Top PDF PROGRAM KERJA Dan UJIAN NASIONAL

PROGRAM KERJA Dan UJIAN NASIONAL

PROGRAM KERJA Dan UJIAN NASIONAL

B. Dasar (Landasan Hukum) diselenggarakannya Ujian Nasional Adapun yang dijadikan dasar diselnggarakannya Ujian Nasional tahun pelaran 2013 -2014: 1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). 3. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 97 tahun 2013 tentang Kreteria Kelulusan Peserta Didik pada SMP/MTs,SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan

13 Baca lebih lajut

BAB I - PROGRAM KERJA UJIAN NASIONAL

BAB I - PROGRAM KERJA UJIAN NASIONAL

Berdasarkan pedoman umum penyelenggaraan administrasi sekolah menengah, Ujian Nasional ialah ujian yang dilaksanakan pada setiap akhir seluruh program sekolah baik Peserta didik kelas tertinggi yang menentukan lulus tidaknya Peserta didik . Implementasi UN didasarkan pada ketentuan yang ditetapkan oleh direktorat Jendral Pendidikan dasar. Ujian Nasional tahun pelajaran 2013-2014 mempunyai latar belakang sebagai berikut:

17 Baca lebih lajut

Proposal UKK SD File Terbaru

Proposal UKK SD File Terbaru

Program kerja ini diharapkan dapat menggambarkan segala aktifitas/kegiatan Pemantapan Persiapan Ujian Nasional (PPUN) tingkat kecamatan tahun ............, mulai dari persiapan sampai dengan pelaporan yang berlangsung di SDN ............. Setiap personil diharapkan mampu menjabarkan isi program ini sesuai dengan tugas dan fungsinya masing- masing.

14 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PEMETAAN KUALITAS SEKOLAH BERDASARKAN RERATA NILAI UJIAN NASIONAL DI UPT PENGELOLA TK DAN SD WILAYAH BARAT TAHUN AJARAN 2012/2013 DAN 2013/2014.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PEMETAAN KUALITAS SEKOLAH BERDASARKAN RERATA NILAI UJIAN NASIONAL DI UPT PENGELOLA TK DAN SD WILAYAH BARAT TAHUN AJARAN 2012/2013 DAN 2013/2014.

Pemetaan Kualitas Sekolah Berdasarkan Rerata Nilai Ujian Nasional Di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 merupakan program kerja individu PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) saya sebagai peneliti. Tujuan saya memilih program kerja ini adalah untuk mengetahui rerata nilai Ujian Nasional 51 SD se-UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat yang dapat dilihat kualitasnya dari hasil perbandingan 2 tahun ajaran terakhir dengan menggunakan diagram batang.Adapun sasaran dari program kerja ini yaitu SD Negeri dan Swasta se-UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat.Dalam pelaksanaan program kerja ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengumpulkan data rerata nilai UN 2 tahun terakhir 51 SD ini.Jadi, waktu yang dibutuhkan peneliti yaitu selama kegiatan PPL berlangsung, dari awal hingga akhir, yaitu tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014. Tempat peneliti mengolah data- data tersebut berada di Kantor UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat yang berlokasi di Jl. Pakuncen No 31 Wirobrajan, Yogyakarta.Di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat ini terdapat 51 SD, baik negeri maupun swasta yang terbagi dalam 5 kecamatan wilayah Yogya bagian barat. Sumber dana dalam pelaksanaan program kerja ini adalah murni dari mahasiswa dan menghabiskan dana sebesar Rp 63.500. hasil yang dicapai yaitu beberapa pihak menjadi mengetahui rerata nilai ujian nasional SD swasta dan negeri se- UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat dalam 2 tahun ajaran terakhir. Yang bisa saja ke depannya membutuhkan data akhir dari program kerja yang peneliti buat ini.Dalam pelaksanaan program kerja ini, faktor pendukungnya adalah adanya kerjasama yang baik antara narasumber yang dimintai datanya, dengan peneliti. Juga bantuan saran yang diberikan oleh ibu Anita Sri Madumurti selaku kepala UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat. Dan yang paling penting yaitu keyakinan diri saya sendiri untuk dapat menyelesaikan program kerja ini sebelum penarikan PPL dilaksanakan, sedangkan faktor penghambatnya adalah diawal pelaksanaan program ini, peneliti masih kurang muncul ide bagaimana cara agar pembaca dapat melihat perbandingan kualitas rerata nilai UN 2 tahun terakhir dari 51 SD se- UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat. Dari faktor penghambat diatas, c ara mengatasi penghambatnya adalah dengan berkonsultasi dengan dosen pembimbing lapangan, kepala UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat dan juga rekan satu lokasi di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat.
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

BAB I  PENDAHULUAN - Program Kerja UN 2010

BAB I PENDAHULUAN - Program Kerja UN 2010

Usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tampak dari upaya pembaharuan serta penyempurnaan sampai dihasilkannya kurikulum 2006 yang orientasinya kepada program dan tujuan pembangunan nasional. Di samping itu, pemerintah juga mengupayakan adanya standarisasi tingkat pengetahuan siswa untuk setiap jenjang dan jenis sekolah melalui pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian sekolah.

33 Baca lebih lajut

Contoh Program Kerja Ujian Sekolah (US) SMP MTs Berstandar Nasional

Contoh Program Kerja Ujian Sekolah (US) SMP MTs Berstandar Nasional

Program Kerja sederhana ini merupakan tuangan dari rencana dan pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan keseluruhan Ujian. Untuk itu penting kiranya Program Kerja ini disusun sesuai dengan tuntunan dan kebutuhan secara objektif dan realistis, agar pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional berhasil guna dan berdaya guna.

14 Baca lebih lajut

Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN "Veteran" Yogyakarta

Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN "Veteran" Yogyakarta

Seleksi Ujian Mandiri ini adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana S1 yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan persyaratan Ujian [r]

5 Baca lebih lajut

EVALUASI PROGRAM STRATEGI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MTsN MODEL PADANG TAHUN 2008

EVALUASI PROGRAM STRATEGI MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MTsN MODEL PADANG TAHUN 2008

This research, aimed at evaluating the implementation of strategic program in facing the national examination in MTsN model Padang. The subject of this research is the IX grade teachers and IX students. They are 36 teachers and students all together. Those teacher teach math, English, Indonesian, and science. Meanwhile, the samples from students were taken by using random sampling and 60 of the students was used as samples. Questionnaire, wawancara and documentation was used to collect the data and was analyzed by using descriptive statistics. The result of this research shows that (1) the teachers pedagogy knowledge was considered good. 58,33% of the teacher had a good pedagogy knowledge. (2) KKG program was considered as a very good program. 61,11% had a very good participation. (3) the teachers also gave an efficient material to the students and used efficiently. 47,22% of the teachers used the time efficiently. (4) the program ran well. 93,33% of the students said the advising was good. (5) it was indicated by the increasing of the students’ try out result. (6) the teacher who responsible for the program did their job well. 55,56% is very good.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

 Nomor 77 Tahun 2009

Nomor 77 Tahun 2009

c. untuk Program Paket B dan Program Paket C memiliki ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia ijazah 3 tahun atau usia ijazah minimum 2 tahun bagi peserta Ujian Nasional Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C yang berusia 25 tahun atau lebih; d. khusus untuk Program Paket C yang berasal dari Kulliyatul/Tarbiyatul M u’allimin memiliki dokumen yang membuktikan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan program pendidikan selama tiga tahun di satuan pendidikan tersebut.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

LATIHAN UJIAN NASIONAL SMA 2013 UNTUK KELAS BAHASA PROGRAM LINEAR

LATIHAN UJIAN NASIONAL SMA 2013 UNTUK KELAS BAHASA PROGRAM LINEAR

UN 2009 IPS PAKET A/B Nilai maksimum fungsi obyektif fx,y = x + 3y untuk himpunan penyelesaian seperti pada grafik di atas adalah … a... UN 2010 BAHASA PAKET A/B Perhatikan gambar : D[r]

21 Baca lebih lajut

permen tahun2011 nomor21

permen tahun2011 nomor21

Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 67 ayat (3) dan Pasal 94 huruf e Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Ujian Nasional Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun 2011;

9 Baca lebih lajut

dra elly kismini msi 196203061986012001

dra elly kismini msi 196203061986012001

9 Judul : Pengawasan Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2009 Program : Tahun : 2010 Status : Anggota Tim : Sriyanto Sumber : 10 Judul : PENGAWASAN UJIAN NASIONAL SMA/MA TAHUN 2010 Progr[r]

4 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PROGRAM PENGAYAAN DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL  Pengelolaan Program Pengayaan Dalam Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan.

PENGELOLAAN PROGRAM PENGAYAAN DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL Pengelolaan Program Pengayaan Dalam Persiapan Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan.

Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang fungsi dan peran program pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian nasional di SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan meliputi: fungsi pengajaran pengayaan adalah sebagai sarana korektif, yaitu sebagai upaya untuk memperbaiki terhadap pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat oleh guru, dilakukan melalui kegiatgan perbaikan cara belajar, penggunaan metode mengajar, materi, media yang dipergunakan guru, cara penilaian, dan sebagainya. Program pengayaan berfungsi memberikan pemahaman, melalui program pengayaan diharapkan guru dapat menyadari akan kekurangannya, sehingga baik guru maupun siswa harus membuka diri untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran selanjutnya berusaha untuk merubahnya sehingga akan memperoleh hasil yang lebih baik. Namun tidak semua guru mau mengakui akan kekurangannya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

GRATIS PROGRAM KERJA UKK SMK 2017 | Kumpulan Arsip Sekolah PROKER USUN Cover

GRATIS PROGRAM KERJA UKK SMK 2017 | Kumpulan Arsip Sekolah PROKER USUN Cover

Untuk mengukur kualitas hasil pendidikan dari satuan pendidikan tertentu, satuan pendidikan yang bersangkutan wajib mengadakan penilaian (evaluasi) secara berkala. Evaluasi (penilaian) yang diselenggarakan pada akhir jenjang sekaligus sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan pendidikan kepada orang tua/wali peserta didik, masyarakat, dan negara. Agar pelaksanaan evaluasi baik yang diselenggarakan secara nasional maupun oleh satuan pendidikan yang bersangkutan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya, maka sebelum evaluasi dilaksanakan, tentu saja perlu dibuat Program Kerja Pelaksanaan evaluasi.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

UJIAN NASIONAL SMA MA SMK SELALU RIBUT S

UJIAN NASIONAL SMA MA SMK SELALU RIBUT S

Masalah Ujian Nasional slalu ribut setiap tahun, sebuah gambaran filosofi bagaimana mutu generasi muda Indonesia ke depan. Pada tahun-tahun sebelumnya selalu setiap tahun diributkan mengenai ketidakjujuran peserta ujian nasional dalam mengerjakan lembar jawaban ujian nasional. Ketidak-jujuran itu bisa dilakukan oleh peserta maupun pihak penyelenggara dikarenakan keraguan, siswa ragu memberikan jawaban dan guru ragu apakah siswanya dapat lulus ujian nasional. Masalah klasik ini telah sejak dulu menjadi bahan temuan di berbagai tempat saat UN SMA/MA/SMK namun litbang Kemendikbud tak dapat menyimpulkan solusi yang baik untuk penyelenggaraan Ujian Nasional.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

UJIAN NASIONAL 005

UJIAN NASIONAL 005

UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan SMK Kompetensi Keahlian : Perawatan Kesehatan Kode : 3014 Alokasi [r]

2 Baca lebih lajut

Kebijakan Nasional Perubahan Ujian Nasional

Kebijakan Nasional Perubahan Ujian Nasional

Seharusnya  Mendorong siswa belajar  Mendorong guru tuntaskan kompetensi  Menjadi standar kompetensi minimum nasional  Dapat dipakai sebagai acuan antar propinsi  Adanya uk[r]

36 Baca lebih lajut

14 persiapan unas DpsAgt14

14 persiapan unas DpsAgt14

Merujuk surat Kolegium No. 398/Kol/XII/2013 tanggal 24 Desember 2013 tentang Jadwal Ujian Nasional 2013, bersama ini diberitahukan bahwa Ujian Nasional yang terdiri atas ujian tulis dan ujian lisan yang sedianya akan diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 19 Agustus 2014, diubah menjadi hari Selasa, 26 Agustus 2014. Hal tersebut berkaitan dengan berubahnya jadwal PIT XXI POGI. Ujian akan diselenggarakan di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur Bali. Sehubungan dengan itu, kami mohon setiap senter pendidikan dapat mempersiapkan peserta yang akan mengikuti ujian dengan cara:
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

13 persiapan unas jkt Juli2013

13 persiapan unas jkt Juli2013

Merujuk surat Kolegium No. 101/Kol/IV/2013 tanggal 4 April 2013 tentang Perubahan Jadwal Ujian Nasional 2013, bersama ini diberitahukan bahwa Ujian Nasional yang terdiri atas ujian tulis dan ujian lisan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2013 di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta sebagai pengganti Ujian Nasional di Medan bulan September 2013 (PIT ke-20).

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...