WARNA WARNA KEMASAN TAK SEKEDAR WARNA

Teks penuh

(1)

WARNA – WARNA KEMASAN TAK SEKEDAR

WARNA

Dr.Ir.Rindam Latief,MS, Dosen Pengajar pasca sarjana ITP Universitas Hasanuddin

Firman Santhy Galung, Mahasiswa magister ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Hasanuddin

Jika anda berbelanja di supermarket, minimarket, atau bahkan hanya sekedar belanja diwarung depan rumah, pandangan anda pertama tentunya akan teralih pada produk yang mampu menarik perhatian dan menciptakan daya tarik visual, bahkan seringkali produk yang awalnya tidak ada

dalam list daftar belanja akan mengisi jenjengan belanja dikarenakan tampilan kemasan dengan warna-warni yang mampu menghiponotis mata. Memang warna merupakan perangsang indra yang sangat penting dalam kemasan, dimana ini hal yang pertama akan dilihat oleh pembeli (eye catching).

Nah,sekedar info saja, ternyata salah satu fungsi kemasan dan logo produk itu dengan warna warni adalah untuk membuat produk menarik dan menjaring pembeli dengan tampilannya tersebut. Kemasan harus bisa menjual dirinya walau tanpa perlu dampingan sales girl/man dengan kata lain sebagai silent sales yang bisa menarik pembeli dengan tampilan produk tersebut.

Oleh karena itu, merancang atau membuat kemasan produk perlu keahlian tertentu karena kemasan harus dapat menarik hati si pembeli dan membuat pembeli untuk membelinya.

Makna warna

(2)

Untuk memperkaya informasi anda, maka kami akan menjabarkan tentang makna daripada warna-warna yang terdapat pada kemasan sehingga bias menjadi bahan referensi bagi anda.

MERAH

Merah, merupakan warna yang akan tampak menonjol dan menarik perhatian diantara warna-warna yang lain.oleh karena itu, warna merah paling sering digunakan pada produk. Jika anda perhatikan, mayorias pasti menggunakan warna ini.

warna yang hangat, membuat orang jadi merasa bergairah, meningkatkan adrenalin. Penggunaan warna merah juga membuat mood jadi lebih bersemangat dan dapat membuat orang jadi ingin makan atau merasa lapar. Dalam disain kemasan, warna merah umumnya digunakan sebagai penarik perhatian. Warna merah dapat melambangkan intensitas rasa (panggang, pedas, panas).

ORANYE

(3)

KUNING

Warna kuning, merupakan warna spektrum yang paling menstimulasi mata jika digunakan dalam batasan yang wajar (moderat). Kuning menimbulkan kesan yang mirip dengan warna orange, yaitu ceria, hangat, sepertiwarna yang dipancarkan matahari dan bahagia.Kuning dapat menunjukkan rasa asam pada kemasan makanan. Penggunaanwarna kuning dalam mendesain sebuah kemasanpun dapat membuat efek secara psikologis yaitu kesan rasa lelah.

HIJAU

Warna hijau, melambangkan warna segar dan organik. Warna hijau mengkomunikasikan: dapat didaur ulang, diperbarui, alami, dan ramah lingkungan. Warna hijau yang terpadu dalam kemasan permen menunjukkan adanya flavor mint. Untuk logo makanan, warna hijau cukup banyak digunakan.

(4)
(5)
(6)

an. Untuk minuma n

mungkk in lebih banyak digunak an, sebab melamb angkan kesegar an.

U NGU

(7)
(8)
(9)

C OKLAT

(10)
(11)

H ITAM

(12)
(13)

produk makana n, warna hitam mengin dikasik an rasa pahit.S epertip ada permen coklat atau dark chocola te

P UTIH

(14)
(15)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Warna-Warna Penggunaan warna