Top PDF Pengendalian Persediaan Bahan Baku PT Plastik Flexindo Karawang

Pengendalian Persediaan Bahan Baku PT Plastik Flexindo Karawang

Pengendalian Persediaan Bahan Baku PT Plastik Flexindo Karawang

yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan berjalan. Demi menjaga kelancaran suatu produksi maka dibutuhkan suatu pengendalian bahan baku yang tepat. Pengelolaan bahan baku yang tepat dapat mengurangi kekurangan bahan baku ataupun kelebihan bahan baku. Karena, jika perusahaan kekurangan bahan baku dapat berakibatnya stop line dalam proses produksi yang dapat merugikan perusahaan tetapi, jika perusahaan kelebihan bahan baku akan menimbulkan biaya yang lebih untuk penyimpanan, dan perawatan bahan baku tersebut. Pengendalian persediaan merupakan salah satu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena tanpa pengendalian persediaan yang tepat perusahaan akan mengalami masalah didalam memenuhi kebutuhan konsumen baik dalam bentuk barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut [Sulaiman and Nanda, 2015]. Terdapat metode yang digunakan untuk melakukan pengendalian persediaan bahan baku Economic Order Quantity merupakan suatu teknik untuk melakukan pengadaan persediaan bahan baku pada suatu perusahaan yang menentukan berapa jumlah pesanan ekonomis untuk setiap kali pemesanan dengan frekuensi yang telah ditentukan serta kapan dilakukan pemesanan kembali [Apriyani and Muhsin, 2017]. Dalam penelitian ini berfokuskan pada pengendalian persediaan bahan baku biji plastik di PT Plastik Karawang Flexindo dalam membuat kantong plastik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku biji plastik pada PT Plastik Karawang Flexindo.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Analisis Metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam Mengoptimalkan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. Agronesia Divisi Industri Plastik "Agroplas" Bandung.

Analisis Metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam Mengoptimalkan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. Agronesia Divisi Industri Plastik "Agroplas" Bandung.

Perencanaan dan pengendalian produksi sangat diperlukan dalam suatu perusahaan untuk menjamin kelancaran produksi yang dilakukan. Apabila proses produksi berjalan dengan lancar maka tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba atau keuntungan dapat tercapai, tetapi apabila proses produksi tidak berjalan dengan lancar maka tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Sedangkan kelancaran proses produksi itu sendiri dipengaruhi oleh ada atau tidaknya bahan baku yang akan diolah dalam produksi.

19 Baca lebih lajut

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. XYZ, Jakarta (Studi Kasus pada Painting Plastik Part Honda OEM)

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. XYZ, Jakarta (Studi Kasus pada Painting Plastik Part Honda OEM)

Thinner (New), Wip Up Solvent, F/C R258 Winning Red, dan T/C Clear Base. Jenis yang termasuk kedalam kategori B, yaitu U/C NH-177M Vestock Silver Met, U/C Pink R258 For Winning Red, SGI U/C Thinner New , SGI F/C Thinner, sarung tangan nylon, Polyure Mightlac Hardener, Thinner Laquer Central, dan U/C NH-A 30M Digital Silver. Sedangkan jenis bahan baku yang termasuk dalam kategori C adalah Masking Tape, Sand Paper, masker kain, tag rag, Tessa Flexible Fineline, sarung tangan, High Performance Cloth, Majun B, koran bekas dan Scoth Brate. Berdasarkan hasil analisis ABC, penelitian ini lebih difokuskan pada jenis bahan baku yang termasuk kedalam kelas A karena kelas A memiliki tingkat volume penggunaan tinggi dan biaya persediaannya juga tinggi.
Baca lebih lanjut

124 Baca lebih lajut

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kulit Guna Meminimumkan Biaya Persediaan PT. "X" Bandung.

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kulit Guna Meminimumkan Biaya Persediaan PT. "X" Bandung.

1. PT.X merupakan perusahaan pembuat sepatu khusus pria yang berbahan dasar kulit sapi yang telah diolah. Selama ini PT.X melakukan pemesanan bahan baku kulit dengan tidak terjadwal. Perusahaan akan melakukan pemesanan bahan baku pada saat bahan baku sudah habis. Bahan baku kulit yang digunakan berasal dari pemasok yang berada di Jawa Timur. Oleh karenanya, apabila terjadi kekurangan bahan baku pada saat produksi maka perusahaan akan mengupayakan bahan yang dibutuhkan ke pemasok. Hal seperti ini menjadikan perusahaan mengalami biaya pemesanan yang cukup besar untuk setiap kali pemesanan kembali. Berdasarkan kebijakan perusahaan, total cost yang harus dikeluarkan perusahaan adalah sebesar Rp. 4.608.095,703.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN  BAHAN BAKU KAYU SENGON   ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON DENGAN METODE EOQ (Studi pada PT Dharma Satya Nusantara Temanggung).

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON DENGAN METODE EOQ (Studi pada PT Dharma Satya Nusantara Temanggung).

Pengendalian persediaan merupakan masalah vital yang mempengaruhi kelancaran proses produksi yang berimbas terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Dikarenakan biaya penyimpanan bisa sangat mahal, maka perlu diperhatikan metode pengendalian persediaan yang sesuai dengan situasi perusahaan. Menyimpan terlalu banyak persediaan akan merugikan perusahaan dengan biaya simpan yang terlalu besar sedangkan kekurangan persediaan akan menghambat proses produksi yang akan berimbas pada kehilangan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah akan ada efisiensi biaya dengan membandingkan biaya total aktual perusahaan dan biaya total jika perusahaan menggunakan metode EOQ, serta untuk mengetahui angka ROP dan safety stock sebagai model probabilistiknya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi serta studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di PT Dharma Satya Nusantara Temanggung. Bahan baku yang diteliti adalah kayu sengon. Sedangkan pengukuran data dilakukan secara matematis. Analisa dilakukan secara deskriptif dengan menjabarkan poin-poin yang ditemukan dengan bantuan tabel maupun gambar. Metode pembelian bahan baku dengan metode EOQ ini diharapkan dapat meminimalkan biaya total persediaan. Sedangkan permintaan bahan baku yang tidak menentu diharapkan dapat diatasi dengan menetapkan ROP serta Safety Stock. Hasil penelitian menunjukkan adanya efisiensi biaya pada tiap jenis kayu sengon dengan menggunakan metode EOQ. Penelitian juga menghasilkan titik ROP untuk tiap jenis kayu sengon yang dapat digunakan sebagai titik pemesanan kembali serta persediaan pengaman yang perlu disimpan oleh perusahaan dalam antisipasi permintaan yang tidak menentu.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Analisis Pengendalian Persediaan Sistem Manajemen Persediaan Bahan Baku Kemasan

Analisis Pengendalian Persediaan Sistem Manajemen Persediaan Bahan Baku Kemasan

adalah terjadinya kekurangan dan kelebihan stok bahan baku kemasan. Kekurangan stok ini dikarenakan tidak adanya perhitungan untuk jumlah safety stock dan reorder point. Akibatnya adalah mengakibatkan mundurnya jadwal produksi dan harus memesan bahan baku tersebut dalam waktu yang singkat. Sedangkan penyebab terjadinya kelebihan stok adalah kelebihan tidak adanya pengelompokan bahan baku kemasan untuk mengetahui produk mana yang lebih penting sesuai dengan permintaan. Akibatnya adalah maka gudang menjadi penuh hanya karena bahan baku kemasan saja. Selain itu akibat lain yang bisa terjadi adalah kualitas untuk bahan baku kemasan menjadi turun. Hal ini dikarenakan bahan baku kemasan berada di gudang lebih lama dari usia pakai dari bahan baku kemasan tersebut. Sehingga saat digunakan, perlu adanya perbaikan bahan baku kemasan atau bahkan pergantian dengan bahan baku kemasan yang baru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen persediaan bahan baku kemasan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kekurangan dan kelebihan stok pada PT ICP.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Aplikasi Teknik Simulasi Untuk Perencanaan Persediaan Dan Pemesanan Bahan Baku Di  PT. Megah Plastik

Aplikasi Teknik Simulasi Untuk Perencanaan Persediaan Dan Pemesanan Bahan Baku Di PT. Megah Plastik

Berdasarkan hasil pengolahan data, analisis yang dapat diberikan adalah formulasi masalah harus dilakukan secara tajam dan tepat agar diperoleh masalah utama yang dialami oleh perusahaan. Adapun yang menjadi masalah utama yang dialami oleh perusahaan adalah permintaan yang datang secara fluktuatif sehingga menyebabkan perusahaan sulit dalam menentukan jumlah pemesanan yang diperlukan untuk menghindari kekurangan stok bahan baku ketika jumlah permintaan melonjak dan kelebihan stok ketika jumlah permintaan menurun. Adapun pembelian bahan baku yang diterapkan perusahaan dilakukan secara kasar, yaitu berdasarkan rata-rata jumlah pembelian pada periode sebelumnya sehingga mengakibakan sering terjadinya kekurangan persediaan bahan baku. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, maka secara perlahan akan membuat perusahaan kehilangan profit yang seharusnya diperoleh. Oleh karena itu, akan dilakukan simulasi perencanaan jumlah persediaan dan pemesanan bahan baku dengan cara merancang beberapa alternatif pembelian bahan baku sehingga diperoleh alternatif yang terbaik.
Baca lebih lanjut

157 Baca lebih lajut

USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MEMINIMALKAN BIAYA DAN MENGOPTIMASIKAN PERSEDIAAN PADA PT CITRA WARNA MULIATAMA

USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MEMINIMALKAN BIAYA DAN MENGOPTIMASIKAN PERSEDIAAN PADA PT CITRA WARNA MULIATAMA

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikannya selama ini sehingga penyusunan skripsi yang berjudul “Usulan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dalam Meminimalkan Biaya dan Mengoptimalkan Persediaan Pada PT. Citra Warna Muliatama”, ini dapat berjalan dengan lancer.

14 Baca lebih lajut

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Pada PT. Celebes Minapratama Bitung

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Pada PT. Celebes Minapratama Bitung

Tidak ada perbedaan harga beli antara supplier besar dan nelayan-nelayan kecil, dikarenakan perusahaan sudah membuat daftar harga beli bahan baku ikan mentah yang diberlakukan sama kepada semua supplier. Harga bahan baku untuk ikan cakalang rata-rata sebesar 16.750 rupiah dan untuk ikan deho rata-rata sebesar 7.250 rupiah. Ikan yang dibeli hanya yang memenuhi standart kualitas perusahaan, setelah melalui proses sortir ikan ditimbang kembali lalu dilakukan pembayaran. Pemesanan bahan baku biasanya dilakukan oleh manager produksi dan koordinator bahan baku. Manager produksi merencanakan pembeliaan bahan baku berdasarkan kebutuhan lalu dilakukan pengecekkan jumlah bahan baku yang tersisa oleh koordinator bahan baku. Setelah menerima hasil laporan jumlah bahan baku yang tersisa, manager produksi menetapkan jumlah pembelian bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan..
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. X.

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. X.

Dalam dunia yang terus berkembang, menyebabkan perusahaan dituntut untuk mendapatkan informasi yang baru, lebih cepat, dan lebih andal. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka diperlukan perubahan sistem dalam perusahaan. Dengan semakin pesatnya perkembangan sistem ini, maka sistem informasi merupakan salah satu bagian yang penting bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan sistem pengendalian intern dalam perusahaan baik dalam memperoleh informasi, mengolah dan menggunakan informasi tersebut terutama untuk kepentingan intern perusahaan. PT. X adalah perusahaan yang memiliki sistem akuntansi yang kurang baik dalam pengendalian persediaan bahan baku. Terdapat dua masalah yang dialami perusahaan. Pertama adalah kurangnya jumlah karyawan. Kedua adalah kurangnya jumlah dokumen yang digunakan oleh perusahaan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu dengan cara mengumpulkan dan menganalisa data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki dua langkah untuk menyelesaikan masalah. Pertama adalah menambah karyawan, dan kedua adalah menambah jumlah dokumen.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PG TASIKMADU KARANGANYAR

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PG TASIKMADU KARANGANYAR

Bahan baku yang digunakan untuk membuat gula adalah tebu. Tebu yang di giling di PG. Tasikmadu sebagian adalah tebu milik petani non kredit dan tebu milik petani yang penggarapannya dibiayai oleh program Kredit Ketahanan Pangan (KKP) yang dirancang oleh pemerintah. KKP adalah kredit kepada petani dengan bunga yang disubsidi oleh pemerintah yang disalurkan melalui bank yang telah ditentukan. Kredit tersebut dipergunakan untuk membeli segala kebutuhan, misalnya pembelian bibit, biaya garap, pupuk, dan biaya tebang dan angkut. Dana KKP digunakan untuk biaya penggarapan kebun tebu dengan ketentuan tebu yang dihasilkan harus digilingkan kepada Pabrik Gula yang menyalurkan kredit dana. Pengembalian kredit dipotong dari hasil gula mereka sesuai dengan ketentuan bagi hasil.
Baca lebih lanjut

84 Baca lebih lajut

Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku terhadap Efektivitas Produksi.

Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku terhadap Efektivitas Produksi.

Dengan jumlah persediaan bahan baku yang tidak terlalu besar, maka biaya yang ditimbulkan akan relatif kecil. Namun juga tidak terlalu sedikit, karena dapat mengganggu jalannya proses produksi. Oleh karena alasan-alasan tersebut, maka Penulis memilih judul “Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan Baku terhadap Efektivitas Produksi.”

20 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SUSU PADA PT SUSU SEHAT ALAMI JEMBER

IMPLEMENTASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SUSU PADA PT SUSU SEHAT ALAMI JEMBER

Menyatakan bahwa skripisi yang Berjudul Implementasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Susu Pada PT Susu Sehat Alami Jember adalah benar – benar hasil karya sendiri, kecuali disebutkan sumbernya dan belum pernah diajukan pada intitusi manapun serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

17 Baca lebih lajut

Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu dengan Metode Probabilistik di PT. Matoa Indonesia Digdaya.

Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu dengan Metode Probabilistik di PT. Matoa Indonesia Digdaya.

kebutuhan bahan baku kayu PT. Matoa Indonesia Digdaya sudah tertentu (demand konstan), sementara tenggang waktu diantara pemesanan hingga penerimaan bahan baku kayu di perusahaan tidak selalu sama waktunya maka, alternatif probabilistik yang digunakan adalah demand konstan dan lead time variabel. Apabila perusahaan menerapkan pengendalian persediaan bahan baku kayu dengan metode probabilistik demand konstan dan lead time variabel, maka total cost yang harus

19 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SUSU PADA PT SUSU SEHAT ALAMI JEMBER

IMPLEMENTASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SUSU PADA PT SUSU SEHAT ALAMI JEMBER

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gambaran jelas mengenai pengendalian persediaan bahan baku susu yang dilakukan oleh PT. Susu Sehat Alami Jember. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pengendalian persediaan bahan baku susu diantaranya yaitu memperkirakan tingkat permintaan produk, pengadaan bahan baku baik dari pengadaan sendiri melalui pemerahan dan pembelian, selain itu pada tahap pengendalian mutu, dan tahap penyimpanan. Pengendalian persediaan bahan baku susu sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat persentase kerusakan bahan baku susu baik tahap input dan output yang masih dibawah batas toleransi perusahaan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

USULAN MODEL OPTIMASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DI PT. BROMINDO MEKAR MITRA.

USULAN MODEL OPTIMASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DI PT. BROMINDO MEKAR MITRA.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan kedua metode analisis diatas maka metode persediaan yang terpilih adalah metode EOQ (Economic Order Quantity) karena metode EOQ (Economic Order Quantity) memiliki total cost yang paling kecil yaitu sebesar Rp. 1.089.616.214,- untuk alarm dan Rp. 1.018.861.686,- untuk sprinkler.

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects