PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2014

12 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i PENGARUH KONDISI KEUANGAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS

PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012)

SKRIPSI

Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat Gelar Sarjana Ekonomi

Oleh :

Tito IM. Rahman Hakim 201010170311422

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

(2)
(3)

iii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, serta perlindungan dan kesehatan sehingga dengan segala keterbatasan yang ada, penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengaruh Kondisi Keuangan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012)”. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan pada Nabi akhir zaman, Nabiyullah Muhammad SAW, para sahabat, para syuhada’ dan kaum muslimin. Penulisan skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk mencapai derajat Sarjana Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini merupakan suatu karya ilmiah yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa dukungan, bantuan, bimbingan, doa, kritik, dan saran dari semua pihak. Oleh karena itu, penulis disini ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penyelesaian skripsi ini, yaitu:

1. Ibu dan almarhum Ayah tercinta yang selama ini selalu memberikan saya semangat, dukungan dan doa selama menempuh pendidikan di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, thanks you so much for all, I’m nothing without you.

2. Adik-adikku yang sangat kakak sayangi, Tio, Resa, Miming, dan Dani terima kasih untuk supportnya selama ini.

3. Ibu Dr. Masiyah Kholmi, M.M., Ak dan ibu Dra. Sri Wibawani W.A., M.Si., Ak. selaku dosen pembimbing I dan II yang selalu membimbing saya dengan penuh kesabaran dan ketulusan sehingga akhirnya dengan izin Allah swt. skripsi ini bisa terselesaikan.

(4)

iv 4. Segenap jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang, jajaran pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jajaran pimpinan dan dosen Jurusan Akuntansi yang baik secara langsung maupun tidak langsung turut memperlancar proses penyusunan skripsi ini.

5. Keluarga besar Laboratorium Akuntansi, dimulai dari Ibu Dra. Sri Wahjuni Lathifah, M.M., Ak.; Ibu Lintang Purnamasar, S.E dan Bapak Luthfirrahman AM, S.E. yang telah membimbing saya untuk menjadi lebih baik dan lebih dewasa.

6. Teman-teman asisten 2010, yaitu: Fitri, Firda, Ochi, Luluk, Fira, Devi, Andreas, Faruq, Putra, Millah, Mela, Lia, dan Dani yang selalu sabar dalam mendampingi saya yang emosian ini. Terima kasih dukungannya selama ini, saya banyak belajar dari kalian tentang bagaimana menjadi lebih dewasa. I’ll

never forget every moment with you all guys. . .

7. Adik-adik asisten 2011, yaitu: Rian, Hans, Eya, Gobel, Joko, Ravy, Azizah, Luki, Panca, Nurina, Easty, Uni, dan Anis yang selalu menghibur saya dan sudah menjadi patner yang baik untuk saya selama menjalankan tugas di laboratorium akuntansi. I Love You All. . .

8. Teman-teman HMJ Akuntansi yang selama ini mengajari saya untuk menjadi lebih baik, Pak Ketum Aji, Deasy, Hairina, Naen, Yogi, Ulfa, Shinta, Fahri, Rizky, Septi, Fahmi, Minggar, Tari, Novie, Arini, Vinka, Vina, Samsul, Dina, dan kawan-kawan yang lain yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu. 9. Teman-teman kelas H angkatan 2010 dan teman-teman kos “Pondok Bambu”. 10. Serta semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Akhir kata, penulis menyadari akan keterbatasan penulis untuk menghasilkan skripsi yang baik. Namun, penulis berharap agar skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Aamiin.

Malang, 5 Juni 2014

(5)

v

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN SAMPUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

KARTU KENDALI BIMBINGAN SKRIPSI ... iv

KATA PENGANTAR ... vi

HALAMAN ORISINALITAS ... viii

DAFTAR ISI ... ix

DAFTAR TABEL ... xi

DAFTAR GAMBAR ... xii

DAFTAR LAMPIRAN ... xii

ABSTRAK ... xiii I. PENDAHULUAN ... A. Latar Belakang ... 1 B. Rumusan Masalah ... 7 C. Tujuan Penelitian ... 8 D. Manfaat Penelitian... 8

II. TINJAUAN PUSTAKA ... A. Tinjauan Penelitian Terdahulu ... 10

B. Tinjauan Teori ... 12

1. Teori Sinyal ... 12

2. Teori Stakeholder ... 13

3. Teori Legitimasi ... 13

4. Teori Sustainabilitas Korporasi ... 14

5. Teori Political Economy dan Teori Keadilan ... 15

6. Risiko dan Kondisi Keuangan ... 15

7. Corporate Social Responsibility ... 17

(6)

vi

C. Pengembangan Hipotesis ... 20

D. Rerangka Pemikiran ... 25

III. METODE PENELITIAN ... A. Jenis Penelitian ... 26

B. Populasi dan Sampel ... 26

C. Jenis dan Sumber Data ... 27

D. Teknik Pengumpulan Data ... 28

E. Definisi Operasional Variabel dan Pengukuran ... 28

F. Teknik Analisis Data ... 30

IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMABAHASAN ... A. Populasi dan Sampel Penelitian ... 36

B. Teknik Analisis Data ... 37

1. Statistik Deskriptif ... 37

2. Uji Data Regresi ... 40

C. Pembahasan ... 53

V. SIMPULAN DAN SARAN... A. Simpulan ... 58

B. Keterbatasan Penelitian ... 59

C. Saran ... 59 DAFTAR PUSTAKA ...

(7)

vii

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 3.1 Teknik Pengambilan Sampel... 27

Tabel 4.1 Perusahaan Sampel Penelitian ... 36

Tabel 4.2 Output Statistik Deskriptif ... 37

Tabel 4.3 Nilai Z Skewness-Kurtosis Test ... 40

Tabel 4.4 Hasil Pengujian Regresi Linier Berganda Nilai Perusahaan (Tobin’s Q) ... 41

Tabel 4.5 Hasil Pengujian Regresi Linier Berganda Nilai Perusahaan (PBV) ... 44

Tabel 4.6 Hasil Uji Multikolinieritas (Tobin’s Q) ... 47

Tabel 4.7 Hasil Uji Multikolinieritas (PBV) ... 47

Tabel 4.8 Hasil Uji Autokorelasi (Tobin’s Q) ... 51

(8)

viii

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 4.1 Scatterplot Model Regresi Y1 (Tobin’s Q)... 49 Gambar 4.2 Scatterplot Model Regresi Y2 (PBV) ... 50

(9)

ix

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Hasil Perhitungan Nilai Perusahaan (Tobin’s Q) Lampiran 2 Hasil Perhitungan Nilai Perusahaan (PBV) Lampiran 3 Rekapitulasi Nilai Z Score

Lampiran 4 Daftar Referensi Silang Indikator CSR GRI-G 3.1 & Suplemen Sektor Tambang

Lampiran 5 Rekapitulasi Pengungkapan CSR & Suplemen Sektor Tambang Perusahaan Pertambangan

Lampiran 6 Hasil Perhitungan CSR Indeks Lampiran 7 Hasil Uji SPSS

Lampiran 8 Lampiran Pembahasan Pengaruh Kondisi Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan

(10)

x DAFTAR PUSTAKA

Atmini, Sari dan Wuryan A. 2005. Manfaat Laba Dan Arus Kas Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress pada Perusahaan Textile Mill Products Dan Appareal And Other Textile Products Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi ke VIII, Solo.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1. Salemba Empat: Jakarta.

. dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 2. Salemba Empat: Jakarta.

Febrianto, Rahmat dan Erna Widiastuty. 2005. Tiga Angka Laba Akuntansi: Mana Yang Lebih Bermakna Bagi Investor?. Simposium Nasional Akuntansi

VIII, Solo.

Febrina dan I G N Agung Suaryana. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional

Akuntansi XIV, Aceh.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hadi, Syamsul dan Atika Anggraeni. 2008. Pemilihan Prediktor Delisting Terbaik (Perbandingan Antara The Zmijewski Model, The Altman Model, Dan The Springate Model). Simposium Nasional Akuntansi ke XI, Pontianak.

(11)

xi Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan: Edisi Keempat. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN: Yogyakarta.

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderatong Variable Dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi ke XI, Pontianak.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen. BPFE- Yogyakarta: Yogyakarta.

Jensen, Michael C. dan Willian H. Meckling. 1976. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of

Financial Economics, October, 1976, V. 3, No. 4, pp. 305-360.

Jo, Hoje dan Maretno A. Harjoto. 2011. Corporate Governance and Firm Value: The Impact of Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics (2011) 103:351–383.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Erlangga: Jakarta.

Lasdi, Lodovicus. 2011. Konservatisma Akuntansi, Perbedaan Relevansi Nilai Akrual Dan Aliran Kas, Tahapan Siklus Hidup Dan Nilai Perusahaan: Analisis Berdasar Fo Model (1995). Simposium Nasional Akuntansi ke

XIV, Aceh.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer Nonkeuangan. Erlangga: Jakarta.

Nurlela, Rika dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi ke XI, Pontianak.

(12)

xii Rustiarini, Ni Wayan. 2010. Pengaruh Corporate Governance Pada Hubungan Corporate Social Responsibility Dan Nilai Perusahaan. Simposium

Nasional Akuntansi ke XIII, Purwokerto.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta. Sayekti, Yosefa dan Ludovicus Sensi Wondabio. 2007. Pengaruh CSR Dsiclosure

Terhadap Earning Response Coefficient (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional

Akuntansi ke X, Makassar.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility: from Charity to Sustainability. Salemba Empat: Jakarta.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika: Jakarta.

Verrecchia, Robert E. Discretionary Disclosure. Journal of Accounting and

Economics 5 (1983) 179-194.

Wicaksono, Agung Prasetyo Nugroho. 2013. Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient Dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :