Proposal Kegiatan Pesantren Ramadhan

88  10 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PPROPOSAL KEGIATAN

PESANTREN RAMADHAN TUNANETRA

PERTUNI DKI JAKARTA

(31 AGUSTUS – 03 SEPTEMBER 2009

)

TEMA:

” MEMBANGUN KEMANDIRIAN TUNANETRA

MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN TSA’QAFAH

ISLAMIYAH ”

Sekretariat:

Jl. Raya Tanjung Barat No.126 Rt.013 Rw.04

Jagakarsa, Jakarta Selatan

(2)

Nomor Rekening BCA 4501249976 Atas Nama Ali Basyah

Nomor : 01/P/PRT/PERTUNI/JAK/VI-2009 Lampiran : Satu Berkas Proposal

Perihal : Permohonan Dukungan dan Partisipasi Kepada Yth:

Assalamu’alaikum Warrahmatullaahi Wabarakaatuh

Mengisi semaraknya bulan suci Ramadhan yang penuh ramah, dan memaknainya dengan upaya peningkatan kualitas ibadah dalam nuansa tarbiyah Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) DKI Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra; dengan tema: ”Membangun Kemandirian Tunanetra Melalui Peningkatan Pemahaman Tsa’qafah Islamiyah”

Kegiatan yang akan berlangsung pada hari/tanggal: Senin, 31 – Agustus s/d Kamis, 03 September 2009, bertempat di gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jalan Nangka No. 60 Jagakarsa, Jakarta Selatan, akan diikuti oleh 50 orang tunanetra yang berasal dari lima wilayah di DKI Jakarta Selain diisi dengan materi kajian islam oleh nara sumber berkompeten, kegiatan juga diisi dengan diskusi dan simulasi oleh para peserta, yang meliputi:

 Bahaya dan upaya menangkal gzunul-fikri

 Mesteri berinfaq dan bersedakah

 Strategi membangun ekonomi berbasis syariah

 Akhlak islami sebagai universilitas kepribadian muslim Adapun tujuan penyelenggaraan:

 Memaknai dan mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai amaliah yang dapat meningkatkan kualitas ibadah didalamnya

 Meningkatkan pemahaman wawasan keislaman bagi tunanetra

 Menumbuhkan kembangkan kecintaan kepada Allah dan Rasul; kecintaan terhadap islam, dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan

 Menumbuhkan semangat beramal baik infaq, zakat, shadaqah dan sejenisnya.

Untuk penyelenggaraan kegiatan ini, panitia penyelenggara membutuhkan sport pendanaan sejumlah

Rp. 57.225.000 (Lima Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah), yang mustahil dapat tertutupi tanpa peran serta aktif dan dukungan positif dari segenap dermawan dan simpatisan, khususnya bantuan financial yang menjadi kendala utama bagi kami. Untuk itu, guna terselenggaranya kegiatan sebagaimana yang direncanakan, bersama ini kami bermaksud memohon keiklasan hati dan ketulusan jiwa segenap dermawan dan simpatisan untuk turut peduli memaknai bulan suci serta merealisasikan keberbuatan dakwah berbasisi ibadah dengan menyisihkan sebagaian rezeki yang dikaruniakan Allah, guna turut menyukseskan program ini. Bantuan dapat disampaikan langsung kesekretariat panitia atau dapat melalui transfer ke rekening Bank BCA No. 4501249976 Atas Nama Ali Basyah

Demikian permohonan ini kami sampaikan untuk menjadikan perhatian dan kepedulian. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sampaikan proposal kegiatan sebagaimana terlampir.atas dukungan, bantuan dan kepeduliannya kami ucapkan Jazakumullah Katihiri Katsiro. Wassalamu’alaikum warrahmatullaahi wabarakaatuh.

Panitia Pesantren Ramadhan

(3)

Mengetahui, Ketua DPD PERTUNI

Propinsi DKI Jakarta

Bayu Iwan Yulianto

PROPOSAL KEGIATAN

PESANTREN RAMADHAN TUNANETRA

PERTUNI DKI JAKARTA

TAHUN 2009

TEMA:

” MEMBANGUN KEMANDIRIAN TUNANETRA

MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN TSA’QAFAH ISLAMIYAH ”

I. PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG

Puasa merupakan ketentuan yang diberikan Allah SWT kepada manusia untuk memperoleh ketaqwaan. Karena itulah sesungguhnya tujuan berpuasa, sebagaimana yang Allah firmankan dalam Al - Qur’an: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al - Baqarah 183)

Untuk itu sudah sepantasnyalah jika Ramadhan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah. Sehingga setelah Ramadhan nanti kita beroleh kemenangan dengan piala ketaqwaan.

Bagi orang yang bertaqwa, Allah menjanjikan berbagai keberuntungan baik di dunia mau pun di Akhirat. Seperti dalam firmanNya:

”...Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya, Dan Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)Nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. ... Dan barang-siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya... Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.” (QS Atthalaq 2-5).

(4)

Salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas pengamalan ajaran islam dalam bulan mulia ini ialah dengan mengadakan berbagai aktivitas yang mendekatkan diri kepada sang Khaliq, serta memperdalam pemahaman kita terhadap Islam.

PERTUNI DKI Jakarta sebagai wadah bagi para tunanetra dalam mengaktualisasikan diri baik dalam bidang keterampilan dan spiritual, merasa terpanggil untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas spiritual anggotanya. Apa lagi 90% dari anggota PERTUNI DKI Jakarta beragama Islam. Serta mengingat masih kurangnya pemahaman para tunanetra tentang ajaran Islam. Sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kekurangan, tunanetra sangat membutuhkan agama sebagai pegangan hidup mereka, karena Islam merupakan sumber motivasi yang luar biasa untuk mengarungi kehidupan yang semakin hari semakin sulit ini.

Untuk itu, dalam bulan Ramadhan kali ini, PERTUNI kembali menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra Tahun 1430 H, dengan harapan akan meningkatkan kualitas ketaqwaan tunanetra dalam mewujudkan tunanetra Indonesia yang mandiri dan berakhlak mulia.

B. TEMA KEGIATAN

Penyelenggaraan Pesantren Ramadhan Tunanetra PERTUNI DKI Jakarta 1430 H. Bertemakan

”Membangun Kemandirian Tunanetra Melalui Peningkatan Pemahaman Tsa’qafah Islamiyah”

C. TUJUAN KEGIATAN

Penyelenggaran Pesantren Ramadahan Tunanetra bertujuan:

1. Memaknai dan mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai amaliah yang dapat meningkatkan kualitas ibadah didalamnya

2. Meningkatkan pemahaman wawasan keislaman bagi tunanetra

3. Menumbuhkan kembangkan kecintaan kepada Allah dan Rasul; kecintaan terhadap islam, dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan

4. Menumbuhkan semangat beramal baik infaq, zakat, shadaqah dan sejenisnya.

D. SASARAN

Sasaran utama dari kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra ini adalah 50 orang tunanetra yang merupakan perwakilan dari lima wilayah DKI Jakarta

II. PELAKSANAAN

A. BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini berupa kajian yang akan memberikan pengetahuan tentang tsa’qafah islamiyah (wawsan keislaman) bagi para tunanetra. Dalam Pesantren Ramadhan bagi tunanetra ini para peserta akan dibekali beberapa materi keislaman yang mencakup ghuzul-fikri (perang pemikirn), amal ithimaiyah (aktifitas amal sosial), amal iqtishadiyah (aktifitas perekonomian), dan hafalan hadist. Materi akan diberikan dalam metode ceramah, brainstorming, dan diskusi. (kerangka acuan materi terlampir)

B. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Penyelenggaraan kegiatan ini bertempat di Wisma Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jl. Nangka No.60 Jagakarsa Jakarta Selatan. Hari/Tanggal: Senin, 31 – Agustus s.d Kamis 03 September 2009 (Agenda terlampir)

C. ELEMEN YANG TERLIBAT

1. Peserta: merupakan 50 orang tunanetra perwakilan dari lima wilayah di DKI Jakarta masing-masing 10 orang.

(5)

3. Mitra Bakti (Pendamping/Relawan): merupakan kalangan awas (bukan tunanetra) berjumlah 10 orang yang bertugas membantu panitia dalam hal mobililtas, visual dan notula selama kegiatan berlangsung.

4. Nara Sumber: merupakan kalangan ahli (ustadz) yang bertugas sebagai pembicara (pemberi materi) sesuai dengan kajian ilmu yang dimiliki, sejumlah 4 orang

5. Undangan: merupakan pejabat atau tokoh masyarakat yang diundang pada acara pembukaan dan penutupan, sekitar 20 orang

6. Petugas Acara: merupakan personil yang ditugaskan sebagai pengisi acara pada sesi ceremonial, sebanyak 10 orang

Total elemen yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 109 orang, terdiri dari 75 orang elemen tetap dan 34 orang elemen pendukung

D. MATERI KEGIATAN

Materi kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra meliputi: 1. Bahaya dan upaya menangkal gzunul-fikri

2. Mesteri berinfaq dan bersedakah

3. Strategi membangun ekonomi berbasis syariah 4. Akhlak islami sebagai universilitas kepribadian muslim

E. ANGGARAN BIAYA

Anggaran biaya yang dibutuhkan guna penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebesar Rp. 57.225.000 ( Lima Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah), lebih rinci mengenai pendanaan tersebut kami sampaikan sebagaimana terlampir.

IV. PENUTUP

Demikianlah rencana kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra ini kami sampaikan. Kami menyadari sepenuhnya bahwa terselenggaranya kegiatan Pesantren Ramadhan ini tentu memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Untuk itulah kami mengharapkan partisipasi dari pihak-pihak lain dalam membantu terlaksananya program ini.

Atas segala bentuk partisipasi yang akan diberikan kami mengucapkan banyak terima kasih. Dengan telah turut sertanya anda dalam pelaksanaan program ini, berarti anda telah turut pula dalam mensi’arkan agama yang mulia ini, serta mewujudkan tunanetra muslim yang beriman dan bertaqwa, mandiri serta bermasyarakat ini juga merupakan pengamalan dari hadist Nabi SAW yang artinya:

”Barang siapa yang menfasilitasi atau memberikan kemudahan bagi orang yang sedang berjuang dijalan Allah maka sesungguhnya diapun telah berjuang dijalan Allah” .

Atas partisipasi, kontribusi dan perhatian yang dicurahkan, kami ucapkan Jazakumullah Kathirin Katsiro. Semoga Allah melimpahkan karuniaNya dan meridhoi setiap langkah kita, dan memberkati hidup kita. Amiin.

Jakarta, 08 Juni 2009 Panitia Penyelenggara Pesantren Ramadhan Tunanetra

Ade Ismail April Syar

(6)

Lampiran 1

Agenda Kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra

Hari/Waktu Agenda Materi/Kegiatan

Daftar Ulang Peserta/Chek In

Sholat Asar berjamaah dan kebersihan

Sambuatan - Sambutan, Ceramah, Hiburan dan Pembukaan

Buka Puasa Bersama, Sholat Magrib berjamah dan Kebersihan

Sholat Isa, sholat Tawarih berjamaah dan kultum Pembahasan Mattan hadist dan menghafal hadist

Rangkaian Kegiatan Sholat Subuh Persiapan Umum

Sholat Subuh Berjamaah, Kuliah Subuh, Tadarus dan Setoran Hafalan Hadist

Istirahat dan Kebersihan

Bahaya dan upaya menangkal gzunul-fikri Bahaya dan upaya menangkal gzunul-fikri Sholat Zuhur dan Kultum

Mesteri berinfaq dan bersedakah Sholat Ashar dan kultum

Mesteri berinfaq dan bersedakah

Berbuka puasa, sholat magrib berjamaah, dan kebersihan

Sholat Isha, sholat tawarih dan kultum

Pembahasan Mattan hadist , Evaluasi hapalan hadist pendek dan menghafal hadist pendek selanjutnya Istirahat

Rangkaian Kegiatan Sholat Subuh Persiapan Umum

Sholat Subuh Berjamaah, Kuliah Subuh, Tadarus dan Setoran Hafalan Hadist

Istirahat dan Kebersihan

Strategi membangun ekonomi berbasis syariah Strategi membangun ekonomi berbasis syariah Sholat Zuhur dan Kultum

Akhlak islami sebagai universilitas kepribadian muslim Sholat Asar dan Kultum

Akhlak islami sebagai universilitas kepribadian muslim Berbuka puasa, sholat magrib berjamaah dan kebersihan

Penilaian terhadap penguasaan seluruh materi Istirahat

Kegiatan Rangkaian Sholat Subuh Persiapan Penutupan

Acara Penutupan

Persiapan sholat

Sholat Malam Berjamaah, zikir, dan muhasabah Makan Saur

Sholat Subuh Berjamaah, Kuliah Subuh, Tadarus, dan Setoran Hafalan Hadist

Istirahat, dan kebersihan

(7)

10.30 – 11.00 Chek Out Chek Out

Lampiran 2

Anggaran Biaya Pesantren Ramadhan Tunanetra Tahun 2009

No. Keterangan Jumlah Harga Total

Volume Satuan Hari/ orang

1 ATK dan Sekretariatan 2.200.000 2 Biaya Acara Pembukaan 3.500.000 3 Sewa Tempat 1 Gedung 4 3.000.000 12.000.000 4 Konsumsi 80 4 75.000 24.000.000 6. Cetak Materi Braille

a.Materi Pesantren

c. Kertas Tulis Braille 50

Total Biaya Yang diperlukan sebesar Lima Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah

Jakarta, 08 Juni 2009 Panitia Pesantren Ramadhan Tunanetra

Endah Tri Wahyuningsih, S.Psi Bendahara

SURAT KEPUTUSAN

KETUA DAERAH PERTUNI PROPINSI DKI JAKARTA NOMOR : 06/KEP/KD/JAK/V/2009

TENTANG

PANITIA PESANTREN RAMADHAN TUNANETRA TAHUN 2009

Dengan Rahmat Allah SWT

Ketua DPD PERTUNI Propinsi DKI Jakarta

MENIMBANG :

(8)

B. Bahwa datangnya bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selayaknya di isi dengan aktifitas dan kegiatan, dengan didasarkan semangat peningkatan kualitas ibadah yang menjadi tujuannya. C. Bahwa kegiatan bernuansa pendidikan dan pelatihan serta kepedulian sosial memiliki relevansi yang

sangat tepat dengan semangat mengisi semaraknya bulan Ramadhan. D.

MENGINGAT :

1. Undang-undang RI No.8 tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan. 2. Undang-undang RI No.4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat. 3. Pasal 20 Anggaran Rumah Tangga PERTUNI

4. Ketetapan MUSDA IV PERTUNI DKI Jakarta No. 05/MUSDA/IV/01/2006, tentang Garis-garis Besar Program Kerja PERTUNI DKI Jakarta.

MEMPERHATIKAN:

1. Rapat terbatas bidang Pendidikan dan Pembinaan Mental tanggal 16 Mei 2009 2. Ketentuan-ketentuan lain yang berlaku.

MEMUTUSKAN:

MENETAPKAN:

1. Kepanitiaan kegiatan Pesantren Ramadhan Tunanetra DPD PERTUNI DKI Jakarta tahun 2009 terdiri Dari:

a). Panitia Pengarah :

1. Furqon Hidayat S.Pd. : Ketua merangkap anggota 2. Sapto Wibowo : Sekretaris merangkap anggota 3. Agus Abdul Rajak : Anggota

b). Panitia Pelaksana

1. Ade Ismail : Ketua 2. April Syar : Sekretaris 3. Endah Tri Wahyuningsih : Bendahara 4. Toto Sugihatno : Seksi Humas I

5. Wiroso : Seksi Humas 2 6. Adi Gunawan : Seksi Acara 1 7. A. Rojiin Fajiih : Seksi Acara 2 8. Eka Setiawan : Perlengkapan 1 9. Ajat Sudrajat : Perlengkapan 2 10. Maniso : Perlengkapan 3 11. Lilis Herlina : Seksi Akomodasi 12. Ali Basyah : Seksi Penggalian Dana

c. Penanggungjawab : Bayu Iwan Yulianto (Ketua DPD PERTUNI DKI Jakarta)

2. Tim kepanitiaan tersebut selanjutnya dapat dikembangkan dan diperluas sesuai dengan kebutuhan. 3. Keputusan ini berlaku sejak di tetapkan, dan akan di lakukan perbaikan / penyempuraan jika di pandang

perlu di kemudian hari.

Ditetapkan di : Jakarta Tanggal : 27 Mei 2009

KETUA DPD PERTUNI DKI JAKARTA

(9)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...