Top PDF TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus di Tia Tronik Kartasura)

TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus di Tia Tronik Kartasura)

TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus di Tia Tronik Kartasura)

This study discusses how to practice the sale and purchase of active period of internet data package in Tia Tronik Kartasura, concerning the validity period of internet data packet prime card. The existence of incompatibility of the active period of data packet raises a problem that resulted in a loss on either party. The ative period og internet data packets does not matc what is in the product packaging.

80 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PRE ORDER ONLINE DI TOKO ONLINE COMFORTABLE CLOTHING SIDOARJO.

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PRE ORDER ONLINE DI TOKO ONLINE COMFORTABLE CLOTHING SIDOARJO.

Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula pola atau sistem jual beli yang berlaku pada masyarakat.Pada zaman dahulu, jual beli yang sering dilakukan adalah jual beli secara kontan/tunai.Artinya, mereka melakukan pembayaran ketika ada barang.Alasannya, pada saat itu sistem yang dipakai adalah sistem barter (pertukaran barang dengan barang). Prinsipnya adalah ada kedua barang yang akan ditukarkan ketika akad barter. Akan tetapi, pada zaman sekarang, dimana manusia telah mengenal uang, terkadang orang- orang lebih memilih dengan cara kredit. Dalam perkembangannya, tidaklah semua kebutuhan masyarakat dapat dibeli langsung, bisa jadi yang dibutuhkan adalah barang-barang yang dalam proses penyelesaian pembuatannya membutuhkan beberapa waktu, Baju Custome Misalnya. Untuk melakukan pembelian kebutuhan, tentunya seseorang tidak selalu sempat untuk mampir ke pasar atau mall di tengah-tengah kesibukannya.Baru- baru ini, yang sangat diminati orang banyak adalah jual beli online. Selain praktis, orang tidak perlu pergi ke pasar atau mall untuk membeli sesuatu. Cukup dengan membuka website dan berbagai aplikasi melalui media internet, kemudian memilah-milah sesuatu yang akan dibeli. Setelah itu barulah pembeli tersebut melakukan pembayaran sesuai dengan intruksi penjual, dengan caratransfer misalnya sebelum barang dikirim ke
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (Studi Kasus di Rabbani Tulungagung)

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (Studi Kasus di Rabbani Tulungagung)

Bisa kok member card digunakan oleh orang lain selain identitas yang tertera, selagi beli nya dengan orang itu juga, tinggal nyodorin kartunya. Kalo misal masih di daerah Tulungagung gitu bisa misalkan gak bawa kartu, tapi kalo di luar kota harus bawa kartu, karena kita harus download data-datanya lagi. Jadi kalo masih daerah Tulungagung saja cukup setorkan nama yang terdaftar dalam member

21 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kredit online pada aplikasi cicil.co.id

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli kredit online pada aplikasi cicil.co.id

2. Penerima Pembiayaan memberikan kewenangan kepada Penyelenggara untuk (a) mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menggunakan Data Pribadi yang diperoleh Penyelenggara, (b) memeriksa dan memverifikasi Data Pribadi, catatan-catatan biro kredit, referensi-referensi terkait dengan Penerima Pembiayaan, (c) memperoleh dan atau membagikan dan mengungkapkan Data Pribadi kepada pihak-pihak berikut: pihak Penyedia Objek Pembiayaan dalam rangka pemenuhan pesanan Objek Pembiayaan; agen penyelenggara; setiap perusahaan afiliasi dari Penyelenggara, setiap biro informasi kredit yang tersedia, setiap basis data identitas yang tersedia sah secara hukum milik pihak ketiga, setiap lembaga keuangan, setiap otoritas pemerintahan, Pemberi Pembiayaan, atau pihak ketiga lainnya yang sah secara hukum terikat pada Penyelenggara, (d) memverifikasi dan menganalisis Data Pribadi terhadap data dan informasi yang tersedia sah secara hukum sehubungan dengan (i) jasa telekomunikasi dan telepon genggam yang digunakan oleh Konsumen, (ii) informasi perihal keterangan pajak Penerima Pembiayaan, dan (iii) data jaminan sosial Penerima Pembiayaan, dan (e) penggunaan Data Pribadi untuk tujuan lainnya sebagaimana dipandang perlu dan patut oleh Penyelenggara sehubungan dengan Pembiayaan dan diperbolehkan menurut peraturan perundang- undangan yang berlaku. Dalam hal Penerima Pembiayaan menentukan bahwa Data Pribadi tertentu miliknya merupakan rahasia, Penerima Pembiayaan wajib menyampaikan hal tersebut kepada Penyelenggara sesegera mungkin. Sampai dengan Penyelenggara memperoleh konfirmasi bahwa data pribadi tertentu milik Penerima Pembiayaan merupakan rahasia, persetujuan untuk pengungkapan berdasarkan pasal ini akan dianggap sebagai pernyataan ketidakrahasiaan oleh Penerima Pembiayaan atas data yang diungkapkan tersebut.
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli Tanah Urug: studi kasus di Desa Alasrajah Blega Bangkalan

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli Tanah Urug: studi kasus di Desa Alasrajah Blega Bangkalan

Dengan adanya dalil-dalil tersebut, maka sudah sepatutnya manusia mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan didalamnya. Dalam kehidupan bermuamalat, agama islam telah memberikan garis kebijaksanaan perekonomian yang jelas. Ekonomi islam adalah ekonomi yang berdasarkan tolong-menolong yang mengutamakan keadilan, halal, dan saling manfaat. Ketiganya mempunyai pengaruh bagi aspek ekonomi dan perdagangan, baik dalam aspek produksi, konsumsi, distribusi maupun juga transaksi lainnya. Transaksi bisnis atau perdagangan merupakan hal yang sangat diperhatikan dan dimuliakan dalam agama islam. perdagangan ini kerap terjadi dan menjadi kebutuhan setiap individu
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

1 TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERBASIS SWALAYAN DI PONOROGO SKRIPSI

1 TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERBASIS SWALAYAN DI PONOROGO SKRIPSI

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. 17 Yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dan menggali secara luas bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli berbasis swalayan di Toko swalayan Surya Mandiri Mlarak Ponorogo, Rumah Makan Prasmanan Warung Sederhana Madusari Ponorogo, dan Mesin Otomatis (Vending Machine) di Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek proses suatu tindakan di lihat secara menyeluruh. Dimana atau cara proses,
Baca lebih lanjut

125 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik spekulasi dalam jual beli saham syariah di Bursa Efek Indonesia Cabang Semarang

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik spekulasi dalam jual beli saham syariah di Bursa Efek Indonesia Cabang Semarang

dan yang Tidak Konsisten dalam JII (Studi Perbandingan)”. 16 Tujuan pokok dari penelitiannya adalah untuk mengetahui saham-saham apa saja yang konsisten berada dalam JII, agar saham-saham tersebut dapat dipertimbangkan dipilih untuk investasi jangka panjang, demi keamanan dan secara syariah dalam kehalalan. Penelitian tersebut dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, meliputi pengolahan data saham-saham JII yang telah dikelompokkan menjadi kelompok saham-saham JII (portofolio) yang konsisten dan yang tidak konsisten yang diolah dengan pendekatan Metode Portofolio Markowitz. Data yang digunakan adalah data harga saham JII selama periode tahun 2002-2004. Kesimpulan dari peneltian ini adalah penyebab keluar masuknya saham-saham syariah pada daftar saham JII lebih disebabkan adanya mekanisme pasar yang menciptakan tingkat kapitalisasi dan likuditas yang tinggi terhadap saham-saham tertentu. Hasilnya terdapat 13 dari 30 saham yang konsisten dalam JII atau setidaknya ada 17 saham yang harus keluar-masuk JII selama periode tersebut.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Pasir Pantai Desa Nangawera, Wera, Bima

Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Pasir Pantai Desa Nangawera, Wera, Bima

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang masih digunakan hingga saat ini. Permintaan pasir yang bermunculan mendorong terjadinya transaksi jual beli, seperti yang terjadi di Desa Nangawera, Wera, Bima. Daerah pantai yang pada dasarnya dimiliki dan diolah oleh negara ini diakui milik penduduk setempat dan pasir pantainya diperjualbelikan. Dalam melakukan jual beli pasir pun sopir truk/buruh angkutmelakukan pengurangan muatan pasir tanpa sepengetahuan konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil dua rumusan masalah, yaitu bagaimana praktik jual beli pasir pantai di Desa Nangawera, Wera, Bima dan bagaimana praktik jual beli pasir pantai di Desa Nangawera tersebut jika ditinjau dari hukum Islam.Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua jenis pengumpulan data, yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan, kemudian data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam praktik jual beli pasir pantai di Desa Nangawera penjual belum memiliki izin dari pihak yang diberi kewenangan mengelola wilayah pesisir oleh negara, sehingga hukum Islam memandang transaksi ini belum sah karena syarat kepemilikannya belum terpenuhi. Menurut hukum Islam, pengurangan yang dilakukan oleh sopir truk/buruh angkut dipandang sebagai suatu hal yang bertentangan dengan Al-Quran sehingga mengakibatkan jual belinya tidak sah karena tidak ada kejelasan yang seimbang antara harga dan takaran.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Jual Beli secara Online dalam tinjauan Hukum Islam

Jual Beli secara Online dalam tinjauan Hukum Islam

Transaksi online adalah transaksi pesanan dalam model bisnis era global yang tidak bertatap muka, dengan hanya melakukan transfer data melalui dunia maya (data intercange) melalui internet antara dua pihak, yaitu penjual dan pembeli, perkembangan teknologi informasi ini memungkinkan remote transaksi, di mana siapa pun dapat berinteraksi bahkan tanpa tatap muka (tatap muka). Dalam bisnis online yang terpenting adalah ketersediaan informasi dan manfaatnya. Atau yang sekarang lebih dikenal dengan e-bisnis atau e-commerce, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakaan, jual beli online termasuk aspek muamalah yang pada dasarnya diperbolehkan. Kecuali ada argumen yang melarangnya. Selain itu, syarat dan ketentuan perjanjian pembelian online juga tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan sistem keterlibatan hukum Islam.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam dan UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli perdana paket internet di Tenggilis Mejoyo Surabaya

Tinjauan hukum Islam dan UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli perdana paket internet di Tenggilis Mejoyo Surabaya

Diawali dari narasumber yang masih duduk di bangku smp bernama Ninis (15th), yang mengaku bahwa ia menggunakan paket internet Telkomsel dalam kesehariannya. Paket internet yang biasa ia beli adalah seharga 65.000 – 70.000 rupiah dengan masa aktif dua bulan. Namun dalam pemakaiannya sudah habis paling lama satu bulan setengah, itu pun dengan penggunaan normal seperti aktifitas chatting, media sosial, dan game yang tidak terlalu sering. Setiap kali membeli perdana paket internet biasanya ia harus pergi ke counter kampung sebelah, karena counter di dekat rumahnya kurang lengkap untuk pilihan jenis operator. Ia juga hampir tidak pernah melakukan pengecekan total kuota terhadap paket perdana paket internet yang ia beli. 21
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

PRAKTIK JUAL BELI EMAS DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN ETIKA BISNIS ISLAM

PRAKTIK JUAL BELI EMAS DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN ETIKA BISNIS ISLAM

Skripsi yang disusun oleh Achmad Muzakkir berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiyayaan Jual Beli Emas di pasar Rambi Puji Jember”. Fakultas Syari’ah dan Hukum Unirversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2004. Penelitian tersebut meneliti tentang penangguhan pembayaran tidak harus dipahami secara sempit sebagaimana Nash yang ada. Jual beli barang sejenis dengan tidak tunai itu tidak diperbolehkan, tetapi harus dipahami barang tersebut berbeda satu dengan yang lain sesuai dengan jenis dan kualifikasinya. Sebagaimana pertukaran perhiasan murni dengan kualitas yang berbeda, baik dilakukan secara kredit maupun tunai terbebas dari unsur riba, sehingga akad yang dilakukan sah dan jual beli di pasar Rambi puji ditangguhkan oleh Islam. Jual beli emas yang diteliti melalui bentuk pembayaran tunai dengan menganalisis ada tidaknya prinsip riba, gharar dan maisyir. 21 Dalam skripsi Achmad Muzakkir pembahasannya hampir sama apa yang dibahas oleh penulis tentang praktik jual beli emas tetapi yang menjadi pembeda terletak pada objek yang diteliti. Pada skripsi Achmad Muzakkir membahas tentang jual beli emas secara tunai dilihat dari hukum Islam, sedangkan skripsi ini tentang praktik jual beli emas di pedagang kaki lima dalam perspektif kompilasi hukum ekonomi syariah dan etika bisnis islam.
Baca lebih lanjut

103 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Tahun 1959 beliau pindah ke Tambakberas Jombang dan mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai guru dan kepala madrasah, selain itu juga menjadi wartawan. Gus Dur pada tahun 1962 menerima beasiswa di Universitas Al Azhar, Mesir, namun tidak diselesaikan karena kekritisan pikirannya. Beliau pergi ke Belanda untuk meneruskan pendidikannya di Universitas Leiden, akan tetapi beliau merasa kecewa karena ilmu yang selama ini didapat tidak diakui. Lalu beliau pergi ke Jerman dan Prancis sebelum kembali ke Indonesia. 2 Sebelum kembali ke Indonesia tahun 1974 beliau juga sempat mempelajari sastra dan ilmu sosial di Fakultas Sastra Universitas Baghdad, Irak. Gus Dur kembali ke Jakarta dan mulai berkarir sebagai cendekiawan dengan menulis sejumlah kolom di berbagai media massa nasional. 3 Selain itu beliau juga bergabung dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), organisasi yang terdiri dari kaum intelektual muslim progresif dan sosial demokrat.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERBASIS SWALAYAN DI PONOROGO SKRIPSI

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BERBASIS SWALAYAN DI PONOROGO SKRIPSI

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. 17 Yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dan menggali secara luas bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli berbasis swalayan di Toko swalayan Surya Mandiri Mlarak Ponorogo, Rumah Makan Prasmanan Warung Sederhana Madusari Ponorogo, dan Mesin Otomatis (Vending Machine) di Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang lebih menekankan pada aspek proses suatu tindakan di lihat secara menyeluruh. Dimana atau cara proses,
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BARANG HASIL BAJAKAN SKRIPSI

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BARANG HASIL BAJAKAN SKRIPSI

Hak cipta merupakan bagian dari Hak Kekayaan Intelektual, akhir-akhir ini menjadi konsepsi hukum yang marak diperbincangkan publik. Berdasarkan riset internasional data corporation (IDC), tingkat pembajakan (Priracy rate) di Indonesia masih berkisar pada angka 85 persen. Kerugian yang ditimbulkan dari adanya pelanggaran hak cipta sangat besar dan tanpa disadari telah mengancam tatanan sosial, hukum, dan ekonomi. Berdasarkan jenis masalah diatas, maka pertanyaan yang diajukan adalah bagaimanakah akad jual beli dalam hukum Islam, bagaimanakah hak cipta menurut hukum Islam dan undang-undang di Indonesia, serta bagaimanakah hukum jual-beli barang hasil bajakan menurut hukum Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui akad dan hukum jual beli dalam Islam (b) Untuk memperoleh data tentang hak cipta menurut hukum Islam dan perundang-undangan di Indonesia (c) Untuk mengetahui hukum jual beli barang hasil bajakan menurut hukum Islam.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Hukum jual beli dalam islam

Hukum jual beli dalam islam

Ulama telah sepakat bahwa jual beli diperbolehkan dengan alasan bahwa manusia tidak akan mampu mencukupi kebutuhan dirinya, tanpa bantuan orang lain. Namun demikian, bantuan atau barang milik orang lain yang dibutuhkannya itu, harus diganti dengan barang lainnya yang sesuai. Mengacu kepada ayat-ayat Al Qur’an dan hadist, hukum jual beli adalah mubah (boleh). Namun pada situasi tertentu, hukum jual beli itubisa berubah menjadi sunnah, wajib, haram, dan makruh.

20 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee

Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan model periklanan di Shopee

sesuai dengan barang yang diinginkan tinggal pilih. Setelah memilih klik beli sekarang. Tentukan pilihan warna yang diinginkan dan jumlahnya juga, lakukan Checkout untuk pembayaran, Pilih metode pembayaran, bisa melalui beberapa metode: Kartu debit, Bayar di tempat, Transfer Bank, OneKlik, Indomaret, Alfamart, Kredivo dan Aku Laku, Selanjutnya klik tombol Buat Pesanan untuk menuntaskan pembelian barang. Selanjutnya, setelah pembayaran dilakukan, Shopee akan secara otomatis melakukan verifikasi dan konfirmasi tak lama setelahnya. Konfirmasi biasanya akan dikirimkan ke nomor ponsel dan email Anda, termasuk setiap ada perkembangan terbaru seperti nomor resi dan pengiriman barang. Setelah muncul banyak barang yang dicari, kemudian membandingkan harga toko satu dengan yang lain. Pilih harga yang paling sesuai dengan kualitas barangnya.
Baca lebih lanjut

130 Baca lebih lajut

TINJAUAN KEADILAN DALAM JUAL BELI TINJAUAN KEADILAN DALAM JUAL BELI MENURUT ISLAM.

TINJAUAN KEADILAN DALAM JUAL BELI TINJAUAN KEADILAN DALAM JUAL BELI MENURUT ISLAM.

Segala puji dan syukur selalu kehadirat Allah ‘Azza wa Jalla, atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Kelahiran karya ini tidak terlepas dari minat penulis terhadap kajian hukum Islam khususnya bidang Fiqh Mu’amalah. Karya ini merupakan hasil dari upaya penulis untuk mencurahkan kemampuan intelektual dalam kajian ilmu hukum Islam.

10 Baca lebih lajut

Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli parfum yang mengandung alkohol

Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli parfum yang mengandung alkohol

Danu Winoto, 2009, dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Software Komputer di Kota Semarang”. Dengan pokok masalah bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktek Jual Beli Software komputer di kota Semarang. Dengan kesimpulan praktek jual beli software komputer diperbolehkan akan tetapi jika menggunakan software ilegal para ulama telah sepakat bahwa jual beli tersebut tidak boleh. Hal ini dikarenakan tidak sesuai dengan syarat sahnya jual beli dalam konsep Islam, melanggar hak cipta dan merugikan hak milik orang lain. Sedangkan jual beli yang dianggap sah dan sesuai dengan nilai-nilai hukum Islam adalah jual beli yang memenuhi atau sesuai dengan rukun dan syarat sahnya jual beli, lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya serta tidak bertentangan dengan syariat Islam.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN LILIN SEBAGAI PENYEGAR DALAM JUAL BELI BUAH

TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGUNAAN LILIN SEBAGAI PENYEGAR DALAM JUAL BELI BUAH

Meskipun pedagang buah ini menghasilkan keuntungan yang besar, akan tetapi usaha ini juga memiliki resiko kerugian yang besar. Mengingat buah yang beresiko cepat busuk jika tidak cepat terjual. Akan tetapi untuk sekarang ini resiko yang diterima oleh pedagang buah menjadi kecil. Hal ini disebabkan karena buah- buahan yang mereka jual adalah buah impor yang bisa bertahan lebih lama. Buah impor tersebut bisa bertahan 3 sampai 6 bulan tanpa layu dan membusuk. Hal ini dapat diketahui dari tulisan packing date yang terdapat pada dus buah yang peneliti temukan saat observasi ke lapangan. Pada observasi tersebut ditemukan bahwa packing date pada kardus tersbut tertulis tahun 2016, yang saat itu berarti buah impor yang berasal dari Amerika, Tiongkok dan Afrika dipetik sejak 3 atau 6 bulan yang lalu. Berbeda dari buah bisanya yang berasal dari dalam negeri atau lokal yang cepat layu dan busuk.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN DENGAN CARA TEBASAN

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN DENGAN CARA TEBASAN

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di Desa Mangunharjo Kecamata Tugu Kota Semarang dalam menjalankan jual beli ikan menggunakan cara tebasan dan ini sudah berjalan sepuluh tahun terakhir ini yang sebelumnya menggunakan cara kilon. Faktor-faktor yang mendorong bergesernya para petani tambak ikan dari sistem kilon ke sistem tebasan dalam hal jual belinya adalah di samping sulitnya mencari tenaga pemanen juga sistem tebasan dinilai lebih praktis dan ekonomis. Disamping itu sistem tebasan mudah dilaksanakan karena para penebas selaku pembeli yang mendatangi para petani tambak.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects