Top PDF Sifat sifat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ism

Sifat sifat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ism

Sifat sifat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ism

Memiliki perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga dan teman 3.. Keimanan berdasarkan ketaatan kepada allah swt.[r]

1 Baca lebih lajut

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM DOA NABI IBRAHIM  Nilai-nilai Pendidikan Akidah dalam Doa Nabi Ibrahim (Telaah Tafsir Ar-Rāzī dan At-Ṭabarī pada Surat Ibrahim Ayat 35-41).

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM DOA NABI IBRAHIM Nilai-nilai Pendidikan Akidah dalam Doa Nabi Ibrahim (Telaah Tafsir Ar-Rāzī dan At-Ṭabarī pada Surat Ibrahim Ayat 35-41).

Berdasarkan berbagai masalah yang terjadi sepanjang sejarah manusia di atas, peneliti melihat pentingnya pendidikan akidah Islam sebagai solusi. Salah satu sumber yang sarat akan nilai-nilai pendidikan akidah adalah ibrah dari perjalanan hidup Nabi Ibrahim AS, berupa doa-doa yang beliau panjatkan kepada Allah. Nabi Ibrahim merupakan sosok yang bertaqwa, sabar, teguh pada pendirian, dan memiliki sifat ideal lainnya yang sudah seharusnya melekat pada diri setiap muslim. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam salah satu doa Nabi Ibrahim dalam al- Qur‟an, yaitu pada surat Ibrahim ayat 35 -41.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

NABI IBRAHIM AS Nabi docx

NABI IBRAHIM AS Nabi docx

menghendakinya. Kami tinggikan darjat orang yang Kami kehendaki, dan diatas tiap-tiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi Yang Maha Mengetahui.77.~ Mrk berkata: "Jika ia mencuri maka sesungguhnya telah pernah mencuri pula saudaranya sebelum itu". Maka Yusuf menyembunyikan kejengkelan itu pada dirinya dan tidak menampakkannya kepada mrk. Dia berkata: "{Dalam hatinya} kamu lebih buruk kedudukanmu {sifat- sifatmu} dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu terangkan itu".78.~ Mrk berkata: "Wahai Al-Aziz! Sesungguhnya ia mempunyai ayah yang sudah lanjut usianya, lantaran itu ambil salah seorang drp kami sebagai gantinya. Sesungguhnya kami melihat kamu termasuk orang-orang yang berbuat baik".79.~ Berkata Yusuf: "Aku mohon perlindungan Allah drp menahan seorang kecuali orang yang kami ketemukan harta benda kami padanya, jika kami berbuat demikian, maka benar-benarlah kami, orang-orang yang zalim".80.~ Maka tatkala mrk berputus asa drp {keputusan} Yusuf, mrk menyendiri sambil berunding dengan berbisik-bisik. Berkatalah yang tertua di antara mrk: "Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya ayahmu telah mengambil janji drp kami dengan nama Allah dan sebelum itu kamu telah mensia-siakan Yusuf. Sebab itu aku tidak akan meninggalkan negeri Mesir, sampai ayahku mengizinkan kepadaku. Dan Dia adalah hakim sebaik-baiknya".81.~ " Kembalilah kepada ayahmu dan berkatalah: " Wahai ayah kami! Sesungguhnya anak kamu telah mencuri dan kami hanya menyatakan apa yang kami ketahui dan sesekali tidak dapat menjaga {mengetahui} barang yang ghaib.82~ Dan tanyalah penduduk negeri yang kami berada di situ dan kafilah yang kami datang bersamanya dan sesungguhnya kami adalah orang-orang yang benar".83.~ Ya'qub berkata: "Hanya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan {yang buruk itu}. Maka kesabaran yang baik itulah {kesabaranku}. Mudah-mudahan Allah mendatangkan mrk semua kepadaku sesungguhnya Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Selanjutnya mari berupaya meningkatkan taqwa kepada Allah swt. Dalam arti mentaati perintah- perintah Allah dan menjauhi larangannya. Sesungguhnya taqwa itu pesan Allah kepada seluruh ummat manusia sepanjang zaman, dari waktu ke waktu, umat berganti umat, kurun berganti kurun sejak manusia diciptakan. Karenanya, Allah mengutus para rasul sebagai contoh dan tauladan ketaqwaan dan kesalehan. Allah juga memberi meraka ke-ma`ashum-an, dan sifat shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Dan Allah turunkan kitab-kitab kepada mereka sebagai panduan hidup dan kehidupan ummatnya yang bertaqwa.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Pelajaran 12 Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Pelajaran 12 Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Nabi Ibrahim a.s lahir di Babilonia (sekarang Irak). Ayahnya bernama Azar bin Nahur. Kala itu, Babilonia dipimpin oleh seorang raja yang sangat zalim, yaitu Namrud bin Kan’an bin Kush. Babilonia adalah negeri yang kaya. Rakyatnya hidup makmur, tetapi mereka tidak mengenal Allah Swt. Penduduk Babilonia justru menyembah patung. Lucunya, patung- patung itu dibuat oleh mereka sendiri.

19 Baca lebih lajut

Mengenali Sifat Nabi dan Rasul Beserta M

Mengenali Sifat Nabi dan Rasul Beserta M

Di dalam Al-Quran jumlah Nabi dan Rasul adalah 25, namun di dalam hadits jumlah Nabi sebanyak 124.000 dan jumlah Rasul sebanyak 312 orang. Hal ini sesuai dengan Hadits Riwayat Tirmidzi yang artinya, “Dari Abi Dzar Al-Ghifari r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para Nabi, “(Jumlah para Nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) Nabi” Para sahabat bertanya lagi, “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas(312) orang”

12 Baca lebih lajut

Program Tahunan Aqidah Aklak 1

Program Tahunan Aqidah Aklak 1

1.1.1.2 Mengartikan dua kalimat syahadat 1.1.1.3 Mengenal sifat-sifat Allah Al Ahad dan al Kholiq melalui kisah Nabi Ibrahim a.s.. Membiasakan akhlak terpuji 2.1 Membiasakan sifat dis[r]

4 Baca lebih lajut

Sifat Shalat Nabi dari Takbir Hingga Sal (2)

Sifat Shalat Nabi dari Takbir Hingga Sal (2)

kening dan hidung ke tempat sujud. Dan mengangkat kedua sikut (menjauhkannya dari lantai) dan membuka kedua lengan atas (melebarkanya). Mengangkat perutnya dari kedua pahanya (tidak menempelkanya), dan demikian pula mengangkat pahanya dari betisnya (tidak menempelkannya). Menegakkan telapak kakinya dan bertumpu dengan keduanya dengan menjadikan jari-jemari kakinya mengarah ke kiblat sedangkan bagian dalamnya menempel kelantai. Bertumpu juga dengan kedua tangannya, membuka telapak tangannya dengan merapatkan jari-jemarinya mengarahkan ke kiblat dan meletakkannya setentang dengan bahu, atau kening, atau bagian telinga; semua itu termasuk sunnah. Nabi ملسو يلع ها ي لص melarang orang yang shalat menempelkan lengannya (sikutnya) ke lantai seperti anjing yang berbaring.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

this PDF file TELAH PEMIKIRAN ALGHAZALI TENTANG FILSAFAT | Atabik | FIKRAH 1 PB

this PDF file TELAH PEMIKIRAN ALGHAZALI TENTANG FILSAFAT | Atabik | FIKRAH 1 PB

Kebiasan yang menyimpang dari hukum kausalitasnya sejatinya terjadi pada nabi-nabi Allah. Terkait dengan hal ini, Zar menjelaskan dengan memberi pertanyaan, apakah hal ini terjadi karena kekuatan diri nabi sendiri atau disebabkan hal lain? Dalam hal ini baik para filosof Muslim maupun al-Ghazali mempunyai pendapat yang sama, sebagaimana para filosof bisa menerima terjadinya hujan petir, gempa bumi atas kekuatan diri nabi atau karena hal lainnya. Namun yang lebih penting kata al-Ghazali, harus mengakui bahwa semuanya melalui perantaraan malaikat sebagai mu’jizat untuk menguatkan bukti kenabian mereka. 50
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Sifat Shalat Nabi dari Takbir Hingga Salam

Sifat Shalat Nabi dari Takbir Hingga Salam

"Segala penghormatan untuk Allah, demikian pula setiap shalat dan kebaikan- kebaikan. Kesejahteraan terlimpah atasmu, wahai Nabi, juga rahmat serta berkah-Nya. Kesejahteraan semoga telimpah atas kami dan hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disebah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah."

17 Baca lebih lajut

Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaih

Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaih

Maka selanjutnya dibuat pondasi Baitullah oleh mereka berdua. Isma'il yang mengambil batu sedangkan Ibrahim yang membangunnya, sampai ketika bangunan sudah tinggi. Putranya mengambil batu ini, lantas meletakan dibawah kaki ayahnya, kemudian beliau mulai membangun dengan berpijakan pada batu tersebut. Ibrahim membangun sedangkan Isma'il mengulurkan batu-batunya, dan keduanya mengatakan:

13 Baca lebih lajut

Id sifat shalat nabi dari takbir hingga (1)

Id sifat shalat nabi dari takbir hingga (1)

Sifat Shalat Nabi dari Takbir Hingga Salam Indonesia – Indonesian – Abdullah bin Abdurrahman al-Jibriin Terjemah: Syafar Abu Difa Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad.[r]

17 Baca lebih lajut

NABI IBRAHIM DALAM KAJIAN LINGUISTIK

NABI IBRAHIM DALAM KAJIAN LINGUISTIK

Di Amerika banyak pula orang bernama Abraham, Abram dan Bram. Salah seorang presiden Amerika bernama Abraham Lincoln. Ada lagi penyanyi pop sekaligus pemusik Baim cukup dikenal di kalangan anak muda. Mantan Gebernur Aceh Ibrahim hasan. Di Batu Bara nama ibrahim ada yang berubah menjadi berqhoem, saem, si Oem, Si Em, dan Oyem/Ayem, Insya Allah orang yang namanya serupa dengan nama Nabi diharapkan menjadi orang yang sukses lagi sholeh. Ibrahim Usman putra batu bara pernah menjadi camat, pernah pula menjadi Sekda kabupaten Asahan mungkin juga karena bertuah namanya seperti nama nabi. Ketua KPK Abraham Somad agaknya karena bertuah nama itu pula beliau terpilih menjadi orang nomor satu untuk memberantas korupsi.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Menurut satu riwayat, bahwa Ismail diganti dengan seekor domba kibas yang dulu pernah dikurbankan oleh Habil dan selama itu domba itu hidup di surga. Malaikat Jibril datang membawa domba kibas itu dan ia masih sempat melihat Nabi Ibrahim AS menggoreskan pedangnya ke leher putranya.

4 Baca lebih lajut

Berguru Kepada Nabi Ibrahim dan Keluarga

Berguru Kepada Nabi Ibrahim dan Keluarga

Sejarah para nabi, misalnya Nabi Muhammad shallallahu’alaihiwasallam dan para sahabat yang berjuang menegakkan Islam di muka bumi ini memerlukan pengorbanan. Sikap Nabi dan para sahabat itu ternyata harus dibayar dengan pengorbanan yang teramat berat yang diderita oleh Umat Islam saat itu. Mereka disiksa, ditindas, dan sederet tindakan keji lainnya dari kaum kafir Quraisy.

14 Baca lebih lajut

samudra doa nabi ibrahim

samudra doa nabi ibrahim

Keempat; setibanya di Palestina, Ibrahim mendapatkan Siti Sarah sedang hamil Nabi Ishaq. Lalu setelah lama hidup di Palestina, hingga lahir Nabi Ishaq, Ibrahim mulai teringat dan merindukan bersama Hajar dan Ismail yang sudah cukup lama ditinggalkan. Singkatnya, Ibrahim kembali ke Mekkah. Dan setibanya disana, beliau mendapati Ismail mendekati usia remaja. Pada saat itulah, datang perintah Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Ibrahim pun diuji antara dua pilihan, menjadi bapak yang baik atau menyembelih Ismail.

44 Baca lebih lajut

Ismail dan Ibrahim Potret Relasi Orang t

Ismail dan Ibrahim Potret Relasi Orang t

Hadis ini menjelaskan hukum kausalitas. Sikap seseorang terhadap orang tuanya, ternyata kata Nabi, juga berpengaruh terhadap sikap anaknya terhadap orang itu. Nabi Ibrahim memiliki anak bernama Nabi Ismail dan dia merupakan anak yang sangat berbakti kepada Nabi Ibrahim, hal itu dikarenakan Nabi Ibrahim juga sangat berbakti kepada orang tuanya. Nabi Ibrahim sangat menghormati orang tuanya, walaupun berbeda keyakinan dan berbeda agama dengannya.

5 Baca lebih lajut

 Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

47. Nabi Muhammad SAW ketika menyeru kaum Makkah di bukit Shofa untuk mendakwahkan Islam dan kerosulannya, maka Abu Lahab berkata lantang, ”Celaka kamu Muhammad karena alasan inikah kamu kumpulkan kami disini.” Selanjutnya Abu Lahab meninggalkan bukit Shofa sambil mencaci maki dan marah-marah. Dari cerita tersebut perilaku tidak terpuji Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW adalah . . . .

9 Baca lebih lajut

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. kecuali Perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan Kami hanya kepada Engkaulah Kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah Kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah Kami kembali.

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...