Top PDF rps eksperimen kimia di sekolah

rps eksperimen kimia di sekolah

rps eksperimen kimia di sekolah

Mata kuliah Eksperimen Kimia di Sekolah ini mempelajari: (1) dasar-dasar eksperimen kimia (2) strategi pembelajaran dalam eksperimen, (3) perencanaan eksperimen dan evaluasinya, (4) analisis pengaruh metode eksperimen terhadap proses dan hasil pembelajaran kimia.

3 Baca lebih lajut

Integrasi Virtual Lab dalam Pembelajaran

Integrasi Virtual Lab dalam Pembelajaran

Pembelajaran kimia tidak bisa dilepaskan dari kegiatan eksperimen atau percobaan ilmiah karena eksperimen kimia di laboratorium sekolah menjadi salah satu cara bagi siswa untuk memperoleh pemahaman makroskopis secara langsung terhadap ilmu kimia (Rahmiyati 2008), tetapi pelaksanaan eksperimen kimia umumnya menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga akan menghasilkan limbah ke lingkungan yang berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Virtual Lab bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi dampak lingkungan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

EKSPERIMEN KIMIA SEDERHANA Membuat Bom S

EKSPERIMEN KIMIA SEDERHANA Membuat Bom S

Berdasarkan hakikat dan karakteristik sains diatas, hendaknya pembelajaran IPA di sekolah tidak hanya mengedepankan pada produk, tetapi juga harus meliputi semua aspek seperti proses, sikap, teknologi dan kaitannya dalam kehidupan sehari- hari. Hal tersebut dilakukan agar pembelajaran dapat diingat dan dipahami siswa. Menurut Thomas dalam Utomo (1994: 185) pembelajaran yang monoton tanpa selingan apapun dari guru, maka konsentrasi siswa akan menurun dengan nyata sesudah 20 menit. Dewasa ini, kurikulum lebih mengedepankan aktifitas siswa, sehingga adanya pembelajaran yang mengedepankan keempat aspek tersebut diharapkan siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

rps workshop pendidikan kimia

rps workshop pendidikan kimia

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktek yang bertujuan agar mahasiswa memahami dan mampu mengembangkan alat peraga untuk pembelajaran kimia di sekolah menengah (SMA/SMK) guna menunjang pembelajaran kimia yang konstruktivistik, inovatif dan menyenangkan. Materi workshop pembelajaran kimia meliputi identifikasi materi kimia yang dianggap sulit di SMA/SMK, alternatif alat peraga kimia pada proses pembelajaran kimia di kelas dan praktikum kimia, proposal pembuatan alat peraga, dan pembuatan alat peraga.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

eksperimen kimia di sekolah

eksperimen kimia di sekolah

Tingkatan Inkuiri Masalah Bahan-bahan Prosedur Keterangan Terstruktur Tersedia Tersedia Tersedia Terbimbing Tersedia Tersedia Belum Tersedia Terbuka Belum Tersedia Tersedia Be[r]

21 Baca lebih lajut

rps aktivitas atletik sekolah dasar

rps aktivitas atletik sekolah dasar

2. Memiliki kemampuan membuat dan mengembangkan aktivitas atletik yang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran atletik sekolah dasar dengan menggunakan alat-alat bantu modifikasi serta simulasi praktik untuk anak SD, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan pengajaran dengan jalan menyerap ide-ide mutakhir yang berkembang maupun dapat mensiasati dengan berbagai pendekatan modifikasi untuk perkembangan

6 Baca lebih lajut

Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

Istilah-istilah penting • Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan; • Misi adalah rumusan umum mengenai tindakan upaya-upaya yang akan d[r]

34 Baca lebih lajut

Analisis Potensi Ekonomi Wilayah Provinsi Sumatera Utara

Analisis Potensi Ekonomi Wilayah Provinsi Sumatera Utara

Dapat diketahui juga bahwa Jika RPs lebih besar dari 1 (RPs > 1) maka RPs berarti pertumbuhan suatu sektor produksi tertentu pada Provinsi Sumatera Utara lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan sektor di Indonesia.Dari sembilan sektor tersebut dapat diktahui ada empat sektor ekonomi yang RPs > 1, yaitu (1) Sektor Bangunan, (2) Sektor Pengangkutan dan Komunikasi (3) Sektor Keuangan Asuransi dan Sewa Perusahaan (4) Sektor Jasa –jasa.Jika RPs lebih kecil dari 1 (RPs < 1) maka RPs dikatakan (-) yang berarti pertumbuhan suatu sektor produksi tertentu pada Provinsi Sumatera Utara lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan sektor di Indonesia. Adapun sektor tersebut ada lima sektor, yaitu (1) Sektor Pertanian (2) Sektor Pertambangan dan penggalian (3) Sektor Indusri Pengolahan (4) Sektor Listrik Gas dan Air Minum dan (5) Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran.
Baca lebih lanjut

99 Baca lebih lajut

Eksperimen kimia sederhana Balon mengemb

Eksperimen kimia sederhana Balon mengemb

Soda kue dapat menetralkan bau secara kimia , sehingga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sabun mandi dan deodorant. Selain itu juga dapat menghilangkan bau di dalam kulkas dengan cara memasukan baking soda di dalam wadah terbuka didalam lemari es. Baking soda bisa menjaga kesegaran pada makanan atau minuman untuk menghindari kontaminasi oleh bau yang tidak enak. Bau kulkas bisa berasal dari makanan mentah seperti ikan dan daging atau makanan yang sudah lama disimpan.

3 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta rps fisika kimia

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta rps fisika kimia

Keterampilan/un juk kerja Instrumen: pedoman observasi: rubrik 1 Pertemuan 9 Menganalisis fasa koloid Menjelaskan pengertian koloid, Mejelaskan ukuran koloid, menyebutkan sifat-sifa[r]

8 Baca lebih lajut

 Silabus OSN SMA 2017 Lengkap

Silabus OSN SMA 2017 Lengkap

Ujian teori disusun berdasarkan silabus Olimpiade Kimia (terutama kelompok 1 dan 2), serta bila memungkinkan dimasukkan juga kelompok 3 (tidak termasuk spektroskopi ). Kelompok 3 dapat diujikan bila soal yang diberikan memungkinkan untuk dikembangkan lebih mendalam (terutama yang berkaitan dengan termodinamika kimia). Untuk ujian teori ini, bobot nilai adalah 60-70%.

16 Baca lebih lajut

Soal Eksperimen OGN Kimia   Final OGN 2016

Soal Eksperimen OGN Kimia Final OGN 2016

Diberikan 7 botol reagen yang masing-masing berisi satu jenis larutan dengan konsentrasi 0,01M 2.. Amati warna setiap larutan dan tentukan pH larutan tersebut.[r]

1 Baca lebih lajut

LAPORAN EKSPERIMEN KIMIA Kelas XI IPA 1

LAPORAN EKSPERIMEN KIMIA Kelas XI IPA 1

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas hasil laporan Praktikum Kimia ini.

12 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta rps kimia umum 21

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta rps kimia umum 21

2. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar larutan elektrolit, redoks, dan elektrokimia 3. Mahasiswa dapat memahami konsep koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Mahasiswa dapat memahami konsep larutan kaitannya dengan kelarutan dan hasil kali kelarutan 5. Mahasiswa dapat memahami konsep kimia inti radioaktivitas

6 Baca lebih lajut

(.doc) Contoh RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) Terbaru

(.doc) Contoh RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) Terbaru

Tujuan meliputi tujuan jangka menengah empat tahun dan jangka pendek satu tahun. Pernyataan tujuan diikuti dengan indator keberhasilan dan kriteria keberhasilan sebagai dasar untuk mengukur akutabilitas sekolah dalam melakanakan progam.

11 Baca lebih lajut

RPS Kajian Matematika Sekolah Menengah Ariyadi Wijaya

RPS Kajian Matematika Sekolah Menengah Ariyadi Wijaya

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mempelajari topik matematika yang berkaitan dengan materi matematika yang diajarkan di sekolah menengah. meliputi: intuisi dan bukti, dasar-dasar teori bilangan, teori persamaan, pengukuran (luas dan volume), segitiga, trigonometri, sistem bilangan real, fungsi dan pemodelan, transformasi geometri, analisis data dan peluang, serta pemahaman matematis dan koneksi matematis.

4 Baca lebih lajut

RPS (rencana pengembangan sekolah)

RPS (rencana pengembangan sekolah)

Format Rencana Tahunan Sekolah Alternatif I • Analisis situasi pendidikan sekolah tahun ini • Analisis situasi pendidikan sekolah tahun depan yang diharapkan • Kesenjangan antara pe[r]

37 Baca lebih lajut

rps pembelajaran atletik sekolah dasar

rps pembelajaran atletik sekolah dasar

Deskripsi Mata Kuliah :Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan aplikasi pembelajaran atletik sekolah dasar. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan tahapan pembelajaran atletik yang dapat dilaksanakan di sekolah dasar, meliputi: materi, metode dan cara penilaian lari, lempar dan lompat di sekolah dasar. Pada perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan menyusun rancangan pembelajaran atletik. Pembelajaran mata kuliah ini menggunakan metode: ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan latihan/presentasi. Penilaian kemampuan mahasiswa berdasar pada partisipasi mahasiswa, tugas mandiri dan/atau kelompok.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Eksperimen Kimia Tujuan Tujuan eksperimen

Eksperimen Kimia Tujuan Tujuan eksperimen

Teknik   penulenan   garam   yang   digunakan   dalam   eksperimen   ini   adalah   proses penghabluran   semula.   Penghabluran   semula   secara   amnya   merupakan   sebuah proses   dimana   campuran   bendasing   dan   sebatian   yang   dikehendaki   dapat diasingkan   dengan   melarutkanya   kedalam   satu   pelarut   yang   sesuai.Proses   ini menyebabkan salah satu diantara sebatian dan bendasing itu dapat dikeluarkan daripada larutan. Sekaligus meninggalkan yang lain di dalam larutan yang secara tidak langsung memisahkan kedua­duanya. Proses ini diberi nama penghabluran kerana hablur yang biasanya terhasil apabila sebatian tersisa.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

pemberdayaan dan memberdayakan guru renc

pemberdayaan dan memberdayakan guru renc

Sistem Perencanaan Sekolah adalah satu kesatuan tata cara perencanaan sekolah untuk menghasilkan rencana-rencana sekolah (RPS) dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara sekolah dan masyarakat (diwakili oleh komite sekolah) Sistem Perencanaan Sekolah adalah satu kesatuan tata cara perencanaan sekolah untuk menghasilkan rencana-rencana sekolah (RPS) dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara sekolah dan

20 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...