Top PDF Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan pdf

Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan pdf

Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan pdf

II. RUMUSAN MASALAH Dari dasar latar belakang masalah yang muncul, ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain: metode fuzzy tahani adalah salah satu metode sistem pendukung keputusan pemeliharaan dan budidaya ikan nila yang dapat membantu mendeteksi serangan penyakit. Dalam teknologi ini terdapat sistem yang dapat mendiagnosa penyakit ikan nila. Sistem ini memberikan informasi gejala penyakit ikan yang mudah di ketahui oleh masyarakat sehingga dapat mengetahui hama dan penyakit yang menyerang. Sistem ini menggunakan metode fuzzy tahani yaitu model fuzzy database. Fuzzy ini untuk menghitung kemungkinan hama dan penyakit yang menyerang. Dari gejala hama dan penyakit yang menyerang di ketahui melalui proses jumlah gejala yang diketahui dengan acuan gejala dari tiap masing-masing hama dan penyakit. Dari proses tersebut diketahui kemungkinan terindikasi hama dan penyakit yang menyerang dengan cara jumlah gejala yang di ketahui dibandingkan jumlah gejala keseluruhan penyakit.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI

RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI

Jaringan irigasi teknis memungkinkan dilakukannya pengukuran aliran, pembagian air irigasi dan pembuangan air lebih secara efisien. Jika petak tersier hanya memperoleh air pada satu tempat saja dari jaringan (pembawa) utama, hal ini akan memerlukan jumlah bangunan yang lebih sedikit di saluran primer, eksploitasi yang lebih baik dan pemeliharaan yang lebih murah dibandingkan dengan apabila setiap petani diizinkan untuk mengambil sendiri air dari jaringan pembawa. Kesalahan dalam pengelolaan air di petak-petak tersier juga tidak akan mempengaruhi pembagian air di jaringan utama. Dalam hal-hal khusus, dibuat sistem gabungan (fungsi saluran irigasi dan pembuang digabung). Walaupun jaringan ini memiliki keuntungan tersendiri, dan kelemahan-kelemahannya juga amat serius sehingga sistem ini pada umumnya tidak akan diterapkan. Keuntungan yang dapat diperoleh dari jaringan gabungan semacam ini adalah pemanfaatan air yang lebih ekonomis dan biaya pembuatan saluran lebih rendah, karena saluran pembawa dapat dibuat lebih pendek dengan kapasitas yang lebih kecil. Kelemahan-kelemahannya antara lain adalah bahwa jaringan semacam ini lebih sulit diatur dan dioperasikan sering banjir, lebih cepat rusak dan menampakkan pembagian air yangtidak merata. Bangunan-bangunan tertentu di dalam jaringan tersebut akan memiliki sifat-sifat seperti bendung dan relatif mahal.
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Karyawan Harian dengan Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation.

TINJAUAN PUSTAKA Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Karyawan Harian dengan Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation.

bantu bagi para air crew yang berada disetiap level untuk mendapatkan informasi secara otomatis, terintegrasi, dan bermanfaat didalam memberikan dukungan terhadap pengambilan keputusan tentang kelaikan terbang helikopter model Bell 205A-1 dan juga dapat mempermudah pimpinan untuk pemeliharaan helikopter Bell 205A-1.

8 Baca lebih lajut

sistem pendukung keputusan penyeleksian. pdf

sistem pendukung keputusan penyeleksian. pdf

Perancangan sistem merupakan langkah yang penting sebelum masuk dalam tahap implementasi. Dalam perancagan sistem dibutuhkan langkah-langkah dalam membuat pemecahan masalah secara logika dengan menggunakan alat bantu seperti diagram konteks dan diagram alir data. Alat bantu ini bermanfaat untuk membantu memahami alur kerja sistem.

10 Baca lebih lajut

S KOM 0900708 Chapter5

S KOM 0900708 Chapter5

1. Dalam membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemeliharaan bus DAMRI, ada beberapa hal yang dapat membantu proses pelaksanaannya, diantaranya adalah sistem manajemen pemeliharaan kendaraan Perum DAMRI yang merupakan pedoman bagi Perum DAMRI dalam merawat kendaraan-kendaraannya dan metode TOPSIS yang merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang dapat diterapkan dalam pengembangan sistem tersebut. Dengan menggunakan sistem manajemen pemeliharaan kendaraan tersebut, proses pemeliharaan yang dilakukan dengan bantuan sistem tidak akan melanggar peraturan yang telah ditetapkan pemerintah setempat dan dengan menerapkan metode TOPSIS , proses pengembangan sistem akan menjadi lebih terstruktur dan mencapai hasil yang akurat.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pendonor Darah Menggunakan Fuzzy Multiple Criteria Decision Analysis (F-MCDA) - UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pendonor Darah Menggunakan Fuzzy Multiple Criteria Decision Analysis (F-MCDA) - UDiNus Repository

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan dengan adanya sistem pendukung keputusan kelayakan calon pendonor darah ini dapat membantu petugas PMI dalam mendapatkan pendapat pendukung untuk memutuskan apakah calon pendonor darah tersebut layak atau tidak mendonorkan darahnya ke PMI. Dengan nyatanya peningkatan kualitas dan akurasi pelayanan yang diterapkan dalam PMI, maka dapat dinyatakan bahwa sistem berhasil diimplementasikan dan telah dibuktikan pada saat tahap pengujian penelitian.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

KONSEP MANAJEMEN INFORMASI sistem informasi dan

KONSEP MANAJEMEN INFORMASI sistem informasi dan

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk kebutuhan manajemen. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan bahwa sistem yang terlibat adalah software, hardware, dan brainware. Sedangkan informasi merupakan hasil dari pengolahan data, jadi disini terjadi sebuah proses atau mekanisme. Sedangkan manajemen adalah suatu aturan manajerial dari sebuah organisasi. Manajemen informasi digunakan sebagai sebuah tindakan pengambilan keputusan manajerial. Menurut Raymond McLeod, Jr. & G. Schell ( SistemInformasi Manajemen, Prenhallindo, Jakarta, 2004 ) berpendapat bahwa SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Penerapan Metode Clustering Data Dengan C-Means Untuk Rekomendasi Penerima Beasiswa Pada Universitas Sumatera Utara

Penerapan Metode Clustering Data Dengan C-Means Untuk Rekomendasi Penerima Beasiswa Pada Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara menawarkan beberapa jenis program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan memerlukan bantuan ekonomi dalam menyelesaikan kuliahnya, oleh sebab itu diperlukan suatu informasi dalam bentuk rekomendasi program beasiswa. Manfaat sistem pendukung keputusan dapat diimplementasikan pada rekomendasi penerima beasiswa, teknik yang digunakan dalam aplikasi sistem pendukung keputusan ini adalah clustering data dengan c-means, dimana objek dari data yang tersedia akan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga objek dalam satu cluster sangat mirip dan objek di berbagai cluster yang lain cukup berbeda. Clustering dengan c-means memiliki kemampuan untuk mengelompokan data mahasiswa, dan dapat meminimalisir data sesuai dengan kebutuhan program beasiswa yang ditawarkan. Setelah data mahasiswa diminimalisir, kemudian data dikelompokkan berdasarkan jarak kedekatan terhadap program beasiswa yang ditawarkan, sehingga diperoleh persamaan dan perbedaan dari beberapa cluster data dengan jarak minimal yang dimasukkan kedalam aplikasi. Aplikasi rekomendasi beasiswa memberikan informasi jenis beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan syarat yang dibutuhkan oleh program beasiswa yang ditawarkan.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Penerapan Metode Clustering Data Dengan C-Means Untuk Rekomendasi Penerima Beasiswa Pada Universitas Sumatera Utara

Penerapan Metode Clustering Data Dengan C-Means Untuk Rekomendasi Penerima Beasiswa Pada Universitas Sumatera Utara

Pendidikan berperan penting untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, seperti tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Pasal 31 ayat 2 berisi tentang setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya, ayat 3 menjelaskan bahawa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak milia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yanag diatur dalam undang-undang. Dalam lembaga pendidikan khususnya universitas, banyak beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya pendidikan yang cukup besar. Oleh karena itu setiap mahasiswa berhak mendapat beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan orang tuanya kurang mampu.
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

Sistem Pendukung Keputusan Investasi Pendirian Game Center dengan Metode Profile Matching.

Sistem Pendukung Keputusan Investasi Pendirian Game Center dengan Metode Profile Matching.

Perkembangan yang pesat tidak hanya teknologi perangkat keras dan perangkat lunak saja, tetapi metode komputasi juga ikut berkembang. Salah satu metode komputasi yang cukup berkembang saat ini merupakan metode sistem pengambilan keputusan (Decision Support System). Salah satu peluang usaha yang sedang menjamur di seluruh tanah air adalah game centre. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi yang terus maju menjadikan menjadikan geme centre cukup menjanjikan juga usaha ini jika berada di lokasi yang strategis, misalnya berdekatan dengan pusat keramaian, pusat pendidikan. Semakin menjanjikannya usaha ini sehingga masyarakat saling berminat mendirikannya. Sistem pendukung keputusan investasi game centre adalah suatu sistem yang dirancang untuk menghasilkan informasi yang dapat membantu pengambilan keputusan dalam proses investasi sebuah game centre ysng menggunakan data dan model untuk memecahkan masalah yang bersifat tidak terstruktur. Pengambilan keputusan di dalam investasi sebuah game centre dapat dikatakan sebagai hal yang positif dilakukan karena banyak pengaruh yang memungkinkan juga seorang investor salah karenanya. Hasil keputusan tersebut dapat merupakan pernyataan yang diambil dari beberapa alternatif untuk mencapai hasil yang benar - benar sesuai dengan keinginan pembeli. Metode yang akan digunakan untuk membantu penyusunan sistem pendukung keputusan adalah metode profile matching.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada SMA PGRI 1 Pati.

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Pada SMA PGRI 1 Pati.

pendukung keputusan untuk seleksi penerima beasiswa. Sistem pendukung keputusan ini dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menambahkan kebijaksanaan manusia dan informasi Komputerisasi. SPK dalam sistem ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP dipilih karena merupakan suatu bentuk model pendukung keputusan dimana peralatan utamanya adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia, yakni dalam hal ini adalah orang yang ahli dalam masalah beasiswa atau orang yang mengerti permasalahan beasiswa. Diharapkan SPK ini dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan penerima beasiswa dengan tepat.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS DI SMA NEGERI 1 BANDUNG

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS DI SMA NEGERI 1 BANDUNG

Penulis memberikan saran untuk pengembangan Sistem Pendukung Keputusan ini kedepannya, yaitu menambahkan fasilitas tes psikotes secara online, agar dapat memperoleh nilai bakat dan nilai minat siswa yang terkini. Fasilitas tes psikotes tersebut ditanamkan di dalam sistem pendukung keputusan ini. Tes psikotes tersebut berupa kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang akan di jawab oleh siswa. Tes psikotes ini bertujuan untuk mengetahui bakat dan minat siswa yang terkini.

8 Baca lebih lajut

Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pembelian Armada Bus (Studi Kasus Pada PO. Zentrum).

Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pembelian Armada Bus (Studi Kasus Pada PO. Zentrum).

Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan .

10 Baca lebih lajut

Sistem pendukung pengambilan keputusan optimasi anggaran menggunakan algoritma knapsack.

Sistem pendukung pengambilan keputusan optimasi anggaran menggunakan algoritma knapsack.

1. Perbandingan perhitungan manual Excel dan perhitungan Sistem Perbandingan perhitungan manual Excel dan perhitungan sistem yaitu pengujian terhadap proses-proses dalam sistem yang dibuat untuk memastikan bahwa sistem sudah berjalan dengan baik. Uji coba proses yaitu dengan mencoba seluruh proses yang ada di dalam sistem apakah sudah berjalan dengan benar. Proses selanjutnya yaitu mencocokkan hasil perhitungan dengan metode Knapsack Problems menggunakan penyeselaian Greedy secara manual, dan kemudian mencocokan hasil perhitungan metode Knapsack Problems menggunakan penyeselaian Greedy sesuai dengan sistem yang telah dibuat. Hasil yang akan didapatkan yaitu berupa perhitungan secara manual yang harus sama dengan hasil perhitungan yang dihasilkan oleh sistem.
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

SILABUS MATAKULIAH PROGRAM MAGISTER ILMU KOMPUTER

SILABUS MATAKULIAH PROGRAM MAGISTER ILMU KOMPUTER

Faktor manusia pada perangkat lunak interaktif. Teori dan prinsip rekayasa perangkat antarmuka. Menu pilihan dan formulir isian, bahasa perintah, manipulasi langsung. Piranti interaksi. Waktu tanggap dan kecepatan tampilan. Pesan-pesan sistem, desain layar dan warna. Piranti bantu eksplorasi informasi, manual, help dan tutorial. Evaluasi antarmuka. Lingkungan pengembangan antarmuka pemakai. Dampak sosial dan individual antarmuka pemakai.

9 Baca lebih lajut

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REVITALISASI TERHADAP BANGUNAN DAN KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTA BANDUNG DI DISBUDPAR KOTA BANDUNG

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REVITALISASI TERHADAP BANGUNAN DAN KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTA BANDUNG DI DISBUDPAR KOTA BANDUNG

Suatu sistem dibutuhkan oleh petugas dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Bandung seksi kebudayaan untuk lebih mempermudah proses pengolahan data bangunan dan kawasan cagar budaya, mempercepat proses analisis terhadap cagar budaya tersebut berdasarkan penilaian dari setiap kriteria yang dimiliki serta mampu memberikan rekomendasi untuk mempermudah dalam mengambil keputusan berupa informasi cagar budaya yang menjadi prioritas revitalisasi karena tindakan revitalisasi terhadap cagar budaya harus dilakukan seoptimal mungkin khususnya untuk bangunan dan kawasan cagar budaya yang memilki umur yang sudah tua dan keadaan fisiknya yang sudah mengalami banyak kerusakan karena dikhawatirkan jika petugas kurang tepat dalam mengambil keputusan dalam melakukan revitalisasi akan mengakibatkan terjadinya devitalisasi cagar budaya.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANTRI KUR

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANTRI KUR

Peralatan utama AHP adalah sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia akan prioritas antara satu elemen dengan elemen yang lainnya. Keberadaan hirarki memungkinkan dipecahnya masalah kompleks atau tidak terstruktur dalam sub-sub masalah, lalu menyusunnya menjadi suatu bentuk hirarki. Metode AHP yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty dapat memecahkan masalah kompleks, dimana kriteria yang diambil cukup banyak, struktur masalah yang belum jelas, ketidakpastian persepsi pembuat keputusan serta ketidakpastian tersedianya data statistik yang akurat. Adakalanya timbul masalah keputusan yang sulit untuk diukur secara kuantitatif dan perlu diputuskan secepatnya dan sering disertai dengan variasi yang beragam dan rumit sehingga data tersebut tidak mungkin dapat dicatat secara numerik karena data kualitatif saja yang dapat diukur yaitu berdasarkan pada persepsi, preferensi, pengalaman, dan intuisi.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DAN PEMILIHAN MITRA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEB

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DAN PEMILIHAN MITRA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEB

Decision Support Systems (DSS) atau sering dikenal dengan Sistem Pendukung Keputusan digunakan sebagai alat bantu para pengambil keputusan untuk memecahkan masalah tanpa menggantikan penilaian mereka. Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu pendekatan (atau metodologi) untuk mendukung pengambilan keputusan[1].

6 Baca lebih lajut

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Siste

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Siste

J.2 SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK PENERIMAAN PESERTA CO-OP DI PT. TELKOM GROUP DECISION SUPPORT SYSTEM FOR ACCEPTATION OF CO-OP PARTICIPANT IN PT. TELKOM Dalam pelaksanaan program Co-operative Education (Co-op) di PT. Telkom, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahap seleksi, dimana seleksi ini dapat dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap perguruan tinggi oleh tim dari perguruan tinggi (tahap-I), yang disusul dengan tahap final oleh tim gabungan perguruan tinggi dan perusahaan (tahap-II).

21 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. ASURANSI - SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUSAHAAN ASURANSI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) - repository perpustakaan

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. ASURANSI - SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUSAHAAN ASURANSI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) - repository perpustakaan

PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti : Linuk, Unik, Macintosh dan windows. PHP dapat dijalankan secara runtime melalui console serta dapat menjalankan perintah-perintah system. Open source artinya kode-kode PHP terbuka untuk umum dan kita tidak harus membayar biaya pembelian atas keaslian license yang cukup mahal. Karena source code PHP tersedia secara gratis, maka hal tersebut memungkinkan komunitas developer untuk melakukan perbaikan, pengembangan dan menemukan bug dalam bahasa PHP.

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...