Top PDF Prototipe pemilah bok berdasarkan ukuran menggunakan conveyor

Prototipe pemilah bok berdasarkan ukuran menggunakan conveyor

Prototipe pemilah bok berdasarkan ukuran menggunakan conveyor

Mekanisme dari sistem kerja conveyor adalah conveyor bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang telah diprogram. Proses yang terjadi ketika tombol power “ON” maka pertama-tama conveyor 1 akan berjalan membawa bok yang saya letakan diatas conveyor menuju tepat dibawah webcam dideteksi oleh sensor photodioda untuk mengukur ketinggian bok. Ketika sensor photodioda terhalang oleh bok dan conveyor 1 akan berhenti sesaa untuk mengukur ketinggian satu atau dua, maka mikrokontroler ATmega32 akan mengirimkan karakter „a‟ secara serial melalui komunikasi serial USART. Kemudian laptop akan merima karakter tersebut sebagai isyarat bahwa telah terdapat objek buah tepat dibawah webcam . Proses selanjutnya yaitu GUI pada MATLAB yang berguna untuk proses pengenalan pola bentuk bok akan secara otomatis menjalankan program tersebut. Setelah bentuk bok dikenali, maka laptop akan mengirimkan sebuah karakter yang mendefinisikan bentuk buah. Karakter „a‟ yang dikirim merupakan ukuran bok yang terdeteksi yaitu “bok satu”. Untuk karakter „b‟ yang dikirim merupakan ukuran bok yang terdeteksi yaitu “bok dua”. Untuk karakter „c‟ yang dikirim merupakan ukaran bok yang terdeteksi yaitu “bok tiga”. Untuk karakter „d‟ yang dikirim merupakan ukuran bok yang terdeteksi yaitu “bok empat”. Untuk Karakter „e‟ yang dikirim merupakan ukuran bok yang bok yang tidak sesuai ukuran.
Baca lebih lanjut

134 Baca lebih lajut

Prototipe pemilah benda berdasarkan bentuk dan warna menggunakan conveyor

Prototipe pemilah benda berdasarkan bentuk dan warna menggunakan conveyor

Pembuatan rangkaian regulator dan penguat arus yang nantinya dipakai sebagai penyetabil tegangan pada minimum system ATmega32 dan motor dc. Komponennya terdiri dari ic 7805, ic 7812, transistor 2N3055, kapasitor, dan diode. Ic 7805 dipakai sebagai penurun tegangan dimana untuk ic tipe ini memiliki tegangan keluaran (output) sebesar 5 volt, arus maksimumnya adalah 1 A, tegangan masukan (input) minimum 7 volt dan maksimal 20 volt dan dipakai untuk memberikan daya pada minimum system Atmega32 yang hanya membutuhkan 5 volt, kemudian untuk komponen pendukung yaitu kapasitor berfungsi sebagai penghilang riple sedangkan untuk ic 7812 digunakan untuk menstabilkan tegangan sekaligus menggunakan transistor 2N3055 sebagai penguat arus, karena bisa dipakai sebagai rangkaian power suplay dengan tegangannya yang bisa diset. Ic ini memiliki tegangan keluaran (output) sebesar 12 volt, arus maksimumnya adalah 1 A, tegangan masukan (input) minimum 14,6 volt dan maksimal 27 volt dan digunakan untuk memberikan daya pada motor dc 24 volt. Maka dari itu trasistor harus dibias tegangan yang konstan pada basisnya, agar pada emitor keluaran tegangannya tetap. Selanjutnya untuk mengatur tegangan basis mengunakan dioda 1N4002. Untuk ic 7812 digunakan untuk memberikan daya pada motor dc 24 volt. Gambar dibawah adalah A. Rangkaian regulator minimum system ATmega32 dan B. Rangkaian regulator dengan penguat arus motor dc 3.10 [23] dan [27].
Baca lebih lanjut

131 Baca lebih lajut

Prototipe pemilah kematangan buah pisang berdasarkan warnanya menggunakan conveyor

Prototipe pemilah kematangan buah pisang berdasarkan warnanya menggunakan conveyor

Motor listrik merupakan perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untukdiubah menjadi energi mekanik. Kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagianyang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Jika terjadi putaran pada kumparan jangkar dalam pada medan magnet, maka akan timbul tegangan (GGL) yang berubah-ubah arah pada setiap setengah putaran, sehingga merupakan tegangan bolak-balik. Prinsip kerja dari arus searah adalah membalik phasa tegangan dari gelombang yang mempunyai nilai positif dengan menggunakan komutator, dengan demikian arus yang berbalik arah dengan kumparan jangkar yang berputar dalam medan magnet. Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bias berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. [7]
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

Prototipe pemilah benda berdasarkan bentuk dan warna menggunakan conveyor.

Prototipe pemilah benda berdasarkan bentuk dan warna menggunakan conveyor.

Prinsip kerja sistem ini, yaitu input berupa benda berbentuk kotak dan berwarna merah ditangkap oleh webcam citranya berupa RGB yang akan diletakan di atas conveyor berjalan. Proses pengenalan warna dan bentuk tersebut menggunakan webcam dimana di proses pada program MATLAB, kemudian data dikirim menggunakan komunikasi serial ke mikrokontroler dan diproses perintahnya lalu conveyor pertama akan bergerak menghantar benda tersebut ke conveyor kedua dimana diatasnya terdapat wadah sesuai dengan warna dan bentuk yang telah terdeteksi oleh webcam dan jika benda kotak merah maka akan dimasukan kedalam wadah yang bertanda khusus untuk benda kotak merah, demikian juga berlaku untuk benda kotak hijau, bola merah serta bola hijau dan jika bukan atau tidak sesuai maka akan dimasukan kedalam wadah khusus untuk benda yang tidak sesuai dengan keinginan atau reject.
Baca lebih lanjut

133 Baca lebih lajut

Implementasi Program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di UPT Puskesmas Hiliduho Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Tahun 2015

Implementasi Program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di UPT Puskesmas Hiliduho Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Tahun 2015

Jika divisualisasikan akan terlihat bahwa suatu kebijakan memiliki tujuan yang jelas yang diformulasikan ke dalam program pelaksanaan yang dilaksanakan berpedoman pada rencana. Keseluruhan implementasi kebijakan dievaluasi dengan cara mengukur luaran ( output ) program berdasarkan tujuan program. Luaran program dilihat melalui dampaknya terhadap sasaran yang dituju baik individu, kelompok maupun masyarakat. Luaran implementasi kebijakan adalah adanya perubahan dan diterimanya perubahan oleh kelompok sasaran (Akib, 2010).

29 Baca lebih lajut

Analisis Tarif Bus Yogyakarta-Magelang Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Akibat Fluktuasi Harga BBM (Studi Kasus Bus Sumber Waras).

Analisis Tarif Bus Yogyakarta-Magelang Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Akibat Fluktuasi Harga BBM (Studi Kasus Bus Sumber Waras).

Tarif merupakan besarnya biaya yang dikenakan kepada setiap angkutan penumpang umum yang dinyatakan dalam rupiah. Faktor yang digunakan dalam perhitungan tarif salah satunya adalah biaya operasional kendaraan (BOK), faktor ini harus diperhatikan karena keuntungan yang diperoleh operator sangat tergantung pada besarnya tarif yang ditetapkan.

3 Baca lebih lajut

Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Nice Trans Taxi Berdasarkan Bok Dan Wtp

Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Nice Trans Taxi Berdasarkan Bok Dan Wtp

sebuah sabuk. Daerah pelayanan angkutan juga dapat dibagi kedalam zona-zona yang berdekatan. Jika terdapang jalan yang melintang dan melingkar, panjang jalan ini harus dibatasi dengan membagi zona kedalam sektor-sektor. Skala jarak dan tarif dibentuk dengan cara yang sama dengan struktur tarif bertahap yang berdasarkan suatu jarak dan suatu tingkatan tarif. Kerugian akan terjadi bagi penumpang yang hanya melakukan perjalanan jarak pendek didalam dua zona yang berdekatan, mereka harus membayar ongkos untuk dua zona. Sebaliknya suatu perjalanan yang panjang dapat menjadi lebih murah jika dilakukan didalam sebuah zona dibandingkan dengan perjalanan pendek yang melintasi batas zona. Hubungan antara tarif angkutan dan jarak tempuh angkutan untuk tarif zona dapat dilihat pada grafik dibawah ini.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

EVALUASI TARIF BUS PATAS JATIM BERDASARKAN BOK TRAYEK SURABAYA-MALANG

EVALUASI TARIF BUS PATAS JATIM BERDASARKAN BOK TRAYEK SURABAYA-MALANG

Angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) khususnya bus patas trayek Surabaya-Malang berperan besar dalam menyelenggarakan angkutan umum penumpang. Tarif yang baik adalah tarif yang sesuai bagi pengguna kendaraan dan juga bagi operator kendaraan, dimana tarif tersebut telah mencakup biaya operasi kendaraan dan sejumlah keuntungan minimal yang diharapkan operator, sedangkan tarif tersebut masih dalam tingkat kemampuan membayar dari konsumen atau pengguna. Naiknya komponen-komponen biaya operasional dan bencana luapan lumpur panas Lapindo mengakibatkan dampak pada rute ini sehingga mengakibatkan perlu adanya evaluasi tarif. Studi ini bermaksud untuk mengevaluasi tarif dengan menghitung dan menetapkan tarif berdasarkan komponen-komponen BOK yang belaku saat ini.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

PENGAWASAN MUTU PRODUK MIE INSTANT PT.INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK DIVISI NOODLE CABANG SEMARANG - Unika Repository

PENGAWASAN MUTU PRODUK MIE INSTANT PT.INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK DIVISI NOODLE CABANG SEMARANG - Unika Repository

Pada tahap ini dengan menggunakan roll slitter lembaran adonan dipotong menjadi beberapa untaian mie. Slitter tersebut berupa pisau-pisau yang terletak pada dua silinder yang bergerak berlawanan sehingga lembaran adonan membentuk untaian mie. Untaian mie ini selanjutnya membentuk gelombang dengan cara melewati waving conveyor yaitu konveyor pembentuk gelombang yang kecepatannya lebih rendah dari roll slitter. Pada tahap ini diperlukan manajemen yang baik dalam mengamati dan mengontrol kecepatan masing-masing alat, baik kecepatan waving conveyor maupun kecepatan roll slitter. Jika kecepatan mesin ini tidak diamati dan dikontrol setiap harinya, jika kecepatan waving conveyor tidak lebih rendah maka tidak akan dapat terbentuk gelombang pada mie. Setelah itu mie kemudian dibawa dengan net conveyor yaitu konveyor berbentuk jaringan kawat dengan kecepatan lebih tinggi dari waving conveyor sehingga diperoleh gelombang mie yang lebih renggang dan kemudian dikukus. Manajemen dalam pengawasan kecepatan net conveyor juga harus benar-benar diperhatikan dan dikontrol, karena jika kecepatan net conveyor tidak lebih cepat dari kecepatan waving conveyor maka gelombang mie akan menjadi terlalu rapat, sehingga tidak sesuai dengan standar dan titik kritis pada tahap ini yaitu pada point jarak lipatan mie, yang nantinya akan berakibat dengan dilakukannya penolakan terhadap mie tersebut.
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Aplikasi Android Wisata Kota Semarang Menggunakan Algoritma BFS.

Rancang Bangun Aplikasi Android Wisata Kota Semarang Menggunakan Algoritma BFS.

Pada Menu penunjuk arah tersebut ketika pengguna menggunakan Google Map. Pada menu tersebut terlihat jarak dan waktu tempuh untuk menuju ke tempat wisata tersebut seperti terlihat pada gambar 5.16. Dalam penggunaannya Google Map akan mengambil posisi pengguna kemudian mencari posisi dari marker yang telah ditentukan oleh penulis dan ketika pengguna memilih tombol tunjukkan rute, ketika sistem mencari rute maka akan tampil informasi mengenai rute yang akan ditempuh. Rute tersebut digambarkan dengan polyline diatas Google Map.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Perbandingan Biaya Operasi Kendaraan Jenis Minibus Berbahan Bakar Bensin dan Solar - MCUrepository

Perbandingan Biaya Operasi Kendaraan Jenis Minibus Berbahan Bakar Bensin dan Solar - MCUrepository

92 Lampiran 8 Contoh Perhitungan BOK dengan Menggunakan Persamaan-Persamaan BOK untuk Kendaraan Minibus Berbahan Bakar Bensin Mobil Toyota Kijang tahun 1997 Dari lampiran diketahui[r]

42 Baca lebih lajut

“PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONVEYOR BERDASARKAN TINGGI RENDAHNYA BARANG BERBASIS MICROCONTROLLER“PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONVEYOR BERDASARKAN TINGGI RENDAHNYA BARANG BERBASIS MICROCONTROLLER.

“PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONVEYOR BERDASARKAN TINGGI RENDAHNYA BARANG BERBASIS MICROCONTROLLER“PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONVEYOR BERDASARKAN TINGGI RENDAHNYA BARANG BERBASIS MICROCONTROLLER.

iii TUGAS AKHIR “PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONVEYOR BERDASARKAN TINGGI RENDAHNYA BARANG BERBASIS MICROCONTROLLER” OLEH : INDRA ALKADRI 07171091 JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTA[r]

3 Baca lebih lajut

PROTOTIPE ALAT SORTIR BOLA BERDASARKAN P

PROTOTIPE ALAT SORTIR BOLA BERDASARKAN P

Warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya putih. Identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang cahaya tersebut. Nilai warna, ditentukan oleh tingkat kecerahan maupun kesuraman warna. Panjang gelombang yang dimiliki oleh beberapa warna, merah 625- 740nm, jingga 590-625nm, kuning 565- 590nm, hijau 520-565nm, sian 500-520nm, biru 435- 500nm dan ungu 380-435nm. Merah, hijau dan biru merupakan warna utama (primer) yang merupakan kesimpulan dari hasil eksperimen Maxwell dengan menggunakan proyektor cahaya dan penapis (filter) berwarna. 3 buah proyektor yang telah diberi filter warna yang berbeda disorotkan ke layar putih di ruang gelap. Warna primer adalah warna warna yang tidak dapat dihasilkan lewat pencampuran warna apapun. Melalui warna - warna primer cahaya ini (biru, hijau, dan merah) semua warna cahaya dapat dibentuk dan diciptakan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PROGRAM BANTU PENJUALAN TIKET BERBASIS WEBSITE MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG - UDiNus Repository

PROGRAM BANTU PENJUALAN TIKET BERBASIS WEBSITE MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG - UDiNus Repository

Sesuatu yang dibuat harus diuji cobakan. Demikian juga dengan software. Semua fungsi-fungsi software harus diuji coba, agar software bebas dari error, dan hasilnya harus benar - benar sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan sebelumnya. Pada tahap ini penulis melakukan testing menggunakan server local yaitu localhost.

10 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB (QAWAID) KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TARAKIB (QAWAID) KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG

Modul ini menggunakan kertas A5 berukuran 14,8 cm x 21 cm, berjumlah 63 halaman, ringkas dan tidak terlalu tebal. Bentuk huruf yang digunakan dalam modul ini yaitu century gotic dengan ukuran 10pt, sesuai dengan ukuran kertas, dan setara dengan bentuk huruf times new roman berukuran 12pt, sedangkan untuk tulisan berbahasa Arab menggunakan bentuk huruf simplified arabic berukuran 14pt, tidak terlalu besar namun dapat terbaca dengan jelas. Tata letak judul bab dan sub bab menggunakan bentuk yang konsisten pada setiap babnya. Hiasan dan perpaduan warna pada isi modul didesain agar menarik perhatian siswa dengan tidak mengurangi tujuan modul untuk menambah pemahaman siswa dan tidak mengganggu hal-hal penting yang disampaikan modul.
Baca lebih lanjut

218 Baca lebih lajut

Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Nice Trans Taxi Berdasarkan Bok Dan Wtp

Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Nice Trans Taxi Berdasarkan Bok Dan Wtp

sebuah sabuk. Daerah pelayanan angkutan juga dapat dibagi kedalam zona-zona yang berdekatan. Jika terdapang jalan yang melintang dan melingkar, panjang jalan ini harus dibatasi dengan membagi zona kedalam sektor-sektor. Skala jarak dan tarif dibentuk dengan cara yang sama dengan struktur tarif bertahap yang berdasarkan suatu jarak dan suatu tingkatan tarif. Kerugian akan terjadi bagi penumpang yang hanya melakukan perjalanan jarak pendek didalam dua zona yang berdekatan, mereka harus membayar ongkos untuk dua zona. Sebaliknya suatu perjalanan yang panjang dapat menjadi lebih murah jika dilakukan didalam sebuah zona dibandingkan dengan perjalanan pendek yang melintasi batas zona. Hubungan antara tarif angkutan dan jarak tempuh angkutan untuk tarif zona dapat dilihat pada grafik dibawah ini.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

Table top chain conveyor adalah merupakan salah satu jenis chain conveyor yang banyak dipakai dalam industri minuman botol untuk pengisian botol

Table top chain conveyor adalah merupakan salah satu jenis chain conveyor yang banyak dipakai dalam industri minuman botol untuk pengisian botol

2 lain botol kaca ini terletak pada permukaan bawahnya yang cukup datar. Hal ini memberi keuntungan bahwa luas permukaan botol yang menyentuh table top chain cukup besar, sehingga memberi kestabilan yang bagus saat berjalan diatas conveyor. Kestabilan botol sangat penting mengingat dalam perancangan pressless combiner conveyor, botol tersebut akan sering mengalami transfer produk dari line satu ke line yang lain. Transfer produk inilah yang dinamakan combiner, yang berarti

8 Baca lebih lajut

View of DESAIN DAN IMPLEMENTASI MESIN PEMILAH WARNA BERBASISKAN ARDUINO UNO

View of DESAIN DAN IMPLEMENTASI MESIN PEMILAH WARNA BERBASISKAN ARDUINO UNO

Arduino Uno bisa mendapatkan catu daya dari komputer menggunakan koneksi USB atau dari sumber tegangan lain, seperti power supply dan baterai. Tegangan yang ideal digunakan untuk Arduino Uno adalah antara 7 – 12 volt. Jika diberikan tegangan kurang dari 7 volt, maka sumber tegangan dari pin 5 volt akan mengeluarkan tegangan kurang dari 5 volt dan papan Arduino menjadi tidak stabil. Jika diberikan tegangan lebih dari 12 volt, maka voltage regulator pada Arduino bisa menjadi terlalu panas dan merusak papan Arduino.

6 Baca lebih lajut

Usulan Perencanaan Jadwal Perawatan Mesin dengan Metode Reliability Centered Maintenance serta Identifikasi Penerapan 5S pada PT. Socfin Indonesia

Usulan Perencanaan Jadwal Perawatan Mesin dengan Metode Reliability Centered Maintenance serta Identifikasi Penerapan 5S pada PT. Socfin Indonesia

- Press cake yang keluar dari mesin press yang masih berbentuk gumpalan jatuh ke cake breaker conveyor - Gumpalan tersebut dicacah oleh putaran conveyor 87 rpm - Cake breaker conveyor [r]

26 Baca lebih lajut

KLASIFIKASI MUTU MUTIARA BERDASARKAN BENTUK DAN UKURAN MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR

KLASIFIKASI MUTU MUTIARA BERDASARKAN BENTUK DAN UKURAN MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR

Dari perbandingan Gambar.1,Gambar. 2, dan Gambar 3 dapat diambil ciri yang dapat digunakan dalam proses deteksi adalah bentuk dan ukuran mutiara. Dalam proses pengolahan citra digital, bagian Bentuk dan ukuran dapat di peroleh menggunakn metode regionprop yaitu mengukur sekumpulan properti – properti dari setiap region yang telah dilabeli dalam matriks label. Bilangan integer positif yang merupakan elemen dari matriks berkorespondensi dengan region yang bersesuaian. Area, panjang major axis, dan panjang minor axis yang digunakan merupakan sebagian dari properti yang dihasilkan fungsi regionprops [8].
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...