Banu : Ibu sering menyuruh saya menggosok gigi sebelum tidur, tapi karena mengantuk saya sering tidak mengerjakannya

Teks penuh

(1)

SD kelas 6 - BAHASA INDONESIA BAB 7. MEMBACA SASTRALatihan Soal 7.4

1. Pagi-pagi Amel telah mengayuh sepeda untuk berangkat ke sekolah. Di tengah jalan ia melihat kucing yang sedang duduk ditengah jalan. Amel pun berhenti dan turun dari sepeda. Dia mengajak kucing pergi ke tepi jalan supaya tidak tertabrak sepeda motor atau mobil yang melintas.

Amanat dari cuplikan cerita di atas adalah … A.

Kucing adalah hewan yang ceroboh B.

Saling menyayangi makhluk hidup termasuk binatang C.

Tidak boleh malas berangkat ke sekolah D.

Setiap anak harus rajin belajar E.

Kunci Jawaban : B Pembahasan Teks :

sikap amel yang bertujuan untuk menyelamatkan makhluk hidup merupakan wujud dari kasih saying sesame makhluk hidup. Jadi amanat dari cerita tersebut adalah Saling menyayangi makhluk hidup termasuk binatang

Pembahasan Video :

2. Ibu : “Banu, biar diperiksa dokter dulu ya!” Banu : “Ya, Bu.” (masuk ke dalam ruangan)

Dokter: “ Banu coba buka mulutnya!(memeriksa kondisi gigi Banu) Kamu sering memakan permen, gula-gula dan coklat ya? Banu : “Iya, dokter.”

Dokter : “Apakah kamu tidak gosok gigi di malam hari?”

Banu : “Ibu sering menyuruh saya menggosok gigi sebelum tidur, tapi karena mengantuk saya sering tidak mengerjakannya”

Dokter : "Wah kamu tidak boleh malas menggosok gigi, lubang gigimu, sudah sangat besar harus segera dicabut.” :

Amanat cuplikan drama di atas adalah … A.

Kerjakanlah tugas yang diberikan guru B.

Jangan malas menggosok gigi sebelum tidur C.

Tidak boleh makan permen, gula-gula dan coklat D.

Berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan E.

(2)

Kunci Jawaban : B Pembahasan Teks :

karena malas menggosok gigi ketika malam, gigi Banu berlubang dan harus dicabut dokter. Oleh karena itu kita jangan mals menggosok gigi sebelum tidur.

Pembahasan Video :

3. Berita kepulangan Malin Kundang sampai ke telinga ibunya. Sang ibu berjalan menuju pantai dengan lemah karena usianya yang tua dan tubuhnya yang sakit-sakitan menanti kepulangan anaknya. Tibalah sang Ibu di bibir pantai melihat anaknya telah berubah menjadi pemuda yang tampan, sukses dan beristri cantik. Sang ibupun memanggil Malin Kundang. Melihat kondisi sang ibu, Malin Kundang pun malu kepada istrinya dan berpura-pura tidak mengenali sang ibu. Bahkan Malin Kundang mengatakan bahwa ibunya telah meninggal dunia. Mendengar hal itu, ibu Malin Kundang sangat sedih. Dia pun berdoa kepada Tuhan. Tak lama kemudian tiba-tiba Malin Kundang jatuh tersungkur, badannya mengeras dan berubah menjadi batu. Dalam hati Malin Kundang menyesal dan mohon maaf kepada sang Ibu. Namun terlambat, karena seluruh badannya telah berubah menjadi batu.

Berdasarkan cerita di atas, amanat cerita yang dapat diambil adalah … A.

Seorang ibu merawat anaknya B.

Seorang anak tidak boleh durhaka kepada ibunya C.

Kesuksesan berawal dari kerja keras D.

Malu bertanya sesat di jalan E.

Kunci Jawaban : B Pembahasan Teks :

Kedurhakaan Malin Kundang tidak boleh kita tiru. Seorang anak tidak boleh durhaka kepada ibunya

Pembahasan Video :

4. Ibu meminta tolong kepada Siti untuk membeli gula di warung. Ditengah jalan siti menemukan uang seratus ribu rupiah. Tak berapa lama Siti melihat Pak Haji sedang mondar mandir kebingungan seperti mencari sesuatu. Siti pun bertanya kepada Pak Haji apa yang sedang dicari. Ternyata Pak Haji kehilangan uang sebesar seratus ribu rupiah. Siti pun memberikan uang yang tadi dia temukan kepada Pak Haji. Pak Haji berterimakasih kepada Siti. Pak haji sangat senang dan memberi Siti uang sepuluh ribu rupiah sebagai ucapan terimakasih.

Amanat cerita di atas adalah … A.

Setiap anak yang gemar menabung, pasti akan beruntung di kemudian hari B.

Kepada sesama harus saling tolong menolong C.

(3)

D.

Jika menemukan barang milik orang lain, harus dikembalikan kepada pemiliknya

E.

Kunci Jawaban : D Pembahasan Teks :

Sikap Siti ketika mengembalikan uang Pak Haji yang dapat diteladani yaitu jika menemukan barang milik orang lain, harus dikembalikan kepada pemiliknya.

Pembahasan Video :

5. Setiap hari Novi mendapat uang saku dari ibu sebesar lima ribu rupiah. Ketika di sekolah Novi tidak menghabiskan uang saku pemberian Ibu. Dia menyisakan uang seribu rupih setiap harinya untuk ditabung. Pada saat kenaikan kelas Novi membuka tabungannya. Uangnya telah terkumpul sebesar Rp. 125.000,00. Novi sangat senang, ia berencana untuk mengambil sebagian uang tersebut untuk membeli buku dan alat tulis yang baru. Sisanya ia tabung kembali, jika suatu saat memiliki kebutuhan lain yang mendesak.

Amanat yang dapat diambil dari cerita Novi di atas adalah … A.

Setiap anak harus belajar hemat dan rajin menabung B.

Jika memiliki uang jajan lebih baik dihabiskan C.

Tidak perlu menabung D.

Rajin pangkal pandai E.

Kunci Jawaban : A Pembahasan Teks :

sikap yang dapat diteladani dari Novi yaitu berhemat dalam menggunakan uang jajan. Jadi setiap anak harus belajar hemat dan menabung.

Pembahasan Video :

6. Sepulang sekolah bayu segera berganti pakaian dan makan siang. setelah itu dia pamit kepada ibunya untuk bermain

bersama teman-temannya. Sore hari Bayu sudah pulang ke rumah. Ia tidak mau membuat ibunya khawatir jika pulang terlalu sore. Lagipula Bayu harus segera mandi dan mengerjakan PR agar nanti malam ia bisa belajar. Itulah sebabnya Bayu selalu mendapat nilai yang bagus di sekolah.

Amanat yang dapat dipetik dari cuplikan cerita di atas adalah … A.

(4)

B.

Hemat pangkal kaya

C.

Kikir pangkal miskin D.

Menabung pangkal sejahtera E.

Kunci Jawaban : A Pembahasan Teks :

kalimat “Lagipula Bayu harus segera mandi dan mengerjakan PR agar nanti malam ia bisa belajar. Itulah sebabnya Bayu selalu mendapat nilai yang bagus di sekolah.” Menunjukkan sikap yang dapt diteladani dari tokoh Bayu yaitu rajin pangkal pandai.

Pembahasan Video :

7. Bacalah cerita berikut ini!

Suatu hari, di rumah tidak ada nasi. Si ibu kemudian meminta anak perempuannya untuk menjaga adiknya. Tetapi anaknya menolak. "Tidak! Aku tidak mau menjaganya!" kata anak perempuannya tersebut. Tetapi si ibu tetap meninggalkan anak laki-lakinya. Ibu ini sudah tidak tahan dengan kelakukan anak perempuannya yang selalu marah-marah. Di tepi pantai, ada sebuah batu besar. Kata orang, jika ada orang menangis di dekat batu itu, ia akan membelah. Si ibu menghampiri batu itu sambil menangis, dan tidak lama kemudian batu itu terbelah menjadi dua dan ibu itu masuk ke batu terbelah tersebut. Sang anak perempuan mencari ibunya karena hingga sore ibu tidak pulang, sambil menggandeng adik yang terus menangis. Di dekat batu, anak ini melihat rambut ibunya tergerai keluar dari batu. Ia dan adiknya menangis melihat ibunya meninggal di dalam batu. Anak ini menyesal selalu memarahi ibu yang selama ini merawatnya.

Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ... A.

Kita harus selalu menuruti permintaan orang tua, yang baik maupun yang tidak baik. B.

Kita harus selalu patuh terhadap perintah dan nasehat ibu karena ibu selalu melakukan yang terbaik untuk diri kita. C.

Orang tua harus kita jaga karena mereka telah menjaga kita sejak kecil. D.

Kita harus rajin mendoakan orang tua agar senantiasa sehat. E.

Kunci Jawaban : B Pembahasan Teks : Jawaban : B Penjelasan :

Pesan dari cerita tersebut disampaikan melalui perlakuan anak perempuan yang tidak menuruti perkataan ibunya dan selalu marah-marah, akibatnya ia ditinggal oleh ibunya pergi.

(5)

Pembahasan Video :

8. Bacalah cerita di bawah ini!

Pak Burhan adalah orang kaya di kampungku. Rumahnya terletak di tepi jalan raya. Rumahnya sangat besar dan megah. Di dalam rumahnya terdapat kandang-kandang binatang buas. Di dalam kandang-kandang itu terdapat macan putih, simpanse, ular, burung kakak tua putih, dan beraneka satwa liar yang dilindungi pemerintah. Orang desa tidak berani memberitahukan hal itu pada polisi, karena selalu diancam Pak Burhan.

Masyarakat khawatir jika suatu hari hewan-hewan itu ada yang keluar dari kandang dan melukai masyarakat. Kemudian secara sembunyi-sembunyi masyarakat mengadakan musyawarah di rumah Pak RT. Mereka sepakat melaporkan Pak Burhan pada polisi.

Beberapa hari kemudian pasukan polisi mendatangi rumah Pak Burhan dan menggeledah seluruh rumah itu. Ternyata selain hewan-hewan langka itu, Pak Burhan merupakan pemburu liar. Hal ini terbukti dengan penemuan polisi berupa senapan laras panjang dan koleksi hewan yang diawetkan dan diperjualbelikan secara illegal. Polisi berterima kasih kepada warga atas informasinya. Kini masyarakat lega, kampung kami aman kembali.

Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ... A.

Hewan langka nilainya sangat mahal sehinggal banyak orang yang memburunya. B.

Memelihara hewan langka adalah kewajiban para orang kaya di negara ini. C.

Pemerintah harus memberikan hukuman berat kepada setiap orang yang menjual binatang buas. D.

Kita harus mematuhi peraturan dan ikut menjaga kelestarian satwa liar dengan tidak memelihara hewan langka, bahkan sampai menjualnya.

E.

Kunci Jawaban : D Pembahasan Teks : Jawaban : D Penjelasan :

Pesan cerita tersebut disampaikan melalui tindakan Pak Burhan yang telah memburu dan memelihara hewan buas akan mendapatkan hukuman yang berat.

(6)

9. Bacalah cerita di bawah ini!

Seekor singa sedang tidur. Tiba-tiba, ada seekor tikus yang lewat di depan wajahnya, dan membuatnya terbangun. Singa itu pun lalu dengan cepat menangkap si Tikus dan hendak membunuhnya. Si Tikus lalu memohon supaya diampuni dan akan membalas kebaikannya.

Beberapa hari kemudian, saat sedang berjalan-jalan di hutan, Singa tertangkap oleh sekelompok pemburu, yang kemudian mengikat dia dengan tali-tali yang kuat. Para pemburu itu meninggalkan dia di sana, untuk diambil keesokan harinya, saat tenaganya sudah habis.

Si Singa berusaha membebaskan diri, tapi tidak bisa karena tali-tali itu terlalu kuat. Dia pun mengaum untuk meminta tolong. Si Tikus mendengar auman si Singa dari kejauhan, lalu datang untuk membantunya. Dia menggigiti tali-tali yang mengikat Singa sampai putus.

Setelah si Singa terbebas dari perangkap para pemburu, si Tikus lalu berkata kepadanya. "Dulu kamu tertawa saat aku berkata bahwa suatu saat aku pasti akan membalas kebaikanmu. Sekarang sudah terbukti bukan? Aku, seekor tikus, bisa menyelamatkan kamu, seekor singa!"

Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ...

A.

Kita harus selalu meremehkan orang-orang yang ukurannya lebih kecil daripada kita. B.

Menjadi seorang pemimpin akan mendapatkan banyak pertolongan dari rakyatnya. C.

Kita harus selalu menepati janji yang telah kita ucapkan dan kita pun harus menolong teman yang membutuhkan bantuan.

D.

Menolong sesama itu diharuskan oleh pemerintah dan undang-undang negara. E.

Kunci Jawaban : C Pembahasan Teks : Jawaban : C Penjelasan :

Pesan dari cerita tersebut disampaikan melalui Tikus yang selalu menepati janji kepada Singa dengan membebaskannya dari perangkap pemburu.

(7)

10. Bacalah cerita di bawah ini!

Beni mengikuti banyak kegiatan di sekolah, salah satunya kegiatan olahraga. Beni menyukai olahraga voli. Setiap Sabtu sore, Beni berlatih voli bersama teman-temannya. Beni membantu pelatih menyiapkan peralatan dan memasang net.

Setelah siap, semua pemain melakukan pemanasan yang dipimpin oleh pemain. Seusai pemanasan, teman Beni yang bernama Didit baru saja datang. Didit diminta Beni untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, tapi Didit tidak mau. Setelah permainan selesai, Didit terlihat kesakitan dan memijit-mijit tangannya. Ternyata tangan Didit terkilir saat menahan bola. Didit menyesal karena tidak menghiraukan perkataan Beni. Beni meminta tolong pelatih untuk mengobati cedera Didit.

Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ...

A.

Kita perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga berat agar tidak cidera. B.

Kita tidak perlu pemanasan untuk melakukan latihan bola voli. C.

Pemanasan itu penting bagi tubuh dan kita harus melakukannya setiap hari. D.

Kita harus menyuruh teman melakukan pemanasan jika dirinya terlambat datang ke latihan. E.

Kunci Jawaban : A Pembahasan Teks : Jawaban : A Penjelasan :

Pesan yang terkandung dalam cerita tersebut adalah kita harus taat pada aturan yang berlaku agar tidak menerima akibat yang menyusahkan diri sendiri.

Pembahasan Video :

11. Bacalah cerita di bawah ini!

Rama Harimau mempunyai putra namanya si Loreng. Tidak seperti Rama Harimau yang terkenal sebagai pemimpin bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng dibenci binatang di hutan. Selain sangat jahil, dia juga sangat sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada dihutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang semut merah. Segera sarang semut itu ia tutup menggunakan batu. Mengetahui hal tersebut, Rama Harimau segera menghukum anaknya akibat perbuatannya tersebut.

Dengan dihukumnya si Loreng, para binatang di hutan semakin menghormati Rama Harimau. Tindakan Rama Harimau mencerminkan kebijaksanaannya. Meskipun yang bersalah anaknya sendiri, ia tidak segan-segan menghukumnya dengan hukuman setimpal. Setelah menjalani hukuman, watak si Loreng mulai berubah. Ia tak lagi sombong dan jahil. Kini ia mulai meneladani sikap Rama Harimau, ayahnya.

Sumber: Buku BSE Bahasa Indonesia Kelas 6, Hal. 17. Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ...

(8)

A.

Seorang pemimpin yang bijaksana seperti Rama Harimau adalah dambaan peminpin semua negara.

B.

Menjadi seorang pemimpin harus memiliki sikap yang bijak serta adil dengan menyamakan kedudukan rakyat dan keluarga sama di mata hukum.

C.

Rama Harimau memimpin dengan adil dan bijaksana di hutan. D.

Pemimpin hutan harus memiliki kebijaksanaan yang besar agar dapat dihormati oleh seluruh masyarakatnya. E.

Kunci Jawaban : B Pembahasan Teks : Jawaban : B Penjelasan :

Pesan yang terkandung dalam cerita tersebut disampaikan melalui sikap Rama Harimau yang menjadi pemimpin bijaksana dengan menghukum siapapun yang bersalah termasuk keluarganya sendiri.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :