUDI KASUS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10  Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MATA PELAJARAN AKHLAK (STUDI KASUS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013).

Pendidikan karakter sangatlah diperlukan dan diterapkan dalam lembaga pendidikan sekolah dan berbagai jenjang pendidikan dengan adanya pendidikan karakter yang baik maka akan terbentuklah akhlak yang baik pula. Yang mana pendidikan karakter sangat ditekankan pada setiap siswa. Maka dalam hal ini, penulis akan meneliti hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini diambil tentang pendidikan karakter dengan pelajaran akhlak karena akhlak adalah pendidikan sangat penting diberikan kepada siswa sebagai pondasi awal untuk menghadapi realita perkembangan jaman dari tahun ke tahun yang semakin berkembang. Maka adanya pelajaran akhlak dalam sekolah, siswa tidak akan cepat terpengaruh dan bisa mempertimbangkan perilaku yang baik dan buruk.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER  DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA  Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi).

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi).

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan (1) strategi penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika (2) strategi penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran matematika (3) strategi penerapan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Guru dan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika dilakukan dengan mencantumkan karakter pada kolom keterangan karakter yang diharapkan, sedangkan pada RPP diterapkan pada setiap kegiatan pembelajaran matematika, (2) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan meliputi strategi penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan pendahuluan siswa disiplin masuk kelas, strategi penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan inti dilakukan dengan diskusi kelompok pada materi lingkaran siswa dituntut berfikir logis dan bernalar dengan membuat alat peraga. Pada kegiatan penutup strategi penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan pemberian tugas pengamatan pada materi balok untuk melatih ketelitian siswa, (3) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika dilakukan dengan pemberian teguran dan sangsi saat ada ujian atau ulangan untuk melatih kejujuran siswa.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

SUMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER

SUMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER

Ciri dari manusia berkualitas meliputi taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, jujur, disiplin, terampil, bertanggung jawab, patriotik, bersemangat kerja tinggi, cerdas, inovatif, progresif, mandiri, mahir, sehat jasmani dan rohani dan berkepribadian. Penerapan pendidikan karakter dapat dilakukan pada pendekatan pembelajaran konstruktivistik dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran inovatif antara lain Contextual Teaching Learning, Cooperative Learning dan Problem Based Learning.

1 Baca lebih lajut

MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH  AKHLAQ   (Studi Deskriptif di MAN 2 Surakarta  Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlaq (Studi Deskriptif Di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015).

MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Studi Deskriptif di MAN 2 Surakarta Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlaq (Studi Deskriptif Di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015).

Alhamdulillah,Berkat taufik dan hidayah dari Allah, skripsi dengan judul Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak ( Studi Deskriptif di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Penulis ingin meneliti tentang manajemen pembelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Surakarta..

14 Baca lebih lajut

Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akuntansi Pendahuluan - Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akuntansi

Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akuntansi Pendahuluan - Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akuntansi

Jadi, pendidikan adalah proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan serta akhlak mulia. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu dibahas sehingga dengan adanya pembahasan tersebut diharapkan dapat membuat pembacanya sadar akan kerusakan negeri ini dan ingin mengubah menjadi baik, kemudian untuk mengubah itu tidak lepas dari pendidikan karakter.

10 Baca lebih lajut

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi).

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi).

Hal tersebut selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Ren Xiao-chuan (2010) yang menyimpulkan bahwa disiplin diri yang tinggi adalah pilar kehidupan siswa yang akan mengarahkan mereka pada kehidupan yang bermakna dan bermanfaat di era globalisasi. Disiplin yang tinggi diharapkan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang lebih baik dan berguan bagi diri mereka sendiri, masyarakat, agama, serta bagi bangsa. Disiplin merupakan akar dasar dalam pembelajaran metematika dimana untuk menegtahui sebuah konsep harus mengetahui disiplin ilmu terlebih dahulu tanpa disiplin ilmu tidak akan pernah maksimal dalam mempelajari suatu konsep.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...