Top PDF Pop Art di Indonesia

Pop Art di Indonesia

Pop Art di Indonesia

Perkembangan Pop Art yang demikian cepat, membuat Pop Art mengalami masa surut yang relatif cepat beberapa tahun berikutnya.Ini disebabkan salah satunya karena Pop Art memang sangat cepat berkembang karena spontanitas reaksi pada saat itu, secara sosial, maupun momentum di Amerika maupun Inggris.Selain itu, (Wardana, 2012:19) Pop Art sebagai sumber pemikat dan ditunggangi kepentingan “Industri Massa” yang menargetkan anak muda sebagai calon konsumennya. Pop Art menjadi tidak lebih dari sekedar komoditas, sehingga kemudian dianggap bukan lagi sebagai bentuk kritik pada masa-masa awal kelahirannya. Cenderung menjadi alat saja, bukan sebuah seni yang mengandung makna. Pop Art di Indonesia
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

8 TOKOH WANITA SEBAGAI INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS BERGAYA POP ART.

8 TOKOH WANITA SEBAGAI INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS BERGAYA POP ART.

Kesuksesan Susi membangun kerajaan bisnis mendapat pengakuan dari berbagai kalangan. Setidaknya hal tersebut dapat dilihat dari sederet penghargaan yang diraihnya seperti Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter dari Presiden Republik Indonesia, Inspiring Woman Award for Economics dari Metro TV, Ganesa Wdiya Jasa Adiutama dari ITB. Sosoknya yang hadir menggebrak menjadi wanita super, menentang semuahal yang ia anggap salah. Keberaniannya dalam memutuskan setiap tindakan sangat menginspirasi penulis, sehingga namanya patut dicantumkan dalam deretan tema karya seni lukis.
Baca lebih lanjut

104 Baca lebih lajut

APLIKASI WPAP DENGAN TEKNIK BORDIR SEBAGAI KARYA SENI POP ART: ( Muhammad Ali Sebagai Ide Penciptaan ).

APLIKASI WPAP DENGAN TEKNIK BORDIR SEBAGAI KARYA SENI POP ART: ( Muhammad Ali Sebagai Ide Penciptaan ).

Seni WPAP merupakan Pop Art Indonesia yang belakangan ini tengah digandrungi masyarakat. Dengan sajian yang unik dan menarik menjadikan WPAP mudah diterima di masyarakat, terbukti dengan berdirinya komunitas WPAP diberbagai kota di Indonesia dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit. Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi seni bordir yang dianggap kuno. Para perajin bordir di daerah khususnya lebih memilih beralih profesi dikarenakan profesi sebagai perajin bordir yang kurang menjanjikan. Ketimpangan tersebut menggugah penulis untuk menggabungkan seni WPAP dan bordir dengan tujuan memberikan refrensi baru pada media berkarya seni WPAP, serta mengangkat seni bordir. Ide atau gagasan yang diangkat dalam skripsi penciptaan ini merupakan potret legenda tinju dunia Muhammad Ali yang sangat menginspirasi. Dengan berbagai prestasi di dalam dan di luar ring tinju, menjadikan Muhammad Ali sebagai sosok yang disegani dan dihormati sampai saat ini. Metode penciptaan karya ini dilakukan dengan pendekatan Kualitatif, yaitu dengan melakukan beberapa tahapan diantaranya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penciptaan karya diawali dari proses rancangan awal, dilanjutkan dengan proses digital pada komputer dan terakhir adalah proses membordir. Visualisasi karya berupa enam buah karya seni WPAP dengan Teknik Bordir dengan berbagai ukuran yang menampilkan potret serta gerakan tinju Muhammad Ali. Dari hasil penciptaan ini diharapkan mampu mendorong semangat generasi muda untuk terus berkarya seni.
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

Desain interior premier league football center di Surakarta Dengan Konsep Modern Pop Art abstrak

Desain interior premier league football center di Surakarta Dengan Konsep Modern Pop Art abstrak

Metode data pada laporan ini berasal dari buku, majalah, koran, dan situs web yang berkaitan dengan sejarah, serta perkembangan sepak bola di Indonesia, serta hasil studi lapangan yang berupa data visual untuk pembanding pengaplikasian tema serta karakter desain interior ke dalam perancangan.

20 Baca lebih lajut

ATLET TINJU POPULER SEBAGAI INSPIRASI PENCIPTAAN LUKISAN POP ART.

ATLET TINJU POPULER SEBAGAI INSPIRASI PENCIPTAAN LUKISAN POP ART.

Sehingga dari beberapa pembahasan tersebut mengenai pop art dapat disimpulkan bahwa pop art berasal dari kata Popular art dan aliran ini lebih menyondong pada simbolisme popular atau benda-benda keseharian karena pop art mengingatkan pada seni realitas yang menyinggung pada kehidupan sosial seluruh kalangan masyarakat karena sebelumnya seni hanyalah miliki kalangan atas dan orang berpendidikan saja. Salah satu tokohnya adalah Roy Lichtensien yang dalam karyanya bertemakan komik. Di Indonesia sendiri karya pop art lebih dirasa familiar semenjak era Gerakan Seni Rupa Baru.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

PENYANYI POP WANITA INDONESIA SEBAGAI OBYEK DALAM KARYA SENI LUKIS POTRET.

PENYANYI POP WANITA INDONESIA SEBAGAI OBYEK DALAM KARYA SENI LUKIS POTRET.

Karya seni lukis potret dengan gaya Pop Art yang dihasilkan merupakan penggambaran potret penyanyi pop wanita Indonesia yang berjumlah dua belas orang (Agnes Monica, Gita Gutawa, Astrid Sartiasari, Sherina Munaf, Anggun C. Sasmi, Syahrini, Mulan Jameela, Rossa, Bunga Citra Lestari, Melly Goeslow, Krisdayanti, dan Ruth Sahanaya). Hasil lukisan potret disesuaikan dengan karakter dan ciri khas penyanyi pop wanita tersebut. Hal ini dapat dilihat dari pemberian warna dan facet-facet yang terdapat pada wajah. Ukuran karya yang dihasilkan bervariasi yaitu dari ukuran paling kecil 85 cm x 100 cm sampai ukurang yang terbesar 100 cm x 110 cm.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Iklan Animasi 2D WPAP ( Wedha Pop Art Potrait ).

Iklan Animasi 2D WPAP ( Wedha Pop Art Potrait ).

Nowadays, advertising is needed by everyone. The necessity to advertise is needed not only by the company but also by every person or group, such as a community of Wedha Pop Art Portrait, or better known as WPAP. The necessity to advertise is based on the need of introducing new style in the art of indonesia’s original face image to public. Previously, many ways have been done by this community to introduce WPAP , one of them is through exhibition and other media. Yet only few people know about this new art. Based on that reason, animated advertisement becomes one way to introduce WPAP to public beside as other alternative for publishing WPAP which has been done by this community. While the use of animation excellence in delivering the message according to the authors is due to more easily convey the message to the audience because it uses a variety of media such as audio, visual, and text..
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

AD ART Serikat Petani Indonesia

AD ART Serikat Petani Indonesia

Contoh Ketidakadilan juga terjadi disektor perkebunan. Sejak beberapa tahun terakhir, perkebunan sawit tengah menjadi primadona di sektor perkebunan. Perkembangan peningkatan luas perkebunan kelapa sawit dalam beberapa tahun terakhir mencapai 218 persen untuk tiap tahunnya. Hasil kajian FSPI menunjukkan bahwa perkebunan tersebut hanya digunakan sebagai mesin penghasil uang bagi segelintir perusahaan saja. Dari total luas lahan sawit yang ditanami sebesar 5,5 juta hektar sebanyak 4 juta hektar (67 persen) dikuasai oleh perusahaan swasta sementara sisanya dikelola oleh perkebunan-perkebunan kecil berbasis keluarga tani. Dalam usaha perkebunan sawit ini terdapat sembilan perusahaan yang dapat dikatakan sebagai pemain utama yaitu PT Salim Plantation, Pt Golden Agri Resources, Texmaco Group, PT Asian Agri, PT Astra Agro Lestari Tbk, hashim Group, Surya Dumai Group, PT PP London Sumatera Indonesia Tbk, Duta Palma Group dan PT Bakrie Sumatera Plantation. Kesembilan perusahaan raksasa ini memegang kontrol terhadap 2.920.102 hektar lahan sawit dengan proporsi terbesarnya dikuasai oleh PT Salim Plantation dengan total lahan 1.155.745 hektar. Demikian juga kepemilikan lahan perkebunan oleh PTPN yang luasnya mencapai 403.290 ha.
Baca lebih lanjut

193 Baca lebih lajut

Campur Kode pada Lirik Lagu Pop Indonesia (Kajian Sosiolinguistik)

Campur Kode pada Lirik Lagu Pop Indonesia (Kajian Sosiolinguistik)

Dalam penelitian ini, objek yang digunakan peneliti adalah kumpulan lirik lagu pop Indonesia yang dirilis dari tahun 2007 sampai tahun 2011 yang memiliki campur kode dari beberapa penyanyi dan musisi yang memiliki aliran musik pop. Campur kode yang terdapat pada lirik lagu tersebut adalah antara bahasa Indonesia dengan bahasa inggris. Peneliti tertarik untuk meneliti campur kode antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang banyak terdapat pada lirik lagu pop Indonesia karena semakin berkembangnya penggunaan bahasa asing dalam lirik lagu pop Indonesia yang mana masyarakat Indonesia pada umumya lebih menyukai aliran musik pop jika dibandingkan dengan musik yang lainnya.
Baca lebih lanjut

66 Baca lebih lajut

Dekonstruksi Musik Pop Indonesia dalam Perspektif Industri Budaya

Dekonstruksi Musik Pop Indonesia dalam Perspektif Industri Budaya

Fenomena menarik pada perkembangan musik pop Indonesia adalah munculnya berbagai macam aliran musik yang memenuhi ruang kebudayaan manusia. Mulai dari pop, rock, hiphop, hingga musik alternatif. Keberagaman aliran musik menunjukkan bahwa heterogenitas musik Indonesia semakin berkembang. Tesis ini mengkaji hal tersebut dengan mengambil permasalahan teks-teks industri budaya, terkait dengan musik pop, yang menunjukkan dominasi pasar. Pen elitian in i men ggun akan metode dekonstruksi Derrida untuk membaca teks secara cermat konstruksi yang dibangun oleh pemilik modal maupun media. Selanjutnya melakukan penghancuran terhadap teks industri budaya dan meyusun kembali melalui teks lain yang masih berkaitan dengan musik pop secara bersamaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa musik pop Indonesia saat ini terpolarisasi menjadi dua bagian, yaitu major label dan indie label. Major label berorientasi pada keuntungan, sedangkan indie label berorientasi pada kreatifitas dan kebebasan. Strategi pasar akan terus berjalan melalui proses standarisasi, homogenisasi, dan komodifikasi guna mengelabui dan menciptakan kebutuhan semu terhadap masyarakat. Disamping itu peran media menentukan keberhasilan industri budaya dalam membentuk selera pasar tanpa disadari oleh konsumen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gerakan indie merupakan sebuah alternatif dalam upaya dekonstruksi terhadap teks industri budaya dengan memberikan nuansa baru pada genre musik pop yang menjadi kebutuhan masyarakat akhir-akhir ini.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pengaruh Budaya Pop Barat Pada Desain Sampul Album Piringan Hitam Musik Pop Indonesia Era 1950an

Pengaruh Budaya Pop Barat Pada Desain Sampul Album Piringan Hitam Musik Pop Indonesia Era 1950an

Pada 1950an, kata “pop” selalu dikaitkan dengan budaya populer. Sejak er a ini, budaya pop selalu mengacu kepada segala hal yang berkaitan dengan produk - produk media massa, termasuk film, televisi, musik, majalah, komik, poster, iklan cetak, dan masih banyak lagi. Kencangnya laju pertumbuhan media massa paska Perang Dunia II serta penyebarannya dari Amerika ke Inggris memunculkan dugaan tentang adanya pengaruh budaya pop pada manusia, masyarakat, serta konsep tradisi budaya yang berlaku pada masa sebelumnya. Para musisi pop, sebagai agen yang bertugas menjaring massa untuk mengkonsumsi musik pop karyanya, bisa saja disebut sebagai sesembahan fana. Para label rekaman selaku pelaku pasar industri musik pop, tentu saja ingin menonjolkan para artis rekamannya sehingga bisa menggaet pangsa pasar seluas dan sebanyak-banyaknya. Selain lewat lagu-lagu pop, tetapi juga melalui rancangan sampul album musiknya. Sekalinya suatu lagu sukses dan meledak di pasaran, pastinya akan ada pengekor-pengekor lainnya yang turut latah, baik dalam mengkonsep musiknya yang bisa dibilang sejenis, maupun dalam tatanan visual sampul albumnya. Pada contoh rancangan sampul album gambar IV.1 di atas, terdapat bermacam-macam kepentingan dari beberapa pihak, yang utamanya yaitu si pemilik label yang bersangkutan. Lewat sebuah konstruksi semu yang memaksa si musisi untuk selalu tampil sempurna (dalam hal ini pada sampul album musiknya), para penguasa industri musik pop pada dasawarsa 1950an (pemilik label rekaman) nampaknya ingin terus memupuk budaya penggemar lewat sosok idola musik pop yang dimunculkan tanpa lelah pada bermacam-macam media, salah satunya di rancangan grafis sampul albumnya.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

DESAIN INTERIOR "POP-UP CAFÉ" DENGAN KONSEP POP IN POP-UP.

DESAIN INTERIOR "POP-UP CAFÉ" DENGAN KONSEP POP IN POP-UP.

Dengan tema Pop in Pop-up ini suasana yang ingin ditangkap adalah kesan seperti kita memasuki dunia kertas dengan berbagai 3D kertas yang timbul, begitu juga kesan Pop yang dihadirkan dari warna-warna cerah dan kuat yang diaplikasikan pada beberapa furniture atau pajangan.

24 Baca lebih lajut

Di antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop di Indonesia)

Di antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop di Indonesia)

Rentetan penjelasan di atas meng- garisbawahi besarnya pengaruh media dalam kehidupan khalayak melalui hiburan. Banyak yang menganggap bahwa media merupakan pelaku utama perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat akibat terpaan ber- bagai tayangan budaya pop. Namun, tidak sedikit pula teori yang menganggap bahwa media bukanlah faktor utama dan satu-satu- nya penentu perubahan sosial budaya yang terjadi pada khalayak media. Menurut Mc- Quail, pada dasarnya media bukanlah penentu atau sumber utama dari perubahan sosial dan budaya. Media secara bersama dengan latar belakang sejarah seseorang sedikit banyak menjadi konsisten dan kemudian menjadi sumber kedua untuk pembentukan gagasan- gagasan tentang masyarakat dan lingkungan tempat ia tinggal. Hasil interaksi antara me - dia dan perubahan sosial dan budaya sangat bervariasi, tak bisa diprediksi, dan sangat berbeda antara satu keadaan dengan keadaan lainnya. Pengaruh media pada umumnya tidak bisa langsung mengena pada khalayak. Media memang merubah harapan-harapan publik, peluang-peluang untuk memenuhi kebutuhan, dan khususnya cara-cara segala sesuatu di- selesaikan dalam lembaga-lembaga sosial lainnya (Setiowati,2008:542)
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ANALISIS INTERTEKSTUAL TEMA DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU POP INDONESIA

ANALISIS INTERTEKSTUAL TEMA DAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU POP INDONESIA

Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis tertarik meneliti tema dan gaya bahasa lagu Ayah karya Rinto Harahap, lagu Ayah karya Koes Plus, Ayah karya grup band Panbers, Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade, Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) karya grup band Ada Band, lagu Ayahkarya grup band Seventen, lagu Ayah karya grup band Power Metal, lagu Ayah karya grup band Devimoer, lagu Ayah karya Yohana, dan lagu Terima Kasih Ayah karya Opick. Oleh sebab itu, penelitian ini penulis beri judul Analisis Intertekstual Tema dan Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Pop Indonesia.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

GUDANG GARAM INDONESIA ART AWARD 2015

GUDANG GARAM INDONESIA ART AWARD 2015

Kompetisi seni rupa Gudang Garam Indonesia Art Awards (GGIAA) 2015 mengajak para perupa menimbang, merenungkan atau bahkan mengidentifikasi tanda-tanda pada uraian di atas. Dalam mengikuti kompetisi GGIAA 2015 para peserta diharapkan tidak sekadar mengukuhkan estimasi ini, tapi menunjukkan bahwa kepedulian pada publik dan gejala pamer bisa menampilkan makna signifikan yang memperlihatkan magnitude.

7 Baca lebih lajut

Dokumen | Peradah Indonesia AD ART Peradah

Dokumen | Peradah Indonesia AD ART Peradah

(3) Dewan Pimpinan Nasional mewakili Organisasi dalam urusan-urusan keluar yang menyangkut Peradah Indonesia secara keseluruhan, dengan Pemerintah Republik Indonesia, dengan Organisasi-organisasi Kemasyarakatan lainnya, tampil di depan Badan Pengadilan, termasuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan Badan/Organisasi dari negara-negara lain dalam pelaksanaan hubungan luar negeri.

33 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...