Contoh kasus dari teori jarum suntik yan (1)

162  Download (0)

Teks penuh

(1)

Quiz MHI

1. Contoh kasus dari teori jarum suntik yang bahwa publik sama sekali tidak memiliki kekuatan untuk menolak informasi setelah ditembakkan oleh media komunikasi layaknya kemasukan obat bius melalui jarum suntik. Peran media dalam kasus nuklir iran dimana CCN menjadi instrumen kepentingan Amerika serikat terkait pengembangan isu nuklir di iran, dalam hal ini CNN sebagai salah satu media yang ikut andil dalam menyebar luaskan isu tersebut sehingga isu pengembangan nuklir tersebut menjadi konsumsi masyarakat internasional.

2. Contoh kasus dari Teori Kepala Batun : Teori ini berpendapat bhw individu memiliki kemampuan untuk menyeleksi apa saja saja yang berasal dari luar & tidak direspons begitu saja. Teori ini berlawanan dengan teori jarum suntik. Seperti polemik yang terjadi dalam kasus Private Military Contractor Backwater Worldwide yang digunakan Amerika Serikat dalam invasinya ke Irak demi menjaga kepentingan dan keselamatan yang menyangkut aset negaranya. Dalam menjalankan tugasnya Blacwater telah terindikasi banyak melakukan pelanggaran dan kekerasan terhadap rakyat sipil di Irak tanpa alsan yang jelas. Perdebatan muncul ketika banyak media Amerika Serikat memberitakan bahwa kejahatan yang dilakukan dalam kekersan tersebut karena adanya serangan atau gangguan yang dilakukan oleh militan Irak atau biasa disebut urgensi Irak. Kekuatan data pemberitaan media-media Amerika Serikat juga didukung oleh adanya data laporan dari blackwater. Namun, perlahan terkuak bahwa apa yang diberitakan media-media Amerika Serikat hanyalah sebuah akal-akalan agar citra Amerika Serikat tetap teraga dalam usahanya dalam rekosntruksi di Irak. Terkuaknya kasus kebohongan pemberitaan tersebut ketika pemerintah Irak mengeluarkan sebuah laporan berbagai kejahatan kekerasan yang dilakukan blackwater.

3. Teori Kegunaan & Kepuasan Teori ; ini terkait erat dengan sikap & perilaku konsumen, bagaimana mereka menggunakan media untuk mencari informasi tentang apa yang mereka butuhkan. Dalam praktik politik, teori ini banyak digunakan oleh para politisi. Contoh dari teori ini adalah mantan presiden megawati yang menggunakan cara berpidato seperti ayahnya. Beliau pasti mempelajari cara berbicara, gestur, dan pemilihan kata kata yang menjadi crikhas soekarno.

(2)

dari pemerintah. Dijaman alwal orba pun pemerintah saat itu menganggap presiden pertama Indonesia sebagai salah satu pendukung dari partai komunis yang mana sedang gencar gencarnya diberantas oleh pemerintah. Namun tidak semua orang menganggap berita yang digulirkan tersebut adalah benar.

5. Teori penanaman ; Teori ini menggambarkan kehebatan TV dalam menanamkan sesuatu / pengaruh dalam jiwa penonton. Misal, tingginya frekuensi TV dalam menyiarkan berita / film kekerasan, maka akan memberi pengaruh yg mendalam terhadap sikap & perilaku individu yang menonton. Contoh paling nyata adalah ketika RCTI menayangkan acara WWE (smackdown) secara bebas, pada saa itu terjadi banyak kasus kekerasan yang dilakukan anak anak kecil dengan meniru adegan tersebut, karena masyarakat khususnya anak anak kecil menganggap apa yang dilakukan oleh para atlet WWE tersebut hebat dan aman untuk ditiru.

6. Teori agenda seting ; Teori ini beranggapan bahwa ada hubungan yang signifikan antara isu yang diangkat oleh media dengan isu yang dianggap penting oleh pemilih. Teori ini beranggapan bahwa media memberikan pengaruh terhadap pemilihan (elections) melalui penayangan berita, isu, dan citra seorang kandidat atau partai. Contoh yang paling nyata adalah ketika tv one menyajikan debat calon kepala daerah, jika ada calon kepala daerah yang berasal dari golkar atau partai partai koalisinya maka pesaing dari calon tersebut cenderung lebih ditekan atau lebih dikritisi dibanding dengan calon dari partai golkar itu, ini bukan tanpa alasan karena owner dari tv one adalah ketua partai tersebut. Atau jika ada kasus yang membelit kader dari partai golkar maka embel embel partai tersebut akan dihilangkan demi kesetabilan dari partai golkar. Ini kejadian dari kasus petinggi MK , akil M. Atau yang lebih ekstream lagi tidak pernah diangkatnya kasus lumpur sidoardjo oleh TV one dikarenakan perintah dari bapak ARB agar masyarakat melupakan kasus tersebut supaya meluruskan jalan bapak ARB yang terhormat untuk menjadi presiden di 2014.

Nama : RYAN

NIM : 1042500353

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...