Top PDF Pengaruh Pajanan Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler Terhadap Kecepatan Gerak dan Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Balb/C.

Pengaruh Pajanan Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler Terhadap Kecepatan Gerak dan Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Balb/C.

Pengaruh Pajanan Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler Terhadap Kecepatan Gerak dan Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Balb/C.

Fenomena lain yang ada pada masyarakat dewasa ini adalah terjadinya peningkatan angka kejadian pasangan dengan infertilitas. Dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 15% dari pasangan suami istri di Indonesia mengalami infertilitas. Faktor penyebab infertilitas dapat berasal dari suami, istri, atau keduanya. Menurut penelitian yang dilakukan Kardi Suteja pada tahun 2002, faktor penyebab yang berasal dari suami sebesar 40%, faktor penyebab yang berasal dari istri sebesar 40%, faktor penyebab yang berasal dari keduanya sebesar 20%. Studi Protokol Penatalaksanaan dan Efektivitas Pengobatan Infertilitas Pria di Surabaya pada tahun 2000 menyatakan masalah infertilitas pria merupakan masalah yang menunjukkan peningkatan dalam dekade terakhir ini. Observasi di beberapa negara menunjukkan gejala penurunan jumlah dan kualitas sperma yang cukup menyolok di antara pria dewasa muda (Aucky Hinting, 2000).
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Efek Pajanan Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler GSM dan CDMA Terhadap Motilitas dan Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Balb/C.

Efek Pajanan Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler GSM dan CDMA Terhadap Motilitas dan Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Balb/C.

Spermatogenesis dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain : suhu, merokok, stress, obesitas, dan latihan fisik yang berat (Yudini, 2006). Suhu terbaik untuk produksi sperma adalah 3 ⁰ C di bawah suhu tubuh yang normal (Snell, 2006). Selain radiasi gelombang elektromagnetik, telepon seluler juga menghasilkan panas yang bisa mempengaruhi spermatogenesis. Apalagi bila telepon seluler ditempatkan di saku celana yang dekat dengan testis. Suhu tinggi dapat memberikan dampak buruk terhadap motilitas dan jumlah sperma yang dihasilkan oleh testis (Sohibul, 2008).
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Jinten Hitam (Nigella sativa Linn.) terhadap Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Swiss-Webster yang Dipajankan Radiasi Elektromagnetik Telepon Seluler.

Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Jinten Hitam (Nigella sativa Linn.) terhadap Jumlah Spermatozoa Mencit Galur Swiss-Webster yang Dipajankan Radiasi Elektromagnetik Telepon Seluler.

Pajanan radiasi elektromagnetik menyebabkan peningkatan Reactive Oxygen Species (ROS) secara signifikan dan menyebabkan apoptosis pada fibroblas embrionik tikus (NIH/3T3) yang diradiasi 1800 MHz telepon seluler GSM pada mode bicara dan Specific Absorbtion Rate (SAR) 2 W/kg (Huo, et al., 2014) . Hasil penelitian menunjukkan penurunan kecepatan (motilitas) spermatozoa yang sangat signifikan pada mencit galur BALB/C yang diberi perlakuan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler sebanyak 20, 40, dan 80 kali per hari selama 7 hari dibandingkan kelompok kontrol. Didapatkan penurunan jumlah spermatozoa mencit yang sangat signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Semakin tinggi jumlah paparan radiasi elektromagnetik, semakin rendah kualitas spermatozoa (Soeng, et al., 2007).
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Pengaruh Pasta Tomat (Solanum Lycopersicum) Terhadap Kecepatan Gerak, Jumlah, dan Viabilitas Spermatozoa Pada Mencit Galur Balb/c Yang Mengalami Spermiotoksisitas Akibat Induksi Sisplatin.

Pengaruh Pasta Tomat (Solanum Lycopersicum) Terhadap Kecepatan Gerak, Jumlah, dan Viabilitas Spermatozoa Pada Mencit Galur Balb/c Yang Mengalami Spermiotoksisitas Akibat Induksi Sisplatin.

