Top PDF Rancang Bangun Sistem Proteksi Kebakaran

Rancang Bangun Sistem Proteksi Kebakaran

Rancang Bangun Sistem Proteksi Kebakaran

Abstrak— Pertumbuhan pembangunan yang pesat di kota-kota besar namun tidak disertai perencanaan dalam hal pencegahan bahaya kebakaran dan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran misalnya instalasi listrik dan gas yang baik dapat menyebabkan seringnya terjadi kebakaran di pemukiman. Tujuan dari penelitian yakni mencegah terjadinya kebakaran dengan mendeteksi adanya asap dan panas yang berlebihan di sekitar rumah dan melindungi terjadinya kebakaran yang berdampak luas. Hasil rancang bangun proteksi kebakaran menggunakan smoke dan heat detector berbasis mikrokontroler akan mendeteksi adanya bahaya asap dan panas. Apabila ada bahaya asap atau panas, maka sistem akan memberikan peringatan berupa alarm, memberikan jalur evakuasi menuju pintu emergency, dan memberikan proteksi dengan memadamkan api tersebut sebelum api itu membesar.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS IoT dan SMS GATEWAY MENGGUNAKAN ARDUINO

RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS IoT dan SMS GATEWAY MENGGUNAKAN ARDUINO

Dari Skema pada gambar 1 dapat diketahui bahwa konfigurasi sistem dari sistem keamanan ini terdiri dari input, proses dan output.Dari sisi masukan (input) terdiri dari Sensor Suhu LM35, Sensor Asap MQ-7, dan Sensor Api. Kontroler yang digunakan adalah Arduino Uno R3 dan GSM/GPRS Shield SIM900. Sedangkan dari sisi keluaran (output) terdapat Web yang akan tanpil pada laptop dan SMS Gateway.Web yang menggunakan metode Internet Of Things ( IoT) berfungsi untuk monitoring atau sumber informasi suhu pada area hutan, sedangkan. SMS Gateway berfungsi sebagai pengirim sms secara otomatis kepetugas yang ada pada pos jaga ( T.Leriad,2015).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis dan Dinamis Berbasis Mikrokontroler

Rancang Bangun Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis dan Dinamis Berbasis Mikrokontroler

Telah dilakukan rancang bangun prototipe sistem pemadam kebakaran otomatis dan dinamis berbasis modul mikrokontroler Arduino Uno. Sumber api (berupa lilin) dideteksi menggunakan dua sensor temperatur IC LM35 yang dapat digerakkan melingkar horizontal oleh motor stepper berdasarkan program yang ditanamkan di mikrokontroller. Kedua sensor dipasang bersebelahan dengan sudut pisah 45°.Temperatur acuan yang telah ditetapkan sebagai indikator kebakaran adalah 50 ℃ .Jika sensor pertama mendeteksi temperatur 50 ℃ maka sistem sensor akan bergerak ke arah sumber panas dalam arah dari sensor kedua ke sensor pertama, dan sebaliknya. Ketika sistem sensor ini telah berada tepat di dekat sumber api, mikrokontroler mengaktifkan saklar pompa air untuk menyemprotkan air. Prototipe ruangan yang dibangun berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Sistem yang dirancang mampu menyiramkan air hingga ketitik sumber api yang berada hingga 18 cm di atas lantai ruangan simulasi.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

rancang bangun sistem peringatan guncang

rancang bangun sistem peringatan guncang

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal pegajuan Tugas Akhir yang berjudul “ RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN GUNCANGAN DAN KEBAKARAN PADA BANGUNAN”. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan

4 Baca lebih lajut

11 ANALISA RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN PADANG

11 ANALISA RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN PADANG

Penelitian yang dilakukan pada Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Padang dengan cara mengumpulkan data – data dengan metode wawancara. Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Padang masih belum memanfaatkan sistem komputerisasi dalam pengelolaan data manajemen aset, sehingga data yang diperoleh tidak dapat dikelola dengan baik. Sehingga sering terjadi kehilangan data – data tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencarikan solusi yang lebih baik agar kebutuhan akan sistem informasi pengolahan data manajemen aset ini dapat dipenuhi dan membantu tugas pada bidang terkait dalam membuat laporan atau informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN ALAT PROTEKSI MENGGUNAKAN PENGUAT OPERASIONAL UNTUK BEBAN LEBIH

RANCANG BANGUN ALAT PROTEKSI MENGGUNAKAN PENGUAT OPERASIONAL UNTUK BEBAN LEBIH

Dalam sistem proteksi khususnya dalam aplikasi di instalasi untuk pembebanan rumah tinggal yang dapat mengamakan rangkaian dan peralatan elektronik dari gangguan beban lebih dan juga mengamankan manusia dari bahaya kejut listrik , maka dalam Tugas Akhir ini dirancanglah “ALAT PROTEKSI MENGGUNAKAN PENGUAT OPERASIONAL UNTUK BEBAN LEBIH”. Alat proteksi ini dirancang dengan menggunakan penguat oprerasional sebagai acuan tegangan referensi yang akan menjadi tegangan pembanding dengan tegangan yang dihasilkan oleh sensor arus dan menggabungkan beberapa rangkaian komponen dan dengan besaran beban yang akan dilayani dapat diubah-ubah sesuai dengan besar arus beban sehingga dapat mengamankan rangkaian instalasi listrik yang diakibatkan oleh ganguan beban lebih.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Alat Proteksi Kebakaran Akibat Kebocoran Gas pada Tabung LPG 3 KG - Ubaya Repository

Rancang Bangun Alat Proteksi Kebakaran Akibat Kebocoran Gas pada Tabung LPG 3 KG - Ubaya Repository

Dengan rancang bangun ini dihasilkan alat proteksi kebakaran yang mampu melokalisir, mendeteksi, dan memberikan tanda bahaya kepada penggunanya saat terjadi kebocoran gas. Dengan rancang bangun alat proteksi kebakaran akibat kebocoran gas pada tabung LPG 3 kg ini diharapkan dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan konsumen.

1 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Pemadam  Kebakaran Memanfaatkan Sensor LM35 Dan  Fototransistor Dengan Metode Area Scanning  Berbasis Atmega8535

Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Pemadam Kebakaran Memanfaatkan Sensor LM35 Dan Fototransistor Dengan Metode Area Scanning Berbasis Atmega8535

Telah dilakukan rancang bangun suatu alat pemadam kebakaran secara otomatis memanfaatkan fototransistor untuk mendeteksi infra merah yang ditimbulkan api, sensor LM35 untuk mendeteksi suhu ruangan, motor stepper untuk menggerakkan secara horinzontal fototransistor dan ujung selang pompa air yang bergerak searah jarum jam dan juga sebaliknya dengan rotasi 360 0 , dan alarm sebagai tanda kebakaran. Fototransistor dan ujung selang air didesain pada posisi arah yang sama, sehingga apabila fototransistor mendeteksi adanya infra merah dan LM35 mendeteksi suhu sesuai kondisi yang ditetapkan (suhu > 38 0 C), maka pompa hidup untuk menyemprotkan air ke lokasi api secara horizontal dengan rotasi sekitar 30 0 , dan menghidupkan alarm, serta memutuskan hubungan arus listrik. Sistem atau peralatan ini dikontrol oleh mikrokontroler ATMega8535.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

ANALISIS PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI PT PEMBANGKIT JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN PAITON, PROBOLINGGO

ANALISIS PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI PT PEMBANGKIT JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN PAITON, PROBOLINGGO

APAR ditempatkan pada lokasi-lokasi yang mudah dilihat dan mudah dijangkau, hal ini dilakukan untuk mempercepat tindakan jika terjadi kebakaran sehingga APAR yang ada cepat diambil dan digunakan. Penempatan APAR di masing-masing titik ditandai dengan segitiga merah yang menyala pada saat gelap, dengan ukuran 23 cm x 23 cm x 23 cm serta terdapat tulisan APAR ditengah-tengah dengan warna kuning dan di bawah tanda tersebut dipasang APAR. Tanda pemasangan APAR yang ada di PT Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkitan Paiton, Probolinggo sudah memenuhi syarat karena dapat terbaca dan terlihat dengan jelas meskipun ukuran sisi dari tanda segitiga merah masih belum sesuai denan Peraturan Mentri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Nomor : Per-04/Men 1980 tentang syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan yang menganjurkan sisi pada segitiga merah 35 cm. Daerah yang berpotensi kebakaran tinggi seperti daerah coal handling area, pemasangan APAR lebih ditingkatkan untuk mengantisipasi resiko terjadinya kebakaran yang lebih tinggi daripada dilokasi-lokasi lainnya.
Baca lebih lanjut

176 Baca lebih lajut

Sheila Arsitasiwi  21020110130100  Daftar Pustaka

Sheila Arsitasiwi 21020110130100 Daftar Pustaka

Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran Kota Semarang.Sem arang:Dinas Kebakaran Kot a Sem arang.. De Chiarra, Joseph and John Callender.[r]

1 Baca lebih lajut

14. Pedoman Sistem Proteksi Kebakaran Aktif Pada Bangunan RS

14. Pedoman Sistem Proteksi Kebakaran Aktif Pada Bangunan RS

(c) Dalam hal khusus, motor yang berada di luar rentang daya dan tipe motor yang teruji, harus mempunyai kemampuan daya kuda bila dipakai untuk melayani gerakan pompa kebakaran, tidak kurang dari 10 persen lebih besar dari daya kuda rem maksimum dibutuhkan pompa pada setiap kondisi beban pompa. Motor harus memenuhi semua persyaratan lain dari motor yang teruji.

65 Baca lebih lajut

Analisa Sistem Pencegahan Penanggulangan Kebakaran di Fasilitas Intensive Care Unit RSUP. H. Adam Malik

Analisa Sistem Pencegahan Penanggulangan Kebakaran di Fasilitas Intensive Care Unit RSUP. H. Adam Malik

Kebakaran adalah suatu nyala api baik kecil atau besar pada tempat, situasi, dan waktu yang tidak dikehendaki, sangat merugikan dan pada umumnya sulit untuk dikendalikan. Risiko kebakaran yang terjadi di rumah sakit mempunyai peringkat tertinggi dibandingkan dengan tempat – tempat lain. Hal ini disebabkan karena rumah sakit merupakan tempat yang mayoritas penghuninya kurang mampu secara fisik. Untuk itu diperlukan penanganan khusus baik dari segi sumber daya manusianya dan penyediaan sistem proteksi untuk mengantisipasi kebakaran.

4 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory dan Prediksi Jumlah Pembelian Barang Pada Koperasi Pegawai Telekomunikasi.. Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Stu[r]

1 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - PENILAIAN RISIKO BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERTINGKAT (Studi di MI Terpadu Ibnu Sina Kecamatan Kembang dan MA Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara) - Repository Universitas Muhammadiyah Semarang

BAB I PENDAHULUAN - PENILAIAN RISIKO BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERTINGKAT (Studi di MI Terpadu Ibnu Sina Kecamatan Kembang dan MA Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara) - Repository Universitas Muhammadiyah Semarang

Di Amerika, angka kebakaran relatif lebih lengkap dan mudah diakses. Pada tahun 2008 kebakaran di Amerika mencapai 5 juta kali kebakaran terhitung dari tahun 1999 sampai 2008 dengan menelan kerugian sampai $93.426. Di Indonesia, pada tahun 2015 frekuensi kebakaran mencapai 20-100 ribu kejadian pertahun dengan korban jiwa sekitar 200- 1.000 orang. Menurut kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK-PB) ditemukan sebanyak 8.243 kasus kebakaran di Jakarta Indonesia dalam terhitung dari tahun 1998 sampai 2008 dengan menelan kerugian sampai Rp. 1.255.091.940.080. (1)
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Sistem Proteksi Kebakaran Sebagai upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu ARI SUPRAYITNO

Sistem Proteksi Kebakaran Sebagai upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu ARI SUPRAYITNO

business economics is not the administration of profit. It is avoidance of loss. ” Pendapat Peter Ferdinand Drucker seorang penulis, konsultan manajemen, ekologi sosial, dan yang lebih dikenal sebagai Bapak Manajemen Modern ini sungguh tepat bagi perkembangan di segala bidang, termasuk di Indonesia. Seperti yang diungkapkan Ridwan Mahzun, Ketua Umum A2K3, hampir setiap hari kita dapat menyaksikan betapa kecelakaan, kebakaran, atau musibah lain terjadi, yang diperkirakan menelan kerugian 50 triliun rupiah setiap tahun. Kondisi ini dipicu oleh kondisi masyarakat Indonesia yang pengetahuan dan perilaku selamatnya masih sangat memprihatinkan. (Soehatman Ramli, 2010)
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

6. RIDWANNURM 21020112130131 BAB V

6. RIDWANNURM 21020112130131 BAB V

Sistem proteksi kebakaran menggunakan sistem proteksi kebakaran aktif, dan sistem proteksi kebakaran pasif. Masjid harus mempunyai sistem proteksi pasif terhadap bahaya kebakaran yang berbasis pada desain atau pengaturan terhadap komponen arsitektur dan struktur masjid sehingga dapat melindungi penghuni dan benda dari kerusakan fisik saat terjadi kebakaran. Untuk sistem proteksi kebakaran aktif menggunakan beberada alat yaitu:

6 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Wisuda

Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Wisuda

Berdasarkan latar belakang diatas, permasahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun suatu sistem pendaftaran wisuda yang efektif dan efisien yang mampu mendukung kelancaran persiapan wisuda di STIKOM Dinamika Bangsa Jambi?

9 Baca lebih lajut

APLIKASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT. PURA BARUTAMA UNIT OFFSET KUDUS

APLIKASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT. PURA BARUTAMA UNIT OFFSET KUDUS

Dalam mengupayakan pencegahan dan penaggulangan kebakaran, diperlukan adanya kebijakan dari pimpinan perusahaan. Sebagai bentuk komitmen terhadap kebijakan yang tercantum dalam sasaran K3, Pura Offset juga memberlakukan peraturan dan sanksi safety fire, maka dengan adanya peraturan ini dapat menekan perilaku yang tidak aman yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Peraturan dan sanksi safety fire ini tercantum dalam PKB (Perjanjian Kerja Bersama), sehingga peraturan ini mengikat karyawan untuk tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran selama melakukan pekerjaanya. Dan apabila terdapat karyawan yang melakukan pelanggaran, maka karyawan tersebut akan dikenai sanksi berupa denda. Hal ini sesuai dengan ISO 14001 tentang Manajemen Lingkungan dalam klausul 4.4.7 kesiagaan dan tanggap darurat yang berisi “orang harus membuat da n memelihara prosedur untuk
Baca lebih lanjut

71 Baca lebih lajut

Pengumuman Pemenang Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran Indragiri Hulu

Pengumuman Pemenang Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran Indragiri Hulu

PANITIA PENGADAAN BARANG/ JASA KEGIATAN PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR KABUPATEN INDRAGIRI HULU TAHUN ANGGARAN 2012 PENGUMUMAN / PEMBERITAHUAN PEMENANG Nomor : 64 / PAN/ PRENC-II/ PGK/ VI[r]

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...