Top PDF PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

PENGARUH LOCUS OF CONTROL

TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

Penulis mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan anugerahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul : “Pengaruh Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Unika Soegijapranata Semarang)”

15 Baca lebih lajut

Pengaruh  Locus Of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika

Pengaruh Locus Of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika

Abstrak: Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expose facto dengan analisis komparasi yang dilakukan pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kab. Bekasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang peserta didik yang diambil dengan cara random dari populasi terjangkau sebanyak 207 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket sebanyak 30 butir pernyataan dan sudah divalidasi secara empirik. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan , dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari locus of control internal terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai yaitu 6,610 1,960.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Parental, dan Locus Of Control terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Parental, dan Locus Of Control terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa

5208 Universitas Tabanan yang orang tuanya bekerja sebagai seorang wiraswasta cenderung lebih banyak memiliki niat untuk berwirausaha dibandingkan dengan mahasiwa yang orang tuanya memiliki pekerjaan non wiraswasta. Agar dapat timbulnya niat berwirausaha secara merata di kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tabanan, maka sebaiknya kalangan terdidik di kampus mengadakan pendekatan atau sosialisasi dengan orang tua mahasiswa yang bekerja sebagai seorang non wiraswasta, dengan menanamkan pentingnya dukungan moral dan material dari pihak keluarga, demi mewujudkan niat berwirausaha; 3). Berdasarkan hasil deskripsi persepsi responden terhadap variabel locus of control yang diukur dengan 11 indikator, cenderung mengindikasikan bahwa secara keseluruhan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tabanan berasumsi bahwa timbulnya niat untuk berwirausaha sangat dipengaruhi oleh kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Oleh karena itu pihak Fakultas sebaiknya lebih meningkatkan kesadaran, motivasi dan mengembangkan kemampuan kewirausahaan para mahasiswanya dengan cara memperkenalkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN P

PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN P

Gaya hidup mahasiswa yang konsumtif menjadikan mahasiswa Fakultas Ekonomi terbiasa membelanjakan uang atau pendapatan yang diterima tanpa memperhatikan dampak yang akan terjadi. Gaya hidup konsumtif didukung dengan adanya kemajuan teknologi, seperti yang sedang ramai saat ini adalah sistem belanja online. Selain itu letak Fakultas di Universitas Negeri Surabaya dekat dengan pusat perbelanjaan serta sentra kuliner. Pergaulan mahasiswa sehari- hari dengan teman-temannya ataupun diluar lingkungan perkuliahan juga dapat menjadi alasan kegagalan finansial. Mahasiswa cenderung ingin menjalin kerjasama yang baik dengan teman, hal tersebut ditunjukkan mahasiswa dengan membeli barang yang sama meskipun hal tersebut kurang memiliki manfaat yang berarti. Menurut Owen (2003) menyatakan bahwa untuk memiliki ketrampilan mengelola keuangan dengan baik, anak harus dilatih dalam hal menabung, mengelola uang saku, melakukan pekerjaan ringan diluar rumah, berderma dan berinvestasi.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HUBUN (1)

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP HUBUN (1)

Untuk menguji validitas instrumen, peneliti telah terlebih dahulu melakukan pilot test pada instrumen yang akan digunakan dalam eksperimen. Pilot test melibatkan mahasiswa Program Magister Sains Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Prosedur ini dilakukan untuk mengetahui apakah kasus atau perlakuan yang akan diberikan dapat dipahami oleh subjek dan untuk mengetahui kesalahan yang mungkin terdapat dalam desain. Untuk itu pada pilot test ini subjek diminta untuk memberikan saran-saran berkenaan dengan instrumen yang digunakan untuk eksperimen. Pilot test juga diharapkan dapat menunjukkan bagaimana mengontrol lingkungan yang dapat mengganggu konsentrasi subjek dan keefektifan waktu dalam eksperimen. Sedangkan untuk mengetahui apakah instrumen pengukuran benar-benar handal sehingga dapat diperoleh hasil yang konsisten, maka dilakukan dengan uji reliabilitas. Sedangkan hipotesis yang disusun diuji dengan menggunakan analysis of variance (Anova).
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Perbedaan Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Locus of Control Pada Mahasiswa

Perbedaan Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Locus of Control Pada Mahasiswa

oleh kekuatan dari luar dimana, kalaupun ada individu hanya memiiliki sangat sedikit pengaruh (eksternal). Tella, Tella dan Adeniyi (2009) mengatakan jika seseorang memiliki locus of control internal, individu tersebut memliki keyakinan bahwa keberhasilannya atau usaha dan kemampuannya berada pada dirinya sendiri. Seseorang yang mengharapkan untuk berhasil akan lebih termotivasi dan mungkin untuk lebih belajar. Individu tersebut akan mencari informasi dan lebih cenderung memiliki kebiasaan belajar yang baik dan sikap akademik yang positif. Seseorang dengan locus of control eksternal di sisi lain, mungkin akan kurang untuk membuat upaya agar belajar karena individu tersebut memiliki keyakinan bahwa kesuksesannya tergantung dengan keberuntungan atau nasib.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Hubungan antara internal locus of control dengan fear of success pada mahasiswa

Hubungan antara internal locus of control dengan fear of success pada mahasiswa

Berdasarkan uraian hasil analisis deskriptif karakteristik subjek berdasarkan Fakultas, ditemukan bahwa tingkat Fear of Success pada mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lebih tinggi daripada mahasiswa dari Fakultas Ushulludin dan Filsafat. Hal ini sebanding dengan penelitian yang dilakukan oleh Ati, Kurniawati, dan Nurwanti (2015) bahwa mahasiswa yang mengalami Fear of Success kemungkinan besar akan mengalami kecemasan akademis, dimana mahasiswa tersebut merasa dirinya pintar namun dalam meraih prestasi akademik mengalami kendala yaitu takut mendapatkan kegagalan karena menghindari perasaan malu, terhina dan perasaan gelisah sehingga menganggap semua yang dilakukannya belum sempurna.
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Hubungan antara Locus of Control dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa

Hubungan antara Locus of Control dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa

Peristiwa tersebut bukan hanya berpengaruh pada buruknya nilai mata kuliah yang mempengaruhi nilai Indeks Prestasi (IP) tetapi juga harus mengulang mata kuliah yang sama, lebih buruk lagi jika mata kuliah yang tidak lulus adalah mata kuliah prasyarat mata kuliah lain maka proses pengambilan mata kulaih lain juga akan terhambat. Nilai IP menen- tukan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang berhak diambil mahasiswa setiap semester- nya (Buku Panduan Akademik Fakultas Psikologi, 2008). Nilai IP yang rendah membuat kesempatan mengambil jumlah SKS menjadi sedikit. Akibatnya, mahasiswa akan memer- lukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan beban studi program S1. Padahal aturan batas maksimal waktu penyelesaian masa studi adalah 7 tahun atau 14 semester (Buku Panduan Akademik Fakultas Psikologi, 2008).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PERILAKU PROKASTINASI MAHASISWA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL

PERILAKU PROKASTINASI MAHASISWA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL

Pola kepribadian Locus Of Control untuk personal (P) dengan perilaku prokrastinasi menunjukkan korelasi atau hubungan. Hasil korelasinya menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan, namun tidak searah pada kedua variabel tersebut. Makin tinggi pola kepribadian yang mengharapkan orang lain, justru memiliki perilaku prokrastinasi yang makin rendah. Perilaku prokrastinasinya akan timbul dan makin tinggi, bila pola kepribadian mengharapkan pada orang lain makin rendah. Pola kepribadian yang mengarah pada LOC (P) menunjukkan motivasi belajar, tinggi - rendahnya keinginan untuk belajar, dan kontrol diri yang disandarkan pada orang lain. Pola pribadi ini menunjukkan, bahwa tidak percaya diri secara akademis, dan tidak mampu mengerjakan tugas lalu mengandalkan orang lain untuk
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL

Konsep locus of control dikemukakan pertama kali oleh Rotter yaitu konsep yang memberikan gambaran tentang keyakinan seseorang mengenai sumber penentu pribadinya. Locus of control dibedakan menjadi dua yaitu locus of control internal dan locus of control eksternal. Individu yang memiliki locus of control internal memiliki keyakinan bahwa apa yang terjadi pada dirinya adalah karena pengaruh dari dirinya sendiri, keberhasilan dan kegagalan dipandang sebagai akibat perilakunya. Sedangkan individu yang mempunyai locus of control eksternal cenderung memiliki keyakinan bahwa faktor-faktor di luar dirinya mempengaruhi perilakunya. Keberhasilan dan kegagalan dalam hidupnya dipandang sebagai nasib, faktor keberuntungan, kesempatan karena kekuasaan orang lain atau karena kondisi-kondisi yang tidak dapat dikuasainya (Wulan,2005:28).
Baca lebih lanjut

289 Baca lebih lajut

Pengaruh locus of control dan lingkungan belajar terhadap hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa : studi kasus pada siswa SMA N 6 Yogyakarta.

Pengaruh locus of control dan lingkungan belajar terhadap hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa : studi kasus pada siswa SMA N 6 Yogyakarta.

Motivasi tiap orang untuk mengikuti pendidikan formal di sekolah sangat berbeda-beda. Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan (Sardiman, 2008:73). Motivasi tumbuh dalam diri seseorang yang membuat orang itu ingin melakukan sesuatu atau mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Dalam kegiatan belajar, maka motivasi dapat dikatakan sebagai suatu keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Oleh karena itu, seorang siswa yang memiliki intelegensi tinggi bisa saja gagal dalam belajar karena kekurangan motivasi dalam dirinya (Sardiman, 2008:75). Motivasi belajar dalam diri sebagian besar siswa-siswi SMA N 6 Yogyakarta dapat dikatakan cukup baik. Kelengkapan fasilitas belajar serta kemauan untuk belajar cukup tinggi, hal ini dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam berpartisipassi baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun dalam kegiatan di luar kelas.
Baca lebih lanjut

180 Baca lebih lajut

HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN AGGRESSIVE DRIVING PADA MAHASISWA UMM

HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN AGGRESSIVE DRIVING PADA MAHASISWA UMM

Data Polri Kota Malang menyebutkan bahwa kecelakaan yang melibatkan sepeda motor masih dominan sepanjang bulan januari – April 2016. Selain itu, kecelakaan juga didominasi oleh pengendara usia muda. Dari 228 kasus kecelakaan sepeda motor, sebanyak 21,89 % korban meninggal dan selebihnya, 78,11% korban luka berat dan luka ringan. Korban kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dengan mayoritas merenggut usia-usia produktif. Hampir 66,7 % korban kecelakaan sepeda motor merupakan usia 20-39 tahun. Sedangkan korban dari 10-19 tahun menempati posisi kedua terbanyak yaitu 20,37 % dan usia 40-69 tahun di posisi ketiga sekitar 12,96 % . Penyebab kecelakaan tersebut karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan, berkendara dalam pengaruh minuman keras, kondisi kendaraan yang sudah tidak layak, tidak disiplin dalam mematuhi rambu lalu lintas, masalah yang sudah dibawa dari rumah (human error), dan tidak menghargai pengguna jalan lainya (Kompas, 2016).
Baca lebih lanjut

104 Baca lebih lajut

HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada perguruan tinggi, mahasiswa dalam tahap perkembangannya digolongkan sebagai remaja dan dewasa awal, yaitu usia 18 – 21 tahun dan 22 – 24 tahun (Monks dkk, 2002). Dua kriteria yang diajukan untuk menunjukkan akhir masa remaja dan permulaan dari masa dewasa awal adalah kemandirian ekonomi dan kemandirian dalam membuat keputusan (Santrock, 2002). Mahasiswa diharapkan menjadi tulang punggung atau penerus guna menjadi tenaga profesional yang berkualitas untuk membangun bangsa dan negara. Mahasiswa harus menempuh masa studi minimal 3,5 tahun dan akhirnya akan melewati fase akhir studinya dengan menyusun skripsi.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

LOCUS OF CONTROL DAN KOMITMEN PROFESI DALAM PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI.

LOCUS OF CONTROL DAN KOMITMEN PROFESI DALAM PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh Locus Of Control dan Komitmen Profesi terhadap perilaku etis mahasiswa program studi akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Dan hasilnya bisa menjadi tolok ukur atau perbandingan oleh mahasiswa akuntansi yang belum optimal dalam bertindak, berkepribadian dan berperilaku sesuai dengan norma (aturan) sehingga dapat lebih baik lagi dalam menjadikan diri mereka seorang akuntan muda yang jujur, mempunyai kredibilitas dan menjunjung tinggi etika serta komitmen dalam berprofesi.
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

MOTIVASI DAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA DITINJAU DARI INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL (Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Tahun 2005/2006).

MOTIVASI DAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWA DITINJAU DARI INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL (Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Tahun 2005/2006).

memiliki ketegasan untuk tidak merokok. Bagi pihak perguruan tinggi dapat memberikan pengetahuan dan pembinaan tentang perilaku merokok serta dampak dari merokok, sehingga mahasiswa dapat memikirkan kembali jika ingin berparilaku merokok. Bagi peneliti selanjutnya yang melaksanakan penelitian serupa hendaknya memperhatikan variabel lain seperti jenis kelamin dan pengaruh iklan. Sehingga mampu memberikan gambaran yang lebih luas tentang perilaku merokok.

2 Baca lebih lajut

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAM

PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAM

Terdapat banyak kepribadian yang mungkin berpengaruh terhadap kemauan mahasiswa untuk belajar menggunakan komputer yang pada akhirnya berdampak pada kemampuan pemakaian komputer mereka. Penelitian ini mencoba melihat pengaruh atribut kepribadian Locus of Control terhadap kemampuan pemakaian komputer pada mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Menurut penelitian Ronawati Tjandra (2007) Locus of Control merupakan variabel moderasi yang mempengaruhi Computer Anxiety terhadap Keahliam Pemakaian Komputer di Akademisi Akuntansi YKPN Yogyakarta.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Penggunaan smartphone dan locus of control: Keterkaitannya dengan prestasi belajar, kualitas tidur dan subjective well-being

Penggunaan smartphone dan locus of control: Keterkaitannya dengan prestasi belajar, kualitas tidur dan subjective well-being

This research aimed to investigate the effect of smartphone usage frequency and locus of control (LOC) on smartphone activity at inappropriate times (sleep and self-study), learning achievement, and subjective well-being (SWB). This study employed 342 students as participants to fill the questionnaire. Participants were selected by systematic random sampling method. Path Analysis is used to check the effect of smartphone and LOC on selected outcome variables. Based on the model goodness of fit, covariance model is not significantly different to sample covariance; and based on a test of significance. Main analysis revealed that smartphone usage frequency influenced improper smartphone activity, sleep quality, and SWB. Similarly, we found that LOC influenced smartphone usage activity at bedtime, sleep quality, and SWB. This study concluded that increasing daily usage of smartphones will increase smartphone usage at improper times, decrease sleep quality and SWB. Furthermore, the more internal the LOC, the lower the use of smartphones during sleep times, increased sleep quality and SWB.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Pengaruh Strategi Pembelajaran Klarifikasi Nilai dan Locus of Control Terhadap Kemampuan Berpendapat Mahasiswa

Pengaruh Strategi Pembelajaran Klarifikasi Nilai dan Locus of Control Terhadap Kemampuan Berpendapat Mahasiswa

Proses pembelajaran di perguruan tinggi saat ini nampak bahwa masih banyak maha- siswa yang pasif dan cenderung sebagai pen- dengar yang baik dalam perkuliahan. Cara belajar mahasiswa pada umumnya hanya mendengarkan keterangan dosen dan kurang berupaya memahami secara mendalam dan mengkritisi isi matakuliah yang diberikan oleh dosen. Para dosen diharapkan melakukan evaluasi diri dan berupaya memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan sehingga tidak membiarkan mahasiswa berlarut-larut dalam suasana belajar yang merugikan, karena para pemuda ini kelak akan menjadi orang dewasa yang akan menghadapi dunia yang penuh de- ngan tantangan dan permasalahan.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects