AAAA STANDART 5 LPMI 2

Teks penuh

(1)

YAYASAN PANCA MARGA

UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO Jalan Yos Sudarso Pabean Dringu Probolinggo 67271

STANDART OPERASIONAL PROSEDUR

STANDART TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN EVALUASI KINERJA DOSEN

Standart Operating Procedure (SOP) Evaluasi Kinerja Dosen bertujuan untuk

mengentahui dasar-dasar yang menjadi standard operasional dan prosedur untuk mengevaluasi kinerja dosen di lingkungan Universitas Panca Marga, sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, dalam rangka mencapai dosen yang profesional, bermoral dan beretika.

2. Ruang Lingkup

SOP evaluasi kinerja dosen di lingkungan Universitas Panca Marga meliputi : 2.1 Materi evaluasi kinerja dosen.

2.2 Waktu evaluasi kinerja dosen . 2.3 Proses evaluasi kinerja dosen .

2.4 Pihak-Pihak terkait dengan proses evaluasi kinerja dosen Universitas Panca Marga Probolinggo.

3. DasarAturan /Referensi

3.1 Undang-Undang PendidikanTinggi, Undang-Undang No.12 Tahun 2012 3.2 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3.3 Keputusan Dirjen DIKTI No.43/DIKTI/Kep/2006 tentang rambu-rambu pelaksanaan mata kuliah pengembangan kepribadian MPK).

3.4 Undang-Undang No:20 Tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional

(2)

3.6 Kurikulum KKNI, Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan lampirannya; Permendikbud No.73 Tahun 2013.

3.7 Buku Pedoman Akademik Universitas Panca Marga Probolinggo. 3.8 Kebijakan akademik Universitas Panca Marga Probolinggo. 3.9 Manual Mutu Akademik Universitas Panca Marga Probolinggo. 3.10. Surat Edaran Badan Kepegawaian Nasional.

3.11. Peraturan perundang-undangan lain, mengenai dosen.

4. Pengguna

4.1 Rektor Universitas Panca Marga

4.2 Para Wakil Rektor Universitas Panca Marga

4.3 Lembaga Penjamin Mutu Internal Universitas Panca Marga 4.4 Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Panca Marga

4.5 Wakil Dekan I Bagian Akademik dan Wakil Dekan II bidang Kepegawaian. 4.6 Kepala Biro I, dan Kepala Biro II di lungkungan Universitas Panca Marga. 4.7 Dosen di lingkunan Universitas Panca Marga.

4.8 Mahasiswa Universitas Panca Marga

5. KetentuanUmum

5.1. Dalam menilai kinerja dosen, ada beberapa peran gkat yang digunakan, yaitu LKD (Laporan Kinerja Dosen), kontrak BKD (Kontrak Beban Kerja). SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), terutama untuk dosen PNS DPK, Angket kegiatan pembelajaran Dosen, dan verifikasi jabatan fungsional akademik.

5.2. Laporan Kinerja Dosen (LKD) merupakan laporan dosen mengenai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dilakukan oleh semua dosen tetap baik dosen tetap yayasan maupun dosen PNS DPK, yang sudah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi. Kontrak BKD merupakan kontrak beban kerja dosen untuk semester yang akan datang mengenai pelaksanaan Tri Dharma PerguruanTinggi. LKD perlu diverifikasi dan ditandatangani asesor (terutama untuk dosen yang sudah tersertifikasi), kontrak BKD perlu ditandatangani oleh Dekan.

(3)

dan ditandatangani oleh Sekretaris Pelaksana dan Koordinator KOPERTIS Wilayah VII.

5.4 Perangkat evaluasi berikutnya adalah angket kegiatan pembelajaran dosen. Angket Evaluasi-evaluasi kegiatan pembelajaran dosen disusun oleh Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Panca Marga. Angket ini disebarkan kepada mahasiswa untuk mengevaluasi k e g i t a n pembelajaran dosen. Penyusunan angket dimaksudkan untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan dosen ketika mengajar di kelas atau pun penugasan di luar kelas serta untuk mengetahui sejauh mana dosen menguasai materi perkuliahan, sikap terhadap mahasiswa dan kepuasan mahasiswa terhadap seluruh proses pembelajaran yang dilakukan. Hasil dari angket ini sebagai dasar pertimbangan bagi LPMI, Rektor, Dekan untuk memperbaiki kinerja dosen, untuk tercapainya dosen professional, bermoral danberetika. 5.5Verifikasi jabatan fungsional akademik dosen juga merupakan perangkat

evaluasi kinerja dosen, karena menunjukkan sejauhmana dosen telah melaksanakan Tri Dharma, dan untuk persyaratan sertifikasi dosen, serta akreditasi.

6.Prosedur

6.1. Laporan Kinerja Dosen (LKD) dibuat oleh dosen setiap semester sesuai dengan beban tugas pelaksanaan Tri Dharma tiap semester, sebelum ke asesor, ditandatangani dosen yang bersangkutan. LKD tersebut diajukan ke asesor untuk diverifikasi dan ditandatangani..

6.2.Kontrak Beban Kerja Dosen di buat tiap semester untuk pelaksanaan tugas Tri

Dharma Perguruan Tinggi, untuk semester berikutnya. Kontrak BKD ini diketahui dan ditandangani oleh Dekan dan dosen yang bersangkutan.

6.3. Sasaran Kinerja Pegawai SKP) dibuat oleh dosen PNS sesuai dengan beban

kerjanya, diajukan kepada Dekan untuk diverifikasi dan ditandangani, setelah ditandatangani dekan, kemudian diajukan ke rector untuk ditandatangani, setelah ditandatangani rektor, diajukan ke Kopertis untuk diverifikasi dan ditandatangani oleh Sekretaris Pelaksana dan Koordinator Kopertis 7.

6.4. Penggunaan angket sebagai cara evalusi kinerja dosen, angket disusun oleh LPMI

(4)

selanjutnya hasilnya diserahkan ke rektor.

6.5. Verifikasi jabatan fungsional akademik dilakukan ditiap fakultas, didata mengenai

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...