Top PDF Sistem informasi data pensiun pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung

Sistem Informasi Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Garut

Sistem Informasi Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Garut

Pada perancangan sistem ini secara prosedur kerja pada dasarnya sama dengan prosedur kerja pada sistem yang sedang berjalan. Akan tetapi akan terdapat perubahan dalam beberapa hal terutama dalam penggunaan media penyimpanan, pengolahan data dan proses pembuatan laporan-laporan. Hal ini karena pada dasarnya tujuan perancangan sistem ini adalah bagaimana merancang sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dapat melakukan atau mewakili berbagai proses layaknya melakukan kegiatan yang terjadi pada dunia nyata.

51 Baca lebih lajut

PENGENDALIAN OLEH TIM PENERTIBAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG.

PENGENDALIAN OLEH TIM PENERTIBAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG.

Teori yang digunakan sebagai acuan pedoman dalam penelitian ini adalah teori langkah-langkah pengendalian dari Robert J. Mocker dalam buku Manajemen yang ditulis oleh James Stoner, A.F dan R. Edward Freeman yaitu menentukan standar-standar yang akan digunakan dasar pengendalian, mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai, membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan jika ada, dan melakukan tindakan perbaikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah orang-orang yang dianggap terlibat dalam proses pengendalian pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan analisa terhadap dokumen terkait). Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Perkembangan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung

Perkembangan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam memperbaiki kinerja karyawan di perusahaan dan lebih teliti dalam mengerjakan semua pekerjaan atau tugas terutama dalam hal membuat pencatatan atau perbandingan penerimaan dan pengeluaran kas. Dan membuat optimal dengan semua perbaikan yang sudah di rubah, agar kinerja karyawan menjadi tambah lebih baik dan perusahaan bisa terus berkembang lebih baik dan menjadi lebih maju. Karyawan juga akan lebih memberikan loyalitasnya kepada perusahaan, apabila perusahaan memberikan sesuatu yang lebih baik bagi karyawannya, seperti memberikan reward atau bonus bagi karyawan yang bekerja secara baik.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Hubungan Anggaran Penjualan Dengan Pendapatan Opersi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung

Hubungan Anggaran Penjualan Dengan Pendapatan Opersi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung

Dari laporan anggaran penjualan dan pendapatan operasi diatas dapat diketahui fenomena yang ada pada Perusahaan Daerah air minum(PDAM) Kota Bandung. Pada anggaran penjualan cenderung naik setiap tahunnya tetapi di lain pihak tingkat pendapatan operasi mulai tahun 2003 dan 2004 mengalami penurunan. Hal ini terjadi akibat dari kegiatan pergantian meter baik yang telah rusak maupun yang telah lewat masa teknis dan faktor pencatatan meter yang masih belum optimal sehingga kubikasi terjual yang diproyeksi sebesar 3,3 juta m3/ bulan baru mencapai rata-rata 2,8 m3/bulan sehingga prediksi kubikasi mengalami penurunan yang cukup besar. Faktor penyebab lain adalah banyak pelanggan yang menunggak pembayaran yang mengakibatkan penurunan pendapatan. Dengan tingkat pendapatan operasi yang seperti itu, maka perusahaan akan mengalami dua kemungkinan antara kerugian dan keuntungan. Untuk itu, perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaannya agar hal seperti itu tidak terjadi kembali dimasa yang akan datang dan tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mengalami kerugian yang dapat berdampak negatif bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus  Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus Repositori Universitas Muria Kudus

Rahayu Ani, 2014, “Sistem Informasi Permohonan Pemasangan Baru Saluran Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum Pdam Bandung”, Bandung.. Rohendi Keukeu, 2015, “Sistem Informasi Pengaj[r]

1 Baca lebih lajut

Prosedur Pengeluaran Kas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung

Prosedur Pengeluaran Kas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung

bahkan diselewengkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atas otorisasi kas tersebut. Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan pertanggungjawaban dan menghindari penyelewengan terhadap kas perlu adanya suatu sistem tentang penerimaan dan pengeluaran kas yang tersusun dengan baik. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penyelewengan penggunaan dana, sehingga penerimaan dan pengeluaran kas dapat berjalan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan. (E Sutan Nur Meyliana : 2012)

69 Baca lebih lajut

Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Periode (2007-2011)

Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Periode (2007-2011)

Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa Current Ratio Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung mengalami peningkatan dalam kisaran yang tinggi yaitu pada tahun 2009 yaitu 390,05 % dari tahun sebelumnya. kemampuan likuiditas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah stabil, kemudian pada tahun 2010 mengalami penurunan tingkat likuiditas yang berakibat terlambatnya perusahaan memenuhi finansial jangka pendeknya. Dikarenakan adanya penunggakan pembayaran masyarakat pada perusahaan maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Tirtawening Kota Bandung Periode 2007-2011 ”
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Ubah Meter Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung

Sistem Informasi Ubah Meter Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bandung

Perkembangan zaman era globalisasi sekarang ini, sistem informasi dengan menggunakan teknologi komputer yang sangat canggih dan modern akan memudahkan kita untuk melakukan pengolahan data yang dapat menghemat waktu, ruang dan biaya. Dan hasil suatu informasi yang diperoleh akan sangat memuaskan, berguna, dan bermanfaat bagi perusahaan atau instansi yang menggunakannya. Pengolahan data dan informasi secara cepat, tepat dan efisien adalah hal penting yang dibutuhkan bagi setiap perusahaan atau instansi, seperti pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) terutama pada bagian Sub Bidang Administrasi Pemeliharaan Jaringan Komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, kebutuhan akan informasinya pun sangat dibutuhkan terlebih lagi informasi yang dihasilkan mengandung nilai yang benar, akurat, cepat dan tepat, sehingga siapapun dan apapun yang menggunakan informasi tersebut dapat menangani berbagai masalah yang dihadapi dengan cepat.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Pengaduan Perbaikan Meteran Di Perusahaan Daerah Air MInum (PDAM) Kota Bandung

Sistem Informasi Pengaduan Perbaikan Meteran Di Perusahaan Daerah Air MInum (PDAM) Kota Bandung

pengiriman masukan untuk melakukan penyesuaian terhadap proses supaya keluaran berikut nya mendekati standar. Bila penyebabnya penyimpangan terletak pada proses, maka prosesnyalah yang harus diperbaiki. Pada sistem informasi, cara yang pertama dapat memberikan masukan pada setiap individu atau memberikan ringkasan kinerja terakhir untuk kegiatan manajemen. Adapun, hal yang terakhir sering terjadi pada sistem informasi karena program komputernyalah yang salah atau keluarannya dikehendaki untuk diubah.

40 Baca lebih lajut

Administrasi Penggajian Pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kota Surakarta TUGAS AKHIR

Administrasi Penggajian Pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kota Surakarta TUGAS AKHIR

PDAM adalah perusahaan yang berbentuk BUMN yaitu Badan Usaha Milik Negara yang artinya adalah perusahaan yang diatur dengan kebijakan pemerintah, maka administrasi penggajian yang diterapkan di PDAM mengikuti aturan Pegawai Negeri Sipil yang berdasarkan kebijakan pemerintah. Dalam penggajian, kebijakan pemerintah untuk Pegawai Negeri Sipil sekarang ini mengarah pada sistem skala gabungan. Sistem skala gabungan adalah perpaduan antara sistem skala tunggal dan sistem skala ganda. Sistem skala tunggal adalah sistem penggajian yang memberikan gaji yang sama kepada pegawai yang berpangkat sama dengan tidak atau kurang memperhatikan sifat pekerjaan yang dilakukan dan beratnya tanggung jawab yang dipikul dalam melaksanakan pekerjaan itu dan yang dimaksud dengan sistem skala ganda adalah sistem penggajian yang menentukan besarnya gaji bukan saja didasarkan pada pangkat tetapi juga didasarkan pada sifat pekerjaan yang dilakukan, prestasi kerja yang dicapai, dan beratnya tanggung jawab yang dipikul dalam melaksanakan pekerjaan itu. Jadi, sistem skala gabungan adalah gaji pokok bagi para Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat sama ditetapkan sama, disamping itu diberikan tunjangan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berdasarkan penilaian melaksanakan beban tugas yang lebih besar dan memikul tanggung jawab yang lebih berat dibandingkan dengan yang lain.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA.

SISTEM INFORMASI KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA.

Tugas Akhir ini berjudul “SISTEM INFORMASI KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA” dapat tersusun dengan baik berkat bantuan doa, bimbingan serta petunjuk dari berbagai pihak yang tulus dan sepenuh hati membantu penulis. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada :

14 Baca lebih lajut

Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Surakarta JURNAL PDAM

Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Surakarta JURNAL PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta sebagai salah satu korporasi yang menyelenggarakan pelayanan publik dalam bentuk pelayanan barang dan jasa publik yang mengatur pengelolaan dan penyediaan air bersih dengan wilayah cakupan pelayanan meliputi seluruh wilayah administrasi Kota Surakarta. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, bahwa Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum yang merupakan tanggungjawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah diselenggarakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menjamin kebutuhan pokok air minum masyarakat yang memenuhi syarat kualitas, syarat kuantitas, dan syarat kontinuitas, begitupun dengan pelayanan publik yang dilakukan PDAM Kota Surakarta juga harus memenuhi syarat yang tercantum pada Instruksi Menteri Dalam Negeri No 24 Tahun 19 99 dan menjadi salah satu indikator MDG’s yang ditargetkan hingga Tahun 2015 yaitu bahwa harus terpenuhinya layanan ketersediaan dan akses air bersih untuk masyarakat perkotaan sebesar 80% dan untuk masyarakat pedesaan sebesar 50% dapat tercapai. Sehingga PDAM Kota Surakarta dalam program pengelolaan dan penyediaan air bersih diharapkan untuk dapat lebih tertib dan lebih teliti dari segi kinerja operasionalnya.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun, selalu penulis nanti dan terima dengan sangat senang hati. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya, bagi penulis, dan juga bagi PDAM Kota Surakarta.

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Intervensi Pengendalian Dalam Sistem Pengendalian Manajemen Dan Kaitannya Dengan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PDAM Kabupaten Wonogiri).

PENDAHULUAN Pengaruh Intervensi Pengendalian Dalam Sistem Pengendalian Manajemen Dan Kaitannya Dengan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PDAM Kabupaten Wonogiri).

Praptapa dan Rokhayati (2012) menyatakan bahwa otonomi daerah yang berlaku di Indonesia mendorong pemerintahan daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, yang salah satunya adalah melalui perusahaan daerah. Perusahaan daerah dapat dimiliki oleh pemerintah daerah provinsi seperti Bank Daerah, BPR (Bank Perkreditan Rakyat) atau BKK (Badan Kredit Kecamatan), dan Rumah Sakit. Perusahaan Daerah dapat pula dimiliki oleh pemerintah daerah kabupaten atau kota seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), BPR/BKK, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...