Wawasan Terkait Target Konsumen Tesla

147  Download (2)

Teks penuh

(1)

Insight on Tesla’s Consumers

Consumer Segments Analysis

Analisis segmen konsumen bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap konsumen potensial yang akan menggunakan mobil listrik. Gambaran konsumen yang dimaksud berisi informasi mengenai karakteristik dari suatu segmen konsumen. Dalam kasus mobil listrik Tesla, segmen konsumen yang dapat dijadikan target pemasaran adalah pengguna mobil pribadi.

Mobil listrik Tesla merupakan bagian dari bisnis kendaraan tenaga listrik. Permintaan atas bisnis kendaraan tenaga listrik didorong oleh dua faktor berikut [ CITATION menginginkan kontrol penuh terhadap hidupnya. Dengan tren harga minyak atau gas dunia yang cenderung meningkat, pengguna kendaraan menginginkan kendaraan dengan efisiensi penggunaan bahan bakar tinggi. Hal ini menjadi peluang bagi bisnis kendaraan bahan bakar listrik.

2. Keinginan mengurangi emisi karbon

Isu pemanasan global meningkatkan kesadaran konsumen atas pentingnya menjaga lingkungan. Hal ini menjadi keunggulan dari kendaraan bahan bakar listrik yang mendapat tenaga penggerak kendaraannya tidak dari proses pembakaran, melainkan menggunakan tenaga baterai. Namun faktor ini sangat bergantung kepada karakteristik dari konsumen, karena keinginan menggunakan teknologi ramah lingkungan merupakan hal yang subjektif. Mayoritas konsumen yang memiliki keinginan untuk mengurangi emisi karbon adalah eksekutif muda yang berada pada tahap awal karier mereka dengan tingkat pemasukan lebih dari rata-rata. Hal ini disebabkan oleh tren energi ramah lingkungan yang sedang meningkat serta harga pasar mobil listrik yang lebih tinggi dibanding mobil bahan bakar fosil.

Tesla juga mempertimbangkan keterbatasan teknologi dalam memproduksi mobil listrik. Efisiensi teknologi yang mendukung pembuatan mobil listrik masih tergolong minim, sehingga biaya produksi mobil listrik masih berada di atas harga pasar mobil yang menggunakan bahan bakar fosil.

(2)

yang masuk ke dalam segmen tersebut adalah laki-laki yang menginginkan mobil mewah.

Segment Attributes and Characteristic Analysis

Berdasarkan segmen konsumen yang telah dianalisis, perlu didefinisikan atribut-atribut dari konsumen yang menjadi pendorong untuk membeli mobil listrik Tesla. Edmunds.com melakukan penelitian terkait profil konsumen yang membeli mobil listrik Tesla Model S. Edmunds.com mendefinisikan jenis kelamin, umur, dan tingkat pemasukan sebagai atribut yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian mobil listrik Tesla Model S. Hasil dari penelitian tersebut adalah persebaran konsumen yang membeli mobil listrik Tesla Model S berikut:

 Jenis Kelamin

83.90% 16.10%

Jenis Kelamin

Laki-laki Perempuan

Gambar 1 Persebaran Jenis Kelamin Konsumen

Mayoritas konsumen Tesla Model S adalah laki-laki. Hal ini disebabkan oleh preferensi yang berbeda antara konsumen laki-laki dengan perempuan saat membeli mobil. Dilansir dari valuewalk.com, konsumen laki-laki menginginkan mobil yang dapat memberikan impresi kemewahan kepada penggunanya.

(3)

Tentu saja terdapat permasalahan yang besar pada hasil penelitian, yaitu dengan adanya pernikahan antara laki-laki dan perempuan sulit untuk diketahui apakah pengguna utama dari mobil adalah orang yang terdaftar sebagai pemilik mobil itu sendiri. Namun hasil analisis karakteristik berdasarkan jenis kelamin tersebut tetap dapat digunakan oleh Tesla untuk membuat suatu produk dalam upaya pengembangan pasar.

 Tingkat Pemasukan per-Tahun

5.69%

17.17%

77.15%

Tingkat Pemasukan per-Tahun

< $50,000 $50,000-$99,999 >$100,000

Gambar 2 Persebaran Tingkat Pemasukan Konsumen

Sebanyak 77.3% konsumen Tesla Model S memiliki pemasukan lebih dari $100,000 per tahun. Konsumen tersebut dapat dikelompokkan menjadi segmen kelas atas. Konsumen pada segmen ini sudah tidak terlalu terpengaruh oleh harga produk saat melakukan pembelian. Hal yang lebih diperhatikan oleh konsumen kelas atas adalah nilai apa yang dapat diberikan oleh produk apabila konsumen membeli suatu produk, terutama sense of identity dan hal yang dapat membuat konsumen merasa spesial.

17.2% konsumen Tesla Model S memiliki pemasukan per tahun dalam rentang $50,000 sampai $100,000. Konsumen ini dapat dikelompokkan menjadi segmen kelas menengah ke atas. Konsumen kelas menengah ke atas, terutama laki-laki menginginkan adanya suatu pengakuan dari lingkungan atas status sosial mereka. Maka dari itu mereka mencari mobil yang dapat memberikan impresi mewah kepada penggunanya.

(4)

konsumen yang menganggap pembelian mobil listrik sebagai salah satu investasi yang menguntungkan.

 Umur

33.20%

50.60% 16.20%

Umur

18-44 45-64 >64

Gambar 3 Persebaran Umur Konsumen

Berdasarkan penelitian Edmunds.com 50,6% konsumen Tesla Model S berusia 45 hingga 64 tahun, diikuti dengan usia 18 hingga 44 tahun sebesar 33,2% dan lebih tua dari 64 tahun sebesar 16,2%. Konsumen berusia 45 hingga 64 tahun menjadi konsumen terbesar Tesla Model S sebab harga dari Tesla Model S yang lebih tinggi dari harga pasar mobil bahan bakar fosil. Akibatnya konsumen baru dapat mencapai tingkat pemasukan minimum yang dibutuhkan untuk dapat membeli Tesla Model S pada rentang umur tersebut. Konsumen dengan rentang usia 18 hingga 44 tahun terdorong untuk membeli Tesla Model S atas keinginannya untuk memiliki mobil mewah guna memperlihatkan status sosial yang dimiliki. Karakteristik generasi millennial yang menyukai hal-hal yang eco-friendly dan inovatif serta keinginan untuk menjadi early adopter menjadi faktor pendukung konsumen dalam memilih mobil yang akan dibeli.

(5)

dalam pasar, sehingga konsumen membutuhkan bimbingan bagaimana cara pemakaian produk. Responden juga menyatakan kerelaan mereka untuk membeli mobil listrik sedikit di atas harga pasar mobil bahan bakar fosil karena menurut konsumen mobil listrik memiliki nilai yang tidak dimiliki oleh mobil bahan bakar fosil. Dengan nilai yang ingin dibawa, Tesla dirasa bisa mendapatkan konsumen loyal apabila produk dan pelayanan yang diberikan memuaskan bagi pelanggan.

Consumer Trend of Electric Car

0 1000 2000 3000 4000 5000 6000 7000

Penjualan Tesla di US 2016-2017

Tesla Model 3 Tesla Model S Tesla Model X TOTAL

Gambar 4 Data Penjualan Tesla di US Tahun 2016-2017

Mobil listrik sebagai kendaraan inovasi yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan mendapat sambutan baik dari pasar. Dilansir dari evobsession.com, penjualan mobil listrik Tesla di Amerika mengalami peningkatan dari 2600 unit mobil pada Januari 2016 menjadi 5200 unit pada Oktober 2017, bahkan sempat menyentuh angka 6655 unit pada puncak penjualan.

(6)

Figur

Gambar 1 Persebaran Jenis Kelamin Konsumen

Gambar 1

Persebaran Jenis Kelamin Konsumen p.2
Gambar 2 Persebaran Tingkat Pemasukan Konsumen

Gambar 2

Persebaran Tingkat Pemasukan Konsumen p.3
Gambar 3 Persebaran Umur Konsumen

Gambar 3

Persebaran Umur Konsumen p.4
Gambar 4 Data Penjualan Tesla di US Tahun 2016-2017

Gambar 4

Data Penjualan Tesla di US Tahun 2016-2017 p.5

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :