PERBEDAAN AKTIVITAS PENANGKAPAN RADIKAL DPPH EKSTRAK MASERASI DAN SOXHLET DARI GAMBIR YANG DIUJI PADA Perbedaan Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Maserasi Dan Soxhlet Dari Gambir Yang Diuji Pada Pelarut Yang Berbeda.

17 

Teks penuh

(1)

PERBEDAAN AKTIVITAS PENANGKAPAN RADIKAL DPPH EKSTRAK

MASERASI DAN SOXHLET DARI GAMBIR YANG DIUJI PADA

PELARUT YANG BERBEDA

Skripsi ini Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat

Memperoleh Ijazah S1 Gizi

Oleh :

WIELDA NAVRATILOFA

J 310 090 032

PROGRAM STUDI S1 GIZI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

PERBEDAAN AKTIVITAS PENANGKAPAN RADIKAL DPPH EKSTRAK

MASERASI DAN SOXHLET DARI GAMBIR YANG DIUJI PADA

PELARUT YANG BERBEDA

Skripsi ini Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat

Memperoleh Ijazah S1 Gizi

Oleh :

WIELDA NAVRATILOFA

J 310 090 032

PROGRAM STUDI S1 GIZI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

(3)

PROGRAM STUDI GIZI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA SKRIPSI

ABSTRAK

WIELDA NAVRATILOFA. J 310 090 032

PERBEDAAN AKTIVITAS PENANGKAPAN RADIKAL DPPH EKSTRAK MASERASI DAN SOXHLET DARI GAMBIR YANG DIUJI PADA PELARUT YANG BERBEDA

Pendahuluan: Gambir merupakan bahan alami yang mengandung komponen polifenol yang cukup tinggi dan memiliki sifat antioksidan. Senyawa antioksidan alami gambir adalah senyawa fenolik yang merupakan golongan flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan berupa katekin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak maserasi dan soxhlet dari gambir yang diuji menggunakan pelarut metanol dan etanol. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan acak dua faktorial yaitu gambir yang diekstrak dengan menggunakan metode maserasi dan soxhlet yang kemudian diuji menggunakan sistem metanol dan etanol. Data dianalisis menggunakan uji t-test dan one way anova, dilanjutkan dengan Duncan pada taraf 0.05.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar fenolik ekstrak soxhlet dari gambir (74,49%) lebih tinggi dari ekstrak maserasi (66,14%). Aktivitas penangkapan radikal DPPH tertinggi 52,71% terdapat pada ekstrak maserasi dari gambir yang diuji menggunakan sistem etanol pada waktu inkubasi 180 detik , sedangkan aktivitas penangkapan radikal DPPH terendah terdapat pada ekstrak soxhlet dari gambir yang diuji menggunakan sistem metanol pada waktu inkubasi 30 detik yaitu 10,30%.

Kesimpulan : Ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak soxhlet dari gambir yang diuji dalam sistem metanol dan etanol serta terdapat perbedaan aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak maserasi dan soxhlet dari gambir yang diuji dalam sistem metanol. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan dengan ekstrak maserasi dari gambir untuk diaplikasikan pada sistem pangan misalnya dapat diterapkan pada daging sapi. Kata Kunci : Gambir, metode ekstraksi, kadar fenolik, aktivitas penangkapan

(4)

PROGRAM STUDI GIZI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA SKRIPSI

ABSTRACT

WIELDA NAVRATILOFA. J 310 090 032

THE DIFFERENCE DPPH RADICAL SCAVENGING ACTIVITY OF MASERATION AND SOXHLET EXTRACT OF GAMBIR IS TESTED IN DIFFERENT SOLVENT

Introduction : Gambier is natural substance that has high polyphenols component and antioxidant. Gambier is a natural antioxidant compounds include in class of phenolic compounds that have antioxidant activity of flavonoids such as catechins. The purpose of this research is to know the difference DPPH radical scavenging activity of maseration and soxhlet extract of Gambier is tested to use methanol and ethanol solvent.

Research Method : Type of this research is experiment research with random program two factor. Gambier was extracted using maseration and soxhlet method. Then, it is tested using methanol and ethanol system. Data is analyzed with t-test and one way anova. It is continued with Duncan in 0.05 level.

Result of Research : The results showed that the levels of phenolic extracts of gambier soxhlet (74,49%) is higher than maseration extract (66,14%). The activity of highest DPPH radical scavenging activity in maseration of Gambier extract that tested with ethanol system in 180 seconds of incubation times with DPPH radical scavenging activity 52,71%, meanwhile the activity of lowest DPPH radical scavenging activity in soxhlet of Gambier extract that tasted with methanol system in 30 seconds of incubation times is 10,30%.

Conclusion : There is significant difference between DPPH radical scavenging activity soxhlet extract from Gambier that tested in methanol and ethanol system, and there is differentiation DPPH radical scavenging activity maseration and soxhlet extract from Gambier that tested in methanol system. Suggestion for next researcher is to implement maseration extract from Gambier to apply in food system for example can applying to cow meat.

(5)

PERNYATAAN KEASLIAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa Skripsi ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri dan di dalamnya tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di perguruan tinggi atau lembaga lainnya. Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penerbitan maupun yang belum atau tidak diterbitkan sumbernya dijelaskan dalam tulisan dan daftar pustaka.

Apabila kelak dikemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya diatas maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.

Surakarta, Juli 2013 Penulis

(6)
(7)
(8)

MOTTO

“Dan mintalah pertolongan (kepada Alloh) dengan sabar dan

(mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk”.

(QS. Al-Baqarah: 45)

“Hidup dengan melakukan kesalahan akan tampak lebih terhormat dari pada selalu benar karena tidak pernah melakukan apa-apa”.

(George Bernard Shaw)

“Hidup ini penuh dengan resiko, jika kita ingin tetap survive, kita harus berani mengambil resiko itu dengan penuh tanggungjawab”.

(9)

PERSEMBAHAN

Karya ini saya persembahkan sebagai ungkapan rasa terimaksih yang

tak terhingga kepada:

Alloh SWT, atas rahmat dan izin-Nya, saya dapat menyusun Skripsi

ini, Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Rasululloh SAW, Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah

kepada beliau, keluarga beserta para sahabat dan pengikutnya.

Bapak saya (Wahudi) dan Mama saya (Masyitoh). Sebagai wujud

baktiku atas semua pengorbanan dan perjuangan serta curahan kasih

saying yang telah kalian berikan.

 Kakak saya Mbak Weni (Weni Uffara Wahudi) dan Ka’ Yan (Yaya Nurcahya), Mbak Via (Wahyu Afiati) dan Mas Aa (Tajo). Dalam kesibukan, kalian tetap memberikan do’a, semangat dan segala bentuk

bantuan yang tak ternilai harganya. Terimakasih.

Sahabatku Zulia Setiyaningrum. Kamu adalah ladang hatiku, dengan

kasih ku taburi dan kupungut buahnya penuh rasa terimakasih. Aku

menghampiri kamu dikala hati gersang kelaparan, dan mencari kamu

dikala jiwa membutuhkan kedamaian. Terimakasih telah memperkaya

jiwaku dengan persahabatan kita, semoga persahabatan kita tetap

abadi.

Semua teman-teman Kos Taska 6 (Heni, Uzi, Pika, Titin, Lutfi, Nila

dan Sutri), dan teman-teman Kos Syahida (Vivit, Jannah, Nuri, Muji

dan Tiwi), terimakasih atas semuanya.

Semua teman-teman Gizi angkatan tahun 2009, Spesial untuk Anita,

Dian, Uzi, Arum, terimakasih atas semuanya.

Serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang

secara langsung maupun tidak langsung telah membantu saya dalam

(10)

RIWAYAT HIDUP

Nama : Wielda Navratilofa Tempat/Tanggal Lahir : Brebes, 15 Juli 1990 Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Alamat : Dk.Pojok-Penggarutan Rt 04 Rw 02 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes

(11)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr Wb

Penyusun mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada ALLoh SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada penyusun, sehingga dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ Perbedaan Aktivitas

Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak dan Soxhlet dari Gambir yang Diuji pada Pelarut yang Berbeda ”.

Penyusunan skripsi ini bertujuan memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Gizi di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis banyak menemui kendala dan hambatan, namun berkat bimbingan, arahan dan bantuan berbagai pihak, penulis dapat menyelesaikannya. Untuk itu perkenankanlah dengan setulus hati penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Bapak Arif Widodo. A.Kep, M.Kes Selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

2. Ibu Dwi Sarbini, SST, M.Kes Selaku Ketua Jurusan yang telah memberikan ijin dalam melaksanakan penelitian ini dan memberikan saran dan motivasi bagi penulis.

3. Bapak Rusdin Rauf S.TP., MP Selaku Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, saran dan motivasi bagi penulis.

(12)

5. Semua pihak yang telah membantu penyelesaian Skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu

Penulis menyadari terbatasnya pengetahuan dan pengalaman, maka dalam penyusunan Skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan serta masih jauh dari kesempurnaan, namun penulis mengharapkan mudah-mudahan Skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu kesehatan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Wassalammu’alaikum Wr Wb

(13)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL...……… i

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN………... ii

HALAMAN PERSETUJUAN……….…………..….. iii

HALAMAN PENGESAHAN ………..………. iv

HALAMAN MOTTO……….. v

HALAMAN PERSEMBAHAN………. vi

HALAMAN RIWAYAT HIDUP……… vii

KATA PENGANTAR……… viii

DAFTAR ISI……….. x

C. Tujuan Penelitian………... 5

D. Manfaat Penelitian………..……….. 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

F. Pengukuran Aktivitas Antioksidan……….. 24

G. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengukuran Aktivitas Antioksidan………. 26

(14)

I. Kerangka Konsep………... 29

J. Hipotesis……….. 29

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian ..…….……… 30

B. Tempat Penelitian………..……….. 30

C. Rancangan Penelitian……. ... 30

D. Variabel Penelitian……… 31

E. Definisi Operasional Variabel……….. 32

F. Pengumpulan Data……..….……….. 32

G. Bahan dan Alat Penelitian ...…………...………... 33

H. Prosedur Penelitian……….. 35

I. Pengumpulan dan Analisis Data………. 48

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Kasar Fenolik……….. 50

B. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Maserasi………. 52

C. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Soxhlet..………. 56

(15)

DAFTAR TABEL

Tabel

Halaman

1. Index Polaritas Snyder……..………. 14

2. Karakteristik Etanol...……… 15

3. Karakteristik Metanol…...………..….. 16

4. Kadar Fenolik Ekstrak Gambir……….. 50

5. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Maserasi dari Gambir yang Diuji dalam Sistem Metanol dan Etanol………... 53 6. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Maserasi dari Gambir yang Diuji dalam Sistem Metanol dan Etanol Menggunakan t-tes………..………... 54 7. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Soxhlet dari Gambir yang Diuji dalam Sistem Metanol dan 9. Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Maserasi dan Soxhlet dari Gambir dalam Sistem Pelarut Metanol………….. 59

(16)

DAFTAR GAMBAR

Gambar

Halaman

1. Mekanisme Oksidasi Lipida………... 20

2. Reaksi Antara DPPH Radikal dan Antioksidan menjadi DPPH………. 25

3. Kerangka Teori Penelitian...……… 28

4. Kerangka Konsep….…...………..….. 29

5. Bagan Rancangan Penelitian……… 31

6. Diagram Alir Prosedur Penelitian……….. 36

7. Diagram Alir Pembuatan Bubuk Gambir………. 37

8. Diagram Alir Ekstraksi Bubuk Gambir (Maserasi )………. 39

9. Diagram Alir Ekstraksi Bubuk Gambir (Soxhlet) ……… 41

10. Diagram Alir Pengujian Kadar Fenolik………. 43

11. Diagram Alir Pengujian Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Pelarut 1……..………. 45

12. Diagram Alir Pengujian Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Pelarut 2 …...………. 47

13. Persentase Kadar Fenolik Ekstrak Maserasi dan Soxhlet dari Gambir……… 51 14. Aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak maserasi dari

gambir yang diuji menggunakan sistem pelarut metanol dan etanol pada berbagai waktu inkubasi………...

55

15. Aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak soxhlet dari gambir yang diuji menggunakan sistem pelarut metanol dan etanol pada berbagai waktu inkubasi………..

58

16. Aktivitas penangkapan radikal DPPH ekstrak maserasi dan soxhlet dari gambir (100 ppm) yang diuji menggunakan sistem pelarut metanol dan etanol………

(17)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Hasil Rotary Evaporator Ekstraksi Gambir Lampiran 2 Analisis Kadar Fenolik

Figur

Tabel
Tabel . View in document p.15

Referensi

Memperbarui...