Top PDF Peranan Dan Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA Negeri Di Kota Binjai

Peranan Dan Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA Negeri Di Kota  Binjai

Peranan Dan Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA Negeri Di Kota Binjai

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Komite Sekolah pada SMA Negeri di Kota Binjai pada prinsipnya melaksanakan perannya sebagaimana yang diharapkan, dalam hal dukungan dana Komite Sekolah belum berhasil berhasil mendapatkan dana dari masyarakat sekitar seperti dari dunia usaha/dunia industri maupun dari masyarakat yang peduli pendidikan, dan masih hanya dari bantuan orang tua siswa melalui iuran komite sekolah. Kemudian dalam pelaksanaan perannya hanya pemberi pertimbangan dan pengawasan yang lebih utama sedang peran lainnya sebagai pendukung dan mediator belum sepenuhnya terlaksana. Namun dalam hal pemberdayaan yang dilakukan terhadap Komite Sekolah belum sepenuhnya terlaksana, hal ini karena pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Binjai, Dewan Pendidikan Kota Binjai maupun yang dilaksanakan oleh pihak sekolah masih sebatas pemahaman tentang komite sekolah.
Baca lebih lanjut

126 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Program Partisipasi Masyarakat Melalui Komite Sekolah di SD Negeri 2 Purbosari Temanggung

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Program Partisipasi Masyarakat Melalui Komite Sekolah di SD Negeri 2 Purbosari Temanggung

Berbeda dengan Tina Rahmawati, M.Pd., penelitian yang dilakukan oleh Armansyah dengan judul Peranan dan Pemberdayaan Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA Negeri di Kota Binjai, menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan perannya hanya sebagai pemberi pertimbangan dan pengawasan yang lebih utama, sedang peran lainnya sebagai pendukung dan mediator belum sepenuhnya terlaksana. Adapun dalam dukungan dana belum berhasil sepenuhnya, karena baru mendapatkan dukungan dana dari wali murid melalui iuran komite, sedang dana dari masyarakat sekitar seperti dari dunia usaha maupun masyarakat yang peduli akan pendidikan belum berhasil.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Program Komite Sekolah Melalui Model CIPP pada SD Negeri Pilangrejo1 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak T2 942014033 BAB II

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Evaluasi Program Komite Sekolah Melalui Model CIPP pada SD Negeri Pilangrejo1 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak T2 942014033 BAB II

Tina Rahmawati, M.Pd. penelitian yang dilakukan oleh Armansyah dengan judul Peranan dan pemberdayaan Komite Sekolah dalam penyelenggaraan Pendidikan SMA Negeri di kota Binjai, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan peranannya hanya sebagai pemberi pertimbangan dan pengawasan yang lebih utama, sedang peran lainnya sebagai pendukung dan mediator belum sepenuhnya terlaksana. Adapun dalam dukungan dana belum berhasil sepenuhnya, karena baru mendapatkan dukungan dana dari wali murid melalui iuran komite, sedang dana dari masyarakat sekitar seperti dari dunia usaha maupun masyarakat yang peduli akan pendidikan belum berhasil.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

Pemberdayaan komite sekolah di SMAN Unggulan kota YK

Pemberdayaan komite sekolah di SMAN Unggulan kota YK

Pengefektifan komite sekolah juga merupakan bagian dari konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), yang akan memberikan jaminan pelibatan stakeholders pendidikan dalam mendukung proses pendidikan secara lebih luas. MBS merupakan pola manajemen baru yang bertujuan untuk memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan yang lebih besar kepada sekolah (pengelola sekolah) untuk mengelola sekolah tersebut dalam rangka untuk meningkatkan mutu sekolahnya. Salah satu indikator keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan MBS dapat diidentifikasi: (1) adanya peningkatan otonomi atau kemandirian sekolah dalam mengelola sekolahnya; (2) adanya perubahan dalam sistem pengambilan keputusan ke arah pengambilan keputusan secara partisipatif, yang melibatkan semua komponen sekolah; (3) adanya peningkatan peran serta orangtua siswa dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan; dan (4) adanya upaya dalam perbaikan praktik pembelajaran, menuju pembelajaran yang efektif dalam rangka untuk meningkatkan mutu sekolah. Dengan demikian, keterlibatan orangtua siswa dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan implementasi MBS dalam rangka mewujudkan kemandirian sekolah. Komite sekolah diharapkan menjadi mitra satuan pendidikan yang dapat menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pemberdayaan Komite Sekolah Di Sma Negeri 1 Geyer Grobogan.

PENDAHULUAN Pemberdayaan Komite Sekolah Di Sma Negeri 1 Geyer Grobogan.

sekolah menganut prinsip kemandirian, kerjasama, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Berdasarkan hasil kajian Depdiknas (2009: 36) masih terdapat sekolah yang belum menerapkan prinsip-prinsip MBS untuk mengelola sekolah. Hal ini berdampak pada ketidak puasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan. Kondisi yang demikian disebabkan oleh pelaku pendidikan yang belum bisa memahami makna MBS dengan benar.

5 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI  Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Negeri Bulukantil Jebres Surakarta.

PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Negeri Bulukantil Jebres Surakarta.

komite yang telah berjalan selama ini. Selaku anggota selama ini hanya berstatus sebagai anggota saja, jarang sekali diajak rembugan baik oleh pihak ketua komite maupun kepala sekolah. Pertemuan hanya rata-rata sekali dalam satu semester, itupun banyak yang tidak hadir karena alasan keterbatasan waktu dan tenaga. Mengenai peranannya sebagai anggota komite selama ini tidak banyak memberikan masukan kepada pihak sekolah. Mereka merasa hanya sebagai anggota saja, sekolah dirasa sudah cukup untuk mengatasi permasalahan tidak harus melibatkan pihak komite sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, pada intinya peranan komite sekolah belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan di SD Negeri Bulukantil. Sehingga setiap rencana dan program yang disusun serta dilaksanakan di SD pada standar pelayanan minimum (SPM) yang diterapkan untuk pemerintahan kota Surakarta serta standar teknis yang diterapkan untuk masing-masing satuan pendidikan belum dapat dicapai secara maksimal. Untuk dapat memerankan fungsi ini, Komite Sekolah seharusnya menjadi pendamping bahkan penyeimbang. Setiap rencana dan program yang disusun dapat diberikan masukan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat yang diwakili oleh Komite Sekolah. Atas nama masyarakat yang diwakilinya, Komite Sekolah dapat menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap rencana dan program pendidikan yang disusun oleh sekolah.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

3 Pemberdayaan Komite Sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta (Penelitian Dosen Muda 2008)

3 Pemberdayaan Komite Sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta (Penelitian Dosen Muda 2008)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program kerja komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta telah berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan adanya pemahaman pengurus komite sekolah dan kepala sekolah terhadap tugas dan peran komite sekolah dan peran serta aktif komite sekolah dalam penyelenggaraan program kerja sekolah. (2) Pemberdayaan komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta dilakukan dengan berbagai upaya komunikasi intensif dan terbuka antara pihak sekolah dengan komite sekolah, dan pelibatan komite sekolah dalam penyelenggaraan program kerja sekolah yang bersifat strategis. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta meliputi: adanya komitmen yang tinggi dari komite sekolah untuk membantu sekolah; dukungan dana, ide, tenaga dan fasilitas yang memadai; terjalinnya komunikasi yang baik; koordinasi yang baik; latar belakang pendidikan anggota komite sekolah; dan kepala sekolah yang selalu proaktif. Faktor penghambat pelaksanaan program komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta adalah faktor kesibukkan pengurus komite sekolah dan jadwal/waktu pertemuan yang terbatas. (4) Secara umum kinerja komite sekolah berdampak positif terhadap terhadap mutu pendidikan di SMA Unggulan Kota Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya dukungan materiil maupun nonmateriil dalam berbagai program peningkatan mutu sekolah.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Peran komite sekolah Peran Komite Sekolah

Peran komite sekolah Peran Komite Sekolah

Pemberdayaan Komite Sekolah di Kota Binjai samapai saat ini belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, seperti halnya yang disampaikan salah seorang informan bahwa kurangnya pemberdayaan komite sekolah baik yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan atau pihak sekolah itu sendiri maupun yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Binjai dan Dewan Pendidikan. Pihak sekolah tidak pernah memberikan pemberdayaan ataupun pelatihan-pelatihan untuk menjadikan komite lebih berdaya dapat mengurus dirinya sendiri, dapat membiayai dirinya sendiri. Padahal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa masyarakat berhak menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat pada pendidikan formal dan nonformal sesuai dengan lingkungan sosial dan budaya untuk kepentingan masyarakat. Kemudian dana penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat dapat bersumber dari penyelenggara, masyarakat, pemerintah/pemerintah daerah, serta lembaga pendidikan berbasis masyarakat dapat memperoleh bantuan teknis, subsidi dana, dan sumber daya lain dari pemerintah.
Baca lebih lanjut

126 Baca lebih lajut

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK.

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK.

partisipasi masyarakat yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil dan evaluasi pelaksanaan. Keterlibatan masyarakat dalam berbagai perkembangan pembangunan khususnya terhadap pembinaan sekolah merupakan konsekwensi logis dari pelaksanaan otonomi daerah. Partisifasi masyarakat ini akan terwujud sebagai suatu kegiatan dalam pembangunan pendidikan jika ada kemauan, ada kemampuan, dan ada kesempatan untuk berpartisipasi. Karenanya perlu diciptakan suatu cara untuk meningkatkan dan menyalurkan partisipasi dengan berbagai variasi sesuai dengan kondisi daerah masing-masing atau keadaan masyarakat dan lembaga pendidikan itu berada. Kondisi ini menuntut para pemegang kebijakan terhadap pendidikan untuk mendistribusikan peran dan kekuasaannya agar bisa menampung sumbangan partisipasi masyarakat. Demikian pula pihak masyarakat dalam hal ini orang tua harus memiliki kemauan dan kemampuan untuk berpartisipasi terhadap penyelenggraan pendidikan, agar tercipatanya sekolah sebagai pusat pembentukan karakter bangsa.
Baca lebih lanjut

129 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI   Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Negeri Bulukantil Jebres Surakarta.

PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI Pemberdayaan Komite Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Negeri Bulukantil Jebres Surakarta.

This research is descriptive to give you an idea what it is about the empowerment of the school committee in the implementation of MBS. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is the interactive model. There are two things as a result of the study 1) Implementation of the MBS in SD Negeri Bulukantil, has been carried out with the participation of the components of the school and community. Implementation of MBS in SD Negeri Bulukantil that have been implemented include the development of educational curriculum and management, management education personnel management, student management, financial management and financing, infrastructure management, public relations management, and management of special services. 2) The role of the school committee on the implementation of MBS in SD Negeri Bulukantil, in the management aspects of the curriculum and program development, educational personnel management, student management, financial management and financing, infrastructure management, public relations management, and management of special services not running optimally. The role of the committee has so far been lacking, the underlying reason is the problem of limited time, money, and energy management and members of the committee. In addition to limiting the space for which they work, as well as available funding issues considered very less, so the committee thought to go further carry out their duties as a school committee.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI I KARANGANYAR DAN SMA NEGERI MOJOGEDANG.

OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI I KARANGANYAR DAN SMA NEGERI MOJOGEDANG.

Sehingga komite sekolah bisa berperan dan berfungsi sebagaimana mestinya atau yang diharapkan oleh masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan kerjasama antara komite sekolah dengan sekolah perlu dijalin dengan baik, dengan demikian fungsi dan peran kelembagaan dapat berperan dengan baik. Sehinggga akan nampak kekuatan dan kelemahan yang dapat segera dapat diatasi dengan baik. Sekolah adalah salah satu lembaga yang dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat untuk belajar menuntut ilmu , konsekwensi dari itu sekolah harus dapat menaruh kepercayaan pada masyarakat yang ditunjukkan dengan out put (lulusan) yang berkualitas. Dalam arti out put dari sekolah itu dapat diterima di Perguruan Tinggi yang Favorit dan dapat
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Tiga SMP Negeri Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Tiga SMP Negeri Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali

Puji syukur kami naikkan kehadirat Tuhan Allah Bapa, Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus yang telah menolong penulis sehingga dapat menyelesaikan tesis berjudul “Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Tiga SMP Negeri Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali”. Tesis ini disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan Studi pada Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

12 Baca lebih lajut

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA RONGGOLAWE KOTA SEMARANG.

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA RONGGOLAWE KOTA SEMARANG.

Kehadiran komite sekolah sejauh ini hanyalah sebagai bagian formalitas semata itu semua karena kurangnya pengetahuan secara mendalam tentang fungsi dan peran komite sekolah dari wali murid di satuan pendidikan. Masih banyak orang beranggapan bahwa komite sekolah memiliki peran seperti BP3 di masa lalu yang hanya bertugas sebagai pengumpul dana bantuan pendidikan saja. Dalam era otonomi sekolah sekarang ini ruang gerak dari para guru dan kepala sekolah lebih luas termasuk dalam mengelola anggaran pendidikan di sekolah. Dengan adanya keleluasaan gerak kepala sekolah mengelola anggaran tersebut menyebabkan peranan komite sekolah menjadi besar, sebab keputusan yang berkaitan dengan penyelengggaraan pendidikan di satuan pendidikan selalu melibatkan semua pihak.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

01 uu sisdiknas [Compatibility Mode]

01 uu sisdiknas [Compatibility Mode]

DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH DAN MADRASAH DAN MADRASAH /... DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH DAN M[r]

22 Baca lebih lajut

File Penunjang Akreditasi Terbaru Versi Lawas Pengantar

File Penunjang Akreditasi Terbaru Versi Lawas Pengantar

1. Mata Pelajaran ................................................ 2. Muatan Lokal .................................................... 3. Kegiatan Pengembangan diri ................................. 4. Beban Belajar ................................................... 5. Ketuntasan Belajar ............................................. 6. Kenaikan kelas dan Kelulusan ................................ 7. Penjurusan ....................................................... 8. Mutasi ............................................................ 9. Pendidikan Kecakapan hidup ................................. 9 10 10 11 12 14 16 16 17 C. Standar Kompetensi Lulusan ..................................... 17
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENUTUP Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan (Studi Situs di SMA Negeri Punung Pacitan).

PENUTUP Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan (Studi Situs di SMA Negeri Punung Pacitan).

2. Alokasi dan Relisasi Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri Punung Jika kepala sekolah mampu mengelola keuangan sekolah dengan menentukan skala prioritas yang tepat, maka pengelolaan keuangan sekolah dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

4 Baca lebih lajut

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

ABSTRAKSI Intan Gir i Gresia, 0941010034, Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Neger i Kedanyang Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik Pen[r]

26 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Kinerja Komite Sekolah Di Smp Negeri 2 Kaliwungu Kendal.

PENDAHULUAN Kinerja Komite Sekolah Di Smp Negeri 2 Kaliwungu Kendal.

Proses penyederhanaan konsep tersebut dilakukan melalui suatu perwakilan fungsi stakeholder. Langkah ini dilakukan dengan cara membentuk Komite Sekolah (KS) yang ada pada setiap sekolah serta Dewan Pendidikan (DP) yang ada di tingkat kabupaten/kota. Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah menjadi representasi dari adanya keragaman yang ada, sehingga keberadaan mereka dapat mewakili masyarakat. Atas dasar hal tersebut, interaksi yang terjadi antara sekolah dengan masyarakat dapat dimanifestasikan melalui mekanisme pengambilan keputusan yang dilakukan antara pihak sekolah dengan Komite Sekolah, dan interaksi antara para pejabat pendidikan di pemerintah di tingkat kabupaten/kota dengan Dewan Pendidikan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...