Top PDF Pengaruh kualitas pelayanan KTP terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Pengaruh kualitas pelayanan KTP terhadap kepuasan masyarakat  di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Pengaruh kualitas pelayanan KTP terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Salah satu administrasi kependudukan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), menurut Perda Nomor 1 tahun 2010 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kabupaten Bandung, KTP adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan dan ditandatangani oleh kepala instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. 11 KTP merupakan identitas dasar bagi WNI yang sudah mencapai umur 17 tahun atau sudah menikah. Namun dalam kenyataan masih banyak penduduk di Indonesia pada usia tersebut belum memiliki kartu identitas resmi atau juga sebaliknya ada beberapa individu yang memiliki KTP lebih dari satu, sehingga banyak permasalahan yang muncul akibat penyalahgunaan tersebut. Beberapa contoh masalah sosial akibat kekacauan KTP tersebut adalah terorisme, penyalahgunaan kredit 9
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Evaluasi Pelayanan Administrasi Terpadu Di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Evaluasi Pelayanan Administrasi Terpadu Di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Berdasarkan fenomena dari hasil pengolahan IKM tersebut menunjukan bahwa di temukannya suatu permasalahan yang terjadi pada pelayanan di kantor Kecamatan Cicalengka yaitu belum tercapainya target yang sesuai dengan nilai yang sangat baik berdasarkan sasaran mutu pelayanan yang di berikan di kantor Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, maka dapat di lihat bahwa pelayanan terpadu dari Kecamatan Cicalengka masih kurang memenuhi kepuasan masyarakat. Oleh sebab itu perlu diadakannya evaluasi pelayanan karena selama ini pelayanan publik yang di berikan kepada masyarakat dirasakan masih adanya permasalahan sehingga tidak sesuai dengan harapan masyarakat.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok)

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok)

KTP di Kota Depok. Daya tanggap untuk menyikapi berbagai keluhan dari bentuk- bentuk pelayanan yang diberikan dan juga memberikan informasi terhadap pelayanan yang akan diberikan menjadi suatu respek positif dari daya tanggap pemberi pelayanan dan yang menerima pelayanan e-KTP. Jadi apabila pemberi layanan mempunyai kemampuan daya tanggap yang baik maka penerima pelayanan akan memberikan respon positif dari penerima pelayanan. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Parasuraman dalam Sahib (2012, h.15-16) bahwa setiap pegawai dalam memberikan bentuk-bentuk pelayanan, mengutamakan aspek pelayanan yang sangat mempengaruhi perilaku orang yang mendapat pelayanan, sehingga diperlukan kemampuan daya tanggap dari pegawai untuk melayani masyarakat sesuai dengan tingkat penyerapan, pengertian, ketidaksesuaian atas berbagai hal bentuk pelayanan yang tidak diketahuinya. Hal ini memerlukan adanya penjelasan yang bijaksana, mendetail, membina, mengarahkan dan membujuk agar menyikapi segala bentuk- bentuk prosedur dan mekanisme kerja yang berlaku dalam suatu organisasi, sehingga bentuk pelayanan mendapat respon positif. Dalam proses pemberian pelayanan e-KTP ada beberapa masyarakat yang mengeluhkan mengenai kurang tersedianya sarana informasi bagi pemohon e-KTP, hal ini disampaikan oleh Enoh Saputra (21) warga Kecamatan Tapos, bahwa didaerahnya masih kurang tersedianya informasi bagi pemohon e-KTP secara visual. Muhamad Nurhadi (29) warga Kecamatan Tapos dan Dani (22) warga Kecamatan Cilodong juga menjelaskan bahwa dalam proses perekaman e-KTP di daerahnya juga tidak ada kotak pengaduan khusus pelayanan e-KTP.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan E-KTP Di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan E-KTP Di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara terstruktur dibantung dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ordinal dan korelasi Sperman untuk mengetahui pengaruh variabel demografi (umur) dan variabel sosial (tingkat pendidikan) terhadap kualitas pelayanan dalam pembuatan e-KTP. Hasil penelitian menunjukkan (1) persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan dalam pembuatan e-KTP sudah baik, karena sistem pelayanan sudah sesuai dengan antrian, petugas melayani dengan baik dan cepat, kebersihan ruangan kantor camat sudah bersih dan tersedianya tempat pembuangan sampah, serta kelengkapan fasilitas dalam pembuatan e-KTP juga sudah lengkap, namun ada aspek yang belum baik yaitu pada aspek access dan desa Lebung Gajah merupakan desa yang penilaian persepsi paling rendah.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN  PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

Selain mempunyai tugas pokok seperti pencatatan perkawinan, Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten juga mempunyai tanggungjawab lain. Seperti BP4, gerakan keluarga sakinah, zakat dan wakaf, kemasjidan, pembinaan pangan halal, kemitraan umat, ibadah sosial, juga kegiatan lintas sektoral. Diharapkan kehadiran Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten betul-betul menjadi dambaan semua masyarakat. Demikian pula sebaliknya apa yang diperbuat oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten selama ini mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya dan menyentuh ke semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muslim
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang Dilayani Pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang Dilayani Pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang

Dari 2 (dua) definisi tentang semangat kerja tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa semangat kerja merupakan sikap mental individu atau kelompok yang terdapat dalam suatu organisasi yang menunjukkan rasa kegairahan di dalam melaksanakan tugas-tugas atau pekerjaan dan mendorong mereka untuk bekerja secara lebih baik dan lebih produktif. Karyawan yang memiliki semangat kerja yang tinggi akan dapat meningkatkan prestasi kerjanya, karena mereka bekerja dengan penuh gairah dalam menjalankan tugas. Dengan demikian, semangat kerja mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan prestasi kerja. Perusahaan perlu meningkatkan semangat kerja karyawannya guna meningkatkan prestasi kerjanya. Dikatakan oleh Buchari Zainun (1984 : 89) bahwa :
Baca lebih lanjut

73 Baca lebih lajut

KUALITAS PELAYANAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO.

KUALITAS PELAYANAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO.

harus memperhatikan dari segi mutu dan kualitas,dimana dengan mutu pelayanan yang baik,akan dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat dalam menggunakan jasa pelayanan tertentu khususnya pada pelayanan pengurusan KTP(Kartu Tanda Penduduk).Dimana berdasarkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.Dimana KTP harus dimiliki oleh setiap warga negara,KTP merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia.Apabila mutu pelaksanaan yang dilakukan kepada masyarakat itu baik dan sesuai dengan prosedur,serta didalamnya terdapat kemudahan dalam pengurusannya.Maka masyarakat akan merasa puas terhadap hasil kerja pegawai Kantor Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.Yang telah memberikan pelayanan dengan baik,agar pelayanan tersebut berjalan dengan baik dan efektif serta dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat maka diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai,efektif dan serasi sesuai dengan kebutuhan yang ada sehingga dapat dicapai sesuai dengan tujuan.
Baca lebih lanjut

92 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

PENDAHULUAN PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

Keberadaan Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten merupakan bagian dari institusi pemerintah daerah yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas umum pemerintahan, khususnya di bidang urusan agama Islam, Kantor Urusan Agama telah berusaha seoptimal mungkin dengan kemampuan dan fasilitas yang ada untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Namun demikian upaya untuk mempublikasikan peran, fungsi dan tugas Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten harus selalu diupayakan. Realita dilapangan menunjukkan masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami sepenuhnya tugas dan fungsi Kantor Urusan Agama.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu Terhadap Kepuasaan Masyarakat Desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu Terhadap Kepuasaan Masyarakat Desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Ada beberapa pelayanan yang diberikan oleh aparatur desa diantaranya adalah pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Surat Ketarangan Tidak Mampu adalah surat yang dibuat oleh pihak pemerintah desa, dimana pemerintah desa menurut Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 pasal 1 ayat 2 adalah penyelenggara urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, aparatur desa bertugas melayani pembuatan SKTM, SKTM dikeluarkan atau dibuat bagi keluarga miskin fungsinya untuk meringankan biaya ketika berobat di rumah sakit, selain itu surat keterangan tidak mampu juga seringkali digunakan untuk pengajuan keringanan pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi, mengurus keperluan di bank serta bisa digunakan untuk mengurus Jaminan Kesehatan Masyarakat. Tidak semua penduduk di desa Mandalamekar mempu mencukupi kebutuhan sehari-hari, jangankan untuk berobat, sebagian masyarakat di desa ini masih kesulitan untuk makan, dengan adanya Surat Keterangan Tidak Mampu masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan kesahatan dan kemudahan dalam memperoleh pendidikan.
Baca lebih lanjut

163 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM DI KELURAHAN GENTAN KECAMATAN  Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Di Kelurahan Gentan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM DI KELURAHAN GENTAN KECAMATAN Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Di Kelurahan Gentan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.

Analisis regresi linier ganda adalah alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh beberapa variabel independen yang terdiri dari tangibles, reliability, responsive, assurance, dan emphaty terhadap variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat. Estimasi model yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan berbagai pertimbangan, maka pada penelitian ini data yang dianalisis dibatasi pada tangibles, reliability, responsive, assurance, dan emphaty serta kepuasan masyarakat. Yang dapat dirumuskan dalam persamaan berikut: (Djarwanto, 2002: 76)
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BAYONGBONG KABUPATEN GARUT

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BAYONGBONG KABUPATEN GARUT

Berdasarkan angket dari 9 pernyataan dapat diketahui hasil bahwa rata-rata jawaban responden pada variabel kepuasan masyarakat yang dilaksanakan di kecamatan bayongbong Kabupaten Garut adalah “cukup baik” yaitu sebesar 66,83%. Dari seluruh pernyataan pada variabel tersebut, indikator dengan nilai prosentase tertinggi ada pada item ke-1 sebesar 74,40% dengan kriteria “baik”. Sedangkan prosentase terendah terdapat pada item ke-4 sebesar 45,20% dengan kriteria “cukup baik”.

6 Baca lebih lajut

Pengaruh pelayanan penunjang pemerintahan kecamatan katapang kabupaten bandung terhadap kepuasan masyarakat

Pengaruh pelayanan penunjang pemerintahan kecamatan katapang kabupaten bandung terhadap kepuasan masyarakat

Menurut Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang dikutip oleh (Mouw, 2013) menjelaskan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Selanjutnya UU No 23 Tentang Pemerintahan Daerah, 2014 tentang pemerintanan daerah menyatakan bahwa pelayanan terbagi menjadi dua yaitu pelayanan dasar dan bukan pelayanan dasar. Menurut (Endah, 2008), kepuasan masyarakat mencakup tingkat kepuasan secara keseluruhan (overall satisfaction), kesesuaian pelayanan dengan harapan masyarakat (expectation), dan tingkat kepuasan masyarakat selama menjalin hubungan dengan instansi (experience).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN  PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel penelitian adalah 100 warga masyarakat yang menggunakan pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten.. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Random sampling Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner. Alat analisis yang digunakan regresi linear. Hasil Uji t menunjukkan bahwa tangible berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Reliability berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Responsiveness berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Assurance berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Emphaty berpengaruh positip terhadap kepuasan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini, variabel yang mempengaruhi perlu ditingkatkan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT (Studi kasus pembuatan e-ktp di Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro)

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT (Studi kasus pembuatan e-ktp di Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro)

a. Dari hasil wawancara dan observasi yang telah di lakukan oleh penulis, secara keseluruhan masyarakat merasa kurang puas atas pelayanan yang telah diberikan oleh petugas pelayanan. Dan juga pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat belum sesuai dengan harapan mereka mengenai kualitas pelayanan yang baik. Nyatanya mereka masih mengeluh tentang beberapa hal. Hal ini tentu dapat menjadi tolok ukur untuk menilai kualitas pelayanan publik yang telah dilakukan oleh petugas pada pelayanan e-KTP di Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jigoku Ramen Bandung

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jigoku Ramen Bandung

The purpose of this research is to investigate and examine the effect of service quality toward customers satisfaction. This research involves in five independent variables and one dependent variable. These five independent variables are tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance. And the dependent variable is customer satisfaction (Y).The primary data were collected through survey method with purposive sampling method using questionnaire given to 100 respondents. This type of research is causal and descriptive research with the research method of quantitative research methods to the 100 respondents coming from customers of Jigoku Ramen Bandung. While the data analysis techniques is a multiple linear regression analysis. This study has a descriptive analysis of the results by 80.9% for tangible, 81.6% for empathy,
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Pembuatan E-KTP ( Suatu Studi Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Pembuatan E-KTP ( Suatu Studi Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Abstract: Peoples Satisfacation on the Quality of Service Making E-KTP (A Study In Lowokwaru Malang).In order to improve public services, the government issued a policy of the e- KTP program. This study intends to find out how the implementation of e-KTP and the level of community satisfaction on e-KTP service. The method used is a quantitative method. Results of this study indicate that 1) the creation of e-KTP is still a lengthy and convoluted. 2) The public strongly supports the e-KTP program, but the implementation of centralized, equipment limitations, uncertainty recording schedules, and frequent power outages poses in a quick and precise service. 3) Yet the public satisfied with the e-KTP service officer where all the variables, variables significantly influence the reliability of people's satisfaction with a score of 81,50%, responsiveness variables significantly influence people's satisfaction with a score of 78.33%, significantly influence the beliefs variable satisfaction with score of 84.66%, empathy significantly influence people's satisfaction with a score of 87.66%, and intangible variables significantly influence people's satisfaction, because it has a score of 86.83%. The average score of 83.80. All variables are jointly influential and significant to people's satisfaction. Partially variables also affect people's satisfaction. Of the five variables, the most dominant variables affect empathy towards people's satisfaction with a score of 87.66%.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL HORISON BANDUNG.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL HORISON BANDUNG.

Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling (sampel acak). Menurut Sugiyono (2001: 60) Nonprobability Sampling adalah teknik yang tidak memberi peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Teknik pemilihan sampel yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah sampel aksidental (accidental sampling). Disini penulis hanya memberikan kuesoner kepada tamu yang sedang menginap di Hotel Horison Bandung yang secara kebetualan penulis temui. F. Instrumen Penelitian

41 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects