Proposal Plta Singkarak.doc 2

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PROPOSAL

PROPOSAL KEGIAT

KEGIATAN

AN

PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI

PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI

DI PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT SINGKARAK 

DI PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT SINGKARAK 

Desa Asam Pulau,

Desa Asam Pulau, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumbar

Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumbar

OLEH: OLEH:

RI

RIDHDHO O IIKHKHSASAN N 11!!"1"1####$$!!11 %

%EE&&RRI I AADDRRIIAAN N 11!!""!!''''$$!!11 A

(2)

PENDIDIKAN -EKNIK ESIN

FAKULTAS TEKNIK 

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

!1#

 PROPOSAL KEGIATAN

PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI

 PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT SINGKARAK  Desa Asam Pulau, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumbar 

A. LA-AR (ELAKAN/

Pengalaman Lapangan Industri merupakan jembatan penghubung antara lembaga pendidikan dengan dunia industri, dan juga merupakan salah satu kewajiban  bagi seluruh mahasiswa FT!"P untuk dapat mengembangkan k#mpetensi dan wawasann$a, dimana mahasiswa diharuskan langsung terjun kelapangan untuk dapat mengaplikasikan ilmu $ang telah didapat selama di kampus ke dunia industri, diharapkan nantin$a mahasiswa $ang telah sukses dalam melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri tersebut mendapat acuan dan pengalaman dalam mempersiapan dirin$a untuk memasuki dunia kerja atau dunia industri.

. Disamping itu, pelaksanan PLI untuk dapat memahami, serta mengenal lebih  jauh implementasi disiplin ilmu $ang sebenarn$a. Lebih dari pada itu, pelaksanaan

PLI memberi masukan bagi mahasiswa dalam hal menemukan, mereka$asa dan mengembangkan #bjek $ang ditemukan di industri, sehingga nantin$a diharapkan  berman%aat bagi pengembangan industri maupun mas$arakat.

Dari latar belakang diatas penulis mengajukan perm#h#nan untuk dapat melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri &PLI' di P-. PLN SEK-OR  ()KI--IN/I )NI- SIN/KARAK $ang merupakan salah satu pembangkit listrik  tenga air di sumatera barat, harapan kami bisa mempelajari halhal $ang berkaitan dengan prinsip kerja, sistem perancangan pembangkit listrik dan sistem keselamatan kerja $ang berkaitan dengan pr#ses pembangkit listrik tenaga air.

(3)

(. -)%)AN, AN&AA- DAN HASIL 0AN/ IN/IN DIAPAI (. Tujuan atau t#pik 

a. !mum

Secara umum tujuan Praktek Lapangan Industri FT!"P adalah )

(. *eningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dibidang tekn#l#gi+kejuruan melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan  perusahaan atau industri $ang ditetapkan.

. *elihat, mempelajari dan memahami pr#ses kerja di industri, sehingga terlatih dan mampu mengaplikasikann$a.

-. Sebagai wadah atau sarana untuk penerapan te#ri $ang didapat di  perkuliahan ke dunia industri.

 b. Khusus

Adapun Secara khusus tujuan Pengalaman Lapangan Industri &PLI' untuk  kami dalami adalah)

• Rid23 Ik2san

Adapun tujuan sa$a praktek industri adalah menambah wawasan dalam  bekerja di lapangan pekerjaan dan dapat mengaplikasikan ilmu $ang sudah sa$a  pelajari selama kuliah di jurusan teknik mesin !"P khususn$a di bidang ilmu

%abrikasi. Ilmu %abriksi itu diantaran$a) pengelasan l#gam, teknik pembentukan l#gam,pr#ses pengerjaan panas dll.

Pengelasan l#gam adalah suatu pr#ses pen$ambungan l#gam dimana l#gam menjadi satu akibat panas dengan atau tanpa pengaruh tekanan.

Pengelasan ini dapat sa$a lihat pada pembuatan turbin $ang digunakan sebagai  pembangkit listrik. enisenis Pr#ses pengelasan )

• Pengelasan patri • Pengelasan tempa • Pengelasan gas

• Pengelasan tahanan atau resistansi • Pengelasan induksi

(4)

• Pengelasan laser  • Pengelasan gesekan • Pengelasan termit

Teknik pembentukan l#gam adalah pr#ses $ang dilakukakn dengan cara memberikan perubahan bentuk pada l#gam. Perubahan bentuk ini dapat dilakukan dengan cara memberikan ga$a luar sehingga terjadi de%#rmasi  plastis. Aplikasi pembentukan l#gam ini dapat dilihat pada beberapa pr#ses

seperti penger#lan &r#lling', pembengk#kan &bending', tempa &%#rging', ekstrusi &e/truding', dan penarikan kawat &wire drawing', penarikan dalam &deep drawing'.

Pr#ses pengerjaan panas merupakan pr#ses pembentukan $ang dilakukan pada daerah di atas temperatur rekristalisasi &temperatur tinggi' l#gam $ang dipr#ses. Akibatn$a adalah bahwa l#gam mengalami perubahan si%at menjadi lebih lunak pada temperatur tinggi sehingga l#gam dengan mudah dibentuk.

• Abdul Ra4i5

Tujuan sa$a praktek industri

ini untuk menambah wawasan dalam bekerjadi lapangan kerja,agar dapat  pengalaman $ang luas dan ilmu $ang lebih kita dapati saat blajar di

!ni0ersitas.

Selain itu sa$a bisa mempraktekan ilmu $ang telah sa$a pelajari untuk di praktekan di lapangan kerja, agar terasa lebih berman%aat ilmu $ang kita pelajaridalam kuliah jurusa Teknik *esin. 1ukan han$a praktek industri saja $ang sa$a lakukan, tapi kegiatan ini trmasuk s$arat untuk

men$elesaikan pendidikan di !"P.

Ilmu $ang sa$a pelajari di !"P ban$ak termasuk ilmu k#nsentrasi, $ang menuntun sa$a untuk melakukan PI $aitu di sebut k#nsentrasi.

K#nsentrasi tersebutada - bagian $aitu 2 k#nstruksi, pr#duksi permesinan dan,%abrikasi.Dari - bagian tersebut memiliki tujuan masingmasing.

K#nsentrasi $ang sa$a pelajari adalah Fabrikasi, mempelajari ilmu tentang kerja bangku, K-, dan las listrik. adi kegiatan $ang akan sa$a

lakukan terutama dari segi las listrik bisa juga K-.tapi tujuan sa$a bukan han$a dalam bidang sa$a saja, melainkan semuan$a $ang akan sa$a pelajari.

(5)

Karna tujuan sa$a melaaksanakan Praktek Industri belajar ilmu dilapangan krja, dan mempraktekan ilmu $ang telah kita pelajari di !"P Teknik *esin. Intin$a tujuan sa$a Praktek Industri, mempelajari ilmu Tekniktrutama ilmu Teknik *esin,$ang juga sesuai dengan bidang sa$a$aitu Fabrikasi & Teknik Las Listrik ' merakit benda kerja dengan menggunakan Las Listrik

men$ambung sebuah benda $ang bisa di pergunakan dan di pr#duksi.sekian terima kasih.

•%e6ri Adrian

Pelaksanaan praktek industri ini bertujuan unrtuk menggali ilmu

 pengetahuan dibidang tekn#l#gi pada industri pada umun$a, dan khususn$a mengetahui ilmu %abrikasi $ang dipakai pada praktek industri ini, c#nt#hn$a  pembuatan turbin air pada pembangkit listrik tenaga air dengan menggunakan

ilmu %abrikasi seperti pengelasan dan pembentukan turbin. Serta melakukan  pemeliharaan mesin mesin agar mesin dapat bertahan lama. Intin$a tujuan

sa$a Praktek Industri, mempelajari ilmu Teknik terutama ilmu Teknik *esin,$ang juga sesuai dengan bidang sa$a $aitu Fabrikasi & Teknik Las Listrik ' merakit benda kerja dengan menggunakan Las Listrik men$ambung sebuah benda $ang bisa di pergunakan dan di pr#duksi.

. *an%aat

*elalui kegiatan PLI maka pihak industri akan dapat melakukan #bser0asi secara lebih baik terhadap cal#n pekerja, baik dari segi kemammpuan kerja &keterampilan, pengetahuan dan sikap' dalam waktu $ang relati% cukup panjang $aitu selama mahasiswa melaksanakan kegiatan PLI dibandingkan dengan k#ndisi industri $ang han$a menghandalkan kegiatan tes inter0iew saja atau tes lain $ang mempun$ai keterbatasan.

-. 3asil $ang ingin dicapai

ika PLI ini sukses dilaksanakan #leh mahasiswa, maka diharapkan tidak  akan terjadi lagi kecanggungan bagi mahasiswa memasuki dunia kerja sewaktu mereka tamat dari pendidikan. Pengalaman sewaktu menjalani Pengalaman Lapangan Industri hendakn$a merupakan masukan bagi mahasiswa terutama untuk  memahami kebutuhan industri terhadap pers$aratan cal#n tenaga kerja.

(6)

Sewaktu pulang dari Pengalaman Lapangan Industri mahasiswa diharapkan dapat mengin%#rmasikan kekurangan $ang selama ini dialami d#send#sen di kampus. Akhirn$a d#sen akan mendapat kesempatan untuk dapat men$empurnakan segala kekurangan wawasan dan kemampuan mahasiswa $ang ditemukan dalam Pengalaman Lapangan Industri, sehingga kemampuan mahasiswa dapat lebih dimaksimalkan lagi atau k#mpetensin$a dapat disesuaikan dengan tuntutan dunia kerja.

Dari beberapa t#pik $ang akan dipelajari tersebut diharapkan mahasiswa  bisa lebih mengetahui bagaimana pr#ses pembangkit listrik secara langsung dari awal hingga akhir dan juga agar mahasiswa lebih mengetahui bagaimana prinsip kerja, dan keselamatan $ang sebenarn$a di dunia kerja nantin$a $ang selama ini hal tersebut han$a di dapatkan di kampus secara te#ri.

. A-A K)LIAH PEND)K)N/

!ntuk mendukung Pengalaman Lapangan Industri di P-. PLN SEK-OR  ()KI--IN//I )NI- SIN/KARAK , mahasiswa telah mengikuti mata kuliah seperti)

 "# "ama *ata Kuliah Sks Sin#psis

( Instalasi Pabrik - Perecanaan instalasi pabrik, tujuan dan s$arat instalasi, peralatan seperti p#mpa, k#mpres#r, mesin tenaga, mesin pendingin, pencegah kebakaran, alat pemindah+transp#rtasi tata letak,dan perencanaan jumlah mesin

 Pemeliharaan *esin

 K#nsep, #rganisasi, perancangan, pr#sedur   pemeliharaan mesin & berencana, tak berencana,  pre%enti%, kurati%, breakd#wn dan shut d#wn ',  praktek pemeliharaan, penemuan kesalahan membuktikan bagian $ang salah, sistem dan simb#lsimb#l k#nstruksi mesin, pelimasan, kelistrikan, #li, g#m#k, seal.

(7)

- Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 *emahami tujuan, ruang lingkup tugas pela$anan kesehatan dan keselamatan kerja, peraturan  perundangundangan, tekn#l#gi pengendalian %akt#r%akt#r baha$a, penggunaan alat sesuai dengan penggunaan, pemakaian alat pelindung tubuh & helm, sepatu, apr#n',

4 3idr#lik Dan Pneumatik 

 *enguasai k#nsep dasar hidr#lik dan pneumatic, dan mampu menerapkann$a dalam perakitan $ang ril pada s$stem c#ntr#l dan alat berat.

5 *esin Tekn#l#gi Terapan

 *emberikan pengetahuan tentang aplikasi  penggunaan mesinmesin untuk berbagai

keperluan 6 *esin K#n0ersi

7nergi

 *emberikan pengetahuan tentang ) energ$ dan cadangan energ$, prinsip dasar mesin k#n0ersi energ$, m#t#r bakar, m#t#r bensin turbin uap, dan turbin gas, turbin air.

8 Pengujian *esin  *emberikan pengetahuan dan terampil menganalisis unjuk kerja dari berbagai mesin seperti engine trial, p#mpa sentri%ugal, k#mpres#r, turbin air, kincir angin, crank mechanism, dll. 9 Tekn#l#gi Pr#ses

Fabrikasi

 *emberikan pengetahuan tentang ) berbagai  pr#ses pengerjaan l#gam di bidang %abrikasi, meliputi pem#t#ngan, pembentukan, pelipatan,  penempaan, pengelasan dan pem#t#ngan l#gam

dengan las gas dan las listrik. : Teknik Pengelasan

L#gam

 *engetahui cara menggunakan las dengan benar  $aitu dengan memimilih elektr#da untuk   pengelas an pelat ukuran tipis dan pelat tebal.

*engetahui macammacam p#sisi pengelasan dan mengetahui teknik pengelasan dan keselamatan dalam bekerja.

(; Teknik

Pembentukan Plat

 *emberikan pengetahuan tentang ) pengerjaan  besi plat, meliputi ) pekerjaan pem#t#ngan,  pembentukan dan pen$ambungan, pekerjaan

(8)

 pem#t#ngan dengan cara manual dan mesin.

(( 7lemen *esin - *emberikan pengetahuan tentang ) perhitungan macammacam sambungan, seperti ) sambungan kelingan, las, baut, dan mur,dan transmisi da$a, seperti perhitungan sabuk penggerak rantai, puli, r#da gigi, p#r#s, pasak k#pling, dll.

D. AK-I7I-AS 0AN/ AKAN DILAK)KAN (. Pengamatan

Sebelum pelaksanaan praktek lapangan industri, kami akan memperhatikan dan memahami tentang pr#ses kerja mesin, serta pr#ses pengerjaann$a $ang dijelaskan #leh super0is#r kepada kami.

. Ikut Serta Dalam Pekerjaan

Setelah kami memahami tentang pr#sedur diatas, maka kami akan ikut serta dalam melaksanakan pekerjaan $ang dipertanggung jawabkan kepada kami dan semua pekerjaan tidak lepas dari instruksi super0is#r.

-. Studi Kepustakaan

Pada akhir pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri ini, kami ditugaskan untuk membuat lap#ran $ang nantin$a akan kami berikan kepada  jurusan masingmasing. *aka kami sangat membutuhkan datadata $ang ada pada  perusahaan ini, guna menunjang kami dalam men$elesaikan lap#ran tersebut.

E. RENANA KE/IA-AN PEN/ALAAN LAPAN/AN IND)S-RI

<encana kegiatan Pengalaman Lapangan Industri ini, kami mengharapkan dapat melaksanakan kegiatan mulai tanggal  uli ;(- sampai dengan tanggal  Agustus ;(-. adwal tersebut dapat mengalami perubahan berdasarkan kesepakatan dengan pihak industri. <incian kegiatan dapat di lihat pada tabel di  bawah ini )

(9)

 "# Tanggal Kegiatan =atatan ( 5 anuari ;(5 Kedatangan di

Perusahaan.

Tanggal dan lama kegiatan ini dapat  berubah sesuai dengan

k#ndisi dan kebijakan  perusahaan.

 9  ( anuari ;(5 >rientasi Lapangan. - (- anuari ? - Februari

;(5

Kegiatan pengambilan data dan ikut serta pada  pr#ses kerja.

4 4 Februari ? 4 *aret ;(5

Pen$usunan lap#ran. 5 5 *aret ;(5 Kembali ke kampus. &. PEN)-)P

Demikianlah pr#p#sal ini kami tulis, dengan harapan kami dapat melaksanakan Praktek Lapangan Industri &PLI' di P-. PLN SEK-OR  ()KI--IN//I )NI- SIN/KARAK. Atas perhatian dan kesediaan 1apak  dalam menerima kami untuk melaksanakan Praktek Lapangan Industri &PLI', kami ucapkan terima kasih.

(10)

Padang,  *ei ;(-Diketahui

D#sen Pembimbing Pem#h#n.

03lli &ernanda , S-. - Rid23 Ik2san

 "IP.(:86;8;6 ;;-( ( ;;( "I*. (;9(44

D#sen Pembimbing Pem#h#n

D rs.0u6ri4al A. .Pd %e6ri Adrian  "IP.(:6(;4( (:96; ( ;; "I*. (;9;::

D#sen Pembimbing Pem#h#n

Drs.Darma8i , .Pd

(11)

D#sen Pembimbing Pem#h#n

K##rdinat#r urusan Teknik *esin

Hendri Nurdin,

-"IP. (:8-;9 ;;9;( ( ;;8

DA-A AHASIS9A PLI

 "ama ) Rid23 Ik2san  "I*+ 1p ) (;9(44+;(

K#nsentrasi ) Fabrikasi

Pr#gram Studi ) Teknik *esin D-urusan ) Teknik *esin Fakultas ) Teknik  

!ni0ersitas ) !ni0ersitas "egeri Padang

Tempat PLI

: DI

PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT

SINGKARAK 

, Desa Asam Pulau, Kec. Lubuk Alung,

Kab. Padang Pariaman, Sumbar

Penasehat Akademik ) 03lli &ernanda,

S-.- "ama ) %e6ri Adrian  "I*+ 1p ) (;9;::+;(

K#nsentrasi ) Fabrikasi

Pr#gram Studi ) Teknik *esin D-urusan ) Teknik *esin Fakultas ) Teknik  

(12)

!ni0ersitas ) !ni0ersitas "egeri Padang

Tempat PLI

: DI

PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT

SINGKARAK 

, Desa Asam Pulau, Kec. Lubuk Alung,

Kab. Padang Pariaman, Sumbar

Penasehat Akademik ) Drs. 0u6ri4al A. .Pd

 "ama ) Abdul Ra4i5  "I*+ 1p ) (;9(88+;(

K#nsentrasi ) Fabrikasi

Pr#gram Studi ) Teknik *esin D-urusan ) Teknik *esin Fakultas ) Teknik  

!ni0ersitas ) !ni0ersitas "egeri Padang

 Tempat PLI

: DI

PT. PLN SEKTOR BUKITTINGGI UNIT

SINGKARAK 

, Desa Asam Pulau, Kec. Lubuk Alung,

Kab. Padang Pariaman, Sumbar.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :