Top PDF Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta

Dengan adanya dana BOS, kegiatan belajar-mengajar bisa digratiskan, karena seluruh biaya operasional sekolah ditanggung pemerintah. Hal inilah yang membuat akses pendidikan semakin meluas dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini yang dirasakan masyarakat Sragen khususnya pelajar dari keluarga kurang mampu. Alokasi dana BOS SD/SMP di Kabupaten Sragen untuk 2014 mencapai Rp73,5 miliar, angka ini lebih tinggi dibandingkan alokasi 2013 sebesar Rp72,4 miliar. Dana tersebut juga didukung alokasi dari APBD 2013 untuk pendidikan sebesar Rp125 miliar, dan di tahun 2014 menjadi Rp89 miliar.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SMPN 6 SATAP RAMBAH SAMO

ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SMPN 6 SATAP RAMBAH SAMO

Fungsi Dan Tugas Utama Sekolah Fungsi dan tugas utama sekolah adalah meneruskan, mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan masyarakat melalui pembentukan kepribadian anak-anak agar menjadi manusia dewasa dari sudut usia maupun intelektual, serta terampil dan bertanggung jawab sebagai upaya mempersiapkan generasi pengganti yang mampu mempertahankan eksistensi kelompok atau masyarakat dengan budaya yang mendukungnya. Kepala Sekolah adalah orang pertama yang paling bertanggung jawab dalam melaksanakan program dan kegiatan sekolah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG

ANALISIS PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG

65 ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang setempat, 2-Pengurus Komite Sekolah di Kecamatan Seberang Ulu I menyatakan LPJ tidak pernah dibahas dalam rapat internal sekolah, 3-Pengurus Komite Sekolah di Kecamatan Seberang Ulu I umumnya kurang mengetahui cara perhitungan maupun realisasi penggunaan dana BOS, 4-Umumnya Komite sekolah hanya diharuskan ke sekolah untuk menandatangani Format BOS K2, 5-Hampir Semua sekolah yang disurvey sebagian kecil menempelkan informasi BOS pada papan pengumuman yang diletakan di Ruang Kepala Sekolah ataupun di Ruang TU/Guru dan sebagian besar yang lain bahkan tidak menempelkannya di tempat yang dapat terlihat dikarenakan alasan sedang diperbaiki datanya, 6- Umumnya informasi yang dimuat adalah informasi tentang Format BOS K2/ Format BOS 11B (rincian penggunaan dana secara umum).
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIFITAS, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA PADANG.

ANALISIS EFEKTIFITAS, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA PADANG.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai salah satu sekolah yang menjadi sasaran pemberian dana BOS, sudah tentu dituntut untuk melakukan pengelolaan secara efektif dan efisien, dalam hal penggunaan dana harus transparan serta dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Pengelolaan program BOS di SMP tersebut harus dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan akses pelayanan pendidikan khususnya masyarakat miskin, serta dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka menyukseskan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, hal ini mengingat bahwa salah satu indikator penuntasan program Wajib Belajar 9 Tahun diukur dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat SMP dan sederajat.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

   DAFTAR PUSTAKA  Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

DAFTAR PUSTAKA Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Marco, Robert ; Amborowati, Armadyah. 2016.” Analisa Pengelolaan dan Monitoring Dana Bantuan Operasiomnal Sekolah(BOS) Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Website pada SLTP di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Ilmiah DASI , Vol. 17 No. 1 Maret 2016, hlm 6-14.

5 Baca lebih lajut

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta

Sedangkan pengeluaran yang tidak masuk pada 13 item dalam tata kelola dana BOS menggunakan iuran infak siswa yang dilaksanakan setiap Jumat, seperti takziah kami melakukan iuran sosial/urunan pada tiap-tiap guru. Apabila anggaran dalam BOS tidak cukup padahal dana triwulan berikutnya belum cair maka bendahara BOS dengan persetujuan Kepala Sekolah meminjam kepada pihak ke 3 seperti Koperasi sekolah. Demikian halnya penelitian dari penelitian Husaina Banu Kenayathulla (PhD), 2014, hasil penelitiannya sebagai berikut pembiayaan sekolah dasar dan menengah merupakan proses yang kompleks dengan beberapa tujuan: sistem keuangan sekolah berusaha untuk menyediakan sumber daya yang cukup sehingga semua anak memiliki kesempatan untuk belajar, tetapi pada saat yang sama, sumber daya harus digunakan seefisien mungkin. Pembuat kebijakan tidak selalu tahu cara terbaik untuk meningkatkan sistem keuangan sekolah mereka, meskipun pembiayaan merupakan bagian penting dari sistem pendidikan; tanpa sumber daya, sekolah tidak akan berfungsi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)

(Studi Kasus Pada Seluruh Sekolah Menengah Pertama Penerima Dana BOS di Kota Serang)

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Kasus Pada Seluruh Sekolah Menengah Pertama Penerima Dana BOS di Kota Serang)

Suatu pengelolaan keuangan terutama pada lembaga pendidikan dengan baik dan buruknya pengelolaan tentunya akan mempengaruhi kualitas pelayanan pendidikan pada lembaga tersebut. Dalam pengelolaan keuangan sekolah masyarakat juga ikut berperan serta sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 pasal 8 disebutkan bahwa masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan ,dan evaluasi program pendidikan. Kepercayaan publik atau masyarakat dalam pengelolalaan dana pendidikan sangat terkait dengan perlunya menciptakan proses yang menjamin bahwa sumber daya publik digunakan dengan baik dan sesuai sebagaimana mestinya demi mewujudkan pendidikan yang baik. Proses tersebut tentunya memerlukan good governance terutama pada pengelolaan dana pada bidang pendidikan agar terwujudnya efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KINERJA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI TAHUN ANGGARAN 2015 DI KOTA SURAKARTA.

KINERJA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI TAHUN ANGGARAN 2015 DI KOTA SURAKARTA.

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dimulai sejak bulan Juli tahun 2005, karena masyarakat miskin mengalami putus sekolah tidak punya biaya untuk sekolah yang lebih tinggi. Program BOS bertujuan untuk mewujudkan wajib belajar 9 tahun yang bermutu, maka peserta didik di tingkat pendidikan dasar akan dibebaskan dari beban biaya operasional sekolah. Sejak tahun 2012 penyaluran dana BOS mengalami peningkatan biaya satuan dan perubahan mekanisme penyaluran. Dalam mekanisme penyaluran yang baru tersebut tentu ada kesulitan dan keluhan dari pihak sekolah kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak

Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak

4. Faktor-faktor yang mendukung implementasi kebijakan BOS pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak di antaranya (1) pengalaman manajemen sekolah yang cukup memadai karena pihak sekolah sudah pernah menjalankan program-program bantuan sekolah lainnya, (2) respon positif dari masyarakat Sengah Temila terhadap kebijakan BOS dengan tidak adanya penolakan khususnya oleh pihak sekolah dan anggota masyarakatnya, dan (3) birokrasi kebijakan pemerintah dalam penyaluran dan pengelolaan dana langsung ditangani oleh pihak sekolah sehingga birokrasi dan koordinasi pelaksanaannya tidak terlalu rumit. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat implementasi kebijakan BOS pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak tidak sampai menjadi faktor penghambat yang justeru dapat menggagalkan implementasi program BOS itu sendiri. Pada umumnya faktor-faktor penghambat tersebut hanya dijumpai pada saat pertama program BOS diluncurkan tahun 2005, namun seiring perjalanan waktu faktor-faktor penghambat tersebut dapat teratasi. Adapun faktor- faktor yang cenderung menjadi penghambat tersebut seperti : (1) kurang tersedianya waktu yang cukup pada awal pertama kali diluncurkannya program BOS pada tahun 2005, (2) kurangnya partisipasi Komite Sekolah dalam implementasi kebijakan BOS, dan (3) kurangnya partisipasi instansi pendukung seperti LSM dan Media Daerah yang cenderung bersifat profit oriented, sedangkan kebijakan BOS tidak atau kurang menyediakan pendanaan yang cukup untuk sosialisasi. (4) ketidak pedulian masyarakat terhadap program BOS, sehingga tidak jarang dijumpai orang tua siswa yang tidak tahu sama sekali
Baca lebih lanjut

197 Baca lebih lajut

   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL  SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Buku Pembantu Bank, Buku Pembantu Pajak. Oleh karena bendahara harus memahami berbagai buku tersebut, jika tidak maka akan menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik bagi sekolah. Selain itu sekolah juga harus membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS- K7A) di tiap akhir triwulan untuk keperluan monitoring dan audit, membuat laporan tahunan yang merupakan kompilasi dari laporan penggunaan dana BOS tiap triwulan untuk diserahkan ke SKPD, pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Yudha Aria Duta dan Ikhsan Budi Raharjo, 2013, hasil penelitianya menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS di SMP Pawiyatan Surabaya belum sepenuhnya efektif karena beberapa faktor yang mengarah pada tercapainya tujuan pengelolaan dana banyak yang belum tercapai antara lain : pertama aspek perencanaan, anggaran dana BOS yang diberikan kepada sekolah dirasa masih terlalu sedikit dibandingkan dengan besaran biaya operasional yang harus ditanggung oleh sekolah. Kedua aspek pelaksanaan, pada dasarnya seluruh penggunaan anggaran sudah sesuai dengan juklak/juknis akan tetapi minimnya sosialisasi kepada orang tua menyebabkan banyak pihak yang salah paham masalah dana BOS.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)  Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2010-2011.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2010-2011.

Penulis menyadari bahwa tesis ini tersusun atas sumbangan dan dorongan baik secara material maupuan spiritual dari berbagai pihak selama penelitian hingga selesainya penulisan tesis ini. Oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada berbagai pihak yang telah membantu. 1. Prof. Dr. Bambang Setiaji, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta yang

16 Baca lebih lajut

MANAJEMEN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SAMBAS

MANAJEMEN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SAMBAS

Menurut Dedi Kusmayadi bahwa laporan pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah terdiri atas “Buku Kas Umum (BKU), buku pembantu kas, buku Bank, buku pajak, kuitansi pembelian, daftar penerimaan honor atau insentif dan tranfort dan format BOS- K7a”. Model penyusunan laporan pertanggungjawaban agak sedikit rumit dan membingungkan, sehingga pada triwulan pertama mengalami kesalahan terutama dalam pembuatan laporan BOS-K7a. Menurut tim manajemen BOS Kabupaten, untuk menertibkan administrasi pelaksanaan pengelolaan dana bantuan operasional sekolah diharuskan membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengelolaan dana setiap triwulan seperti yang dikatakan oleh Suherlan yang merupakan tim manajemen BOS kabupaten Sambas berikut ini Untuk tertib administrasi maka dalam mekanisme pengajuan dana BOS sekolah diharuskan membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengelolaan dana setiap triwulan. Komponen yang diajukan untuk memperoleh dana BOS adalah membuat laporan realisasi kegiatan dalam bentuk format K-7a selain ditandatangan oleh kepala sekolah dan bendahara BOS laporan tersebut harus juga ditandatangani oleh Manajer BOS Kabupaten dan Kepala UPT Kecamatan masing-masing. Lebih lanjut Dedi Kusmayani menyatakan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS dikirim ke Dinas Pendidikan Kabupaten untuk dikoreksi dan diteliti jika ternyata masih ada kesalahan dalam penyusunan laporan, sekolah disuruh memperbaikinya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sambas

Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sambas

Menurut Dedi Kusmayadi bahwa laporan pertanggungjawaban dana bantuan RSHUDVLRQDO VHNRODK WHUGLUL DWDV ³%XNX .DV Umum (BKU), buku pembantu kas, buku Bank, buku pajak, kuitansi pembelian, daftar penerimaan honor atau insentif dan tranfort dan format BOS-. D´ 0RGHO penyusunan laporan pertanggungjawaban agak sedikit rumit dan membingungkan, sehingga pada triwulan pertama mengalami kesalahan terutama dalam pembuatan laporan BOS-K7a. Menurut tim manajemen BOS Kabupaten, untuk menertibkan administrasi pelaksanaan pengelolaan dana bantuan operasional sekolah diharuskan membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengelolaan dana setiap triwulan seperti yang dikatakan oleh Suherlan yang merupakan tim manajemen BOS kabupaten Sambas berikut ini Untuk tertib administrasi maka dalam mekanisme pengajuan dana BOS sekolah diharuskan membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengelolaan dana setiap triwulan. Komponen yang diajukan untuk memperoleh dana BOS adalah membuat laporan realisasi kegiatan dalam bentuk format K-7a selain ditandatangan oleh kepala sekolah dan bendahara BOS laporan tersebut harus juga ditandatangani oleh Manajer BOS Kabupaten dan Kepala UPT Kecamatan masing-masing. Lebih lanjut Dedi Kusmayani menyatakan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS dikirim ke Dinas Pendidikan Kabupaten untuk dikoreksi dan diteliti jika ternyata masih ada kesalahan dalam penyusunan laporan, sekolah disuruh memperbaikinya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas

Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Atas

Pada penelitian sebelumnya yang berjudul, Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Adminstrasi Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Assalam Garut dengan menggunakan PHP [2]. Penelitian tersebut hanya mengakomodir keuangan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan ekstra kulikuler, selain itu sampai saat ini belum ada aplikasi pengelolaan dana BOS untuk tingkat Sekolah Menengah Atas.

10 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH  DI SEKOLAH   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

Judul : Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Dasar se Gugus Irawan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Dengan ini kami menilai Tesis tersebut dapat disetujui untuk diajukan dalam Sidang Ujian Tesis pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

19 Baca lebih lajut

 PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA   DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 SURAKARTA  Pengelolaan Laboratorium IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Surakarta.

PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 SURAKARTA Pengelolaan Laboratorium IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Surakarta.

Prosedur pengadaan dimulai dengan penyusunan alat dan bahan yang akan dibeli yang dikumpulkan dari usulan masing-masing guru IPA yang dikoordinasi oleh penanggung jawab lab. Sebelum pembelian, hendaknya ditentukan terlebih dahulu di toko atau perusahaan mana alat / bahan itu akan dibeli. Sebaiknya setiap sekolah telah membuat jalinan kerja sama dengan perusahaan atau toko alat dan bahan kimia tertentu, sehingga akan memperoleh harga yang relatif murah dan sewaktu-waktu memerlukan tambahan alat dan bahan kimia di luar jadwal pengadaan dapat dengan mudah dikontak dan disuplai.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN  OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BELAH I   Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BELAH I Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Fenomena di negara-negara berkem bang pem berian insentif keuangan kepada keluarga dapat m eningkat kan kehadiran siswa. Pem biayaan pendidikan yang mam adahi dapat m endorong peningkat an kualit as kinerja sekolah secara umum , Sebagaimana t ercant um dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia IV, m engam anat kan bahw a pem erint ah berkew ajiban mencerdaskan kehidupan bangsanya melalui pem biayaan pendidikan. Pem erint ah memberikan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) untuk m em biayai kegiat an sekolah yang bersifat non personal.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos)

Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos)

Terkait dengan paparan data mengenai perencanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMA Negeri 4 Seluma dapat disampaikan beberapa temuan sebagai berikut : 1) Perencanaan melibatkan seluruh komponen sekolah meliputi kepala sekolah selaku ketua Tim Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS), komite sekolah, dewan guru, serta perwakilan orang tua wali murid; 2) Sebelum merumuskan dan menetapkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) diawali dengan melakukan evaluasi sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan sekolah; 3) Sekolah bersikap terbuka dalam proses perencnaan dimana sekolah bersedia menerima saran dan masukan dari komete sekolah,guru dan orang tua wali siswa; 4) Ada respon positif dan kometmen bersama dari seluruh komponen sekolah untuk memajukan sekolah melalui penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS).
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

 PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA   DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 SURAKARTA  Pengelolaan Laboratorium IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Surakarta.

PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH MENENGAH NEGERI 1 SURAKARTA Pengelolaan Laboratorium IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Surakarta.

Hasil penelit ian ini adalah (1) Pengelolaan t at a ruang laborat orium IPA di SM P Negeri 1 Surakart a. t ermasuk didalamnya pelet akkan dan penempat an bahan, luas ruang laborat orium dan sarana prasana pendukung lainnya yang ada pada Seklah M enengah Pert ama Negeri 1 Surakart a t elah dapat dikat egorikan baik dan lengkap. (2) Pengelolaan pengadaan alat dan bahan laborat orium IPA di SM P Negeri 1 Surakart a yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ada baik pengaw asan pemesanan maupun kualit as alat dan bahan yang ada. (3) Pengelolaan penggunaan alat dan bahan laborat orium pada SM P Negeri 1 Surakart a sudah sesuai dengan prosedur baik yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Nasional maupun prosedur yang dijalankan oleh sekolah. (4) Pengelolaan peraw at an alat dan bahan laborat orium IPA di SM P Negeri 1 Surakart a sudah sesuai dengan prosedur pegelolaan laborat orium , dimana t erdapat perbedaan peraw at an alat dan bahan yang berbahat a dan yang t idak perbahaya.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Sinjai

Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Sinjai

dari Kementerian Pendidikan dan Ke- budayaan ke rekening sekolah. Pemda hanya bertugas untuk memfasilitasi, melakukan pengendalian dan monitoring terhadap alo- kasi dana BOS. Mekanisme ini dialkukan agar setiap sekiolah dapat mengelola dana BOS dengan baik. Untuk tahun 2011 mekanismenya diubah dengan metode pemindah bukuan dana dari kas negara ke kas daerah dan selanjutnya ditransfer dari kas daerah ke rekening sekolah. Team ma- najemen BOS provinsi mengatakan bahwa untuk saat ini mekanisme penyaluran BOS ialah melalui hibah kepada pemerintah provinsi, sebab dalam mekanisme sebe- lumnya (2005-2010), pemerintah pusat menilai pemerintah daerah sering lepas tan- gan dalam melakukan pengawasan. Selain itu, pemerintah pusat sengaja melibatkan pemerintah daerah sebagai bagian dari upaya penguatan semangat otonomi dae- rah, dimana pendidikan merupakan salah satu sektor yang kewenangannya dis- erahkan kepada pemerintah daerah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects