Top PDF Produksi Dan Penyiaran Program Seni Dan Budaya Di Grabag TV

Produksi Dan Penyiaran Program Seni Dan Budaya Di Grabag TV

Produksi Dan Penyiaran Program Seni Dan Budaya Di Grabag TV

Grabag TV merupakan salah satu televisi komunitas yang relatif masih baru, dan belum memiliki peralatan yang begitu lengkap, SDM serta dukungan dana yang masih terbatas tetapi sudah bisa melaksanakan produksi dan penyiaran meskipun belum secara kontinuitas setiap hari dilaksanakan. Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap dan mengetahui bagaimana televisi komunitas di Grabag TV dalam penyelenggaraan siarannya terutama dalam program seni dan budaya. Dalam penyiaran program televisi bukanlah hal yang mudah, pada prosesnya memerlukan waktu yang relatif lama, peralatan yang kompleks, dana yang besar dan perlu dukungan profesi-profesi yang menguasai bidang penyiaran televisi. Untuk itu perlu diketahui bagaimana penyelenggaraan produksi dan penyiarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa televisi komunitas di Grabag TV dapat bertahan dan eksis karena dukungan yang penuh dari masyarakat komunitasnya. Disamping itu Grabag TV memiliki orang yang berpengaruh di dunia penyiaran televisi, sehingga dapat mempertahankan eksistensi dalam penyiarannya.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RA (3)

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RA (3)

Program hiburan musik. Seperti musik dangdut sudah menjadi primadona televisi. Bahkan telah dikemas format program yang mengarahkan penyanyi yang tidak biasa/ senang dengan jenis musik ini mendadak menjadi penyanyi dangdut dengan goyang pinggulnya yang aduh hai. Jenis musik ini memang menjadi kesenangan masyarakat menengah ke bawah (dulu) yang bertempat tinggal di daerah pantai. Tetapi saat ini sudah berubah menjadi musik rakyat dari segala kalangan, sehingga hiburan ini banyak disukai dan memperoleh rating yang tinggi yang berarti mendatangkan keuntungan bagi perusahaan penyiaran TV melalui banyak sponsor komersial. Program musik jazz dan klasik sebagai program seni dan budaya saat ini sedang mencari format untuk mendapatkan penggemarnya. Lain halnya musik pop dan dangdut dapat dikemas dengan berbagai macam format karena memiliki karakter yang agak bebas dan berbeda dengan musik klasik/jazz. Model pertunjukannya bisa diseting di studio maupun diluar studio. Kecantikan dan kepiawaian artis juga sangat dibutuhkan untuk memuaskan penonton baik distudio maupun di rumah. Oleh karena itu pengambilan gambar yang bervariasi sangat penting dalam hal ini. Tayangan siaran dapat secara langsung maupun tak langsung. Secara langsung berarti tayangan programnya menjadi natural apa adanya seperti saat itu terjadi. Tetapi untuk tayangan tidak langsung dapat dilakukan editing dan diinsert materi/animasi untuk menambah tayangan lebih menarik dan mampu memuaskan penonton.
Baca lebih lanjut

292 Baca lebih lajut

Kesimpulan KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV.

Kesimpulan KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV.

W: Pertama, program yang sudah kami produksi, sangat mendapat respons yang positif dari para pemirsa terutama masyarakat Yogyakarta. Kedua, ada banyak seni tradisi yang bisa dieksplor untuk dikembangkan untuk menjadi tontonan yang bukan hanya menghibur, namun dapat memberi pengetahuan kepada para pemirsa khususnya pecinta seni budaya. Untuk itu tim kreatif kami terus mengeksplor dan mengemas program seni budaya sekreatif mungkin sesuai dengan masukan-masukan serta request program budaya yang diinginkan oleh para pemirsa.

8 Baca lebih lajut

Pola dan kepuasan menonton televisi komunitas Grabag TV di bawah bimbingan

Pola dan kepuasan menonton televisi komunitas Grabag TV di bawah bimbingan

Acara siaran langsung pemilihan Kepala Desa Grabag yang ditayangkan Grabag TV menjadi salah satu program acara yang digemari dan memperoleh apresiasi yang tinggi dari masyarakat. Ajang pendidikan demokrasi dalam memilih kepala desa mereka pada tahun 2007 ini terekam dalam ingatan warga Desa Grabag dan segenap aparat desa sebagai momentum langka dan mungkin sebagai pelopor acara televisi yang menyiarkan pilkada secara langsung. Semua yang terlibat dalam acara ini bukanlah kru televisi lengkap dengan peralatan yang serba modern, namun hanyalah komunitas pedesaan yang terdiri atas warga dan aparat desa. Warga bekerja sebagai tim produksi dan aparat desa sebagai narasumber. Video kamera menggunakan Handycam dengan pita cassette biasa dengan latar belakang set panggung di dalam salah satu ruangan kantor Balai Desa Grabag. Biaya operasional diperoleh dari uang saku warga, kantor aparat desa dan ada sumbangan dari beberapa donator. Meski disiarkan secara sederhana, diawali dengan suasana pencoblosan, penghitungan suara dan pemilihan hasil suara namun tayangan ini menjadi tontonan yang menarik. Selain mengajarkan pendidikan politik yang demokratis, bagaimana warga desa mengemukakan pendapatnya melalui hak pilih mereka secara bebas tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Warga desa juga diperkenalkan dengan kegiatan penyiaran televisi dan hal-hal yang berhubungan dengan siaran langsung.
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RADIO, TELEVISI DAN FILM JILID 2

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RADIO, TELEVISI DAN FILM JILID 2

Program hiburan musik. Sepert i musik dangdut sudah menj adi primadona t el evisi. Bahkan t elah dikemas f ormat program yang mengarahkan penyanyi yang t idak biasa/ senang dengan j enis musik ini mendadak menj adi penyanyi dangdut dengan goyang pinggulnya yang aduh hai. Jenis musik ini memang menj adi kesenangan masyarakat menengah ke bawah (dulu) yang bert empat t inggal di daerah pant ai. Tet api saat ini sudah berubah menj adi musik rakyat dari segala kalangan, sehingga hiburan ini banyak disukai dan memperol eh rat ing yang t inggi yang berart i mendat angkan keunt ungan bagi perusahaan penyiaran TV melalui banyak sponsor komersial. Program musik j azz dan klasik sebagai program seni dan budaya saat ini sedang mencari f ormat unt uk mendapat kan penggemarnya. Lain halnya musik pop dan dangdut dapat dikemas dengan berbagai macam f ormat karena memiliki karakt er yang agak bebas dan berbeda dengan musik kl asik/ j azz. Model pert unj ukannya bisa diset ing di st udio maupun diluar st udio. Kecant ikan dan kepiawaian art is j uga sangat dibut uhkan unt uk memuaskan penont on baik dist udio maupun di rumah. Oleh karena it u pengambilan gambar yang bervariasi sangat pent ing dalam hal ini. Tayangan siaran dapat secara langsung maupun t ak langsung. Secara langsung berart i t ayangan programnya menj adi nat ural apa adanya sepert i saat it u t erj adi. Tet api unt uk t ayangan t idak l angsung dapat dilakukan edit ing dan diinsert mat eri/ animasi unt uk menambah t ayangan lebih menarik dan mampu memuaskan penont on.
Baca lebih lanjut

295 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV.

PENDAHULUAN KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV.

Komersialisasi dan komodifikasi budaya memiliki banyak konsekuensi penting. Produksi untuk mencari keuntungan berarti bahwa para eksekutif industri budaya berusaha menghasilkan karya yang akan populer, yang akan menjual. Sama halnya dengan hasil penelitian Isna Siskawati (2010), mengenai Komodifikasi nilai-nilai agama dalam sinetron: analisis wacana kritis terhadap sinetron Takdir Illahi di TPI, mengemukakan praktek komodifikasi nilai-nilai agama menjadi sebuah sinetron yang dikemas religius, sesungguhnya merupakan refleksi dari fenomena industri media televisi sebagai sebuah institusi bisnis yang berorientasi pada keuntungan. Rekomendasi dalam hasil penelitian ini yaitu dalam mengembangkan kesamaan onentasi media, haruslah berfihak kepada masyarakat dalam program-program religiusnya, tidak hanya memperhatikan tinggi rendahnya rating agar tidak menyesatkan.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Pengembangan dakwah melalui produksi program talkshow “Sekitar Kita” di Walisongo TV

Pengembangan dakwah melalui produksi program talkshow “Sekitar Kita” di Walisongo TV

ADDIE dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitiannya yaitu dalam mengembangkan program siaran Walisongo TV perlu perencanaan dengan matang agar memiliki kualitas daya tarik pemirsa untuk menikmatinya. Manajemen modern siaran televisi merupakan kebutuhan mutlak, karena semua aktivitas dalam mempersiapkan dan memproduksi siaran tidak bisa lepas dari teknologi komputer. Sistem informasi manajemen Walisongo TV berupa website merupakan kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan karena merupakan bagian dari pengembangan stasiun televisi, sehingga informasi tentang Walisongo TV dan program siaran dapat cepat sampai ke masyarakat luas.
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

Alur produksi program meniti harapan di daai tv

Alur produksi program meniti harapan di daai tv

DAAI Mandarin (大愛與您分享 — Da Ai Yu Nin Fen Xiang) adalah program berbahasa Mandarin yang ditayangkan di DAAI TV Indonesia sejak 3 Agustus 2008. Di tengah tontonan acara DAAI TV Indonesia yang kian beraneka ragam, tim DAAI TV mengemas program ini dalam bentuk feature, mengangkat tema dari informasi sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan dan alkulturasi budaya Tionghoa-Indonesia.

15 Baca lebih lajut

Teknik produksi program Islami di Batik TV Pekalongan

Teknik produksi program Islami di Batik TV Pekalongan

Sementara itu, guna menunjang eksistensinya, setiap stasiun televisi lokal maupun nasional memerlukan program acara. Program itu sendiri adalah salah satu bagian terpenting dari dunia pertelevisian, mengingat melalui aspek ini (program) berbagai sisi utamanya budgeting akan ditentukan. Sementara itu menurut Sutisno (1993: 9), program televisi merupakan bahan yang telah disusun dalam satu format sajian dengan unsur video yang secara teknis memenuhi persyaratan layak siar dan memenuhi standar yang berlaku. Disisi lain, kualitas program yang baik dan layak untuk disajikan pada penonton,menjadi tolok ukur bagus dan tidaknya stasiun televisi, terutama dalam proses produksi programnya. Program islami ialah sebuah sajian siaran yang bermuatan dakwah untuk menyiarkan ajaran agama islam, sehingga ajaran islam bisa tersebar luas ke dunia baik melalui visual. Program islami tidak melanggar aspek-aspek dari program televisi yang ada.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

PRODUKSI PROGRAM SIARAN “WAJAH SUMUT” DI METRO TV SUMUT   (Manajemen Komunikasi dan Produksi Program Siaran “Wajah Sumut” di Metro TV Sumut)

PRODUKSI PROGRAM SIARAN “WAJAH SUMUT” DI METRO TV SUMUT (Manajemen Komunikasi dan Produksi Program Siaran “Wajah Sumut” di Metro TV Sumut)

Perencanaan merupakan tahap awal dari proses produksi yang menentukan keberhasilan untuk proses selanjutnya. Hal tersebut merupakan fungsi manajemen yang merupakan perencanaan yang dijalankan untuk keberhasilan suatu produksi. Perencanaan yang dilakukan oleh tim Wajah Sumut mencakup rapat kecil yang biasanya terdiri dari kepala stasiun, program director, quality control dan juga admin. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang lebih sering dilakukan ketimbang rapat besar. Alasan tersebut dilakukan karena kurangnya SDM (sumber daya manusia) yang terdapat di Metro TV Sumut. Dari hasil wawancara dengan Romi selaku program director Wajah Sumut, rapat besar tidak bisa selalu dilaksanakan karna pekerjaan dari masing-masing tim yang cukup banyak maka rapat besar hanya dilakukan pada saat ada event-event besar atau tertentu saja. Setelah itu proses mencari berita yang 60-70% dilakukan oleh kontributor barulah sisanya didapat melalui media massa atau media online lain dan juga dari instansi yang bekerja sama dengan Metro TV Sumut. Setelah berita didapat kemudian dilakukanlah pengeditan naskah, serta menyusun rundown dan runningtext, pemilihan presenter, dan menyiapkan studio juga MCR.
Baca lebih lanjut

95 Baca lebih lajut

Analisis Produksi Program Teropong Iman Di Trans Tv

Analisis Produksi Program Teropong Iman Di Trans Tv

Untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, maka setiap stasiun televisi di Indonesia berlomba-lomba untuk membuat suatu program yang semenarik mungkin sehingga hal ini menjadi salah satu persaingan industri televisi pada saat ini. Setiap stasiun televisi lebih banyak menayangkan program acara yang sifatnya menghibur dibandingkan tayangan yang bersifat mendidik. Di tengah perkembangan yang pesat televisi swasta saat ini, televisi telah menawarkan berbagai macam acaranya yang diformat sedemikian rupa, tentunya disesuaikan dengan visi dan misi dari televisi itu sendiri. Diantara keanekaragaman acara televisi, ada yang bersifat infotainment seperti program acara agama, siaran berita dan sebaginya. Serta ada pula televisi acara yang bersifat entertainment seperti musik, film, kuis, reality show dan sebagainya.
Baca lebih lanjut

118 Baca lebih lajut

Proses Produksi Program Siaran Berita Di Solopos Tv.

Proses Produksi Program Siaran Berita Di Solopos Tv.

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tugas akhir berjudul “PROSES PRODUKSI SIARAN BERITA DI SOLOPOS TV“ adalah betul-betul karya sendiri, hal-hal yang bukan karya saya dalam tugas akhir tersebut diberi tanda citasi dan ditunjukkan dalam daftar pustaka.

8 Baca lebih lajut

Manajemen Produksi Program "The Blusukan" Trans TV.

Manajemen Produksi Program "The Blusukan" Trans TV.

The results showed that the program making The Blusukan in TRANS TV through the process of pre- production and production only. Aftercare is not required . So that the evaluation process takes place only within the team alone .

2 Baca lebih lajut

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RADIO, TELEVISI DAN FILM JILID 1

TEKNIK PENYIARAN DAN PRODUKSI PROGRAM RADIO, TELEVISI DAN FILM JILID 1

Dalam pengambilan gambar digunakan kamera video yang dapat merekam gambar sekaligus suara. Hal-hal yang perlu diperhat ikan dalam pengambilan gambar adalah Image harus j elas, urut an t ayangan gambar runt ut , dan mat eri visual cukup. Image gambar yang j elas maksudnya sudut pengambil an harus t epat dan memperhat ikan komposisi, pusat perhat ian dan sebagainya. Focusnya t epat sehingga menghasilkan t ayangan gambar yang t aj am. Gambar t idak goyang berart i st abil dan t idak membuat mat a cepat lelah menikmat inya. Karena sif at nya adalah video gambar gerak maka pengambilannya j uga harus ada gerakan yang lembut dan dinamis sehingga t idak ada t ayangan gambar diam. Gambar t ayangan runt ut maksudnya ada ket erikat an ant ara pengambilan yang sat u dengan yang lain sehingga t idak ada kesan ” nj eglek” ada koherensi yang j elas, sehingga mudah dimengert i dan diikut i rangkaian gambarnya. Mat eri visual harus cukup art inya dalam pengambilan gambar harus cukup banyak memenuhi kebut uhan edit ing, sehingga t idak ada pengul angan t ayangan gambar yang sama unt uk il ust rasi narasi yang berbeda. Dengan demikian kesat uan dan kesamaan pikiran/ ide dalam kerj a t im sangat diperlukan. Oleh karena it u harus ada koordinasi yang t erus menerus dalam t im t erebut . Pengolahan inf ormasi pada inf ormasi Penyiaran TV adalah penggabungan inf ormasi video, audio dan t eks menj adi sat u perpaduan yang serasi dan harmonis (mi xi ng), sehingga menj adi saj ian t ayangan / cerit a t ent ang kej adian yang alurnya j elas, runt ut , mudah dipahami dan diikut i, menarik dan enak di nikmat i sehingga penont on bet ah dan t idak j enuh menyaksikannya.
Baca lebih lanjut

221 Baca lebih lajut

JURNAL MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN PADA RATIH TV KEBUMEN

JURNAL MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN PADA RATIH TV KEBUMEN

Sumber daya manusia (kru) Ratih TV terdiri dari tenaga tidak tetap dan PNS yang secara strukural dalam kepemerintahan merupakan pegawai negeri sipil yang ada pada Bagian Humas dan Protokol Pemeritah Daerah Kabupaten Kebumen. Ratih TV juga bekerjasama dengan isntansi pendidikan dengan jalan mengadakan program magang dan On The Job Training bagi para pelajar dan mahasiswa. Melalui kegiatan pengorganisasian pada sumber daya manusia, salah satu tujuan Ratih TV sebagai media penyiaran yakni tujuan personal yang menggambarkan adanya usaha selain untuk mendapatkan penghasilan, individu yang bekerja pada Ratih TV juga bertujuan untuk mendapatkan pengalaman, keahlian.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Analisis Program Aceh TV dalam Upaya Melestarikan Budaya Aceh

Analisis Program Aceh TV dalam Upaya Melestarikan Budaya Aceh

Meudikee adalah salah satu adat Aceh yang dilakukan dengan gerakan- gerakan badan dan mempunyai ciri khas yang unik dan menarik. Dimana pemain menggoyangkan badan dan kepalanya kekiri dan kekanan, dan yang kanan ke kiri dengan serentak dan menepuk tangannya ke dada secara bersamaan. Tradisi ini bebas untuk siapa saja yang mau melakukannya, baik dari anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua sekalipun. Setelah peneliti mengevaluasi tayangan Meudikee, dalam program tersebut tidak dilakukan gerakan-gerakan badan seperti Meudikee pada umumnya, tetapi para anggota tersebut hanya membawakan isi dari Meudikee.
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

 Contoh Program Kerja Ekskul Kesenian (Seni Musik-Seni Budaya)

Contoh Program Kerja Ekskul Kesenian (Seni Musik-Seni Budaya)

Salah satu tujuan Pendidikan Seni Budaya adalah menggali kemampuan, bakat, dan minat siswa dalam berolah seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa.Karena tidak seimbangnya kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dengan alokasi waktu yang tersedia, maka diperlukan waktu ekstra di luar jam pelajaran sebagai sarana pengembangandiri dari kemampuan yang harus dimiliki dalam Intra Kurikuler.

10 Baca lebih lajut

2098-P1-PPsp-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio

2098-P1-PPsp-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio

Keterangan : Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian Perhitungan nilai praktik NP : Prosentase Bobot Komponen [r]

6 Baca lebih lajut

2107-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian

2107-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian

Mata Pelajaran Nilai Rata-rata Rapor Nilai Ujian Sekolah Normatif 1.. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 4.[r]

1 Baca lebih lajut

2098-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio

2098-Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio

Mata Pelajaran Nilai Rata-rata Rapor Nilai Ujian Sekolah Normatif 1.. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 4.[r]

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...