PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN MESIN BAJAK

14  112  13 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN

MESIN BAJAK ( HAND TRACTOR )

OLEH :

KELOMPOKTANI MATAHARI TERBIT

KORONG KOTO PANJANG NAGARI ULAKAN

KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS

KABUPATEN PADANG PARIAMAN

(2)

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga kami masih bisa melaksanakan aktifitas dan dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini tanpa suatu halangan.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, kelompoktani kami tetap aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan, diantaranya melaksanakan pertemuan rutin 2x ( dua kali ) sebulan, membuat kebun kolektif kelompok, yang telah ditanami sayuran dan berbagai bumbu dapur kebutuhan Rumah Tangga, antaralain : kangkung darat, bayam, lobak pangsit (ciasin), terung, kunyit, jahe, cabe rawit, bawang merah, daun bawang. Seterusnya masing-masing anggota kelompoktani kami memiliki usaha pokok bertanam padi sawah serta usaha tambahan beternak ayam, itik, kambing, sapi dan kerbau untuk menambah penghasilan keluarga.

Namun dalam melaksanakan kegiatan untuk usaha pokok, ada beberapa kendala yang seringkali kami temui di lapangan, diantaranya yang menjadi prioritas kami adalah sulitnya mendapat giliran pinjaman mesin bajak untuk pengolahan tanah, karena keterbatasan kelompoktani kami yang belum memiliki modal untuk membeli mesin bajak ( Hand Tractor ). Akibatnya, proses pengolahan tanah sampai panen dihamparan sawah kelompoktani kami cenderung terlambat dibandingkan hamparan lain yang berdekatan sehingga tidak efisien waktu dan biaya.

Adanya program bantuan mesin bajak dari pemerintah, akan sangat membantu kami secara teknis karena lebih ekonomis dan produktifitas lahan bisa lebih ditingkatkan serta menghemat waktu untuk pengolahan tanah sawah lahan basah. Demikian permohonan kami, besar kiranya harapan kami mendapat bantuan tersebut.

Koto Panjang, 28 Januari 2014 Penyusun

Kelompoktani Matahari Terbit

(3)

KORONG KOTO PANJANG NAGARI ULAKAN KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS

No : /KT-MT/VI/2014 Koto Panjang, 28 Januari 2014 Lamp : 1 ( satu ) Bandel

Hal : Permohonan Bantuan Kepada Yth :

Mesin Bajak Bapak Gubernur Sumatera Barat

( Hand Tractor ) cq Kepala Dinas Pertanian

Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Barat

Di

Padang

Dengan hormat,

Puji syukur marilah kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita masih bisa beraktifitas dengan baik.

Adanya program pemerintah tentang Peningkatan Produksi Beras Nasional ( P2BN ) dalam rangka untuk peningkatan pendapatan petani serta memenuhi kebutuhan akan beras Nasional, maka petani merupakan pelaku utama dan pelaku usaha untuk mengelola sumber daya pertanian yang ada.

Namun demikian, untuk mencapai tujuan tersebut, seringkali petani di Kelompoktani kami terkendala dengan keterbatasan modal dan tuntutan efisiensi pengolahan lahan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, sehingga produktifitas sawah kelompoktani kami belum optimal. Untuk lebih optimalnya hasil usaha pokok kelompoktani kami, maka secara teknis di lapangan kami sangat membutuhkan bantuan mesin bajak ( Hand Tractor ) untuk mengolah tanah sawah.

Demikian permohonan ini kami ajukan kepada Bapak, besar harapan kami mendapat bantuan, atas perhatian dan tindak lanjut Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Diketahui Oleh : Pengurus Kelompoktani

Petugas PHP Wali Nagari Ketua Sekretaris

Kec. Ulakan Tapakis Ulakan

( ASRUL SANI ) ( Drs. NURDIN.B ) SAEMAR NASRI

Tembusan disampaikan kepada Yth :

1. Kepala DISTANNAKHUT Kab. Padang Pariaman 2. UPTD Pertanian Kec. Ulakan Tapakis

3. Koordinator Penyuluh Pertanian BPK Ulakan Tapakis 4. Wali Nagari Ulakan

5. Arsip

(4)

1.1 Latar Belakang

Pengerjaan tanah secara sempurna akan tercapai apabila tersedia tenaga kerja pengolahan tanah yang dapat mencukupi luas lahan yang akan digarap dalam waktu tertentu atau tersedianya modal untuk membeli alat mekanisasi pertanian penggarap lahan sawah berupa mesin bajak.

Pengolahan tanah yang dilakukan oleh para petani di Korong Koto Panjang Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman pada umumnya menggunakan mesin bajak yang dipinjam secara bergilir ( sewa ) kepada orang yang memiliki modal cukup untuk membeli alat tersebut.

Luas lahan pertanian (sawah) di Korong Koto Panjang mencapai 119 Ha, termasuk di dalamnya luas lahan sawah Kelompoktani Matahari Terbit sebanyak 30 Ha. Pola tanam dalam 1 tahun : padi – padi. Sementara jumlah mesin bajak di Korong Koto Panjang Kecamatan Ulakan Tapakis sampai dengan Juni 2013 adalah sebanyak 7 unit, tetapi 1 unit diantaranya dalam kondisi tidak layak pakai, jadi sebanyak 6 unit yang bisa dipinjam secara bergilir kepada pemilik mesin bajak

. Kondisi lahan garapan sawah yang cukup luas juga akan membutuhkan peralatan mesin bajak yang relatif banyak dan memadai untuk meningkatkan produktivitas lahan, sehingga hasil yang didapat akan lebih optimal serta meningkatkan kesejahteraan petani dalan usahanya. Sedangkan penggunaan tenaga manusia saat ini cenderung lebih sedikit mengingat upah tenaga kerja yang cukup tinggi sehingga modal petani tidak mencukupi untuk menyewa tenaga kerja untuk pengolahan lahan sawah.

(5)

Berdasarkan pada kenyataan tersebut diatas, satu diantara upaya ntuk meningkatkan produktivitas lahan hamparan kelompoktani kami adalah dengan tersedianya alat pengolah tanah berupa mesin bajak ( Hand Tractor ). Dengan terpenuhinya permohonan bantuan pengadaan mesin bajak ini diharapkan Kelompoktani kami dapat tepat waktu dalam pengolahan tanah dan dapat melaksanakan tanam secara serempak.

1.2 Tujuan

Tujuan dari pengadaan mesin bajak di lahan hamparan Kelompoktani Matahari Terbit adalah:

1. Tepatnya waktu pengolahan lahan sawah untuk tanam lebih serempak 2. Untuk menjadikan pengolahan lahan secara optimal

3. Meningkatnya produktivitas komoditi padi sawah 4. Untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian 5. Meningkatkan efektifitas para petani dalam usahatani

(6)

BAB II. KEADAAN

2.1. Kondisi Petani

Kelompoktani Matahari Terbit terbentuk berdasarkan kepentingan bersama dan kondisi usahatani yang hampir sama dalam mengelola lahan pertanian berupa sawah di Korong Koto Panjang Nagari Ulakan, yang memiliki jarak antara sekretariat Kelompok dengan pemerintah Nagari ± 1 Km dan jarak dengan pemerintah Kecamatan ± 1.5 Km.

Anggota Kelompoktani Matahari Terbit terdiri dari 33 orang yang rata-rata hanya berpendidikan Sekolah Dasar dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah, memiliki usaha pokok bertanam padi sawah dengan luas sawah sebanyak 30 Ha dan sebagian kecil bertanam sayuran. Tingkat produksi padi/Ha tertinggi hanya mencapai 3 – 3.5 ton dengan sistem pola tanam dalam 1 tahun Padi – Padi. Disamping itu anggota kelompok juga memiliki usaha tambahan beternak ayam, itik, sapi, kerbau dan kambing.

Kondisi produksi padi/Ha Kelompoktani Matahari Terbit terlihat secara faktual masih belum optimal. Maka dari itu, dengan pengadaan sarana mekanisasi pertanian, salah satunya berupa mesin bajak, diharapkan dapat meningkatkan produksi padi menjadi 5 – 5.5 ton/Ha per musim tanam.

2.2. Data Wilayah

Korong Koto Panjang berada di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Barat : Korong Manggopoh Ujung Sebelah Timur : Korong Tanjung Medan Sebelah Utara : Korong Tanjung Medan Sebelah Selatan : Korong Manggopoh Dalam

2.3. Data Lahan

Kelompoktani kami memiliki luas lahan sebagai berikut : a. Lahan sawah : 30 Ha

(7)

BAB III. RENCANA KEGIATAN PENGADAAN MESIN BAJAK

3.1. Lokasi Areal Pertanian

Lokasi areal pertanian yang diupayakan untuk dapat menggunakan mesin bajak pada saat pengolahan lahan sawah di Kelompoktani Matahari Terbit seluas 30 Ha dengan luas areal sawah di Korong Koto Panjang seluas 119 Ha.

3.2. Pemberdayaan Kelembagaan Petani

Kelompoktani kami memang baru berdiri pada tanggal 25 April 2013 yang dibina oleh Penyuluh dari Balai Penyuluhan Kecamatan Ulakan Tapakis. Dalam rangka pemberdayaan Kelompoktani Matahari Terbit, upaya yang sedang dilakukan adalah meningkatkan aktifitas petani, penumbuhan kerjasama anggota dalam Kelompoktani maupun antar Kelompoktani, serta meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan petani dalam menerapkan teknologi anjuran, pemupukan yang optimal serta pengendalian hama penyakit tanaman.

3.3. Peningkatan Produksi Pertanian

(8)

VI. HARAPAN DAMPAK DARI DARI ADANYA HAND TRACTOR

Melalui pengadaan mesin bajak pada lahan sawah hamparan Kelompoktani kami sebagai upaya yang sesuai dengan keinginan dan tujuan kegiatan, maka diharapkan :

1. Adanya peningkatan produktivitas hasil panen dari 3 – 3.5 ton/Ha menjadi 5 – 5.5 ton/Ha 2. Tercapainya peningkatan pendapatan para petani dari efektivitas pengolahan tanah diluar

hasil usaha lahan sawah, seperti pemeliharaan ternak

(9)

BAB V. SISTEM PENGELOLAAN

Bantuan yang kami ajukan akan kami kelola dengan sistem sebagai berikut : 1. Kami menunjuk 2 orang sebagai operator mesin bajak

2. Operator mesin bajak mendapat 50 % dari hasil sewa 3. Pemupukan modal kelompok sebesar 20 %

(10)

BAB V. PENUTUP

(11)

SUSUNAN PENGURUS

KELOMPOKTANI MATAHARI TERBIT

KORONG KOTO PANJANG NAGARI ULAKAN

KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS

1. Ketua

: Saemar

2. Bendahara

: Erman

3. Sekretaris

: Nasri

4. Unit Usaha (Seksi-seksi)

:

a. Tanaman Pangan

: Paemar

b. Kelompok Wanita Tani

: Maryatik

c. Peternakan

: Idrus

d. Saprodi

: Erwandi

Koto Panjang, 16 Juni 2013 Diketahui Oleh :

Penyuluh Pendamping Pengurus Kelompoktani Ketua Sekretaris

RINA SUSANTY, SP

(12)

PROFIL KELOMPOKTANI MATAHARI TERBIT

Kelompoktani Matahari Terbit berdiri pada tanggal 25 April 2013, sekretariat di Korong Koto Panjang Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, memiliki anggota Kelompok sebanyak 33 orang dengan luas lahan sawah sebanyak 30 Ha dan lahan kering sebanyak 5 Ha, yang penggunaannya dapat dilihat pada tabel berikut :

N

1 SAEMAR Ketua Koto Panjang 1 Penggarap Daun ubi

Pisang

Pisang

Kerbau, Sapi

2 ERMAN Bendahara Koto Panjang 1.5 Penggarap Sapi, Itik Petelur

3 NASRI Sekretaris Koto Panjang 0.8 Penggarap Sapi, Kambing,

lele

4 PAEMAR Anggota Koto Panjang 1.5 Penggarap Sapi, Kerbau

5 BY. AYEK Anggota Koto Panjang 1.2 Penggarap Sapi

6 IDRUS Anggota Koto Panjang 1.2 Pemilik Sapi

7 ARIPIN Anggota Koto Panjang 1.5 Penggarap Sapi, Kerbau

8 ERWANDI Anggota Koto Panjang 1 Penggarap Sapi

9 BY. ABUAH Anggota Koto Panjang 1.4 Penggarap Kerbau

10 MASRIZAL Anggota Koto Panjang 0.8 Penggarap

11 PIK ATUN Anggota Koto Panjang 1.5 Penggarap Ayam

12 PIK IDUK Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik

13 MAWARNI Anggota Koto Panjang 0.5 Pemilik

14 PIK ANSUR Anggota Koto Panjang 0.5 Pemilik Sapi, Kambing

15 ROS Anggota Koto Panjang 0.5 Pemilik Sapi

16 SAKA Anggota Koto Panjang 0.8 Pemilik

17 NURHAYATI Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik Sapi

18 ANIMAR Anggota Koto Panjang 1 Penggarap

19 AP Anggota Koto Panjang 1 Penggarap Kambing

20 AJI BALUN Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik Kerbau

21 NURJANA Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik Kambing,

(13)

N

o Nama Jabatan Alamat Luas Lahan Sawah ( Ha )

Kepemilikan

22 NAR Anggota Koto Panjang 0.6 Penggarap Untuk Kebun

Kolektif dan lahan pekarangan

Kambing, Ayam, Itik

23 ERNI Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik Ayam

24 NUMA Anggota Koto Panjang 0.6 Pemilik Ayam

25 SANI Anggota Koto Panjang 0.4 Pemilik Ayam

26 SARIADO Anggota Koto Panjang 0.4 Pemilik Ayam

27 KAMBARIAH Anggota Koto Panjang 2.4 Pemilik Ayam

28 PIK AJAN Anggota Koto Panjang 1.6 Penggarap Ayam, Kerbau

29 SITI Anggota Koto Panjang 0.8 Pemilik Sapi, Ayam

30 JIMBAN Anggota Koto Panjang 0.8 Pemilik

31 CETEK Anggota Koto Panjang 0.8 Penggarap Kambing

32 IRA Anggota Koto Panjang 0.4 Penggarap Sapi, Ayam

33 MARYATIK Anggota Koto Panjang 0.5 Penggarap

Jumlah 30 5 Ha

Koto Panjang, 16 Juni 2013

Diketahui Oleh Pengurus Kelompoktani

Ketua Sekretaris

(14)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...