Top PDF TEKNIK PEMETAAN WILAYAH SECARA CEPAT DAN

TEKNIK PEMETAAN WILAYAH SECARA CEPAT DAN

TEKNIK PEMETAAN WILAYAH SECARA CEPAT DAN

Data utama yang dihasilkan dari semua penerima GPS adalah data koordinat bujur dan lintang, namun ada dua fitur yang sangat berguna untuk melakukan pemetaan yaitu waypoints dan track-log. Waypoints digunakan untuk merekam titik-titik yang diinginkan secara manual dan penerima GPS yang dipakai dalam paper ini mampu menyimpan hingga 500 titik. Sedangkan track-log digunakan untuk merekam jejak perjalanan secara otomatis dengan resolusi jejak yang bisa diatur. Jumlah titik koordinat yang bisa disimpan dengan fitur ini adalah 10.000 titik tiap track dan mampu menyimpan hingga 20 track. Fitur mana yang akan digunakan adalah tergantung pada peta apa yang ingin dibuat. Misalnya, fitur waypoints cocok dipakai untuk membuat peta letak kantor atau bangunan, dan fitur track-log cocok digunakan untuk membuat peta jalan atau batas wilayah. Demikian seterusnya untuk pembuatan peta yang lain.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Perekaman Data Geologi Secara Cepat Dengan Metode Fotogrametri

Perekaman Data Geologi Secara Cepat Dengan Metode Fotogrametri

Perlindungan singkapan batuan yang mengandung informasi penting untuk dilakukan dalam rangka memahami proses geologi yang terjadi. Proses alam seperti seperti pelapukan dan erosi, serta aktivitas manusia mengancam keberadaan singkapan tersebut untuk tetap utuh. Kami memperkenalkan metode sederhana dan cepat untuk mendokumentasikan data geologi menggunakan teknik fotogrametri.Teknik ini melibatkan akuisisi foto dengan kamera yang sederhana dan kemudian pemrosesan data dilakukan di perangkat lunak Agisoft Photoscan untuk membuat model 3D dan tiled model. Kami mendokumentasikan dua singkapan batuan yang berada di wilayah pemetaan lapangan Geological Enginering STTNAS Yogyakarta pada tahun 2018.Dengan menggunakan model tersebut, kami mampu mengidentifikasi dan mendelineasi data geologi seperti kontak litologi dan komponen struktur seperti kekar dan sesar.Kontak litologi dapat dikenali dari warna kontras, warna dan tekstur yang terkandung di model 3D tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik fotogrametri berguna dalam hal mendokumentasikan dan menginterpretasikan data geologi dari singkapan dengan prosedur yang relatif sederhana dan cepat. Teknik ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga informasi penting singkapan tersebut jika keberadaanya terancam oleh proses alam atau aktivitas manusia. Kata kunci: Singkapan Batuan, fotogrametri, Bayat, SfM
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN

TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN

Pada gambar, sebuah transit dipasang pada suatu titik dan rambu dipegang pada titik tertentu. Dengan benang silang tengah dibidikkan pada rambu ukur sehingga tinggi t sama dengan tinggi theodolite ke tanah. Sudut vertikalnya (sudut kemiringan) terbaca sebesar a. Perhatikan bahwa dalam pekerjaan tachymetri tinggi instrumen adalah tinggi garis bidik diukur dari titik yang diduduki (bukan TI, tinggi di atas datum seperti dalam sipat datar). Metode tachymetri itu paling bermanfaat dalam penentuan lokasi sejumlah besar detail topografik, baik horizontal maupun vetikal, dengan transit atau planset. Di wilayah-wilayah perkotaan, pembacaan sudut dan jarak dapat dikerjakan lebih cepat dari pada pencatatan pengukuran dan pembuatan sketsa oleh pencatat.
Baca lebih lanjut

175 Baca lebih lajut

TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN

TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN

Cara pengukuran jarak horizontal yang sederhana pada daerah miring adalah sebagai berikut. Untuk jarak pendek dilakukan dengan merentangkan pita dan menggunakan waterpass sehingga mendekati horizontal. Untuk jarak yang panjang dilakukan secara bertahap. Jarak horizontal A - D adalah d1 + d2 + d3. Untuk daerah datar, pengukuran jarak tidak mengalami masalah. Namun ada kalanya pada daerah yang datar terdapat hambatan. Hambatan ini terutama terjadi pada daerah datar yang memiliki garis ukur yang panjang, yaitu adanya obyek penghalang seperti sungai atau kolam. Membuat garis tegak lurus terhadap garis ukur pada titik A sehingga diperoleh garis AC. Menempatkan titik D tepat ditengah-tengah AC. Kemudian menarik garis dari B ke D hingga di bawah titik C. Kemudian membuat garis tegak lurus ke bawah terhadap garis AC dari titik C, sehingga terjadi perpotongan (titik E). Jarak antara dua buah titik di bidang datar (2 dimensi) dapat diketahui dengan cara akar dari pertambahan selisih kuadran absis dengan selisih kuadrat ordinat kedua titik tersebut. Tahap-tahap Pengukuran Jarak dan Arah Berikut ini, adalah tahap-tahap yang harus Anda lakukan dalam memetakan suatu wilayah dengan alat bantu meteran dan kompas.
Baca lebih lanjut

225 Baca lebih lajut

Analisis Boraks Secara Cepat, Mudah Dan Murah Pada Kerupuk

Analisis Boraks Secara Cepat, Mudah Dan Murah Pada Kerupuk

Berdasarkan hal tersebut di atas menunjukkan bahwa semua sampel mengandung boraks, artinya semua sampel kerupuk yang diambil di Pasar Tradisional Semolowaru Surabaya mengandung boraks. Kandungan boraks pada sampel berkisar antara 11,80 - 119,90 ppm dengan nilai terendah pada kerupuk “Uyel” yaitu 11,80 ppm dan kandungan boraks tertinggi pada kerupuk “Puli Galar” yaitu 119,90 ppm. Hal ini membuktikan bahwa analisa boraks secara kualitatif menggunakan kertas kunyit adalah benar. Semakin banyak jumlah positif (semakin gelap perubahan warnanya) maka semakin tinggi kadar boraksnya.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan

Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan

198 -5.6 Program Keahlian : Kehutanan 5.6.1 Kompetensi Keahlian : Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU A.. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 318 2.[r]

2 Baca lebih lajut

Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan

Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan

7.2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. 6.1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Teknik Pemetaan dlm Menyimak

Teknik Pemetaan dlm Menyimak

suprasegmental, tekanan suara tertentu, lagu kalimat istimewa, bicara cepat dan lambat,keras atau lirih, gerak- gerik tangan, mata, anggota badan lain yang meyokong dan turut menjelaskan pesan marah, gugup, senang, gembira.

5 Baca lebih lajut

PEMETAAN DAN PARTISIPATIF SOLUSI PEMBANGUNAN

PEMETAAN DAN PARTISIPATIF SOLUSI PEMBANGUNAN

Penentuan batas merupakan hal pertama yang dilakukan. Kesepakatan di dalam desa, dan desa-desa yang berbatasan menjadi kunci utama dalam proses ini. Batas wilayah adalah tanda pemisah antar unit regional (wilayah) geografi yang bersebelahan. Secara fisik tanda pemisah tersebut bisa berupa fenomena alam seperti sungai dan punggung bukit atau berupa tanda buatan manusia seperti tugu/pilar dan jalan (Jones, 1945; Prescott, 1987). Penentuan batas wilayah mengandung dua arti, yaitu penetapan dan penegasan. Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri, No. 27 Tahun 2006), penetapan adalah proses penetapan batas desa secara kartometrik di atas suatu peta dasar yang telah disepakati. Penegasan ialah proses pelaksanaan di lapangan dengan memberikan tanda batas berdasarkan hasil penetapan. Proses pertemuan hingga pelaksanaan pengukuran batas disajikan pada Gambar 3.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

APLIKASI MANAJEMEN ASET PERANGKAT PRODUKSI BERBASIS WEB: STUDI KASUS PT. TELKOMSEL

APLIKASI MANAJEMEN ASET PERANGKAT PRODUKSI BERBASIS WEB: STUDI KASUS PT. TELKOMSEL

PT. Telekomunikasi Selular Indonesia (PT. Telkomsel) merupakan satu dari sekian banyak penyelenggara jaringa n selular di Indonesia yang mengantongi izin penyelenggaraan secara nasional. Denga n basis teknologi Global System for Mobile Telecommunication (GSM) berjumla h customer base mencapai delapan puluh lima juta pelanggan. Delapan juta pelanggan diantaranya berada di daerah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan pusat konsentrasi pelanggan berada di setiap ibu kota propinsi seperti
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Geografis Pemetaan Wilayah Berdasarkan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bali.

Sistem Informasi Geografis Pemetaan Wilayah Berdasarkan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bali.

Pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak diterima oleh semua orang pada zaman ini. Mengandalkan data histori berupa tabel dan angka-angka yang tersimpan dalam arsip membutuhkan waktu untuk mengetahui kualitas pendidikan di suatu wilayah. Ketidakakuratan dalam membaca data histori dapat menyebabkan perbaikan di bidang pendidikan tidak merata. Sistem informasi geografis dikembangkan menggunakan teknologi Google Maps API yang memberikan informasi secara geografis data statistik yang menandakan kualitas pendidikan di suatu wilayah dan menggunakan metode Trend Semi Average dalam peramalan data statistik. Indikator perbedaan warna dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui persentase data statistik di suatu wilayah yang menandakan tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Sistem memberikan informasi data geografis pemetaan kualitas pendidikan seperti angka partisipasi sekolah, angka partisipasi murni, angka partisipasi kasar, angka putus sekolah, dan angka melek huruf. Berdasarkan pengujian metode trend semi average diperoleh metode hanya cocok meramalkan di tahun yang tidak jauh daridata statistik yang digunakan sebagai acuan untuk meramalkan persentase data statistik di beberapa tahun kedepan.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Bab 2 Alat Penjernih Air

Bab 2 Alat Penjernih Air

Pengolahan air bersih sangat dibutuhkan demi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Usaha ini sudah dilakukan dari dulu sampai sekarang, tetapi akhir-akhir ini kondisi air sudah sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan oleh adanya polusi tanah yang diakibatkan oleh pembuangan-pembuangan limbah pabrik terutama sampah anorganik dan sampah anorganik dari masyarakat. Penebangan pohon secara liar dan tidak terkendali tanpa memperhatikan keseimbangan alam juga berdampak pada kualitas air tanah.

24 Baca lebih lajut

 this  file 8426 19298 2 PB

this file 8426 19298 2 PB

ABSTRAK - Penelitian dengan subjek penduduk miskin pedesaan selalu memiliki nilai strategis dalam konstelasi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, utamanya pembangunan yang berorientasi pada upaya pengurangan angka kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh mengenai aspek pengalaman penduduk miskin pedesaan terkait pekerjaan mereka, terutama dilihat dari sisi perilaku informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap 22 orang informan berkategori miskin di pedesaan Jawa Barat Bagian Selatan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) keterlibatan informasi yang dicari dan digunakan terkait pekerjaan orang miskin di pedesaan, umumnya melekat dan mewujud dalam bentuk pekerjaan serabutan; (2) ruang lingkup dari jenis dan sumber-sumber informasi yang dicari dan digunakan oleh orang miskin pedesaan, amat
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

kegiatan_3201410095_1361944647.pptx 45.72KB 2013-07-11 22:10:18

kegiatan_3201410095_1361944647.pptx 45.72KB 2013-07-11 22:10:18

Surve dan Pemetaan Wilayah SPW • Teori ROMBEL 1 SEMUA Praktikum.[r]

6 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN METODE DAN PEMBUATAN KIT DETEKSI CEPAT BAKTERI Vibrioparahaemolyticlis SECARA MOLEKULAR DENGAN TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION.

PENGEMBANGAN METODE DAN PEMBUATAN KIT DETEKSI CEPAT BAKTERI Vibrioparahaemolyticlis SECARA MOLEKULAR DENGAN TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION.

PENGEMBANGAN METODE DAN PEMBUATAN KIT DETEKSI CEPAT BAKTERI Vibrioparahaemolyticlis SECARA MOLEKULAR DENGAN TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION Oleh: Marlina, Rustini, Cheah Yoke Kqueen [r]

1 Baca lebih lajut

METODE DAN TEKNIK PEMETAAN SOSIAL

METODE DAN TEKNIK PEMETAAN SOSIAL

Pemetaan   sosial   dapat   dipandang   sebagai   salah   satu   pendekatan   dalam   Pengembangan Masyarakat  yang  oleh  Twelvetrees  (1991:1)  didefinisikan  sebagai  “the  process  of  assisting  ordinary people   to   improve   their   own   communities   by   undertaking   collective   actions.”   Sebagai   sebuah pendekatan,  pemetaan  sosial  sangat  dipengaruhi  oleh  ilmu  penelitian  sosial  dan  geography.  Salah satu   bentuk   atau   hasil   akhir   pemetaan   sosial   biasanya   berupa   suatu   peta   wilayah   yang   sudah diformat  sedemikian  rupa  sehingga  menghasilkan  suatu   image   mengenai   pemusatan   karakteristik masyarakat   atau   masalah   sosial,   misalnya   jumlah   orang   miskin,   rumah   kumuh,   anak   terlantar, yang  ditandai  dengan  warna  tertentu  sesuai  dengan  tingkatan  pemusatannya.  
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

TEKNIK DAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF

TEKNIK DAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF

Teknik synectics dikembangkan oleh William J.J Gordon dan merupakan teknik berpikir kreatif yang menggunakan analogi dan metafor (kiasan) untuk membantu pemikir mengnalisis masalah dan mengembangkan berbagai sudut tinjau (Feldhusen dan Treffinger, 1980). Tidak memerlukan peralatan, kecuali kertas atau papan tulis untuk mencatat ide-ide. Langkah pertama ialah merumuskan masalah yang ditulis di papan tulis agar semua dapat melihatnya. Kegiatan selanjutnya berlangsung dengan seluruh kelas dipimpin oleh guru atau dalam kelompok kecil dipimpin oleh siswa.

5 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Sanjaya, H. 2012, Sistem Informasi Pemetaan Batas Wilayah Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan , Skripsi, Banjarmasin: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin.

1 Baca lebih lajut

TEKNIK IDENTIFIKASI PEYAKIT CVPD DAN DEFISIENSI UNSUR HARA SECARA VISUAL,CEPAT DAN SEDERHANA

TEKNIK IDENTIFIKASI PEYAKIT CVPD DAN DEFISIENSI UNSUR HARA SECARA VISUAL,CEPAT DAN SEDERHANA

PRAKTEK UJI PATI YODIUM UNTUK IDENTIFIKASI CVPD DAN DEFISIENSI UNSUR HARA PADA TANAMAN JERUK Panitia menyiapkan 20 nomor sampel berbeda di ruang sebelah Tiap peserta diberi kesemp[r]

63 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...