Top PDF REAKTUALISASI ETIKA ISLAM TERHADAP LINGKUNGAN (Sebuah Upaya Penanggulangan Krisis Global Perspektif Islam)

REAKTUALISASI ETIKA ISLAM TERHADAP LINGKUNGAN (Sebuah Upaya Penanggulangan Krisis Global Perspektif Islam)

REAKTUALISASI ETIKA ISLAM TERHADAP LINGKUNGAN (Sebuah Upaya Penanggulangan Krisis Global Perspektif Islam)

Menurut Maghfur Ahmad, terdapat problem internal rakyat Indonesia, baik itu dipengaruhi oleh faktor budaya, agama, dan juga tradisi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Secara struktural, di belahan dunia pun adanya krisis ekologi ini disebabkan oleh faktor negara (Undang- Undang nomor 32 tahun 2009), pemilik modal, dan sistem pengetahuan modern yang telah mereduksi alam menjadi komoditas yang bisa dieksploitasi demi profit ekonomi jangka pendek. Sedangkan di wilayah kultural, krisis ekologi disebabkan karena mentalitas, kepercayaan, sistem nilai serta pemahaman masyarakat tentang hak lingkungan hidup yang masih minim (Maghfur Ahmad, 2012; 2). Dengan berlandaskan pada hal di atas, upaya reaktualisasi etika Islam terhadap lingkungan menjadi penting sebagai upaya penanggulangan terhadap krisis global yang terjadi saat ini. Kajian ini difokuskan pada prinsip Islam dalam pengelolaan lingkungan serta upaya nyata yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan prespektif Islam.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup

Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup

PHQJXFDSNDQ µMaha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya´ Ada dua ajaran dasar yang harus diperahatikan umat Islam keterkaitan dengan etika lingkungan. Pertama, rabbul `alamin. Islam mengajarakan bahwa Allah Swt itu adaah Tuhan semesta alam. Jadi bukan Tuhan manusia atau sekelompok manusia saja. Tetapi Tuhan seluruh alam. Dihadapan Tuhan, sama. Semuanya dilayani oleh Allah sama dengan manusia. Kedua, rahmatal lil`alamin. Artinya manusia diberikan amanat untuk mewujudkan segala perilakunya dalam rangka kasih sayang terhadap seluruh alam. Manusia bertindak dalam semua tindakannya berdasarkan kasih sayang terhadap seluruh alam. Jika makna rabbul `alamin dan rahmatal lil`alamin difahami dengan
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

etika berkomunikasi dalam islam dalam

etika berkomunikasi dalam islam dalam

ratusan tahun sebelum Masehi. Akan tetapi, studi Aristoteles yang hanya berkisar pada retorika dalam lingkungan kecil. Baru pada pertengahan abad ke-20 ketika dunia dirasakan semakin kecil akibat revolusi industri dan revolusi teknologi elektronik setelah ditemukan kapal api, pesawat terbang, listrik, telepon, surat kabar, dan lain sebagainya membuat para cendikiawan menyadari betapa pentingnya komunikasi ditingkatkan dari pengetahuan (knowledge) menjadi ilmu (science).

25 Baca lebih lajut

REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN POLA ASUH ANAK SEBAGAI KONSEP REVOLUSI MENTAL

REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN POLA ASUH ANAK SEBAGAI KONSEP REVOLUSI MENTAL

Masa remaja memang erat kaitannya dengan labilitas psikologinya. Masa remaja merupakan masa peralihan situasi dan kondisi kejiwaannya sehingga tidak heran hal ini menjadi pemicu tingginya angka kejahatan dan kriminalitas yang dilakukan oleh remaja karena berbagai faktor dan kondisi. Berbagai penelitian telah dilakukan terkait dengan masalah dinamika kehidupan remaja. Dan salah satu yang menjadi faktor utama adalah mental dan karakter yang tidak terkontrol dengan baik, baik dari keluarga, lingkungan sosial masyarakat maupun minimnya pengetahuan dan pendidikan. Begitu juga dengan faktor pola asuh yang sangat minim dari nilai-nilai etika dan agama sebagai kontrol dalam perilaku dan sikap anak.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA POSTMODERNISME TANTANGAN MENUJU CIVIL SOCIETY DI INDONESIA

REAKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA POSTMODERNISME TANTANGAN MENUJU CIVIL SOCIETY DI INDONESIA

Perwujudan ketiganya secara optimal dan fungsional dalam kehidupan merupakan tantangan bagi semua tanpa kecuali. Dengan kata lain, bahwa seluruh elemen atau unsur masyarakat memiliki rasa tanggung jawab kesadaran dan partisipasi yang tinggi untuk merealisasikan hal-hal tersebut dalam realitas kehidupan baik perorangan maupun kolektif, antara lain menciptakan keamanan, kedamaian dan ketertiban bersama di dalam lingkungan sekitar serta upaya-upaya lain yang bersifat strategis, baik jangka pendek maupun untuk jangka panjang bagi terwujudnya kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa, misalnya mengerjakan atau memberikan pendidikan etik, moral dan agama bagi generasi muda bangsa dalam persiapannya menuju masa depan yang kuat dan mandiri.
Baca lebih lanjut

120 Baca lebih lajut

ETIKA LINGKUNGAN SEBUAH TINJAUAN DALAM F

ETIKA LINGKUNGAN SEBUAH TINJAUAN DALAM F

Islam adalah Agama (Diin) yang Syaamil (Integral), Kaamil (Sempurna) dan Mutakaamil (Menyempurnakan semua sistem yang lain), karena ia adalah sistem hidup yang diturunkan oleh Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana kepada utusan-Nya (Rasulullah Muhammad SAW), hal ini didasarkan pada firman ALLAH SWT : "Pada hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu dan aku cukupkan atasmu nikmatku, dan Aku ridhai Islam sebagai aturan hidupmu." (QS. Al Maidah [5]: 3). Oleh karena itu aturan Islam haruslah mencakup semua sisi yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. Demikian tinggi, indah dan terperinci aturan Sang Maha Rahman dan Rahim ini, sehingga bukan hanya mencakup aturan bagi sesama manusia saja, melainkan juga terhadap alam dan lingkungan hidupnya. Lywellyn (2007) menyebutkan bahwa Islam pada dasarnya suatu agama hukum, sehingga aturan-aturannya (baca syariah-nya) mencakup setiap perbuatan manusia, termasuk pesembahan keagmaan dan masalah etika murni juga berbagai bidang hukum yang dikenal di dunia modern seperti hukum konstitusional dan internasional.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Reaktualisasi Hukum Waris Islam Di Indonesia

Reaktualisasi Hukum Waris Islam Di Indonesia

enurut rasio tidak terdapat sesuatu yang menolak adanya nasakh (pembatalan) dalam hukum-hukum Allah”; (b) Ahmad Mussthafa Al-Maraghi : “sesungguhnya hukum-hukum itu diundangkan untuk kepentingan manusia dan kepentingan manusia dapat berbeda karena perbedaan waktu dan tempat. Apabila suatu hukum diundangkan pada waktu dimana memaeng dirasakan kebutuhan akan hukum itu, kemudia kebutuhan hukum itu tidak ada lagi, maka suatu tindakan yang bijaksana menghapuskan hukum itu dan menggantikannya dengan hukum lain yang lebih sesuai dengan waktu terakhir”; (c) Muhammad Rasyid Ridha : “sesungguhnya hukum itu (dapat) berbeda karena perbedaan waktu, tempat (lingkungan) dan situasi. Kalau suatu hukum diundangkan pada waktu sangat dibutuhkan hukum itu, kemudian kebutuhan hukum itu tidak ada lagi pada waktu lain, maka suatu tindakan bijaksana untuk menghapus hukum itu dan menggantikannya dengan hukum lain yang lebih sesuai dengan waktu yang belakangan tersebut; (d) Sayyid Qutub : berpendapat bahwa ayat 106 dari surah al-Baqarah itu diturunkan sebagai sanggahan terhadap tuduhan orang-orang Yahudi bahwa Nabi Muhammad tidak konsisten, baik mengenai kepindahan kiblat dari masjid Al-Aqsa ke masjid Al-Haram, maupun perubahan-perubahan petunjuk hukum dan perintah yang akan terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan masyarakat Islam, dan situasi
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

REAKTUALISASI HUKUM ISLAM DI INDONESIA D

REAKTUALISASI HUKUM ISLAM DI INDONESIA D

Revolusi dihasilkan oleh Week of Islamic Law, yaitu penemuan yang diadakan oleh cabang dari orientalis status pada tanggal 7 Juli 1951, sebelum menghadapi International Congres of Conparative Law. Pertemuan mana dihadiri oleh Profesor-profesor terkemuka dalam ilmu hukum baik dari Timur maupun dari Barat yang dipimpin oleh Profesor Milliot dari Universitas Paris. Dari hasil pembicaraan dalam sidang tersebut, nyata telah terbukti bahwa prinsipprinsip hukum Islam mempunyai nilainilai yang tak dapat diartikan lagi dan bahwa berbagai mazhab yang ada dalam lingkungan besar sistim hukum itu mengandung suatu kenyataan pemikiran hukum dan keyakinan tehnik yang mengagumkan, yang memberi kemungkinan kepada hukum ini memenuhi semua kebutuhan penyesuaian- penyesuaian yang dituntut oleh hidup moderen.'
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Etika Lingkungan Perspektif Hukum Islam

Etika Lingkungan Perspektif Hukum Islam

Perilaku negatif manusia yang memiliki kecenderungan untuk mengeksploitasi alam beserta isinya demi kepentingan dirinya dengan menggunakan media sains dan teknologi tanpa mempedulikan hak-hak alam. Filosof Jerman, Nietszhe, menegaskan bahwa dalam diri mahusia terdapat kecenderungan dan keinginan untuk berkuasa dan mendominasi (will to power), tidak hanya terhadap sesama manusia, tetapi juga terhadap alam. Dalam tradisi Marxis ada penekanan bahwa ekonomi menjadi suprastruktur terhadap segala aktivitas manusia. Paham materialis ini semakin memperbesar pemilahan antara subjek-objek, yang berkuasa dan yang dikuasai, yang disebabkan oleh sains dan teknologi Barat. Oleh karena itu, persoalan lingkungan pada dasarnya merupakan persoalan coved sehingga penanganannya pun harus melibatkan pertama-tama, perubahan paradigma terhadap alam dan lingkungan, kemudian melakukan tindakan afirmatif untuk mengembangkan sikap bersahabat dan berbuat baik kepada alam. Penelkitian ini diharapakan kedepan dapat menawarkan solusi tersebut dalam perspektif fikih Islam yang kaya dengan konsep-konsep yang menekankan kebaikan dan keseimbangan manusia dengan alam. Hal ini dimaksudkan agar dapat ditindaklanjuti dalam tataran praktis.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Etika Lingkungan dalam Islam pdf

Etika Lingkungan dalam Islam pdf

฀asar utama dalam pelaksanaan agama islam adalah tauhid. ฀asar ini menyangkut segala hal dalam kehidupan, termasuk didalamnya etika lingkungan. Tauhid adalah kesaksian akan ke Esaan Allah, tiada Tuhan (Illah) selain Allah. Tauhid membawa arti bahwa jagat raya dan alam semesta beserta seluruh isinya adalah kepunyaan Allah. ฀ia-lah yang menciptakan segalanya di alam raya ini, termasuk manusia di dalamnya. “Kepunyaan Allah-lah segala apa yang dilangit dan apa yang ada di bumi, dan adalah ฀pengetahuan) Allah Maha Meliputi segala sesuatu”, (Al-Quran- 4:126).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

TINJAUAN ETIKA LINGKUNGAN TERHADAP DAMPA

TINJAUAN ETIKA LINGKUNGAN TERHADAP DAMPA

Dari gambaran diatas dapat diketahui kunci permasalahan lingkungan adalah manusia. Jadi manusia dengan lingkungannya merupakan suatu yang tidak dapat dipisahkan. Karena kedua hubungan tersebut saling pengaruh dan mempengaruhi. Tingkah laku manusia selalu mempengaruhi keharmonisan dan keseimbangan lingkungan. Manusia yang mampu memelihara lingkungan dengan baik adalah manusia yang mampu mempergunakan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan materinya secara wajar, sehingga kualitas lingkungan dapat dijaga dan ditingkatkan sekaligus memberikan manfaat kepada manusia.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

ISLAM DAN ETIKA PEMBEBASAN

ISLAM DAN ETIKA PEMBEBASAN

Selanjutnya norma-norma Islam baik yang tercantum dalam al-Qur'an maupun Hadits juga banyak mengajarkan tentang kebebasan. lqra misalnya, sebagai ayat pertama dari wahyu yang pertama turun juga menyiratkan pentingnya pembebasan dari belenggu kebodohan. Kita tahu bahwa ayat itu turun di tengah-tengah masyarakat Arab yang ketika itu berada dalam kungkungan kebodohan, sehingga disebut dengan zaman jahiliyah atau zaman kebodohan. Demikian juga halnya dengan lafaz la illaha illa Allah, juga mengandung efek pembebasan yang bahkan sangat substansial. Pernyataan itu tidak hanya mengandung penegasan untuk bertuhan kepada Allah, tetapi juga mengandung tuntutan pembebasan untuk tidak bertuhan kepada selain-Nya. Sebab bertuhan kepada Allah tetapi masih mengakui eksistensi yang lain dan dianggapnya sebagai Tuhan, akan tergolong kepada orang yang musyrik. Perbuatan semacam itu termasuk dosa yang tidak akan diampuni.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Etika dalam Komunikasi Islam

Etika dalam Komunikasi Islam

Pandangan penulis, penelitian tentang etika berkomunikasi ini relevan untuk diteliti dalam kondisi sekarang, khususnya bagi bangsa Indonesia dewasa ini sedang berada era reformasi dan kebebasan, termasuk didalamnya bebas berbicara. Secara fenomenal tidak sedikit diantara masyarakat Indonesia tak terkecuali kaum terpelajar yang memahami era kebebasan tersebut sebagai kebebasan yang tanpa batas, terutama dalam berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat. Sehingga tidak jarang yang berkomunikasi menyuarakan kebenaran tanpa mengindahkan etika berkomunikasi. Padahal mereka mengaku sebagai umat Islam yang menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

BISNIS LINGKUNGAN HIDUP DAN ETIKA

BISNIS LINGKUNGAN HIDUP DAN ETIKA

Kejadian khususnya di Indonesia tentang adanya pelanggaran etika profesi seperti contohnya kasus lumpur lapindo ini disebabkan oleh masih kurangnya para pendiri- pendiri perusahaan besar yang mengerti tentang arti dari etika profesi itu sendiri. Salah satu tujuan para pengusaha-pengusaha di masa kini adalah semata-mata untuk mencari nafkah/ memperkaya diri tanpa mempedulikan pembangunan Indonesia. Kurangnya sikap pengertian etika dan kepedulian terhadap perkembangan infrastruktur inilah yang menyebabkan banyak perusahaan kurang mempersiapkan program kerjanya dengan sebaik-baiknya. Yang dipedulikan mereka adalah bahwa jika program kerja selesai, mereka akan mendapatkan banyak profit atau keuntungan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Etika Bisnis dalam Islam

Etika Bisnis dalam Islam

Salah satu kajian penting dalam Islam adalah persoalan etika bisnis. Pengertian etika adalah a code or set of principles which people live (kaedah atau seperangkat prinsip yang mengatur hidup manusia). Etika adalah bagian dari filsafat yang membahas secara rasional dan kritis tentang nilai, norma atau moralitas. Dengan demikian, moral berbeda dengan etika. Norma adalah suatu pranata dan nilai mengenai baik dan buruk, sedangkan etika adalah refleksi kritis dan penjelasan rasional mengapa sesuatu itu baik dan buruk. Menipu orang lain adalah buruk. Ini berada pada tataran moral, sedangkan kajian kritis dan rasional mengapa menipu itu buruk apa alasan pikirannya, merupakan lapangan etika. Salah satu kajian etika yang amat populer memasuki abad 21 di mellinium ketiga ini adalah etika bisnis.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Etika Bekerja Dalam Islam

Etika Bekerja Dalam Islam

Etika lain dari bekerja dalam Islam adalah jujur dan amanah. Karena pada hakekatnya pekerjaan yang dilakukannya tersebut merupakan amanah, baik secara duniawi dari atasannya atau pemilik usaha, maupun secara duniawi dari Allah SWT yang akan dimintai pertanggung jawaban atas pekerjaan yang dilakukannya. Implementasi jujur dan amanah dalam bekerja diantaranya adalah dengan tidak mengambil sesuatu yang bukan menjadi haknya, tidak curang, obyektif dalam menilai, dan sebagainya. Rasulullah SAW memberikan janji bagi orang yang jujur dan amanah akan masuk ke dalam surga bersama para shiddiqin dan syuhada'. Dalam hadits riwayat Imam Turmudzi : Dari Abu Said Al-Khudri ra, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Pebisnis yang jujur lagi dipercaya (anamah) akan bersama para nabi, shiddiqin dan syuhada'.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Materi Etika dan Lingkungan Bisnis

Materi Etika dan Lingkungan Bisnis

Para manajer harus menjamin, bahwa Pedoman ini ditegakkan melalui berbagai tindakan dis- iplin yang sesuai. Para manajer tidak boleh menutup mata terhadap perilaku yang tidak etis. Pengabaian Pedoman Etika Bisnis ini dapat dikabulkan berdasarkan kasusnya masing-mas- ing, tapi hanya dalam keadaan yang luar biasa. Pengabaian Pedoman ini bagi karyawan hanya dapat dilakukan oleh anggota Tim Manajemen Group. Setiap pengabaian Pedoman ini untuk para direktur, CEO atau staf senior lainnya yang mengemban tanggung jawab pelapo- ran keuangan hanya dapat dilakukan oleh Dewan Direksi atau komite Dewan Direksi yang berwenang.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

ETIKA BISNIS DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

Di zaman modern, bisnis dikendalikan begitu saja, lingkungan dianggapnya sebagai milik umum sehingga perusahaan bebas saja melakukan bisnisnya meskipun bisnis tersebut dapat memperburuk keadaan lingkungan. The commons adalah ladang umum yang dulu dapat ditemukan dalam banyak daerah pedesaan di Eropa dan dimanfaatkan secara bersama-sama oleh semua penduduknya (pengertian ini mirip dengan “tanah hak ulayak” di beberapa daerah di Indonesia). The commons juga sering diartikan sebagai padang rumput yang dipakai oleh semua penduduk kampung sebagai tempat pengangonan ternak. Dalam zaman modern, sistem tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Bagi masyarakat yang bersangkutan hal tersebut merupakan suatu kejadian perubahan sosial ekonomi yang besar, karena menjadi awal mula kepemilikan tanah dalam kuantitas besar oleh orang kaya. Kemudian pada abad ke-12 the commons dihapuskan dan diganti dengan nama enclosure (pemagaran).
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ETIKA LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN BERKE

ETIKA LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN BERKE

Pembangunan berkelanjutan perlu dikembangkan guna mencapai tujuan melalui peningkatan etika lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu pola prilaku terhadap lingkungan. Untuk menanggulangi suatu permasalahan yang terjadi akibat pembangunan berkelanjutan harus memperhatihan hal yaitu sumber daya ekonomi diekploitasi .Karena semakin banyaknya sumber daya dieksploitasi berarti semakin banyak kerusakan dan pencemaran lingkungan.

3 Baca lebih lajut

ETIKA DAN MORAL lingkungan KRISTEN

ETIKA DAN MORAL lingkungan KRISTEN

di  antaranya  terdapat dalam Injil-injil sinoptis (Matius, Markus, Lukas), salah  satu ajaran  tersebut  adalah khotbah di bukit (Mat 5-7; Luk 6:20-49). Dalam khotbah di bukit, Yesus mempermasalahkan etika orang farisi yang sangat berpegang teguh pada pelaksanaan hukum taurat tetapi tidak mengarah kepada kegenapan hukum  taurat dan kitab  para  nabi. Dalam  hal  ini  Yesus mengatakan bahwa "jika  hidup  keagamaanmu  tidak lebih benar daripada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya  kamu tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga" (Mat
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...