Universitas Kristen Maranatha Testis manusia dikenal sebagai organ target kerusakan akibat pemajanan agen terapeutik dan agen toksik dari lingkungan. Terdapat banyak kemungkinan mekanisme dan manifestasi kerusakan akibat bahan toksik pada spermatogenesis (misalnya defek spermatogenesis, retained spermatid, mengelupasnya epitel seminiferus), salah satu konsekuensi awal pajanan toksik, yaitu induksi apoptosis sel germinativum. Efek jangka panjang yang ditakutkan dari pajanan toksik adalah timbulnya atropi testis persisten, yang dalam keadaan berat, dapat mengakibatkan azoospermia berkepanjangan dan infertilitas (Boekelheide, 2005).
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

Efek Gelombang Elektromagnetik Telepon S

Efek Gelombang Elektromagnetik Telepon S

Nowadays, cellular phones are widely used, but most people seem do not aware of the effect of radio frequency electromagnetic radiation (RFEMR) on human body, especially the male reproduction system. The objective of this study is to investigate the biological effects of RFEMR of cellular phone on sperm motility and sperm count. Sixteen mice of BALB/c strain were divided into four groups: mice in the control group were not exposed to RFEMR, mice in the the first group were exposed to 20 times/day intensity, the second group to 40 times/day, and the third group to 80 times/day. Mice were exposed to 1900MHz at specific absorption rate of 96 mW/kg for 7 days. Sperm motility and sperm count were analyzed by means of Oneway ANOVA using SPSS 13.0. There were highly significant differences of sperm motility between the exposed mice groups and the control group (p<0.01), but no significant differences among the three exposed groups (p>0.05). There were also highly significant differences of sperm count between the exposed groups and the control group (p<0.01), and the differences among the three exposed group were significant too (p<0.05). It can be concluded that exposure to cellular phone electromagnetic radiation may reduces mice sperm motility and sperm count.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP JUMLAH SPERMA MENCIT BALB/C YANG DIPAPARI ASAP ROKOK  Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Jumlah Sperma Mencit BALB/C Yang Dipapari Asap Rokok.

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP JUMLAH SPERMA MENCIT BALB/C YANG DIPAPARI ASAP ROKOK Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Jumlah Sperma Mencit BALB/C Yang Dipapari Asap Rokok.

Latar Belakang : 60 persen laki-laki di Indonesia adalah perokok (WHO Global Youth Tobacco Survey 2000). Konsumsi rokok yang berlebihan dapat menyebabkan infertilitas pada laki-laki karena rokok mengandung banyak radikal bebas yang dapat mengganggu proses spermatogenesis sehingga menyebabkan penurunan jumlah sperma. Vitamin C dan Zinc merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi sperma terhadap radikal bebas. Pemberian kombinasi vitamin C dan Zinc diharapkan dapat mengatasi stress oksidatif sehingga dapat meningkatkan jumlah sperma akibat paparan asap rokok.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP JUMLAH SPERMA MENCIT BALB/C YANG TERPAPAR ASAP ROKOK  Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Jumlah Sperma Mencit BALB/C Yang Dipapari Asap Rokok.

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP JUMLAH SPERMA MENCIT BALB/C YANG TERPAPAR ASAP ROKOK Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Jumlah Sperma Mencit BALB/C Yang Dipapari Asap Rokok.

Radikal bebas dalam tubuh dapat dicegah dengan antioksidan. Vitamin C dan Zinc adalah antioksidan yang sangat efektif dalam melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme normal ataupun melalui asap rokok. 3 Interaksi yang terjadi antara Zinc dan vitamin C berhubungan dengan perubahan PH saluran cerna, Perubahan PH ini terjadi karena sifat vitamin C yang asam sehingga mampu menurunkan PH lingkungan kemudian derajat ionisasi Zinc sulfat akan menurun sebab Zinc sulfat mempunyai derajat keasaman yang rendah sehingga bentuk tidak terionisasi lebih banyak dan kelarutan dalam lemak menjadi lebih tinggi. Di samping itu Zinc sulfat memiliki sifat amfoter dengan energi potensial yang sangat kecil (daya pengoksidasi sangat kecil) kemudian berinteraksi dengan vitamin C yang memiliki daya mereduksi yang kuat, sehingga mampu meningkatkan absorbsi Zinc melalui perbedaan potensial diantara kedua sisi membran. 6
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

501733435.doc 395.45KB 2015-10-12 00:17:55

501733435.doc 395.45KB 2015-10-12 00:17:55

Kemajuan teknologi dapat mempengaruhi peningkatan pemancaran radiasi gelombang elektromagnetik. Hal ini dikaitkan dengan tingkat kesadaran dan pengetahuan penduduk akan dampak negatif dan bahaya radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh telepon seluler, alat-alat komunikasi dan alat-alat canggih lainnya yang berpotensi memancarkan gelombang elektromagnetik. Beberapa langkah mudah yang dapat meminimalisasi radiasi elektromagnetik dapat dilakukan dengan cara-cara mudah namun hal tersebut kadang dianggap sepele, diabaikan dan bahkan dianggap tidak penting sehingga sering tidak dipatuhi oleh para pengguna telepon seluler, alat-alat komunikasi dan alat-alat modern lainnya.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

367057272.doc 330.19KB 2015-10-12 00:17:46

367057272.doc 330.19KB 2015-10-12 00:17:46

Dengan perkembangan global menyebabkan tidak adanya pembatasan pekembangan teknologi dari negara satu ke negara lainnya, hal ini menyebabkan semakin meningkatnya perkembangan teknologi diseluruh negara terkhusus di Indonesia karena pada zaman sekarang semua negara dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sehingga menyebabkan negara-negara didunia semakin berlomba-lomba menciptakan teknologi-teknologi yang mutahir, namun tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang dampak negatif dan bahaya dari penggunaan alat-alat canggih yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik. Dampak nyata yang dapat ditimbulkan dari radiasi gelombang elektromagnetik adalah pada gangguan kesehatan pada tubuh manusia seperti: memicu kanker otak, tumor, sakit kepala, kelainan pada organ reproduksi, dan lain-lain (putrijulaiha.wordpress.com)
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Pengaruh Pajanan Gelombang Telepon Seluler terhadap Struktur Histologi Hipokampus pada Mencit (Mus musculus) | Makiyah | Jurnal Mutiara Medika 1573 4329 1 PB

Pengaruh Pajanan Gelombang Telepon Seluler terhadap Struktur Histologi Hipokampus pada Mencit (Mus musculus) | Makiyah | Jurnal Mutiara Medika 1573 4329 1 PB

Telepon seluler atau ponsel yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, memang sangat membantu dalam hal kemudahan berkomunikasi. Ukuran ponsel makin lama makin kecil agar lebih praktis mudah dimasukkan ke dalam saku dan kelebihannya makin lama makin canggih. Kecanggihan dan kelebihan ponsel tidak lain adalah waktu selalu ditemukan hal yang baru. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa pancaran sinyal dari emiter ponsel selalu mengikuti kaidah pancaran radiasi gelombang elektromagnetik. 1

5 Baca lebih lajut

PENGARUH EKSTRAK ETANOLIK KECAMBAH KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus) YANG TERPAPAR 2-METHOXYETHANOL Repository - UNAIR REPOSITORY

PENGARUH EKSTRAK ETANOLIK KECAMBAH KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus) YANG TERPAPAR 2-METHOXYETHANOL Repository - UNAIR REPOSITORY

Rumanta, M., T.W. Surjowo dan S. Sudarwati, 2001, Pengaruh Asam Methoxyacetat terhadap Organ Reproduksi Mencit (Mus Musculus) Swiss Webster Jantan, Proceding Institute Technology Bandung, Bandung. Sax NI dan Lewis RJ, 1989, Dangerous Properties of industrial Materials , 7 th

6 Baca lebih lajut

Pemberian Vitamin C, E, Serta Kombinasinya Meningkatkan Diameter Tubulus Seminiferus Mencit (Mus musculus) Galur Swiss Webster Yang Diberi Pajanan Allethrin.

Pemberian Vitamin C, E, Serta Kombinasinya Meningkatkan Diameter Tubulus Seminiferus Mencit (Mus musculus) Galur Swiss Webster Yang Diberi Pajanan Allethrin.

The result show that the mean of diameter of seminiferous tubules in vitamin C, E, and the combination were significantly different from positive control. The conclusion is that vitamin C, E, and the combination increasing the diameter of seminiferous tubules of allethrin exposed Swiss Webster mice. The treatment with combination of vitamin C and E were better in increasing the diameter of seminiferous tubules of allethrin exposed Swiss Webster mice than treatment of single vitamin.

43 Baca lebih lajut

Pengaruh Ekstrak Metanol Akar Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia, Jack.) terhadap Jumlah Splenosit Mencit Diinfeksi Listeria monocytogenes | Darmawati | Jurnal Mutiara Medika 935 2676 1 PB

Pengaruh Ekstrak Metanol Akar Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia, Jack.) terhadap Jumlah Splenosit Mencit Diinfeksi Listeria monocytogenes | Darmawati | Jurnal Mutiara Medika 935 2676 1 PB

Percobaan ini dirancang untuk mempelajari pengaruh ekstrak metanol akar E. longifolia, Jack (MEEL) pada respon imun spesifik dengan penekanan khusus pada jumlah splenoctyes. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Empat puluh delapan tikus betina Balb / c yang digunakan di seluruh. Empat puluh delapan tikus yang digunakan berpikir studi, dan dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama sebagai kontrol hanya menerima aquadest. Kelompok II, III, dan IV diberikan 100, 200, dan 400 mg / kgBB per hari, masing-masing yang MEEL diberikan bersama 14 hari. Kemudian, pada hari-15, diinfeksi Listeria monocytogenes. Observasi dilakukan pada hari 0, 3, dan 10 setelah infeksi. Jumlah splenocytes layak diukur dengan MTT Assay. Data dianalisis menggunakan Anova satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol E. longifolia, Jack pada 200 mg / kg BB per hari sejauh 14 hari dapat meningkatkan persentase splenocytes, dan puncaknya terdeteksi pada hari-0 infeksi, pada Kii 11.363% yaitu, pada hari-3 setelah infeksi di KIII, yaitu 10.433% dan pada hari-10 di KIII yaitu 8.907%. Uji Anova menunjukkan perbedaan bermakna dengan pengecualian kelompok I dengan IV, dan II dengan III dan III dengan IV. Disimpulan ekstrak metanol E. longifolia, Jack. root mampu meningkatkan persentase splenocytes di Balb / c tikus yang terinfeksi dengan L. monocytogenes. Kata kunci: Eurycoma longifolia, Jack., splenosit, mencit Balb/C, Listeria monocytogenes
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pengaruh Ekstrak Etanol Batang Bratawali (Tinosporae Caulis) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit Jantan Galur Balb/C Yang Diinduksi Aloksan.

Pengaruh Ekstrak Etanol Batang Bratawali (Tinosporae Caulis) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit Jantan Galur Balb/C Yang Diinduksi Aloksan.

Simplisia yang sudah kering dan halus (sudah digiling) lalu ditimbang untuk mendapatkan berat bersih 1 kg. Serbuk simplisia tersebut dimasukkan ke dalam wadah simplisia pada alat ekstraksi sejenis ekstraktor dengan perbandingan 1 : 5. Prosesnya dilakukan secara kontinyu hingga senyawa dalam simplisia telah terekstraksi secara merata/sempurna selama 4 jam dengan setting suhu maksimal 50°C.

32 Baca lebih lajut

Efek vitamin c terhadap jumlah spermatozoa mencit yang diinduksi gentamisin

Efek vitamin c terhadap jumlah spermatozoa mencit yang diinduksi gentamisin

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan hewan coba mencit jantan dewasa (Mus musculus L.). Mencit (Mus musculus L.) merupakan hewan pengerat yang banyak digunakan sebagai model hewan dalam penelitian eksperimental disebabkan pemeliharaan yang mudah dan tidak mahal, secara genetik memiliki kesamaan dengan manusia, serta tingkat kesuburan yang tinggi. Mencit strain DDY merupakan inbred strain dari strain ddY (Deutschland, Denken, Yonken). Mencit ini menunjukkan pertumbuhan dan sistem reproduksi yang baik. 50,51

57 Baca lebih lajut

EFEK IMUNOMODULATOR EKSUDAT IKAN GABUS ( Channa s triata ) TERHADAP AKTIVITAS, KAPASITAS MAKROFAG DAN JUMLAH SEL LEUKOSIT,LIMFOSIT, NEUTROFIL PADA MENCIT JANTAN GALUR BALB/c - repository perpustakaan

EFEK IMUNOMODULATOR EKSUDAT IKAN GABUS ( Channa s triata ) TERHADAP AKTIVITAS, KAPASITAS MAKROFAG DAN JUMLAH SEL LEUKOSIT,LIMFOSIT, NEUTROFIL PADA MENCIT JANTAN GALUR BALB/c - repository perpustakaan

Hasil: Kapasitas, aktivitas makrofag dari kelompok eksudat ikan gabus lebih tinggi dari kontrol positif dan negatif. Eksudat ikan gabus pada dosis 3,9 mg/hari lebih tinggi dari kelompok yang lain dan berbeda bermakna dari data statistic. Eksudat ikan gabus tidak meningkatkan jumlah sel leukosit, lymfosit, neutrofil dari darah mencit.

16 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMBERIAN MINUMAN BERALKOHOL TERHADAP JUMLAH SEL PURKINJE SEREBELLUM MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN GALUR BALB/C

PENGARUH PEMBERIAN MINUMAN BERALKOHOL TERHADAP JUMLAH SEL PURKINJE SEREBELLUM MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN GALUR BALB/C

Sebanyak 20 ekor mencit (Mus musculus L.) galur Balb/c jantan (usia 3-4 bulan) dibagi secara acak menjadi 4 kelompok, yaitu kontrol, dosis 0,56, dosis 0,80, dosis 1,12 masing-masing terdiri dari 5 ekor. Selama 30 hari, diberikan secara peroral 1,12 mL aquades (kontrol), dosis 0,56, 0,80, dan 1,12 diberikan minuman beralkohol masing-masing 0,56 mL, 0,80 mL, dan 1,12 mL. Setelah 30 hari, mencit didekapitasi dan diambil serebelum untuk dibuat sediaan mikroskopis dan diinterpretasi dengan menggunakan mikroskop.

12 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA MENCIT  STRAIN BALB/C YANG DIBERI  Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Motilitas Spermatozoa Mencit Strain Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok.

PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN C DAN ZINC TERHADAP MOTILITAS SPERMATOZOA MENCIT STRAIN BALB/C YANG DIBERI Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Motilitas Spermatozoa Mencit Strain Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok.

Backgrounds : Infertility is the biggest frightening in marriage life. The incidence of infertility happens in couples around 15 percent. More than 50 percent infertility in marriage life is caused by male. The exposure of cigarette smoke causing damage to the function of testis by oxidative stressed. This problem showing an increasing in last decade. Vitamin C is a high antioxidant to avoid the impact of oxidative stressed. Zinc is an important element to protect germ cells, affect the expansion of spermatogenesis, and the motility of sperm.

13 Baca lebih lajut

Pengaruh Pajanan Gelombang Telepon Seluler Terhadap Struktur Histologi Limpa pada Mencit (Mus musculus)

Pengaruh Pajanan Gelombang Telepon Seluler Terhadap Struktur Histologi Limpa pada Mencit (Mus musculus)

Pada kenyataannya banyak peneliti yang mengungkap pengaruh radiasi ponsel terhadap kesehatan manusia menerangkan bahwa seseorang yang banyak terkena radiasi ponsel cepat atau lambat, dapat menyebab- kan efek detrimental pada otak, bahkan ada yang berpendapat bahwa penggunaan ponsel secara terus menerus selama 5-18 tahun atau lebih berisiko lebih tinggi terkena leukemia atau kanker pankreas juga dapat menyebab- kan penurunan produksi sperma sampai 80% (Suroso, 2006).

7 Baca lebih lajut

Hubungan pajanan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler atau laptop dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran HALAMAN AWAL

Hubungan pajanan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler atau laptop dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran HALAMAN AWAL

Hasil. Penelitian ini melibatkan 41 mahasiswa laki-laki dan 109 mahasiswa perempuan. Sebanyak 139 subjek (92,7%) menggunakan telepon seluler dalam tingkatan tinggi, sedangkan 73 subjek menggunakan laptop dengan meletakkannya di atas pangkuan. Dari 73 subjek tersebut, 52 subjek (71,2%) menggunakan laptop dalam tingkatan rendah. Uji analisis Spearman mengindikasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pajanan elektromagnetik telepon seluler dengan kualitas tidur (p=0,198; r=0,106), sebagaimana pajanan elektromagnetik laptop dengan kualitas tidur (p=0,133; r=- 0,178) mahasiswa kedokteran.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...